Pengertian / Definisi Relokasi Industri Negara Maju dan Negara Berkembang serta Dampak / Efek

Relokasi Industri adalah perpindahan atau pemindahan lokasi industri dari negara maju ke negara berkembang dengan alasan menekan upah buruh, tekanan politis atau hukum di negara maju, syarat pendirian industri di negara maju, dan lain sebagainya. Negara maju yang biasanya melakukan relokasi industri adalah seperti amerika serikat / usa, jerman, jepang, prancis, korea, dan sebagainya. Negara yang menerima relokasi industri adalah cina, india, indonesia, thailand, vietnam, malaysia, meksiko, dan lain-lain. - Dampak dan efek relokasi industri pada negara maju yang melakukan pemindahan atau relokasi industri : A. Dampak negatif 1. Industri kecil yang berhubungan dengan industri yang dipindahkan akan terkena dampak yang merugikan sehingga menjadi lambat berkembang. 2. Lapangan pekerjaan semakin berkurang karena adanya pemindahan lokasi pabrik tanpa disertai pemindahan pekerja / buruh / pegawai / karyawan. 3. Pendapatan negara maju tersebut akan berkurang. B. Dampak positif 1. Lokasi / tempat pemasaran untuk memasarkan produk baik barang dan jasa akan semakin meluas. 2. Usaha bisnis yang malakukan relokasi industri akan semakin luas dan maju. 3. Membayar upah buruh yang lebih murah daripada di negara asal. - Dampak dan efek relokasi industri pada negara berkembang yang menerima relokasi industri : A. Dampak Positif 1. Lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja akan bertambah 2. Mendapatkan modal segar baru secara langsung 3. pendapatan negara dari pajak dan pendapatan perkapita penduduk dari upah atau gaji bertambah 4. Pengalihan atau alih teknologi dari negara maju ke negara berkembang. B. Dampak negatif 1. Menimbulkan persaingan yang mungkin akan mematikan industri yang sama di dalam negeri. 2. Masuknya budaya baru yang mungkin bertentangan dengan budaya lokal. 3. Sebagian besar keuntungan yang diperoleh bisnis asing tersebut akan lari ke luar negeri.

dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu Negara Kesatuan dan Negara Serikat. satu kepala negara. satu parlemen. 20 Mei 2010 Bentuk Negara dan Kenegaraan Bentuk Negara : Bentuk negara yang terpenting dan banyak dianut berbagai negara di dunia. Adalah negara yang kekuasaan untuk mengurus seluruh pemerintahan ada ditangan pemerintah pusat atau negara yang pemerintah pusatnya memegang/mengendalikan kedaulatan sepenuhnya baik kedalam maupun keluar. Negara kesatuan memiliki ciri ciri yaitu hanya ada satu UUD. . satu kabinet.merupakan media pembelajaran PKn dan informasi seputar dunia pendidikan Blog ini Di-link Dari Sini Daftar Link Blog ini Di-link Dari Sini Daftar Link Kamis. Negara Kesatuan.

Adanya kesederhanaan hukum. 5. Kebaikan/kelebihan negara kesatuan sistem sentralisasi : 1. Negara Kesatuan sistem Desentralisasi : Adalah negara kesatuan yang semua urusan pemerintahannya tidak diurus sepenuhnya oleh pemerintah pusat. Kebaikan negara kesatuan sistem desentralisasi : 1. 2. Partisipasi dan tanggung jawab rakyat terhadap daerahnya akan meningkat. 4. Daerah dapat mengatur daerahnya dengan sebaik baiknya sesuai dengan kondisi dan situasi masing masing. 3. Pembangunan di daerah akan berkembang. Semua pendapatan negara baik yang diperoleh daerah maupun pusat dapat digunakan oleh pemerintah pusat untuk kepentingan seluruh wilayah. Negara Kesatuan Sistem Sentralisasi : Adalah negara kesatuan yang semua urusan pemerintahannya diatur dan diurus oleh pemerintah pusat. Tugas pemerintah pusat menjadi ringan. Kelemahan/Keburukan negara kesatuan sistem sentralisasi : 1. 2. 3. sehingga banyak persoalan yang tidak dapat diselesaikan dengan segera.Negara kesatuan ada 2 (dua) macam : 1. Pekerjaan pemerintah pusat menumpuk. Dalam negara kesatuan sistem desentralisasi daerah berstatus sebagai daerah otonom. Demokrasi dapat berkembang ke daerah daerah. 3. Adanya keseragaman (uniform) peraturan di seluruh wilayah negara. 4. Contoh Indonesia berdasarkan ketentuan pasal 18 UUD 1945 menganut sistem desentralisasi. 2. Peraturan yang dibuat pemerintah pusat belum tentu semuanya sesuai bagi daerah karena setiap daerah memiliki situasi dan kondisi yang berbeda beda. Demokrasi tidak berkembang ke daerah daerah karena rakyat daerah tidak diberi kesempatan memikirkan dan memajukan daerahnya sendiri. melainkan sebagian urusan pemerintahannya didelegasikan atau diberikan kepada daerah daerah untuk menjadi urusan rumah tangga daerah masing masing. Negara kesatuan sistem Desentralisasi. 2. Peraturan yang dibuat pemerintah daerah akan sesuai dengan kondisi daerahnya. 6. Contoh : Jerman pada masa Hitler. Keputusan pemerintah pusat sering terlambat. sedangkan daerah hanya tinggal melaksanakan saja semua kebijaksanaan yang ditetapkan pemerintah pusat. Negara kesatuan sistem Sentralisasi. Kelemahan negara kesatuan sistem desentralisasi : .

Daerah daerah bagiannya sama sama mempunyai hak otonom. Pemerintah Federal : Biasanya pemerintah federal mengurusi hal hal yang berhubungan dengan hubungan luar negeri. Negara Serikat. pusat Kekuasaan pemerintah federal berasal dari masing masing negara bagian. sedangkan kedaulatan kedalam tetap ada pada pemerintah negara bagian. Wewenang membuat UUD hanya ada ditangan pemerintah pusat. 2. Daerah otonom tidak memiliki Negara bagian memiliki wewenang membuat undang wewenang mem buat undang undang. 2. 4. merupakan hak asli. Contoh negara serikat : AS. Hak otonom daerahnya diperoleh Hak otonom negara bagiannya dari pemerintah pusat. Dalam negara serikat ada dua macam Pemerintahan yaitu : 1. Wewenang membuat UUD ada pada pemerintah federal dan pemerintah negara bagian.1. pertahanan negara dan pengadilan. Timbulnya peraturan daerah yang bermacam macam. Daerah bagiannya daerah otonom. 2. Parlemen dan Kabinet sendiri. 3. Peraturan daerah di seluruh wilayah negara tidak seragam. setiap negara bagian diperkenankan memiliki Undang Undang Dasar. Keduanya pemerintah pusatnya sama sama memegang kedaulatan keluar. Negara Kesatuan sistem Negara Serkiat Desentralisasi 1. undang. bagiannya berstatus . Adalah suatu negara yang terdiri dari beberapa negara bagian dengan pemerintah pusat (federal) yang menyelenggarakan kedaulatan keluar. Perbedaan antara negara kesatuan sistem desentralisasi dengan negara serikat : No. Australia. Persamaan antara negara kesatuan sistem desentralisasi dengan negara serikat : 1. Kekuasaan pemerintah merupakan asli. Indonesia masa KRIS 1949. Swiss. Kanada. Negara bagian memiliki berstatus Daerah negara. keuangan. 2. Kepala negara. sehingga sulit untuk dipelajari. Pemerintah negara bagian : Di dalam negara serikat.

Pada umumnya Konfederasi dibentuk berdasarkan perjanjian untuk mengadakan kerjasama dalam bidang tertentu. Contoh konfederasi : Persekutuan Amerika Utara (1776 1787). Negara negara anggota dapat me. Bentuk Kenegaraan : Disamping bentuk negara tersebut di atas. Adalah perserikatan beberapa negara yang merdeka dan berdaulat penuh baik kedalam maupun keluar. misalnya penyelenggaraan politik luar negeri.Negara negara bagian tidak misahkan diri. dalam sejarah ketatanegaraan juga terdapat bentuk bentuk kenegaraan. Serikat Negara (Konfederasi). 2. Bentuk kenegaraan yang pernah ada antara lain : 1. boleh memisahkan diri dari negara serikat. federal. Hubungan antar negara anggota Hubungan antar negara bagian . 6.5. Konfederasi Negara Serikat Kedaulatan tetap dipegang oleh Kedaulatan ada pada negara masing masing negara anggota. Keputusan yang diambil pemerin tah federal dapat langsung mengikat kepada warga negara dari negara negara bagian. terbatas. Konfederasi bukanlah merupakan negara dalam pengertian hukum internasional. pertahanan keamanan bersama. Keputusan yang diambil konfederasi tidak dapat langsung mengikat kepada warga negara dari negara negara anggota. Kekuasaan mengatur rumah kekuasaan mengatur rumah tangga yang dimiliki daerah relatif tangga daerahnya relatif luas. Konfederasi (Serikat Negara) dengan Negara Serikat mempunyai perbedaan yang prinsipil yaitu : No 1. karena negara negara anggotanya secara masing masing tetap mempertahankan kedudukan nya secara internasional.

Dominion. sosial. Contoh Daerah Perwalian : y y Tanzania menjadi perwalian PBB sejak tahun 1945 dan merdeka tahun 1962. pendidikan serta perkembangan hak asasi manusia menuju pemerintahan sendiri. Adalah negara negara bekas jajahan Inggris yang telah merdeka dan berdaulat. Contoh : Kamerun bekas jajahan Jerman menjadi Mandat Perancis. Munculnya Trustee merupakan hasil perjanjian San Francisco sesudah perang dunia II. Menurut Piagam PBB. Adalah Contoh negara : yang berada Indonesia di bawah sebelum kekuasaan negara Agustus lain. perwalian meliputi : y y y Daerah daerah mandat dahulu. 2. diatur dengan UUD Terdapat negara dalam negara. yang diletakkan dalam pemerintahan mandat dari negara negara yang menang perang di bawah pengawasan Dewan Mandat Liga Bangsa Bangsa. 5. Namibia menjadi perwalian PBB sejak tahun 1967 dan merdeka 1990. Adalah negara bekas jajahan negara negara yang kalah dalam Perang Dunia I. 1945. Tujuan Perwalian adalah untuk meningkatkan kemajuan rakyat daerah trustee dibidang politik.3. Daerah daerah yang secara sukarela menyerahkan urusan pemerintahannya kepada Dewan Perwalian PBB. Mandat. yang tergabung dalam ikatan The British Commonwealth of Nation atau Negara negara Persemakmuran. ekonomi. 5. Tidak ada negara diatas negara. Adalah negara yang pemerintahannya berada di bawah pengawasan Dewan Perwalian PBB. . Daerah daerah yang dipisahkan dari negara negara yang kalah dalam perang dunia II. Koloni. 17 3. 4. Trustee (Perwalian). 4. diatur melalui perjanjian.

menentang pemberian status pemerhati kepada Timor Leste kerana sokongan Timor Leste terhadap perjuangan Aung San Suu Kyi. banyak negara dalam ASEAN tidak menyokong penglibatan Timor Leste pada akhir 1990-an atas rasa hormat kepada Indonesia. ASEAN telah banyak membantu negara baru ini. Walaubagaimanapun. Australia. raja. 2. Rajaratnam (Singapura). Uni Riil : Uni yang terjadi apabila negara negara yang tergabung memiliki kelengkapan negara yang sama untuk menyelenggarakan kepentingan bersama. Laos dan Myanmar menjadi ahli dua tahun kemudianya. ASEAN dianggarkan merangkumi 500 juta orang dan merangkumi kawasan seluas 4. Namun. Dalam protektorat masalah hubungan luar negeri dan pertahanan keamanan diserahkan kepada negara pelindungnya berdasarkan perjanjian bersama. terpaksa berhempas pulas untuk mendapat status pemerhati dalam ASEAN. Contoh : Uni Belanda Luxemburg (1839 1890). Tibet sebagai protektorat China. ASEAN ditubuhkan oleh lima negara pengasas. Hanya selepas 11 tahun kemudiannya ASEAN menerima ahli baru.Contoh : Kanada. Sejak kemerdekaan Timor Leste pada Mei 2002. Timor Leste telah dijemput untuk hadir dalam beberapa mesyuarat ASEAN. iaitu pada 23 Julai 1997.5 juta kilometer per segi . Filipina. 6. dahulunya dalam Indonesia. terutamanya. Walaupun Kemboja sudah menyertai ASEAN bersamasama Myanmar dan Laos. India. dua tahun kemudiannya Kemboja menyertai semula ASEAN pada 30 April 1999. Protektorat. Adalah gabungan dua Ada 2 (dua) macam uni : negara atau lebih yang dikepalai seorang 1. Ramos (Filipina). Selandia Baru. 7. Tun Abdul Razak (Malaysia). dan Thanat Khoman (Thailand). Uni. [sunting] Timor Leste Negara baru Timor Leste. Indonesia. Vietnam menjadi anggota yang ketujuh pada 28 Julai 1995. Contoh : Monaco sebagai protektorat Perancis. Adalah negara yang berada dibawah perlindungan negara lain. Uni Inggris Skotlandia (1603 1707). Menteri luar ketika itu ialah Adam Malik (Indonesia). Brunei menganggotai ASEAN pada 8 Januari 1984 iaitu seminggu selepas mencapai kemerdekan. Uni Personil : Uni yang terjadi apabila dua negara yang tergabung secara kebetulan mempunyai kepala negara yang sama. Afrika Selatan dan Malaysia. Kemboja terpaksa menarik diri disebabkan masalah politik dalam negara tersebut. Myanmar. yang dibentuk melalui perjanjian. S. Singapura dan Thailand di Bangkok semasa proses penandatanganan satu perjanjian yang dikenali sebagai Deklarasi Bangkok. Timor Leste masih dilantik sebagai negara pemerhati. Malaysia. Narciso R. Namun.

memang kini tidak mudah lagi bagi pemerintah pusat dan daerah membangun infrastruktur. Pembangunan. khususnya pada tingkat kelembagaan. istilah 'pembangunan' nyaris tidak lagi terdengar. cenderung tidak dalam publik luas. Sudah hampir 10 tahun demokrasi berlangsung di negeri ini. yang sudah adapun hampir terabaikan. Indonesia tertinggal bertahun-tahun dibandingkan banyak negara tetangga yang lebih belakangan mengembangkan infrastruktur mereka.Artikel Demokrasi Apa hubungan antara demokrasi dan pembangunan? Pertanyaan ini mungkin sedikit klasik dalam konteks Indonesia pasca-Soeharto. dan seterusnya. daripada program yang bertumpu pada penguatan demokrasi kepada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. meski belum lagi menyentuh pembangunan budaya politik. . jika kebutuhan-kebutuhan dasar mereka untuk hidup tidak terpenuhi. jika kesejahteraan rakyat meningkat. Di tengah euforia demokrasi yang belum juga menemukan equilibriumnya. pelatihan untuk lapangan kerja. pembangunan dalam konteks Orde Baru adalah pertumbuhan ekonomi (economic growth) dengan 'trickle-down effect'-nya melalui stabilitas politik yang bertumpu pada pendekatan keamanan. tema programnya untuk 2008 adalah Democracy and Development. Kenapa tejadi pergeseran tersebut? Alasannya mungkin agak sederhana saja. Kemiskinan dan pengangguran membuat masyarakat rentan terhadap berbagai bentuk manipulasi politik. Ini tidak lain karena istilah 'pembangunan' (development) hampir identik dengan pemerintahan Orde Baru. nyaris tidak terbangun. demo kelompok masyarakat antipembebasan tanah. Budaya politik kita masih belum sepenuhnya sesuai dengan kerangka demokrasi. atau harga lahan yang sudah menjadi berlipat-lipat lebih mahal. Demokrasi tidak bisa bertumbuh dan menguat. International Institute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA) menghadiri sidang tahunan lembaga ini di Stockholm. Pergeseran orientasi ini juga saya temukan pada lembaga yang sesungguhnya secara khusus bergerak pada penguatan demokrasi. Swedia. misalnya. Sebaliknya. Sementara itu. Jika ada. membuat akselerasi program pembangunan tidak bisa diwujudkan. Dan. itu hanya menjadi agenda dan program di lingkungan pemerintah. Agaknya karena itulah sejak Masa Reformasi dan demokrasi berlaku di negeri ini. Infrastruktur seperti jalan tol. Pada bidang-bidang lain belum terlihat pembangunan yang terlalu signifikan. untuk tidak menyebutnya represi sosial-politik. dalam dua atau tiga tahun terakhir terjadi pergeseran program. dan pembangunan apa saja yang berhasil dilaksanakan dalam kurun tersebut? Yang paling kelihatan agaknya adalah pembangunan politik. Ketika awal Desember lalu. Pemerintah masih berkutat dengan pekerjaan 'cuci piring'. seperti pengurangan kemiskinan. jika masih banyak rakyat yang miskin dan menganggur. pengembangan kesehatan. demokrasi hampir bisa dipastikan lebih kuat. saya sebagai anggota Board of Director. dan karena itu boleh jadi dianggap sebagian orang sebagai berkonotasi masa silam. di kalangan funding agencies dan lembaga-lembaga keuangan asing lainnya yang bergerak di Indonesia.

Bagaimana dengan pembangunan ekonomi? Memang ada kemajuan dengan pertumbuhan ekonomi 2007 lebih dari enam persen. kelaparan. bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Maka. jelas pembangunan ekonomi lebih daripada sekadar statistik pertumbuhan. Pada pihak lain. Tetapi. . Kini waktunya mengisi demokrasi yang penuh dengan berbagai peluang itu melalui berbagai kegiatan pembangunan. pemerintah sudah waktunya pula melaksanakan programprogram pembangunan secara lebih koheren dan komprehensif. agar dapat secara aktual berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat. Demokrasi harus tidak kehilangan maknanya. Untuk itu. Demokrasi telah melahirkan pemerintahan pilihan rakyat. Dan. Pertumbuhan ekonomi penting pada tingkat makro. bersama pemerintah baik di tingkat nasional maupun daerah merumuskan agendaagenda pembangunan. dan pada saat yang sama lebih serius mendukung implementasi programprogram pembangunan tersebut. tapi pada saat yang sama kemiskinan. seharusnya demokrasi menjadi lebih bermakna bagi pembangunan. dan pengangguran yang langsung dialami rakyatnya semestinya juga berkurang. Dan pemerintahan itu seyogianya berupaya sekeras-kerasnya untuk memenuhi hak-hak dasar warga dalam berbagai bidang kehidupan secara lebih baik. Sebaliknya. dan sudah saatnya memanfaatkan demokrasi itu untuk menggalang momentum pembangunan. pertama-tama. dan menghindari diri dari tindakan dan aksi yang kontraproduktif bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Ia sepatutnya juga terlihat dalam peningkatan riil kesejahteraan rakyat. Demokrasi telah diperjuangkan dengan susah payah di negeri ini. Untuk itu sudah saatnya parlemen dan parpol pada berbagai tingkatannya tidak lagi hanya sibuk dengan pertarungan politik dan kekuasaan. mabuk demokrasi harus segera berhenti. masyarakat sepatutnya pula mendukung dan memberikan kesempatan bagi pemerintah melakukan pembangunan.

8-H SMPN 29 BANDUNG DISUSUN OLEH : NIKEU Smpn . nikeu Kelas .Tugas pkn Nama .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful