A. Nomor B. Judul GELOMBANG BERJALAN PADA BIDANG / PERMUKAANl C.

Tujuan Memahami Sifat Gelombang Pada Bidang atau Permukaan (Pemantulan) D. Pengantar Gelombang berjalan adalah gelombang merambat yang selalu memiliki amplitude tetap. Adapun sifst-sifat yang dimiliki oleh gelombang secara umum adalah disperse, pemantulan, difraksi, interferensi, polarisasi dan efek Doppler. Pada percobaan kali ini kita hanya mengamati sifat dari pemantulan gelombang pada gelombang datar dengan menggunakan gelombang permukaan air pada tangki riak. Gelombang permukaan air dapat berupa gelombang lurus atau gelombang lingkaran. a. Pemantulan gelombang lurus oleh bidang datar Kita dapat menggambarkan muka gelombang dating dan muka gelombang pantul. Kita lukis sinar datang MO, yaitu garis tegak lurus muka gelombang dating dan sinar pantul OP, yaitu garis tegak lurus ,uka gelombang pantul. Kemudian, kita lukis garis norma NO, yaitu garis tegak lurus bidang datar. Selanjutnya, sudut yang dibentuk sinar dating MO dan garis normal NO disebut sudut dating, dan sudut yang dibentuk oleh sinar pantul OP dan garis normal NO disebut sudut pantul. Dengan mengukur kedua sudut ini, diperoleh bahwa sudut dating I sama dengan sudut pantul r. pernyataan ini yang disebut hokum pemantulan gelombang yang berlaku untuk semua jenis gelombang. Untuk penjelasan lebih lanjut lihat gambar dibawah ini
N Sinar datang M i r Sinar pantul P

Muka gelombang datang i O

r

Muka gelombang pantul

Gambar 1

Katalog KAL 60 FGE 12. kita peroleh bayangan O adalah I. Pemantulan gelombang lingkaran oleh bidang datar Sumber dating dengan adalah gelombang titik O. Apa yang dimaksud dengan Gelombang berjalan? 2. Hitam Kabel Penghubung.00 KAL 99/10-050 KAL 99/20-050 Nama Alat/Bahan Catu Daya Tangki Gelombang Kabel Penghubung. lebih yang Untuk lanjut Gambar 2 lihat gambar disamping. Sinar Gelombang pantul muka Gelombang pantul menggunakan hukum pemantulan. Jika gelombang berjalan kita pantulkan pada sebuah bidang datar. Apa yang dimaksud dengan frekuensi? 5. dan miring. Apa saja sifat-sifat gelombang berjalan? dan jelaskan! 7. Bagaimana hubungan panjang gelombang dengan frekuensi? 6. Tugas Awal 1. merah Pipet Tetes (tidak disediakan) Jumlah 1 1 set 1 1 1 . Alat dan Bahan No. apa yang akan terjadi? Apakah panjang gelombang dan frekuensi hasil pemantulan berubah? Jelaskan! 8. Bagimana cara mengukur panjang gelombang? 4. yaitu sudut datang sama dengan sudut pantul. Apa yang dimaksud dengan panjang gelombang? 3. titik I adalah sumber gelombang pantul sehingga muka O muka Gelombang datang Sinar Gelombang datang I gelombang pantul adalah lingkaran-lingkaran berpusat penjelasan I.b. lengkung. E. Bagainana arah gelombang berjalan hasil pemantulan? F.

pastikan penyumbat air dipasang dengan benar 3. Prosedur percobaan 1. Mengisi tangki riak dengan air sedalam 1. Gelombang Lingkaran 1) Gelombang diskrit a. Meneteskan setetes air pada tangki gelombang. Menyusun alat dan bahan seperti pada gambar 2. pasang pembangkit riak lingkaran Pembangkit gelombang lingkaran Gambar 5 .2 cm.Kamera Digital Penggaris 1 1 G. amati hasil pantulan gelombang pada layar Tempat tetes air dijatuhkan Penghalang datar (pelat) Gambar 4 e. Memasang penghalang bidang datar (pelat) d. Memotret bentuk gelombang yang dihasilkan dan simpan c.5 . kemudian amati gelombang yang terbentuk pada layar Tempat tetes air dijatuhkan Gambar 3 b. Meneteskan kembali setetes air pada tangki riak. Memotret bentuk gelombang hasil pantulan dan simpan 2) Gelombang kontinyu - Untuk gelombang kontinyu frekuensi tetap a. Menyalakan power pada catu daya sehingga lampu menyala 4.

mengamati gelombang hasil pantulan. dan simpan - Untuk gelombang kontinyu frekuensi berubah a. Menyentuhkan permukaan pembangkit datar pada air dengan menggunakan pembangkit getaran Gambar 7 c. Mengamati hasil pembentukan gelombangnya pada layar d. memotret hasil bentuk gelombang pada layar f.b. memasang penghalang datar (pelat) pada tangki riak Pembangkit gelombang lingkaran Penghalang datar (pelat) Gambar 6 g. Menggunakan pembangkit riak datar untuk membentuk gelombang. b. mengamati kembali bentuk gelombang kemudian mengukur panjang gelombangnya dan potret hasil pembentukan gelombang pada layar. Memotret gelombang tersebut pada layar. mengamati bentuk gelombang yang dihasilkan d. Mengukur panjang gelombangnya . Lakukan hal yang sama untuk setiap pengubahan frekuensi c. cabut pembangkit riak lingkaran 5. mengukur panjang gelombang yang terbentuk pada layar e. b. Mengatur besar frekuensi sedemikian rupa sehingga bentuk gelombang dapat terlihat jelas pada layar c. Gelombang Datar Gelombang kontinyu a. kemudian ukur panjang gelombangnya h. setelah selesai. mengubah besar frekuensi pada pembangkit gelombang.

Memotret bentuk hasil pantulannya pada layar. Mengukur panjang gelombangnya i. Ulangi langkah g. penghalang cekung. Berapa panjang gelombang sebelum dan sesudah pemantulan? Bagaimana perbandingannya? 4. dan penghalang cembung. Memotret hasil pembentukannya pada layar. Dari foto hasil pemotretan. dan simpan f. Tugas Akhir 1. kenapa itu bisa terjadi? 2. memasang penghalang lurus pada tangki riak Penghalang datar (pelat) Gambar 8 g. Mengamati hasil pantulan pembentukan gelombangnya h. Bagaimana arah perambatannya? 3. dan simpan j.e. Bagaimana hubungan panjang gelombang dan frekuensi? . h. Penghalang datar (pelat) Penghalang cekung Gambar 9 Gambar 10 Penghalang cembung Gambar 11 H. untuk penghalang lurus yang dimiringkan. dan i. Sketsa semua gelombang yang terbentuk pada setiap penghalang dan sumber yang berbeda dan jelaskan dengan menggunakan bahasa sendiri.

Apa fenomena pada kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengamatan tadi? Jelaskan! 6.5. Buat laporan mengenai pengamatan tadi! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful