TUGAS POKOK DAN FUNGSI BIDANG PERIKANAN DINAS PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN KOTA PALEMBANG (DP2K

)

TUGAS POKOK DAN FUNGSI Mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Palembang di bidang perikanan. Fungsi : a. Melaksanakan dan mengawasi tugas perikanan untuk menjamin pemanfaatan dan pembangunan ekonomi berkelanjutan serta berwawasan lingkungan; b. Melaksanakan sebagian tugas penatagunaan, pengembangan, pendayagunaan dan penyerasian pemanfaatan sumberdaya hayati perairan dan perikanan; c. Melaksanakan pembinaan teknis di bidang perikanan d. Melaksanakan penyuluhan perikanan e. Menganalisa permasalahan, penentuan alternatif pemecahan masalah, pemberian bimbingan kepada bawahan dan staf serta saran-saran kepada Kepala Dinas. f. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan pihak-pihak lain dalam rangka pengelolaan perikanan.

A. TUGAS SEKSI PRODUKSI PERIKANAN TUGAS : Menginventarisasi, mengidentifikasi, monitoring, evaluasi, pelaporan,

pengembangan dan pengendalian budidaya ikan termasuk pengembangan teknologi budidaya serta pemberdayaan Unit Perbenihan Rakyat (UPR), pengelolaan sarana prasarana budidaya dan usaha perikanan tangkap; FUNGSI : a. Mengumpulkan, menganalisa data dan membuat buku statistik perikanan; b. Membuat kebijakan pengelolaan pembudidayaan ikan; c. Membuat estimasi kebutuhan saprodi budidaya ikan air tawar;

Melakukan identifikasi. c. memberikan informasi pasar dan komoditi perikanan. sumberdaya manusia serta kerusakan sumberdaya perikanan. B. Memberikan bimbingan teknis pelaksanaan eksploitasi dan konservasi perikanan. Melaksanakan pengawasan dan pemanfaatan benda berharga didalam perairan g. SEKSI PENGELOLAAN SUMBER DAYA PERIKANAN TUGAS : Menginventarisasi. promosi dan mengembangkan jaringan pemasaran produk perikanan serta melakukan bimbingan teknologi penanganan . Merencanakan dan melaksanakan pemetaan dan potensi sumberdaya ikan. mengidentifikasi. Memberikan saran-saran kepada atasan . Menyiapkan bahan perumusan rencana program pembangunan di bidang pengelolaan sumber daya perikanan. C. f. e. Melaksanakan pencegahan pencemaran dan kerusakan sumber daya ikan serta lingkungannya. h. SEKSI BINA USAHA PERIKANAN TUGAS : Melaksanakan pemantauan dan evaluasi harga produk perikanan. f. monitoring dan evaluasi serta eksplorasi kapasitas-kapasitas kelembagaan dan sumberdaya hayati dan non hayati perikanan. b. d. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan. FUNGSI : a. Menyiapkan bahan pembinaan dan pelaksanaan program di bidang pembudidayaan ikan e. Memberikan saran-saran kepada atasan .d. inventarisasi. monitoring dan evaluasi aktivitas kerjasama antar lembaga/pengembangan dan sumberdaya. Melaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.

Menginventarisasi. pemeriksaan hygienis dan sanitasi sesuai prinsip PMMT atau HACCP. d. membina. tenaga. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan. b. f. Merencanakan pengembangan usaha dan memberikan bimbingan pengelolaan usaha dan kemitraan serta melakukan analisa usaha di bidang perikanan. membina dan mengawasi unit-unit pengolahan dalam penerapan Standar Nasional Indonesia. mengevaluasi dan melaksanakan pelayanan perizinan usaha di bidang perikanan. prosedur dan metode pengujian. mengawasi. . Melakukan bimbingan teknologi penanganan dan pengolahan hasil perikanan meliputi produk. sarana. prosedur dan metode pengujian. Memberikan saran-saran kepada atasan .dan pengolahan hasil perikanan meliputi produk. tenaga. FUNGSI : a. Melaksanakan pengendalian unit pengolahan ikan. e. c. mengawasi unit-unit pengolahan. sarana.