BAB I PENDAHULUAN A.

LATAR BELAKANG MASALAH Siswa kurang bergairah dalam pembelajaran, tidak jarang justru sebagian anak bermain sendiri. Hasil belajar matematika operasi hitung penjumlahan dikelas I SDN Melung rendah. Hal ini terlihat dari tes awal yang diperoleh sebagian besar masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 73% hanya 10 siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan minimal dengan rata-rata kelas 58,92. Rendahnya hasil belajar matematika dikelas I SD Negeri Melung Dimungkinkan juga karena guru belum menggunakan metode ataupun media pembelajaran serta mendesain scenario pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi maupun kondisi siswa sehingga memungkinkan siswa aktif dan kreatif. Namun sebaliknya kecenderungan guru menggunakan model pembelajaran konvensional yang bersifat satu arah cenderung membosankan. Kegiatan pembelajaran masih didominasi guru. Siswa sebagai obyek bukan subyek bahkan guru cenderung membatasi partisipasi dan kreatifitaf siswa selama proses pembelajaran. Harapan yang muncul hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Melung diatas KKM (KKM=65). Siswa belajar dengan aktif dan kreatif, sedangkan peran guru sebagai pembimbing, serta memfasilitasi agar terjadi pembelajaran yang menyenangkan serta menggairahkan sehingga akan diperoleh hasil pembelajaran yang optimal. Dari uraian diatas jelaslah terlihat adanya kesenjangan antara kenyataan yang ada dengan harapan yang diimpikan. Disatu sisi hasil belajar rendah dan disisi yang lain adanya KKM yang didalamnya telah ditentukan oleh sekolah. Bertumpu pada kenyataan tersebut,peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat untuk mencarikan solusinya.Salah satu solusinya yaitu Penggunaan Alat Peraga Batu Kerikil.Dengan penggunaan alat peraga batu kerikil dalam KBM diharapkan permasalahan tersebut diatas dapat berkurang.Oleh karena itu,peneliti akan mengadakan penelitian tindakan kelas,dengan judul Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Penjumlahan melalui Penggunaan Alat Peraga Batu Kerikil bagi siswa Kelas I SD Negeri Melung pada semester II Tahun Pelajaran 2010/2011 . Mengapa hasil belajar siswa khususnya siswa kelas I SD Negeri Melung Kecamatan Kedung banteng masih rendah?Apakah dikarenakan oleh komponen kurikulum belajar yang disadari saat ini tidak menentu?Apakah strategi belajar mengajar yang dilaksanakan guru kurang baik?Apakah media pembelajaran seperti buku sumber belajar yang rendah kualitasnya?Apakah dikarenakan oleh guru tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik bagi siswa? Memang banyak sekali variable penyebab rendahnya hasil belajar.Namun untuk memudahkan kerja maka dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kali ini hanya akan membahas variable Penggunaan Alat Peraga Konkrit Batu Kerikil dalam meningkatkan hasil belajar.Berdasarkan variable dan materi pelajaran yang diambil maka penelitian tindakan kelas ini diberi judul Meningkatkan Hasil Belajar

identifikasi masalah.Manfaat Praktis. Manfaat Terdapat dua manfaat yang dapat diambil dari Penelitian Tindakan Kelas ini. 2.Tujuan umum. Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Penjumlahan bagi siswa Kelas I SD Negeri Melung pada semester II Tahun Pelajaran 2010/2011. a.Bagi siswa.baik oleh peneliti PTK ini maupun peneliti-peneliti lainnya.Manfaat Teoritis.yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.Tujuan khusus.Disamping itu juga dapat sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah.yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. 2. Tujuan umum Penelitia Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika.dan batasan masalah diatas maka dibuatlah perumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini sebagai berikut:Apakah melalui Penggunaan Alat Peraga Konkrit Batu Kerikil dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Penjumlahan bagi siswa Kelas I SD Negeri Melung pada semester II Tahun Pelajaran 2010/2011. b.Menambah wacana berpikir dan dijadikan dasar bertindak bagi insane pendidikan dan peserta didik serta dunia pendidikan pada umumnya. b. 1. a.Matematika Operasi Hitung Penjumlahan melalui Penggunaan Alat Peraga Konkrit Batu Kerikil bagi siswa Kelas I SD Negeri Melung pada semester II Tahun Pelajaran 2010/2011. Meningkatnya hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini ada dua tujuan yang ingin dicapai.Mendapatkan teori baru tentang Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Penjumlahan bagi Kelas I SD Negeri Melung pada semester II Tahun Pelajaran 2010/2011.Bagi guru. 1. .

maka guru sebagai motor dalam proses pembelajaran akan selalu berupaya dengan maksimal untuk menerapkan pada materi lain.Dengan terbuktinya Penggunaan Alat Peraga Konkrit Batu Kerikil dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajara matematika. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful