P. 1
beasiswa

beasiswa

|Views: 19|Likes:
Published by Evan Booy

More info:

Published by: Evan Booy on Mar 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/27/2013

pdf

text

original

Sebagai usaha untuk meningkatkan hasil pertanian, penggunaan pupuk dan pestisida secara terus menerus masih dilakukan

oleh para petani di Desa Kemukten, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes. Pestisida diperlukan agar produk pertanian yang akan dihasilkanterlindung atau terbebas dari serangan hama dan penyakit tanaman. Namun penggunaan pestisida yang terus menerus dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Mengingat pestisida merupakan bahan beracun, maka penggunaan dan penanganan yang tidak sesuai anjurandapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan dan risiko terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku petani di Desa Kemukten dalam penggunaan dan penanganan pestisida dan kemasannya serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dengan menggunakan pedoman wawancara, kuesioner dan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan pada 45 orang petani di Desa Kemukten. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dan uji Discriminant untuk mengetahui keeratan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku petani dalam penggunaan dan penanganan pestisida d kemasannya masih an buruk. Perilaku buruk ditemui pada semua tahapan-tahapan penanganan pestisida, yaitu mulai dari tahap pemilihan jenis pestisida, penyimpanan pestisida, praktek penyemprotan di lapangan dan tahap pembuangan bekas pestisida. Faktor -faktor yang paling mempengaruhi perilaku petani dalam penggunaan dan penanga nan pestisida adalah adanya pengaruh teman seprofesi, kurangnya sosialisasi kebijakan, sikap serta persepsi petani yang masih keliru tentang pestisida. Untuk memperbaiki perilaku petani tersebut diperlukan sosialisasi kebijakan yang dilakukan secara berkesinambungan, B. Rumusan Masalah Penelitian 1. Apakah ada hubungan antara konsumsi buruh petani dengan pendapat petani? 2. Factor-faktor apa sajakah yang menyebabkan pendapat petani berkurang? c. Tujuan Penelitian 1. Mengetahui hubungan antara konsumsi buruh petani dengan pendapat petani 2. Mengetahui factor penyebab berkurangnya pendapat petani. D. Kerangkah Pemikiran Konsumsi merupakan kegiatan menghabiskan barang atau jasa yang dihasilkan barangdan dihasilkan para produsen. Dalam menghabiskan barang nerupa pupuk, petani sering kali menemukan kendala kendala yaitu sering kali melambungnya harga pupuk dan terbatas nya barang di tambah lagi kabar yang terbaru menurut petani, sudahnya harganya mahal barangnya pun tidak ada. Masalah-masalah diatas ini menjadikan pendapat para petani dari hasil penenya semakin tidak seimbang dengan daya beli kebutuhan pokok lainya.

\ c. langkah-langkah penelitian Penelitian di lakukan dikelurahan pesawahan kecamatan wanasari kabupaten brebes. G. a. metode penelitian metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sbb. yang dilakukan tehnik random sederharna dari jumlah petani yang ada 30 orang dan buruh 300 orang. dpat diketahui a da atau tidaknya hubungan antara hubungan konsumsi buruh petani dengan para petani. Penelitian indi dilakukan dengan cara : 1. berupa manusia. . sehingga yang dijadikan sempel adlah 7 orang petani. Populasi dalam penelitian ini adalah petani penduduk kelurahan pesawahan kecamatan wanasari kabupaten brebes.Dengan mempelajari keadaan petani dan masalah yang dihadapi diatas. E. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif b. Kesimpulan. Kegiatan konsumsi dalam para petani mempengaruhi terhadap pendapat bertaninya begitu juga sebaiknya.dalam penelitian ini penulis mengambil langkah-langkah untuk memperoleh data secara factual dan konkret : 1. benda-benda. Populasi dan Sampel Menurut safari Imam asy`ari tentang populasi adalah keseluruhan objek penelitian . gejala-gejala. penelitian ini dilakukan dalam bentuk studi kasus dengan mengambil lokasi didaerah keluarahan keboledan kecamatan wanasari kabupaten brebes. melakukan wawancara secara mendalam kepada : Kelurahan kebledan kecamatan wanasari kabupaten brebes dengan buruh tani dan para petani. tingkah laku yang menjadi objek penelitian. penulis mengambil 10 persennya. f.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->