Praktikum Gizi & Evaluasi Pangan THP-UB

DIAN IKA RACHMAWATI 0811010112

TINJAUAN PUSTAKA • Formulasi Pakan Hewan Coba Pertumbuhan dan perkembangan yang baik dari mahkluk hidup ditandai dengan terjadinya kenaikan berat badan yang mengikuti bentuk kurva pertumbuhan yang sigmoid. Pertumbuhan dan perkembangan berat badan sangat dipengaruhi oleh kandungan nutrisi makanan terutama protein, kandungan energi, aktivitas metabolisme, dan aktivitas fisik hewan yang bersangkutan. Pada fase pertumbuhan protein memegang peranan yang sangat penting, karena pada fase tersebut proses biosintesis berlangsung dengan cepat terutama pembentukan protein tubuh, sedangkan energi dibutuhkan untuk berlangsungnya proses metabolisme tubuh. Dalam kondisi diet seimbang (protein-energi), kenaikan berat badan akan terjadi sesuai dengan pola pertumbuhan yang seharusnya, dan akan menjadi lebih buruk bila hewan mendapatkan ransum yang tidak bergizi seimbang. Pertumbuhan ditentukan berdasarkan asupan makanan yang berhubungan dengan kandungan energi dalam ransom ( National Research Council, 1978 ). Kebutuhan protein untuk pertumbuhan secara tepat dinyatakan dalam ratio protein energi dalam ransum. Dalam penelitian ini seluruh ransum perlakuan dibuat dalam kondisi isokalori dan isoprotein. Nisbah antara protein dan energi diupayakan dalam nilai yang tetap. Hal ini diberlakukan untuk menghilangkan kemungkinan terjadinya reaksi akibat perbedaan kandungan protein clan energi yang merupakan dua aspek penting dalam menentukan pertumbuhan suatu hewan. Semua jenis ransum yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai energi sekitar 3.865 kkal per kg ransum, dengan kandungan protein 16% dan nilai nisbah (protein: energi) berkisar 0.41, mengacu pada standar AIN (1993) bagi tikus percobaan, yaitu sekitar 3.800 kkal per kg ( Reeves et all, 1993 ); ( Sulchan&Nur, 2007 ). Tikus setidaknya memerlukan protein 20%, vitaminA400OIU/kg dan vitamin E 30 mg/kg dalam pakan (Smith & Mangunwidjojo, 1988). Penyusunan ransum isokalori dilakukan mengingat perbedaan kandungan energi akan menyebabkan perbedaan konsumsi. Konsumsi pakan akan semakin menurun dengan semakin meningkatnya kandungan energi ransum pakan. Bila hal ini terjadi, hewan akan mengalami defisiensi baik protein, vitamin, maupun unsur nutrisi lain yang akhirnya akan mengganggu pertumbuhan dan aktivitas metabolisme tubuh. Energi ransum yang terlalu rendah akan memacu hewan untuk mengkonsumsi lebih banyak. Hal tersebut akan menghadapi kendala dengan daya tampung maksimum dari lambung hewan untuk mengkonsumsi pakan ( National Research Council, 1978 ).

Isokalori & Isoprotein Nisbah antara protein dan energi diupayakan dalam nilai yang tetap. Hal ini diberlakukan

untuk menghilangkan kemungkinan terjadinya reaksi akibat perbedaan kandungan protein clan
^ dee ^ 2010

1 gram KANDUNGAN ^ dee ^ 2010 .3 gram 150 mg 209 mg 12. Daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari sapi. 2010 ). cucut.Praktikum Gizi & Evaluasi Pangan THP-UB DIAN IKA RACHMAWATI 0811010112 energi yang merupakan dua aspek penting dalam menentukan pertumbuhan suatu hewan ( Sulchan&Nur. ekor kuning atau ikan air tawar seperti gabus dan nila. misalnya daging bagian paha. 2010 ): KOMPOSISI energi protein lemak karbohidrat kalsium fosfor besi vitamin A vitamin B1 air 212 Kkal 18 gram 10. • • Tinjauan Bahan Abon Sapi Abon adalah daging cincang yang telah dihaluskan. Isokalori adalah ransum yang memiliki jumlah atau nilai kalori yang sama.2 gram 20. tidak banyak uratnya. tengiri. karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering. Isoprotein adalah ransum yang memiliki jumlah atau nilai protein yang sama. gandik dan lain lain. seratnya teratur. 2010 ): KOMPOSISI energi protein lemak karbohidrat 435 Kkal 27.17 mg 7. sehingga orang mengenal 'abon sapi' ( Anonymousb.1 KANDUNGAN • Abon Ikan Ikan yang cocok dibuat abon antara lain cakalang. 2010 ) Daging sapi yang cocok dibuat abon adalah daging yang tidak mengandung lemak. Abon tampak seperti serat. 2007 ). dididihkan. berikut adalah kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram abon sapi murni ( Wirakusumah.6 gram 59.3 mg 138 RE 0.2 gram 36. berikut adalah kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram abon ikan ( Wirakusumah. tetapi jenis dan susunan makanannya berbeda ( Anonymousa. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitaman. dan kemudian digoreng. tetapi jenis dan susunan makanannya berbeda.

Karbohidrat kompleks dan serat yang terkandung didalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol darah.0 mg KANDUNGAN • Tepung Kacang Hijau Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum. kue moci. atau gandas turi. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde. bakpau. mencegah resiko anemia.7 g 1.0 mg 0. menjadi semacam bubur. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. setelah kedelai dan kacang tanah.60 mg 12. menjaga kesehatan kulit. kue dorayaki ( Anonymousc. dan membantu proses pembentukan tulang dan enzim. digunakan dalam pembuatan kue-kue dan ^ dee ^ 2010 . fosfor. vitamin B. disebut di pasaran sebagai tepung hunkue. Tepung biji kacang hijau.5 gr 80 mg 400 mg 5. mengurangi resiko penyakit jantung. asam folat.7 g 59. 2010 ) Nutritional (per 100g) KOMPOSISI Kalori protein lemak karbohidrat kalsium fosfor besi vitamin B air 336 kal 23. selai manis untuk pengisi kue seperti bakpao. Kacang merah bermanfaat untuk mencegah kolesterol jahat.4 • Tepung Kacang Merah Tepung ini dihasilkan dari kacang merah yang dibudidaya secara organis. memperlancar metabolisme. thiamin dan kalsium. mencegah sembelit. mangaan. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Dengan kadar indeks glikemik rendah kacang ini aman untuk penderita diabetes dan cocok untuk pelaku diet. campuran es krim. Kacang merah kaya akan protein. membantu fungsi syaraf. Tepung Kacang Merah umumnya dimasak menjadi bubur.Praktikum Gizi & Evaluasi Pangan THP-UB DIAN IKA RACHMAWATI 0811010112 air 6. besi. Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental. mempercepat proses pembekuan darah pada luka.

.86 g 1. yang berwarna putih. biji matang.2010 ).60 g 16.2010 ).5 oz) : KOMPOSISI Energi protein lemak karbohidrat kalsium fosfor besi Vitamin C Magnesium Kalium Sodium Gula Dietary fiber KANDUNGAN 1. atau bahkan ^ dee ^ 2010 . Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut 'palea' (bagian yang ditutupi) dan 'lemma' (bagian yang menutupi). Susu skim dapat digunakan oleh orang yang menginginkan nilai kalori yang rendah dalam makanannya karena hanya mengandung 55% dari seluruh energi susu.Praktikum Gizi & Evaluasi Pangan THP-UB DIAN IKA RACHMAWATI 0811010112 cenderung membentuk gel. Susu skim mengandung semua kandungan yang dimiliki susu pada umumnya kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak ( Anonymouse.15 g 62.0 mg 4.62 g 132 mg (13%) 367 mg (52%) 5.452 kJ (347 kcal) 23.8 mg (8%) 189 mg (51%) 1246 mg (27%) 15 mg (1%) 6. ungu. kemerahan. Susu skim mengandung semua zat makanan dari susu kecuali lemak dan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak. Kacang hijau. Susu skim merupakan bagian dari susu yang krimnya diambil sebagian atau seluruhnya. Kandungan lemak pada susu skim kurang lebih 1%. gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. 1987 ) • Beras Beras adalah bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam.3 g Sumber: USDA Nutrient database • Susu Skim Susu skim (inggris: Skim milk) adalah susu tanpa lemak yang bubuk susunya dibuat dengan menghilangkan sebagian besar air dan lemak yang terdapat dalam susu. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun ( Anonymousd. Bagian isi inilah. Susu skim adalah bagian susu yang tertinggal sesudah krim diambil sebagian atau seluruhnya. Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi. dan skim juga dapat digunakan dalam pembuatan keju rendah lemak dan yogurt ( Buckle et all. mentah Nilai gizi per 100 g (3.

vitamin (terutama pada bagian aleuron). Ketan hampir sepenuhnya didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat. Lebih dari 50% penduduk dunia juga tergantung pada beras sebagai sumber kalori utama (FAO.org. Beras merupakan salah satu padi-padian paling penting di dunia yangdikonsumsi manusia. 37.org/abon.blogspot/abon.com/tepung+kacang+merah. http://wikipedia.dalam Anonymousg. Anonymousd. sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras ( Anonymousf. 2010. yang disebut beras.7% dan 25-30% dari total kebutuhan tubuh. Sebagaimana bulir serealia lain. 2001. protein dan zat besi masing-masing sebesar 63.2010 ). www. 2010.iaspbcikaret. 2010. lunak.2010 ). Anonymousb. Anonymousc. pati dengan struktur tidak bercabang amilopektin. diakses tanggal 5 November 2010. 2010). atau pera). keras. Sebanyak 75% masukan kalori harian masyarakat di negara-negara Asia berasal dari beras. dan air ( Anonymousf. bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). http://wikipedia. Beras sebagai komoditas pangan menyumbang energi. diakses tanggal 5 November 2010. Anonymouse. ^ dee ^ 2010 . mineral.1%. 2010. Beras juga mengandung protein. diakses tanggal 5 November 2010. diakses tanggal 5 November 2010. http://javaraauthentic.] Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat:   amilosa.Praktikum Gizi & Evaluasi Pangan THP-UB DIAN IKA RACHMAWATI 0811010112 hitam. http://eemoo-esprit. diakses tanggal 5 November 2010. pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket.org/susu-skim. 2010. DAFTAR PUSTAKA Anonymousa.

net/beras-makanan-pokok-sumber-protein.Praktikum Gizi & Evaluasi Pangan THP-UB DIAN IKA RACHMAWATI 0811010112 Anonymousf. diakses tanggal 5 November 2010. ^ dee ^ 2010 .123:1939-51.org/beras. Washington. No.10 3r” Rev. Mangkoewidjojo. National Research Council. Smith. Reeves PG.8-33. Pembiakan dan Penggunaan Hewan Percobaan di Daerah Tropis. Pemeliharaan. AIN-93 Purifed diets for laboratory rodents: final report of the American Institute of Nutrition Ad Hoc Writing Committee on the Reformulation of the AIN-76A Rodent Diet. diakses tanggal 5 November 2010. B. http://viktormedia. Buckle et all. UI Press. Nielsen FH. 2010. Nutrient Requirement of Laboratory Animal. 2010. Dra. Ilmu Pangan. http://wikipedia. Jakarta. D. Anonymousg. 1988. Diakses tanggal 5 November 2010. Universitas Indonesia Press. 2010.blogspot.C. Jakarta. J Nutr 1993. ed. & S.gizikita. National Academy of Sciences. Fahey GC.com. J. Msc. 1987. 1978. http://www. Emma S Wirakusumah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful