Kacang Tanah ( Arachis hypogeae L.) 1.

SEJARAH SINGKAT Kacang tanah merupakan tanaman pangan berupa semak yang berasal dariAmerika Selatan, tepatnya berasal dari Brazilia. Penanaman pertama kali dilakukanoleh orang Indian (suku asli bangsa Amerika). Di Benua Amerika penanamanberkembang yang dilakukan oleh pendatang dari Eropa. Kacang Tanah ini pertamakali masuk ke Indonesia pada awal abad ke-17, dibawa oleh pedagang Cina danPortugis. Nama lain dari kacang tanah adalah kacang una, suuk, kacang jebrol, kacangbandung, kacang tuban, kacang kole, kacang banggala. Bahasa Inggrisnya kacangtanah adalah “peanut” atau “groundnut”. 2. JENIS TANAMAN Sistematika kacang tanah adalah sebagai berikut: Kingdom:Plantae atau tumbuh-tumbuhan Divisi :Spermatophyta atau tumbuhan berbiji Sub Divisi :Angiospermae atau berbiji tertutup Klas :Dicotyledoneae atau biji berkeping dua Ordo : Leguminal TTG BUDIDAYA PERTANIAN Hal. 2/ 13 Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gedung II Lantai 6 BPP Teknologi, Jl. M.H. Thamrin 8 Jakarta 10340 Tlp. 021 316 9166~69, Fax. 021 316 1952, http://www.ristek.go.id Famili : Papilionaceae Genus : Arachis Spesies :Arachis hypogeae L.; Arachis tuberosa Benth.; Arachis guaramitica Chod & Hassl.; Arachis idiagoi Hochne.; Arachis angustifolia (Chod &Hassl) Killip.; Arachis villosa Benth.; Arachis prostrata Benth.; Arachishelodes Mart.; Arachis marganata Garden.; Arachis namby quaraeHochne.; Arachis villoticarpa Hochne.; Arachis glabrata Benth. Varietas-varietas kacang tanah unggul yang dibudidayakan para petani biasanya bertipe tegakdan berumur pendek (genjah). Varietas unggul kacang tanah ditandai dengan karakteristik sebagai berikut: a) Daya hasil tinggi. b) Umur pendek (genjah) antara 85-90 hari. c) Hasilnya stabil. d) Tahan terhadap penyakit utama (karat dan bercak daun). e) Toleran terhadap kekeringan atau tanah becek.

selaingandum dan padi. dibuat tepung (dari bulir. Paruh pertama dari siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua untuk tahap pertumbuhan generatif. MANFAAT TANAMAN Di bidang industri. Jagung merupakan tanaman semusim (annual). juga mengandung mineralantara lain Calcium.Varietas kacang tanah di Indonesia yang terkenal. berumur panjang (6-8 bulan). Tinggi tanaman jagung sangat bervariasi. Manfaat daunnya selain dibuat sayuran mentah ataupun direbus. Kalium dan Sulphur. 3. digunakanjuga sebagai bahan pakan ternak serta pupuk hijau. Tinggi tanaman biasa diukur dari permukaan tanah hingga ruas teratas sebelum bunga jantan. Kacang Holle tidak bisa disamakan dengan kacang “Waspada”karena memang berbeda varietas. digunakan sebagai bahan untuk membuat keju. B. D. yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi. yaitu: a) Kacang Brul. Phospor. Chlorida. jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupuntongkolnya). karbohidrat serta vitamin (A. JAGUNG Jagung (Zea mays L.50%). jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Deskripsi Jagung hibrida di ladang. berumur pendek (3-4 bulan). C. b) Kacang Cina. Sebagai bahan pangan danpakan ternak yang bergizi tinggi. Magnesium. c)Kacang Holle. Hasil sampingan dari minyak dapat dibuat bungkil (ampaskacang yang sudah dipipit/diambil minyaknya) dan dibuat oncom melalui fermentasijamur. dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena). diambil minyaknya (dari bulir). Meskipun tanaman jagung umumnya berketinggian antara 1m sampai 3m. dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). kacang tanah mengandung lemak (40.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting. sabundan minyak goreng. Tongkol jagung kaya akan pentosa. Selain sebagai sumber karbohidrat. merupakan tipe campuran hasil persilangan antara varietas-varietas yang ada. Ferro. protein(27%). Meskipun . mentega. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan. ada varietas yang dapat mencapai tinggi 6m. Penduduk beberapa daerah di Indonesia(misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. E dan K). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari.

atau gandas turi. Bentuknya memanjang. setelah kedelai dan kacang tanah. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Setiap stoma dikelilingi sel-sel epidermis berbentuk kipas. Batang beruas-ruas. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. menjadi semacam bubur. Pada tanaman yang sudah cukup dewasa muncul akar adventif dari buku-buku batang bagian bawah yang membantu menyangga tegaknya tanaman. namun tidak seperti padi atau gandum. digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Batang jagung tegak dan mudah terlihat. Akar jagung tergolong akar serabut yang dapat mencapai kedalaman 8 m meskipun sebagian besar berada pada kisaran 2 m. Daun jagung adalah daun sempurna. Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. disebut di pasaran sebagai tepung hunkue. Stoma pada daun jagung berbentuk halter. Permukaan daun ada yang licin dan ada yang berambut. pada umumnya jagung tidak memiliki kemampuan ini. Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Rambut jagung sebenarnya adalah tangkai putik. yang khas dimiliki familia Poaceae. Tepung biji kacang hijau. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental. Batang jagung cukup kokoh namun tidak banyak mengandung lignin. Terdapat mutan yang batangnya tidak tumbuh pesat sehingga tanaman berbentuk roset. bakpau. sebagaimana sorgum dan tebu. . Struktur ini berperan penting dalam respon tanaman menanggapi defisit air pada sel-sel daun. Antara pelepah dan helai daun terdapatligula. Bunga betina jagung berupa "tongkol" yang terbungkus oleh semacam pelepah dengan "rambut". Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun.beberapa varietas dapat menghasilkan anakan (seperti padi). Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde. Ruas terbungkus pelepah daun yang muncul dari buku.

Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah pokok tersebut. .Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Ia mudah didapati di kawasan panas di Asia.