P. 1
TEORI DAN KONSEP PERILAKU

TEORI DAN KONSEP PERILAKU

|Views: 4,147|Likes:
Published by Jenny Anastasia

More info:

Published by: Jenny Anastasia on Mar 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

MATA KULIAH : PSIKOLOGI

DOSAN PA : YEREMIA NUGRAHANINGSIH,SST

merumuskan bahwa perilaku merupakan respon atau reaksi seseorang terhadap stimulus atau rangsangan dari luar. Menurut Skinner. sikap dan tindakan. . sedangkan sikap merupakan reaksi seseorang terhadap stimulus yang berasal dari luar dan dari dalam dirinya. seperti yang dikutip oleh Notoatmodjo (2003).` ` Menurut Sarwono (1993) perilaku manusia merupakan pengumpulan dari pengetahuan.

2003) : 1. dan kemudian organisme tersebut merespons. Perilaku tertutup (convert behavior) 2. maka teori Skinner ini disebut teori ³S-O-R´ atau Stimulus ± Organisme ± Respon. Dilihat dari bentuk respon terhadap stimulus ini. maka perilaku dapat dibedakan menjadi dua (Notoatmodjo. Perilaku terbuka (overt behavior) .` ` Oleh karena perilaku ini terjadi melalui proses adanya stimulus terhadap organisme.

yaitu: Kebutuhan fisiologis/biologis Kebutuhan rasa aman Kebutuhan mencintai dan dicintai Kebutuhan harga diri Kebutuhan aktualisasi diri . Lebih lanjut dijelaskan berdasarkan pendapat Maslow. perilaku manusia terbentuk karena adanya kebutuhan.` Menurut Sunaryo (2006). bahwa manusia memiliki lima kebutuhan dasar.

kita harus mengetahui prinsip-prinsip psikologi belajar. dorongan (drive). isyarat (cue). 4. Prinsip belajar itu terdiri dari 4. . 2. tingkah laku balas (respons).` Teori Millers dan Dollard Mereka berpendapat bahwa tingkah laku manusia itu merupakan hasil belajar. yakni 1. 3. Oleh karena itu untuk memahami tingkah laku sosial dan proses belajar sosial. dan ganjaran (reward).

teman. sahabat ataupun belajar dari diri mereka sendiri. sedangkan pembentukan tersebut sangat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan orang tersebut baik dalam kesehariannya ataupun dalam keadaaan tertentu. proses pembelajaran diri inilah yang nantinya akan membentuk perilaku seseorang tersebut.` Dari semua penjelasan beberapa teori diatas dapat diketahui bahwa manusia akan berubah sesuai dengan apa yang mereka pelajari. baik dari keluarga. ` .

dan keluaran (output) (Notoatmojo 1993). Belajar diartikan sebagai proses perubahan perilaku yang didasari oleh perilaku terdahulu. .` 2. Dalam proses belajar ada tiga unsur pokok yang saling berkaitan yaitu masukan (input). proses.3.1 Pengertian Perubahan perilaku dalam diri seseorang dapat terjadi melalui proses belajar.

sebagian terletak di dalam individu sendiri yang disebut faktor intern dan sebagian terletak diluar dirinya yang disebut faktor ekstern.` ` Ada beberapa hal yang mempengaruhi perilaku seseorang. yaitu faktor lingkungan. Perubahan alamiah (natural change) 2. Bentuk ± bentuk perubahan perilaku 1. Kesiapan berubah (Readiness to change) . Perubahan terencana (planned change 3.

akan tetapi sikap dan tindakan seringkali jauh berbeda. akan tetapi oleh berbagai faktor eksternal lainnya. Sikap tidaklah sama dengan perilaku. dan perilaku tidaklah selalu mencerminkan sikap seseorang. melalui persuasi serta tekanan dari kelompok sosialnya (Sarwono 1993). Sikap seseorang dapat berubah dengan diperolehnya tambahan informasi tentang objek tersebut. sebab seringkali terjadi bahwa seseorang memperlihatkan tindakan yang bertentangan dengan sikapnya. .` ` Azwar (1995) menyatakan bahwa sekalipun diasumsikan bahwa sikap merupakan predisposisi evaluasi yang banyak menentukan cara individu bertindak. Hal ini karena tindakan nyata ditentukan tidak hanya oleh sikap.

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->