TIPS MENGATASI INSOMNIA | PENYAKIT SUSAH TIDUR

Setiap manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar 1/3 waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Secara alami dan otomatis jika tubuh lelah maka kita akan merasa mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara fisik dan mental. Menurut penelitian, orang yang tidur selama 6,5 sampai 7,5 jam dalam sehari akan memiliki hidup yang lebih panjang dari pada yang tidurnya hanya memakan waktu kurang dari 6,5 jam atau lebih dari 8 jam perhari. Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 ± 50% populasi mengalami insomnia. Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki-laki.

CARA MENGATASI PENYAKIT SUSAH TIDUR
* Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda. * Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal-hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut. * Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur. * Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya. * Makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat. * Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur. * Mandilah dengan air hangat 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh. * Berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami m asalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik. * Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur. * Hentikan menonton TV atau membaca buku, setidaknya 1 jam sebelum tidur.

Dengan waktu tidur yang cukup.** . maka kita akan merasa segar bugar ketika bangun pagi dan siap melakukan berbagai aktifitas sepanjang hari dari pagi hingga malam.Itulah beberapa tips mengatasi susah tidur anda. namun tidak jarang ada orang yang bisa tidur dari siang sampai malam hari karena tuntutan pekerjaan atau karena sudah terbiasa. Normalnya manusia tidur pada saat malam hari hingga pagi hari. Insomnia bukan merupakan penyakit bawaan dan dengan demikian tentu akan mudah disembuhkan. Ingatlah selalu bahwa tidur merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu.

tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak. atau roti yang ditaburi wijen.Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur Netsains.Com . perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki. Meskipun demikian. mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. tofu. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 ± 50% populasi mengalami insomnia. hingga konsumsi kafein yang berlebih. Namun. insomnia juga bisa terjadi karena ada masalah pada makanan Anda. Disamping itu. Inilah gejala insomnia yang harus Anda waspadai. Kurangi konsumsi kaffein Minimalisasikan asupan kafein seperti teh atau kopi. badan pun lemas di pagi hari dan kepala terasa pusing karena kondisi tubuh masih kurang untuk istirahat. sehingga membuat tidur semakin sulit. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Dengan cara ini. Anda juga dapat menjaga berat badan. atau paling lambat 4 jam sebelum tidur di malam hari. Alhasil. Dengan berolah raga. 2. cemas. angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh. Selain karena masalah stress. . pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu. Perhatikan waktu makan Anda mesti memperhatikan waktu makan. 3. beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Olahraga teratur Berolah raga teratur. pikiran Anda terus melayang hingga tak bisa tidur.Anda pasti pernah merasa gelisah karena tidak dapat tidur meski waktu sudah menunjukkan tengah malam? Meski berusaha memejamkan mata. Hal lain yang bisa menyebabkan insomnia adalah suasana kamar yang tidak mendukung. Bila Anda ingin mengkonsumsinya. Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. lakukanlah di pagi hari. bubur gandum. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk. Jika benar-benar kelaparan. Penyebab Insomnia Insomnia ini bisa disebabkan menyerang semua golongan usia. Tips Mengatasi Susah Tidur / Insomnia 1. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

Lakukan aktivitas yang membuat Anda nyaman untuk tidur Anda bisa memulainya dengan menuangkan minyak aromaterapi pada diffuser. Trytophan. Jika tips-tips ini tidak mampu juga memberikan hasil yang positif bagi Anda. Tidur dan bangunlah dalam periode yang teratur Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya. Jernihkan pikiran Jernihkan pikiran anda. Namun jangan terlalu kenyang. pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog. 5. Saat otak sudah rileks. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut. matikan lampu.4. matikan hal hal yang menimbulan suara. 8. mandi air hangat. Anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas yang baik. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Kue muffin. Makanlah makanan berkarbohidrat menjelang tidur Untuk bisa tidur dengan nyenyak. 7. 'alarm' di tubuh Anda segera mengingatkan bahwa ini adalah waktu untuk tidur. yang merupakan jenis asam lemak. . Trytophan banyak terdapat pada makanan berkabohidrat ringan. atau buah bisa dijadikan solusi. berfungsi menghasilkan serotonin yang dapat mengendurkan syaraf pada pusat otak. Saat tidur. sehingga istirahat Anda tidak dapat maksimal. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. biskuit. menyetel lagu favorit atau melapisi tempat tidur dengan selimut yang nyaman. segeralah hubungi dokter. 6. Tempat tidur hanya untuk tidur Bila Anda ingin membaca atau menonton tv sebaiknya lakukan di tempat lain sehingga saat Anda pergi ke tempat tidur. tubuh Anda membutuhkan trytophan atau yang sering disebut zat penidur. pencernaan Anda akan terbebani karena harus bekerja keras mencerna. Saat anda berbaring di tempat tidur. maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

seperti depresi atau kecemasan. yaitu : perasaan mengantuk. dapat mempengaruhi kita baik secara fisik ataupun mental. dengan jumlah dan panjang fase mengantuk yang semakin meningkat maka waktu untuk tidur lelap pun menjadi berkurang. sedangkan anak yang lebih besar membutuhkan waktu tidur sebanyak 10 jam. Dapat timbul masalah psikis. penyakit jantung dan diabetes. pada tahapan inilah biasanya mimpi terjadi. Apapun penyebab dari susah tidur atau insomnia ini. 2 tahap tidur lelap dan yang terakhir tahap REM (rapid eye movement). Pada tahap REM ini pernafasan. Untuk orang dewasa kebanyakan membutuhkan waktu tidur 7-8 jam. Berat badan berlebih atau obesitas. seperti : y y y y Masalah kesehatan psikologi. karena tidur sangat penting bagi kesehatan kita sama seperti pengaturan pola makan ataupun olah raga. Keadaan ini dapat membuat kondisi tubuh menjadi lelah. pada saat tidur biasanya tubuh menjadi tidak sadar dan kita pun tidak menyadari keadaan sekitarnya. Orang tua biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tidur. tidur ringan. Komplikasi dari susah tidur atau insomnia dapat berupa : y y y y y Menurunnya performa baik di pekerjaan ataupun sekolah.com EMAIL | PRINT | RSS idur kita lakukan setiap hari. detak jantung dan gerakan mata menjadi lebih kencang dan otot-otot di anggota badan menjadi lumpuh sementara. ‡ Penyebab Biasanya tidak ada satu penyebab khusus yang dapat menyebabkan susah tidur atau insomnia. Menurunnya fungsi sistem kekebalan tubuh. seperti stress atau kecemasan Masalah kesehatan fisik seperti asma atau rasa nyeri Pengaruh dari obat-obatan tertentu seperti obat asma. seperti tekanan darah yang tinggi. Meningkatan resiko terjadinya penyakit jangka panjang. T Susah tidur atau insomnia adalah ketidakmampuan untuk segera tidur ataupun tetap tidur dalam waktu yang cukup. Orang cenderung untuk tidur lebih sedikit pada saat semakin tua. vertigo ataupun depresi Jet lag . Bayi membutuhkan waktu tidur sekitar 17 jam.Tidur yang Tak Lelap 30-12-2009 | Bekti-medicastore. tetapi ada beberapa faktor yang dapat memberikan kontribusi. Tiap orang bisa jadi berbeda kebutuhan tidurnya dan seringkali orang dengan usia yang berbeda membutuhkan lama tidur yang berbeda pula. Orang yang menderita susah tidur atau insomnia melaporkan kualitas hidupnya menjadi lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidur dengan baik. Tidur sendiri terdiri dari 5 fase.

jangka pendek dan jangka pa njang. seperti latihan pelemasan otot dan latihan pernafasan dapat digunakan untuk mengatasi kecemasan menjelang tidur. Terapi cognitive behaviour ini meliputi : o o Pengetahuan mengenai kebiasaan tidur yang baik. Berikut uraian dari kedua cara tersebut : 1. Faktor ini dapat mempengaruhi 1-2 dari 10 orang yang menderita insomnia. apabila kemudian dirasa perlu baru akan diberikan tambahan berupa obat-obatan. minuman beralkohol atapun penggunaan stimulant seperti nikotin ‡ Diagnosis Ada 2 tipe susah tidur atau insomnia. tempat tidur yang tak nyaman. diabetes dan rasa nyeri juga dapat menyebabkan terjadinya insomnia sekunder ini dan biasanya mempengaruhi 1 dari 10 orang yang menderita insomnia atau susah tidur. detak jantung. ini termasuk dengan menggantikan kecemasan mengenai tidak bisa tidur dengan hal lain yang positif. penggunaan obat-obatan yang terlarang ataupun penyalahgunaan alkohol. Kebersihan saat tidur yang dijadikan kebiasaan dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur. ketegangan otot serta suasana hati. seperti begadang saat malam. y Insomnia Sekunder Insomnia sekunder biasanya terjadi akibat efek dari hal lain. Mereka juga biasanya menyediakan jasa konsultasi bicara (psikoterapi) yang dapat membantu orang-orang untuk menghadapi kejadian-kejadian seperti kehilangan orang terdekat ataupun masalah rumah tangga yang dapat menyebabkan terjadinya susah tidur atau insomnia. yang termasuk di dalamnya cognitive behaviour therapy (CBT) yang dapat mengatasi masalah kecemasan yang menganggu tidur dan juga membantu membangun pandangan positif mengenai tidur.y y Faktor lingkungan. misalnya kondisi medis. o . Insomnia sementara biasanya terjadi hanya beberapa malam. Teknik ini membuat kita dapat mengontrol pernafasan. ada juga terapi tentang tidur. Untuk insomnia jangka panjang sendiri dapat berlangsung hampir tiap malam dan terjadi >= 3 minggu. Penanganan pertama biasanya akan terlebih dahulu dibantu melalui cara psikologi. yaitu secara psikologi dan melalui bantuan obat-obatan. Teknik relaksasi. Masalah psikologi seperti perasaan bersedih. Untuk mengatasi masalah susah tidur atau insomnia ini biasanya dilakukan dengan 2 cara. Selain itu masalah fisik seperti penyakit arthritis. insomnia atau susah tidur ini dapat mempengaruhi sekitar 3 dari 10 orang yang menderita insomnia. Pola tidur. Selain hal di atas. seperti keributan. Terapi Psikologi Konsultan psikolog biasanya dapat mengajarkan teknik relaksasi mudah yang dapat membantu mengatasi insomnia. depresi dan dementia dapat menyebabkan terjadinya insomnia sekunder ini pada 5 dari 10 orang. Insomnia juga dapat dibedakan sebagai insomnia sementara. yaitu : y Insomnia Primer Insomnia primer ini mempunyai faktor penyebab yang jelas. Insomnia sekunder juga dapat disebabkan oleh efek samping dari obat obatan yang diminum untuk suatu penyakit tertentu. kondisi yang terlalu panas atau dingin Masalah kebiasaan atau gaya hidup. Terapi kognitif. kebiasaan sebelum tidur dan lingkungan tempat tidur seringkali menjadi penyebab dari jenis insomnia primer ini. sedangkan insomnia jangka pendek berlangsung > dari 2-3 malam tetapi terjadinya kurang dari 3 minggu.

terapi ini membatasi waktu anda di tempat tidur. Begitu kualitas tidur sudah meningkat. Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter atau apoteker apabila ingin menggunakan bahan herbal tersebut untuk mengatasi insomnia atau susah tidur. 2. Tetapi obat-obatan ini dapat berada di dalam tubuh untuk waktu yang lama serta menimbulkan efek hangover di pagi hari. sehingga menjadi tidur pun berkurang dan menjadi lebih lelah keesokan malamnya. ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa herba valerian juga efektif untuk mengatasi insomnia atau susah tidur. Obat anti alergi yang bersifat sedative seperti difenhidramin dan promethazin juga dapat digunakan untuk mengatasi insomnia atau susah tidur. termasuk di dalamnya untuk membatasi aktivitas yang dilakukan di dalam kamar tidur hanya untuk istirahat saja. o o Diambil dari berbagai sumber. Selain obat-obatan resep di atas. Selain itu Passiflora dan ekstrak wild lettuce serta Lavender dan chamomile juga secara tradisional sering digunakan untuk mengatasi insomnia atau susah tidur. Pembatasan tidur. walaupun belum ada penelitian untuk membuktikannya. Tetapi obat-obatan ini mempunyai efek samping perasaan mengantuk keesokan harinya dan menimbulkan gejala kecanduan.o o Kontrol stimulus. . Obat-obatan o Obat-obatan jenis hipnotik seperti diazepam dan lorazepam dapat diresepkan oleh dokter secara jangka pendek untuk mengatasi masalah ins omnia atau susah tidur yang berat. maka waktu tidur pun akan meningkat kembali secara bertahap.

tips ini cukup mujarab. Makanan dan psikologis seseorang. jika kita makanmakanan pedas pada malam hari. apalagi di tambah rokok dan cewek. mari tanya adi teman saya yang lagi maen bola . Insomnia dapat di sembuhkan. jantung akan terus berdetak lebih kencang. otomatis mata jadi melek sepanjang malam Mengatasi Insomnia dengan Mudah Belajar untuk tidak tidur siang. bayar hutang anda jika anda adalah orang yang depresi karena di kejar-kejar debt colector. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Wah tambah bisa terjaga dan tegang sepanjang malam tuh Kondisi psikologis seseorang juga sangat besar dalam pengaruh pada insomnia.. dan ujung dari pada kelelahan adalah tidur Selamat mencoba« jangan lupa cuci kaki sebelum tidur . kondisi ini akan membuat tegang dan akan mengganggu suasana santai anda. makanan dan minuman sangat mempengaruhi kondisi tubuh seseorang.Cara mengatasi Susah tidur February 9th. apalagi makan cabe sekilo. letih dan lesu. 2009 by Baladika | Filed under Celoteh. mengurangi porsi merokok pada malam hari. Apa yang menyebabkan Insomnia? Beberapa faktor yang menyebabkan Insomnia adalah. Minuman yang mempengaruhi anda tetap terjaga pada malam hari adalah minuman yang mengandung kafein.iklan epilepsi kali Mengenal Insomnia atau Penyakit susah tidur Sebelum kita mengetahui obat atau cara mengatasi insomnia. jika dalam kondisi stress berkepanjangan. segera nikahi pacar anda jika stress anda di akibatkan karena pacar anda hamil sebelum menikah Satu lagi tips manjur mengatasi susah tidur. Penyakit susah tidur bukan penyakit menular dan juga bukan penyakit turunan. y y y y y consolidate debt blogs insomnias mp3 download pet adoption Insomnia atau susah tidur sering dialami banyak orang. maka kita akan sangat mudah terserang insomnia. selalu luangkan waktu olah raga untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. entah karena kebiasaan atau karena stres mikirin earning merosot dan sebagainya. Bertempur dulu sebelum tidur dengan pasangan anda. apa dan bagaimana sih insomnia atau penyakit susah tidur itu? penyakit susah tidur adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. baiknya kita mengenal dulu. Hindari Minum kopi pada malam hari. darah yang di pacu semakin cepat. tapi juga mencret berkepanjangan Minuman pun juga demikian. mencoba untuk mengurangi kebiasaan minum kopi di malam hari jika anda pecandu kopi. ini khusus bagi anda sudah berkeluarga. bukan hanya insomnia yang di dapat. pertempuran birahi pada malam hari akan mengakibatkan lelah .

kebiasaan tidur yang kurang baik. Untuk insomnia kronik lebih kompleks. insomnia transien. Kondisi higiene tidur yang kurang baik juga dapat menyebabkan insomnia. Insomnia kronik paling sulit untuk diatasi. 3. Penderita insomnia akut mengalami tidur yang kurang lelap selama 3 rninggu sampai 6 bulan.serta penyakit tertentu (contoh: asma. Selain itu. kekurangan hormon pertumbuhan.dan kekurangan melatonin. gangguan irama sirkadian. misalnya minum kopi sebelum tidur. Ada yang disebut insomnia akut. Gangguan psikiatrik yang menjadi penyebab adalah kecernasan. amfetamin. penyebab lain diantaranya obat-obatan. Insomia adalah dimana seseorang mengalami gangguan susah tidur atau tidak dapat tidur dengan nyeyak. dan penyalahgunaan zat seperti alkohol. Berhentilah memikirkan masalah yang anda miliki atau khawatir tentang melupakan apa yang harus anda lakukan besok. depresi. Nurmiati. antibiotik seperti golongan fluoroquinolon. seperti mematikan lampu kamar . dan insomnia kronik.Tips Mengatasi Insomnia Gangguan Susah Tidur Tips Mengatasi Insomia ± Gangguan Susah Tidur. Gangguan irama sirkadian biasanya disebabkan oleh perubahan jam kerja. karena dapat disebabkan oleh gangguan hormon. Buatlah Ruang tidur anda senyaman mungkin . Obat-obatan yang dikaitkan dengan insomnia adalah jenis obat psikoaktif yang bersifat stimulan (merangsang). Insomnia transien terjadi beberapa hari sampai beberapa minggu. Menurut Dr. insomnia sementara. karena lebih kompleks dan berlangsung lebih lama (lebih dari 4 minggu) sampai bertahun-tahun. inkontinensia unin/tidak bisa menahan kencing pada dewasa). Mungkin anda perlu meluangkan waktu sebelum tidur untuk mandi air hangat . 2. hormon yang mungkin terlibat dalam insomnia adalah peningkatan kortisol (hormon stres). atau stres. atau karena jet lag. Selain faktor stres. umumnya perjalanan dan timur ke barat. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda. teofilin. dan mematikan suara yang mengganggu. biasanya dibedakan berdasarkan lama keluhan berlangsung.dan lain-lain. Tips Mengatasi Insomnia : 1. dan kafein. Sebaiknya Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur.kelainan sinyal otak. dan dapat disebabkan oleh penyakit lain.dan gangguan psikiatnik (kejiwaan). 4. Insomnia ini dapat merupakan gejala dari penyakit lain atau diagnosis tersendiri. Penyebab Insomnia Ada Banyak hal yang dapat menyebabkan keluhan insomnia. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman. Jenis insomnia bermacam-macam. . dari pagi men jadi malam misalnya. perubahan lingkungan. Higiene tidur misalnya tidur di ranjang atau tempat yang kurang nyaman. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. efedrin . sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. atau juga sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan. mandi air hangat juga mengurangi ketegangan tubuh. Jet lag (disinkronosis) biasanya dialami orang yang berpergian ke negara dengan zona waktu yang berbeda.

7. Jika sudh di tentukan saat tidur dan bangun. seyogyanya dipatuhi. Misalnya menonton TV. Apabila seseorang sulit tidur. Akibatnya tubuh selalu dalam keadaan tegang.Cara Mengatasi Susah Tidur Malam Atau Insomnia Aktifitas kita yang padat memang terkadang memakan waktu tidur. Tetapi masalah sulit tidur ini tidak berpenganruh pada mereka yang mudah sekali tidur. tidak dianjurkan tidur pada siang hari. demikian pula minuman yang mengandung alkohol. Semoga ³Cara Mengatasi Susah Tidur Malam Atau Insomnia³ ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian . Latihan olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. 5. Mula-mula tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur. 4. Tempat tidur seyogyanya hanya digunakan untuk tidur dan tidak di gunakan untuk kegiatan lain. Tidur di siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya pada malam hari tidur akan sering terjaga. 6. Sehingga waktu untuk tidur jadi berkurang bahkan cenderung tidak teratur. Lakukan olah raga pada sore hari atau setelah matahari terbenam. terlebih lagi seorang blogger pemula seperti saya yang hanya dapat memanfaatkan waktu malam hari ngeblog. Hindari makanan minuman tertentu seperi makanan manis sebaiknya dihindari menjelang tidur. Jangan menggunakan peralatan elektronik seperti ponsel menjelan tidur. 2. Menulis dan sebagainya. Tidur pada saat yang berubah ubah akan membuat badan dalam kondisi siaga. teh serta kopi. 3. Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar. Nah ketidakteraturan inilh awal mula dari sulit tidur. Berikut Cara Mengatasi Susah Tidur Malam Atau Insomnia : Cara Mengatasi Susah Tidur Malam Atau Insomnia 1.

Mandi Air Hangat ± Lakukan hal ini 1 jam sebelum tidur.00.Saat tidur sebenarnya tubuh kita memperbaiki sel-sel yang rusak dan membuat pikiran kita tenang.Makan malam sebaiknya tidak melewati pukul 19. Aroma Wangi dan Musik Slow ± Gunakan aroma terapi agar membuat suasana lebih tenang. Namun masalah sebenarnya bukan terletak berapa lama jam kita tidur. Karena jika makan terus-menerus maka perut otomatis terisi penuh dan tubuh masih melakukan proses pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan sulit untuk tidur. Usahakan untuk sudah berada di tempat tidur 30 menit sebelum waktu tidur yang diinginkan. Karena hanya dengan istirahat maka akan membuat badan kembali segar dan menghilangkan rasa lelah. Jangan Melakukan Kegiatan Berat di Malam Hari ± Jangan sekali-kali melakukan aktivitas yang menyita mental dan pikiran saat menjelang tidur. Nyalakan musik slow yang bisa membuat lebih rileks. Tetapi yang penting adalah bagaimana kualitas tidur itu sendiri. Kurang tidur dapat menyebabkan kondisi tubuh yang tidak stabil. Banyak masyarakat yang tidak tau bagaimana cara tidur yang nyenyak. Minum Susu Panas ± Dengan minum susu sebelum tidur juga bisa membantu tidur semakin nyenyak. emosi yang tidak terkontrol. hal ini akan membuat istirahat menjadi lebih nyenyak. kurang konsentrasi dan badan menjadi lemas. Dengan mandi air panas maka membuat tubuh menjadi rileks dan tidur lebih cepat. Mematikan Lampu ± Matikan lampu di kamar tidur. Matikan lampu dan coba memejamkan mata. . Berikut ini adalah cara mengatasi susah tidur dan bagaimana agar bisa tidur lebih nyenyak : Jangan Makan Berlebihan . sehingga tubuh belum beristirahat. 2010 | Author admin Aktivitas padat seharian tentu membuat badan terasa sangat lelah dan ingin segera beristirahat. dan apakah kita merasa nyenyak saat tidur.Mengatasi Sulit Tidur April 23.

pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Meskipun demikian. angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. maka akan timbul rangsangan untuk tidur. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas ka rena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut. antara lain : y Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur. Berikut beberapa cara mengatasi susah tidur (insomnia) yang bisa anda lakukan. matikan lampu. orang yang tidur selama 6. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya. Saat tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman. y y y y . Menurut penelitian. tambahkan dengan segelas susu hangat. Saat anda berbaring di tempat tidur. perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki-laki. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur. sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. matikan hal-hal yang menimbulan suara. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 ± 50% populasi mengalami insomnia.5 sampai 7.Tips mengatasi Insomnia / Susah Tidur September 11th. Disamping itu. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. 2010 Setiap manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar 1/3 waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Secara alami dan otomatis jika tubuh lelah maka kita akan merasa mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara fisik dan mental. bila tersedia.5 jam dalam sehari akan memiliki hidup yang lebih panjang dari pada yang tidurnya hanya memakan waktu kurang dari 6. Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak.5 jam atau lebih dari 8 jam perhari.

Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. alkohol dan rokok. Dengan waktu tidur yang cukup. Berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. . setidaknya 1 jam sebelum tidur. mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. tuk Hentikan menonton TV atau membaca buku. y y y y Ingatlah selalu bahwa tidur merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu. meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik. maka kita akan merasa segar bugar ketika bangun pagi dan siap melakukan berbagai aktifitas sepanjang hari dari pagi hingga malam.y Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh. melatih pernafasan. Selain itu. kopi. Dengan berolah raga. Mendengarkan musik. Keadaan ini akan mempemudah anda un tidur.

1986) memberikan daftar untuk mendiagnosis masalah tidur.. Anda mungkin memiliki masalah tidur jika beberapa dari hal-hal berikut terjadi pada anda: 1. Setiap manusia menghabiskan seperempat sampai sepertiga dari kehidupannya untuk tidur. . maka hari-hari kita akan menjadi lambat dan kurang bergairah.(belum termasuk ongkos kirim) Keterangan: Tutup mata dan matikan lampu.Deep Sleep Mengatasi Gangguan Tidur Detail Produk: Nama Produk: Deep Sleep Ukuran Keseluruhan: 857 MB Format MP3 dan WAV + Ebook petunjuk penggunaan dan Ebook keterangan isi produk. di padu dengan musik Deep Sleep yang begitu dalam. Karena beberapa masalah tidur dapat diatasi oleh individu yang bersangkutan dan yang lain memerlukan bantuan dokter. Anda merasa lelah dan tertekan pada waktu pagi hari atau malam hari. Dalam beberapa menit otak anda akan terasa di pijat. Gelombang Delta) (Gelombang Otak (Brainwave) Deep Sleep Classic) Format MP3 114 MB Durasi 50 Menit (Gelombang Delta) Harga Rp 85. 2. Dalam buku Applications in Self-Management (Brian T. Tidur yang berkwalitas sangat di perlukan tubuh dan otak anda untuk penampilan yang optimal. Sebaliknya tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu kita memiliki energi dan gairah dalam menjalani aktifitas sehari-hari. juga pesan-pesan subliminal (yang di dengar otak bawah sadar anda) merupakan musik yang lembut penuh dengan kekuatan. menjadikan anda tertidut dengan lelap. Dalam DVD ini berisi Terapi Gelombang Otak (Brainwave) Deep Sleep: y y y Format WAV 605 MB Durasi 60 Menit (Suara Alam. Gelombang Delta) Format MP3 137 MB Durasi 60 Menit (Suara Alam. Jika kita kurang tidur atau mengalami gangguan dalam tidur. Ketika sel otak anda berdengung dalam frekwensi Gelombang Delta. Anda memiliki lingkaran gelap dan membengkak di sekitar mata anda. karena tidur mengendalikan irama kehidupan kita sehari-hari.000. Menurut penelitian. Satu dari tiga orang dilaporkan mengalami gangguan tidur dan satu dari sembilan orang memiliki masalah tidur yang cukup serius. Frekwensi Gelombang Delta yang sejuk. anda mulai merasa melayang-layang. maka diagnosis diri menjadi sangat penting. Tidur bagi manusia adalah hal yang sangat penting. Kecemasan dan kehawatiran hilang. Yates. hampir setiap manusia pernah mengalami masalah tidur.

narcolepsy. maka kita tidak memerlukan banyak tidur. kita tidak memerlukan waktu tidur yang panjang. perbaikan sel-sel tubuh yang rusak (natural healing mechanism). Jika kita susah tidur. Berikut adalah sejumlah kekeliruan pandangan tentang tidur: y y y y y y y y y y Kita membutuhkan sedikitnya delapan jam tidur setiap malam. tetap berbaring di tempat tidur sampai kita tertidur. . 12. 9. Anda kecanduan obat-obatan. Jika ada salah satu dari sejumlah daftar tersebut terjadi pada anda. tidur dengan mimpi (adanya REM ² Rapid Eye Movement) atau dalam kondisi kreatif yaitu gelombang theta.3. terutama yang mengandung zat penenang. Anda sangat sensitif terhadap rangsangan internal seperti sakit perut (maag) atau kejang kejang. 4. Anda takut menghadapi malam hari karena anda susah tidur. Anda jatuh tertidur di pesta atau setelah makan malam di rumah orang. 6. Jika kita tidak bisa tidur. Obat tidur dapat membantu kita untuk tidur. Masalah tidur akan hilang dengan sendirinya jika kita mengabaikannya. 11. Beberapa orang tidur tanpa bergerak sepanjang malam. tetapi tidur yang berkualitas yaitu lelap tanpa mimpi. maka dapat dipastikan anda telah mengalami masalah dalam tidur. Minum minuman beralkohol sebelum istirahat dapat membantu kita untuk tidur. 7. Hal penting yang terjadi pada saat kita tidur adalah menurunnya frekuensi Gelombang Otak (Brainwave). atau kita berbicara ataupun berjalan ketika tidur berarti kita memiliki masalah tidur yang cukup serius. Ketegangan dan stress membuat kita membutuhkan banyak tidur. memberi waktu organ tubuh untuk beristirahat maupun untuk menjaga keseimbangan metabolisma dan biokimiawi tubuh. dan apnea. hypersomnia. Jadi dengan memahami proses penurunan frekuensi Gelombang Otak (Brainwave). kita dapat melihat bahwa tidur memiliki beberapa tahapan. Jika kita sering berada dalam kondisi relaksasi. Anda kurang aktif dan memiliki sedikit hubungan sosial. Setiap jumlah jam tidur yang terlewat harus digantikan agar kita dapat kembali ke kondisi normal. tidur tidak nyenyak ataupun bangun terlalu dini. 5. namun justru dalam kondisi tersebut kita menjadi susah tidur. 10. ada baiknya kita memahami apa sebenarnya tidur itu. kita selalu bermimpi atau selalu tidur nyenyak. dan tidur lelap tanpa mimpi pada frekuensi gelombang Delta. Orang yang tidur siang adalah orang yang malas. 8. alkohol atau obat-obatan untuk menenangkan diri dan membantu anda untuk tidur. mulai dari kondisi relaksasi (gelombang alpha). Pembentukan Sel Tidur adalah proses yang amat diperlukan oleh manusia untuk terjadinya pembentukan sel-sel tubuh yang baru. Anda merasa seperti kehilangan fokus perhatian yang membuat anda tidak dapat merespon rangsangan dari luar dan membuat anda sensitif terhadap hal lainnya. Jika kita dapat mengatur frekuensi Gelombang Otak (Brainwave) kita sampai pada taraf gelombang Delta. Anda mengkonsumsi obat-obat tidur dalam beberapa bulan terakhir. Jika kita tidur. Beberapa masalah tidur antara lain: insomnia. Anda sering menggunakan rokok. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai masalah -masalah dalam tidur. Anda mudah tersinggung atas hal-hal yang tidak penting. Anda sering tidak dapat tidur.

Lebih dari 5 juta pendudukAmerika Serikat mengalami gangguan ini. dan selalu bangun jauh lebih cepat dari yang diinginkan (early awakening insomnia). Sedangkan menggertak gigi dapat merusak email gigi. Para penderita hypersomnia membutuhkan waktu tidur yang sangat banyak dari ukuran normal. Untuk mengatasi gangguan ini kita dapat menggunakan teknik-teknik relaksasi dan pemrograman bawah sadar. Apnea adalah penyakit yan disebut juga µto fall asleep at the g wheelµ karena sering dialami ketika penderita sedang mengemudikan mobil. Gangguan tidur insomnia merupakan gangguan yang belum serius jika anda alami kurang dari sepuluh hari. Seringkali penderita dianggap memiliki gangguan jiwa atau malas. seperti sedang memimpin rapat² biasanya terjadi serangan pada kondisi emosi yang tegang seperti: marah. Masing-masing masalah ini berbeda cara penanganannya. Penyakit ini berbeda dengan insomnia yang terjadi secara terus menerus. Faktor risiko terkena gangguan ini antara lain: kelebihan berat badan (overweight). Apnea Apnea merupakan salah satu gangguan tidur yang cukup serius. Kadang-kadang beberapa masalah memerlukan campur tangan dokter ahli jiwa (psikiater). Dengan mengetahui dan memahami berbagai jenis gangguan atau penyakit tidur kita dapat . Cukup banyak orang yang mengalami satu dari ketiga jenis gangguan tidur ini. Insomnia Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala -gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Hypersomnia Gangguan ini adalah kebalikan dari insomnia. dll) atau terjatuh. Serangan narcolepsy dapat melumpuhkan seseorang dalam beberapa menit ketika dia masih sadar dan secara tiba-tiba membawanya ke alam mimpi. Meskipun penderita tidur melebihi ukuran normal. Fluktuasi denyut jantung dan tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kematian seketika pada penderita. Dalam penelitian dilaporkan bahwa di Amerika Serikat sekitar 15 persen dari total populasi mengalami gangguan insomnia yang cukup serius. Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat kembali tidur.y Masalah tidur bukan masalah serius. Gangguan berbicara dalam tidur hanya akan mengganggu teman sekamarnya. Namun gangguan ini tidaklah terlalu serius dan dapat diatasi sendiri oleh penderita dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen diri. Ada tiga jenis gangguan insomnia. penderita seketika merasa mengantuk dan jatuh tertidur. atau usia lanjut (lansia) yang pernah mengalami ketergantungan obat. ataupun menggertakkan gigi merupakan gangguan tidur yang tidak berbahaya. Ketika terserang. Perilaku Menyimpang Gangguan tidur lainnya seperti berbicara atau berjalan dalam keadaaan tidur. Justru penderita narcolepsy ini terkena serangan secara mendadak pada saat yang tidak tepat. selalu terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia). namun mereka selalu merasa letih dan lesu sepanjang hari. Penyakit menggertak gigi ini disebut dengan bruxism. Berikut adalah penjelasan berbagai jenis masalah tidur. api. usia paruh baya terutama pada wanita. Apnea terjadi karena fluktuasi atau irama yang tidak teratur dari denyut jantung dan tekanan darah. Narcolepsy Narcolepsy adalah gangguan tidur yang diakibatkan oleh gangguan psikologis dan hanya bisa disembuhkan melalui bantuan pengobatan dari seorang dokter ahli jiwa. Penderita apnea mengalami kesulitan bernafas bahkan berhenti bernafas pada saat tidur ketika terserang gangguan ini (dalam bahasa Jawa disebut µtindihanµ). Yang penting kita harus dapat menjaga keseimbangan frekuensi Gelombang Otak (Brainwave) agar sesering mungkin berada dalam kondisi relaks dan meditatif sehingga ketika kita harus tidur kita tidak mengalami kesulitan untuk menurunkan Gelombang Otak (Brainwave) ke frekuensi Delta. takut atau jatuh cinta. yaitu: susah tidur (sleep onset insomnia). Namun berbahaya jika berjalan dalam tidur menemui obyek yang berbahaya (benda tajam.

Untuk gangguan atau penyakit yang serius seperti narcolepsy maupun apnea. maka kita sebenarnya dapat menjadi bagian dari solusi masalah yang kita hadapi. Pesan-pesan Subliminal seperti inilah yang di tangkap otak bawah sadar ketika anda mendengarkan DVD Deep Sleep ini: y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y Saya tenang. saya tidur dengan lelap Pikiranku tenang dan memutuskan dengan mudah Tubuh saya rileks kedalam tidur yang lelap Setiap nafas menjadikan saya tertidur Saya selamat. saya percaya masa depan Kedamaian dalam diriku mengisi tidurku Saya menerima segala sesuatu sebagaimana mestinya Saya menyerah sekarang Otakku bebas. meditasi.mengambil langkah yang diperlukan. kita harus berkonsultasi dengan dokter ahli. tubuhku beristirahat Problem terselesaikan ketika saya tidur Mimpiku menyembuhkan dan menyegarkan lagi Diriku terpenuhi Saya mendapatkan ketenangan yang saya butuhka n saya beristirahat dengan bebas dan tenang Saya tidur dengan selamat Saya merasa nyaman di tempat tidurku Saya menyerah pada kesunyian dan kebebasan . karena mengabaikan gangguan tersebut dapat b erakibat fatal (mematikan) bagi penderita. Sepanjang masih bisa diatasi sendiri dengan teknik -teknik manajemen diri (relaksasi dan pemrograman bawah sadar. dan pola hidup yang sehat da n seimbang). saya rileks kedalam tidur yang lelap Saya bersiap untuk tidur Hari telah lewat saya bebas Otak saya beristirahat.