P. 1
Metode KB Modern

Metode KB Modern

|Views: 1,311|Likes:
Published by Inetz Rachmawaty
semoga bermanfaat yaa ^_^
semoga bermanfaat yaa ^_^

More info:

Published by: Inetz Rachmawaty on Mar 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2013

pdf

text

original

METODE KONTRASEPSI MODERN

Created by : Neti Rahmawati

konseling

Pil KB Kombinasi
‡ suatu metode pencegahan kehamilan yang paling efektif, karena Pil mencegah ovulasi sebagaimana kehamilan mencegah ovulasi.

Cara kerja Pil KB :
‡ Pil KB mengandung hormon estrogen dan progesteron. Hormon progesteron akan mencegah produksi Follicle Stimulating Hormon (FSH) sehingga tidak ada sel telur yang masak. Hormon estrogen akan membantu pembentukan endometrium, rayaitu membran mucosa yang melapisi dinding bagian dalam uterus/rahim. Di bawah pengaruh kedua hormon tersebut, endometrium terbentuk tetapi karena tidak ada sel telur yang masak maka tidak akan ada kehamilan, meskipun ada sel spermatozoa yang masuk ke dalam rahim. next

‡

Komposisi
‡ Pil KB ada beberapa merek dan macam, ada yang berisi 20 pil setiap kemasan, ada yang 21 pil, dan ada yang berisi 28 pil. ‡ Tablet pil berwarna kuning yang setiap tabletnya mengandung 0.15 mg Levonorgestrel (hormon Progestin) dan 0.03 mg Etinilestradiol (hormon Estrogen) dan 7 tablet salut gula berwarna putih yang tidak mengandung hormon.

next

back

Pil KB Progestrin / Mini
‡ Pil KB mini hanya mengandung progesteron, tetapi tidak mengandung estrogen seperti pada Pil KB kombinasi. Progesteron menyebabkan lendir serviks menjadi pekat sehingga tidak dapat dilalui oleh spermatozoa, dan endometrium menjadi tipis serta atrofi (mengecil). Ovulasi dihambat pada separoh kejadiannya.

‡ Cara kerja :
‡ Menghambat ovulasi. ‡ Mencegah implantasi. ‡ Mengentalkan lendir serviks sehingga menghambat penetrasi sperma. ‡ Mengubah motilitas tuba sehingga transportasi sperma menjadi terganggu.

Next

Cara pakai pil KB Mini 
Minum pil setiap hari pada saat yang sama.  Penggunaan mini pil jangan sampai ada yang lupa.  Senggama dilakukan 3-20 jam setelah minum mini pil.

Efek samping

Gangguan haid Peningkatan/penurunan berat badan Payudara tegang. Mual. Pusing. Perubahan mood. Dermatitis atau jerawat

Kontra indikasi

Sebaiknya hanya diberikan pada ibu yang sedang menyusui saja Tidak dibenarkan dipakai oleh wanita yang sedang mengalami perdarahan abnormal dari uterus Tidak dibenarkan dipakai oleh wanita yang pernah mengalami kehamilan ektopik.

indikasi

Wanita usia reproduksi Wanita yang telah memiliki anak maupun yang belum mempunyai anak. Pasca persalinan dan tidak menyusui. Menginginkan metode kontrasepsi efektif selama masa menyusui. Pasca keguguran. Tidak boleh mengkonsumsi estrogen atau lebih senang menggunakan progestin.

back

KB SUNTIK

Kontrasepsi suntikan adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan melalui suntikan hormonal. Kontrasepsi hormonal jenis KB suntikan ini di Indonesia semakin banyak dipakai karena kerjanya yang efektif, pemakaiannya yang praktis, harganya relatif murah dan aman

next

Ada tiga jenis suntikan KB yaitu :
‡ Suntikan 150 mg DMPA

Cara kerja :

(Depomedroksi-Progesteron Asetat) ‡ Menghalangi ovulasi (masa atau Depo Provera yang diberikan setiap 3 bulan. ‡ Suntikan 200 mg NET-EN (Noretindron Enantat) yang diberikan setiap 3 bulan. ‡ Suntikan setiap bulan (Cyclofen). subur)Mengubah lendir serviks (vagina) menjadi kental ‡ Menghambat sperma & menimbulkan perubahan pada rahim ‡ Mencegah terjadinya pertemuan sel telur & sperma ‡ Mengubah kecepatan transportasi sel telur
next

Cara pemberian :
‡ Setelah melahirkan : hari ke 3 ² 5

pasca salin dan setelah ASI berproduksi ‡ Setelah keguguran : segera setelah dilakukan kuretase atau 30 hari setelah keguguran (asal ibu belum hamil lagi ‡ Dalam masa haid : Hari pertama sampai hari ke-5 masa haid

2 Lokasi Penyuntikan : ‡ Daerah bokong/pantat ‡ Daerah otot lengan atas
next

Indikasi :
‡ Klien menghendaki pemakaian kontrasepsi jangka panjang atau telah mempunyai cukup anak sesuai keinginan tetapi belum ingin, belum siap atau belum bisa ikut tubektomi saat ini. Klien menghendaki pemakaian kontrasepsi yang tidak perlu dipakai setiap hari atau setiap bersenggama Klien tidak dapat memakai kontrasepsi yang mengandung esterogen, atau kalau meminumnya maka akan timbul gejalagejala komplikasi pemakaian esterogen. Klien sedang menyusui dan membutuhkan kontrasepsi yang sesuai.

‡

Kontraindikasi
‡ Tidak boleh dipakai apabila diduga adanya kehamilan atau perdarahan abnormal dari uterus yang belum diketahui diagnosisnya ‡ Tidak diberikan kalau ada riwayat keganasan ‡ Narices yang luas atau kelainan kardiovaskuler lainnya ‡ Penyakit hepar
back

‡

‡

Konseling keluarga berencana

Merupakan hal yang amat penting, karena dapat membantu klien keluar dari berbagai pilihan dan alternative masalah kesehatan reproduksi dan keluarga berencana (KB). Konseling yang baik membuat klien puas (satisfied). Juga membantunya dalam menggunakan metoda KB secara konsisten dan sukses.

6 langkah konseling
Dalam bahasa Inggris kita mengenal istilah GATHER, yakni
‡ ‡

‡

‡

Greet client sambut klien secara terbuka dan ramah, tanamkan keyakinan penuh, katakana juga bahwa tempat tersebut sangat pribadi. Sehingga hal yang didiskusikan akan menjadi rahasia. Ask client about themselves tanyakan klien tentang permasalahannya, pengalamannya dengan alat KB dan kesehatan reproduksinya. Tanyakan pula apakah telah ada metoda yang dipikirkan. Kita menyikapi dan mencoba menempatkan kita pada posisi klien. Dengan begitu akan memudahkan kita memahami apa sebenarnya permasalahan klien. Dengan perkataan lain, klien sebagai subjek sekaligus objek. Tell client about choices tanyakan tentang pilihannya, fokuskan perhatian kepada metoda yang dipilih klien. Tetapi ajukan pula metoda lain.

‡

‡

Help client make an informed choices Bantu membuat pilihan yang tepat, dorong ia mengemukakan pendapatnya dan ajukan beberapa pertanyaan! Apakah metoda KB tersebut memenuhi criteria medik. Juga apakah partner seksualnya mendukung keputusannya. Jika mungkin bicarakan dengan keduanya. Tanyakan metoda apa yang klien putuskan untuk digunakan. Explain fully how to use the choosen method jelaskan cara menggunakan metoda pilihannya, dorong ia berbicara secara terbuka, jawab pula secara terbuka dan lengkap. Return visits should be welcomed kunjungan kembali, bicarakan dan sepakati kapan klien kembali untuk followup. Dan selalu mempersilakan klien kembali kapan saja.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->