P. 1
Cara Membuat Hiperlink Power Point

Cara Membuat Hiperlink Power Point

|Views: 1,155|Likes:
Published by Yoga

More info:

Published by: Yoga on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2013

pdf

text

original

Membuat Hiperlink antar File di Powerpoint

Hyperlink dengan kaitannya dengan aplikasi Microsoft Office PowerPoint, diartikan sebagai media presentasi yang dapat memberikan kemudahan menghubungkan sebuah file yang berbeda atau menghubungkan banyak slide-slide pada satu file PowerPoint sehingga tampil dengan cepat, yang memberikan kemudahan tanpa secara tradisional mencari file atau slide yang ingin dilihat tersebut. Dari definisi hyperlink pada PowerPoint di atas dapat dibuat sebuah kesimpulan bahwa hyperlink terdiri dari fungsi (sebagai penghubung), yaitu: 1. Hyperlink antar file (dari file jenis PowerPoint ke file lain) 2. Hyperlinkdalam satu file (Hyperlink jenis ini menghubungkan antar slide dalam satu file PowerPoint) Disini akan dijelaskan cara membuat hyperlink pada file yang berbeda, artinya ketika Anda Slide show dan akan menampilkan file lain tanpa harus keluar dari slide yang sedang show, namun untuk memanfaatkan sistem hyperlink maka diperlukan sebuah media (perantara) untuk menghubungkan ke file tersebut (silahkan baca di sini tentang media yang dapat digunakan sebagai media hyperlink) Misalkan media hyperlink yang ingin digunakan adalah teks ³Rencana Program Pengajaran (RPP)´ dan yang ingin di hyperlink-kan adalah file yang namanya RPP dalam bentuk word. Berikut ini, langkah-langkah membuat hyperlink antar file tersebut di PowerPoint, yaitu: 1. Buka Microsoft Office PowerPoint 2. Masukan isi presentasi pada slide-slide presentasi Anda Misalkan pada slide 2 terdapat teks ³Rencana Program Pengajaran (RPP)´ yang ingin di hyperlink 3. Silakan blok teks ³Rencana Program Pengajaran (RPP)´ 4. Kemudian, klik kanan setelah diblok, akan uncul kotak dialog Insert Hyperlink 5. Pada bagian Link to: Existing File or Web Page (biarkan tetap pada bagian tersebut) Link to, memiliki makna link ke file lain atau dalam file itu saja, karena link-nya pada file yang berbeda maka di pilih Link to: Existing File or Web Page

6. Pada bagian Look i Current Fol er, biarkan t tap seperti it 7. Silahkan cari file yang Anda ingin di hyperlink pada folder penyi panan file Anda kemudian klik, kalau sesuai contoh di atas maka filenya adalahRPP 8. Jika sudah ditemukan filenya maka akhir dengan klik Ok 9. Secara otomatis teks ³Rencana Program Pengajaran (RPP)´ akan berwarna biru dengan garis bawah sepanjang teks tersebut 10. Silahkan slide show untuk melihat hasil hyperlink antar file di PowerPoint dan klik teks yang telah di hyperlink, maka file RPP dalam bentuk word akan muncul

Tutorial Powerpoint 5: Membuat hyperlink internal
Hyperlink internal merupakan link atau tautan yang dibuat dalam suatu presentasi, di mana tautan yang dituju terdapat dalam presentasi itu sendiri. Biasanya, slide yang menjadi target disembunyikan agar tidak menghalangi perpindahan slide utama. Contoh hyperlink internal dapat dilihat pada file ini. Dengan menekan tombol ³click me´, slide berpindah ke slide lain yang tersembunyi. Di slide target, dengan menekan tombol ³ please bring me back´, maka Anda akan berpindah kembali ke slide sebelumnya. Persiapan:
y y y y y

Judul Slide: font Comic Sans MS 36 pt, Bold. Isi Slide: font Georgia 28 pt, Regular. Tombol Click Me dan Please Bring Me Back: rounded rectangle, font Georgia 28 pt, Regular. Theme: Capsules, colour scheme: blue Ukuran slide 9 inch kali 9 inch (diatur di Page Setup).

Cara membuatnya adalah sebagai berikut. 6) Buat slide 1 dengan susunan seperti ini.

5) Buat slide 2 dengan susunan seperti ini.

4) Sli 2 dibuat tersembunyi. Caranya dengan klik kanan pada kotak slide yang dimaksud pada t outli / li di kiri layar, lalu pilih i .

¡  ¦

¡  ¥ ¡¤

£¢ ¡ 

3) Sekarang hubungkan slide pertama dengan kedua. Caranya klik kanan pada tombol ³Cli ´ dan pilih li .

¨§

¨   

©

2) Di kotak dialog yang muncul, lihat Li to di sebelah kiri. Pilih Pl Pilihan Exi ti Fil o W P merupakan opsi untuk membuat akan dibahas di tutorial bagian 6 nanti. Segera setelah memilih Pl i slide yang Anda tuju; yaitu slide 2. Tanda kurung menunjukkan bahwa berhasil disembunyikan ( i ).

i T i Do u t. li eksternal, yang T i Do u t, pilih li tadi sudah

1) Di slide 2, tadi Anda sudah memasang sebuah tombol ³Pl i ´. Coba sekarang dengan cara yang sama, Anda buat tautan (li ) menuju kembali ke li 1.

# $ %& "

Berhasil! Sekarang coba apakah tautan yang Anda buat bekerja. Tekan F5 untuk memulai i presentasi. Tekan tombol Cli M . Apakah li berpindah? Sekarang tekan Pl . Jika keduanya berhasil, Anda sudah bisa membuat li internal Sebagai 

# 

) "  #  " !    % ('! " !  

) " & # $ %& " 

% ('! 

) " 

$ &  

)) !

%

$ " 

&

informasi, selain dengan rou rect ul r, hyperli dapat dibuat dari berbagai objek yang ada dalam Powerpoi t, kecuali objek hasil roupi . Jadi dengan pl i text ataupun dengan gambar juga bisa. Selamat mencoba« yperli eksternal sebenarnya sama saja dengan hyperlink internal. Bedanya hanya terletak pada target. Di mana untuk hyperli eksternal, file target yang dituju berada di luar file presentasi yang sedang Anda buka. File target itu dapat berupa halaman web, dokumen Word, presentasi lain, file foto, atau apa saja. File penunjang yang digunakan dalam latihan ini dapat Anda ambil di sini. Persiapan:
y y y y y

Judul Slide: font Comic Sans MS 36 pt, Bold. Isi Slide: font Georgia 28 pt, Regular. Kedua tombol Click Me: rounded rectangle, font Georgia 28 pt, Regular. Theme: Capsules, colour scheme: blue Ukuran slide 9 inch kali 9 inch (diatur di Page Setup).

Cara membuatnya adalah sebagai berikut. 3) Buat slide 1 dengan susunan seperti ini.

03

40 50

4

3 403

50

1210

0

50

6

2) Coba membuat tautan keluar untuk Click me ke homepage blog ini. Caranya klik kanan pada objek yang dimaksud, kemudian pilih Hyperlink (sudah diperlihatkan di tutorial 5). Di kotak dialog yang muncul pilih Existing Web or File. Ketikkan alamat blog ini di kotak address; kemudian klik OK. (Perhatian: gambar ini seharusnya memperlihatkan isi folder aktif di Microsoft Powerpoint Anda. Di gambar ini kotak tersebut terlihat kosong karena sudah dicrop oleh penulis. Alias censored! Hihihi ).

1) Coba lakukan hal yang sama untuk tombol please click. Namun tautan yang dituju adalah ³www.google.co.id´. Berhasil. Untuk mencobanya, jalankan saja presentasinya dan klik tombol yang bersangkutan untuk membuka halaman web yang Anda maksudkan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->