ARSITEKTUR SISTEM DATABASE A.

Hirarki Database

PERTEMUAN 2

DATABASE NON-ELEKTRONIK BERKAS TUPLE ATRIBUTE/ELEMEN DATA ISI DATA ISI DATA TUNGGAL BAGIAN DARI ISI DATA TUNGGAL

DATABASE ELEKTRONIK FILE RECORD FIELD DATA VALUE ITEM DATA ITEM DATA ELEMENTER 20

ARSITEKTUR SISTEM DATABASE

A. Tingkatan Arsitektur Database
1. Level Fisik (Internal) 2. Level Conceptual 3. Level View (Eksternal)

A.Pengguna Database 1. Database Manager 2. Database Adminitrator 3. Database User
Data Independence Tingkat abstraksi database mulai dari eksternal sampai dengan internal Terdiri Dari Dua Tingkat : 1. Phisical Data Independence Kebolehan untuk mengubah pola phisik database tanpa mengakibatkan suatu aplikasi program ditulis kembali dengan tujuan meningkatkan daya guna. 2. Logical Data Independence Kebolehan untuk mengubah pola konseptual database tanpa mengakibatkan suatu aplikasi program ditulis kembali dengan tujuan merubah struktur database (ditambahkan atau dikurangi).

B. Komponen Database
1. 2. 3. 4. Data Hardware Software User

1

Shared c. a. Shared c. Latihan Soal 1. Repetisi b. adalah pengertian untuk paket bahasa dalam bntuk …………. a. Time Sharing 3. a. Eksternal c. Database Elektronik d. a. Integrity d. yaitu: 1. Sistem Database c. Internal b. Internal b. Integrity d. Data Manipulation Language (DML) Paket bahasa yang memperbolehkan pemakai untuk mengakses atau memanipulasi data sebagai yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat. Data Definition Language (DDL) Paket bahasa yang merumuskan tentang apa dan bagaimana suatu database dibentuk. Penggunaan data yang sama. Paket bahasa yang memperbolehkan pemakai untuk mengakses atau memanipulasi data sebagai yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat. Paket Bahasa Penggunaan bahasa dlm dbms dibagi menjadi beberapa definisi yg masing-masing mempunyai spesifikasi sendirisendiri. pada saat yang sama untuk kegiatan yang berbeda adalah karakteristik data dalam bentuk ……… a. dimana terdapat program aplikasi yang digunakan dan ada data yang digunakan adalah pengertian dari ………. Tingkatan/level arsitektur database yang memuat pembuatan sruktur fisik dari suatu database dan dikerjakan oleh DBA (Database Administrator) adalah level …………. Konseptual d. Penggunaan data yang sama. Tingkatan/level arsitektur database yang memuat pembuatan sruktur fisik dari suatu database dan dikerjakan oleh DBA (Database Administrator) adalah level …………. DML c. MDL 2 . Eksternal c. Repetisi b. Interval 3. Konseptual d. Program Database 2. Query Paket bahasa yang merupakan bagian dari DML yang digunakan untuk pengambilan informasi sesuai kebutuhan database yang dibentuk. Interval 4. DDL b. 2.B. Query d. Database Non Elektronik b. Bentuk pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai alat bantunya. pada saat yang sama untuk kegiatan yang berbeda adalah karakteristik data dalam bentuk ……… a. Time Sharing 2. 3.

adalah pengertian dari ketergantungan data dalam bentuk………… a. MDL 5. a. Paket bahasa yang memperbolehkan pemakai untuk mengakses atau memanipulasi data sebagai yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat. DML c. Query d. Logical Data Independence 3 . Internal Data Independence c.4. Eksternal Data Independence d. Kebolehan untuk mengubah pola konseptual database tanpa mengakibatkan suatu aplikasi program ditulis kembali dengan tujuan merubah struktur database (ditambahkan atau dikurangi). adalah pengertian untuk paket bahasa dalam bntuk …………. DDL b. Phisycal Data Independence b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful