P. 1
Penelitian dan Ilmu Pengetahuan

Penelitian dan Ilmu Pengetahuan

|Views: 153|Likes:
Published by Samy Pandu Candra

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Samy Pandu Candra on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2011

pdf

text

original

Materi Minggu I Mata Kuliah: METODOLOGI PENELITIAN Dosen: Dr.

Rohmat Dwi Jatmiko, MM

Pokok Bahasan:

Penelitian dan Ilmu Pengetahuan
3/31/2011 by RDJ-FE.UMM 1

Sub Pokok Bahasan: A. Penelitian dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan B. Definisi Penelitian C. Pentingnya Penelitian D. Integritas Kepribadian Peneliti E. Jenis-jenis Penelitian F. Ciri-ciri Penelitian Ilmiah G. Proses Berpikir Ilmiah H. Tugas terstruktur
.

3/31/2011

by RDJ-FE.UMM

2

.

Penelitian dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan  Pendekatan Non-Ilmiah²tidak sistematis, tidak terkontrol, bersifat subyektif, tidak dapat diulang oleh orang lain.  Pendekatan Ilmiah²sistematis, bisa diulang, dinilai dan dibenarkan oleh orang lain, diuji dan dibuktikan secara empiris
3/31/2011 by RDJ-FE.UMM 3

.

a) b) c) d) e) f)

Pendekatan non-Ilmiah²pencarian kebenaran yang tidak ilmiah: Penemuan kebenaran melalui wahyu Penemuan kebenaran melalui ilham (intuisi), wangsit, dan sebagainya Penemuan kebenaran secara kebetulan Penemuan kebenaran dengan akal sehat (common sense) Penemuan kebenaran try and error Penemuan kebenaran melalui kewibawaan
by RDJ-FE.UMM 4

3/31/2011

.

Pendekatan ilmiah: Pendekatan ilmiah sering disebut juga sebagai pendekatan atau metode positivistik. Pengetahuan yang benar bersifat a positive fact, artinya pengetahuan itu mesti dibenarkan oleh setiap orang yang mempunyai kesempatan yang sama untuk menilainya berdasarkan fakta atau hal yang dapat ditinjau, diuji, dan dibuktikan secara empiris.
3/31/2011 by RDJ-FE.UMM 5

Definisi Penelitian Penelitian atau research berasal dari kata ³re´ yang berarti: kembali, dan kata ³to search´ yang berarti: mencari, memahami, mengkaji, mencari jawaban. Penelitian adalah pencarian atas sesuatu secara sistematis terhadap masalah-masalah yang bisa dipecahkan (Whitney, 1960) Penelitian adalah upaya manusia untuk mencari kebenaran, atau yang dianggap, disepakati sebagai kebenaran (Hillway, 1956)
3/31/2011 by RDJ-FE.UMM 6

.

Pentingnya Penelitian: ‡ Ciri utama kegiatan penelitian terletak pada permasalahannya lebih terfokus, memiliki kedalaman, adanya temuan-temuan, rekomendasi atas pemecahan masalah, pengembangan dan pengujian terhadap kebenaran yang ada.
.

‡ Penelitian sebagai ilmu²menggunakan metode ilmiah, dalam arti temuan, pengembangan atau pengujian kebenaran dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data secara teliti, jelas, sistematis, dan dapat dipertanggungjawabkan secara epistemologis.
3/31/2011 by RDJ-FE.UMM 7

Integritas Kepribadian Peneliti
.

Penelitian merupakan aktualisasi dari epistemologi (bagian dari filsafat ilmu yang membahas bagaimana cara manusia mendapatkan ilmu pengetahuan dan sampai pada batas mana ilmu pengetahuan mampu digapai manusia). a) Integritas Berpikir. Seorang peneliti harus berpikir secara: Skeptis (menerima kebenaran yang didasarkan pada fakta yang ia peroleh secara valid; Analitis (peneliti harus melakukan check and recheck dengan fenomena yang lain sebagai sebab-akibat; Kritis ( tidak menganggap bahwa setiap informasi yang diterimanya pasti benar, tetapi mencermati dan mengolahnya berdasarkan logika dan akal sehat. b) Integritas Kepribadian. Seorang peneliti adalah seorang ilmuwan yang tindakannya senantiasa bermuara pada pilihan-pilihan moral dan etik. Oleh karena itu, seorang peneliti harus: Obyektif (Siddiq), terbuka (amanah), dan kompeten
3/31/2011 by RDJ-FE.UMM 8

Jenis-jenis Penelitian
‡ Penelitian berdasarkan bidang keilmuan
a) Penelitian Sosial-budaya b) Penelitian Eksakta-Alam

‡

Penelitian berdasarkan Metode Analisis
a) Penelitian Kuantitatif²positivistic (mainstream) b) Penelitian Kualitatif²non mainstream c) Mixed (hybrid) Method

‡

Penelitian berdasarkan Kualifikasi Hasil
a) Penelitian dasar (memperluas dan memperdalam iptek secara teoritis) b) Penelitian terapan (applied research, action research).

3/31/2011

by RDJ-FE.UMM

9

Ciri-ciri Penelitian Ilmiah:
‡ Terdapat fakta/data dan dukungan empiris²tidak spekulatif ‡ Teoritis²usaha merangkum pengamatan dalam dalil-dalil abstrak yang secara logis berkaitan dan menerangkan hubungan sebab-akibat dari suatu persoalan. ‡ Kumulatif²menerapkan teori-teori yang dibangun di atas teori-teori lainnya, baik yang bersifat mengoreksi, memperluas, atau menyempurnakan teori lama. ‡ Bebas nilai (value free)²tidak memiliki pra-konsepsi tertentu apakah bersifat normatif, ideologis, atau politis dalam menilai gejala atau fenomena.
3/31/2011 by RDJ-FE.UMM 10

Proses Berpikir Ilmiah:
‡ Deduksi²bentuk inferensi yang bertujuan menarik kesimpulan, dimana kesimpulan ini haruslah sebagai akibat dari alasan-alasan (premis) yang diajukan. Suatu deduksi adalah shahih bilamana kesimpulan tidak mungkin salah jika premis adalah benar. ‡ Induksi²menarik kesimpulan dari satu atau lebih fakta atau bukti-bukti. ‡ Gabungan Deduksi-Induksi²gerak ganda dari berpikir reflektif (Cooper&Emory, 1996,p.31)
3/31/2011 by RDJ-FE.UMM 11

Tugas untuk didiskusikan dan dikerjakan
1. Fitrah manusia adalah rasa keinginan tahunya terhadap sesuatu dan berpihak kepada kebenaran. Manusia juga memiliki sifat hanif (akal budi), yaitu keinginan yang tidak terbatas untuk menggapai yang terbaik dalam kehidupannya. Berdasarkan pada fitrah dan akal budi tersebut, maka jelaskan bagaimana manusia memenuhi rasa ingin tahu dan mencari kebenaran? Cari berbagai sumber literatur tentang definisi penelitian. Dan uraiakan dimana letak persamaan dan perbedaannya. Seorang peneliti harus memiliki integritas kepribadian. Apa maksud pernyataan tersebut? Kita mengenal berbagai jenis penelitian. Sebutkan dan beri uraian secara singkat. Kita mengenal berbagai jenis proses berpikir ilmiah. Sebutkan dan beri contoh secara singkat. Suatu penelitian harus dilakukan dengan pendekatan ilmiah. Sebutkan dan beri uraian singkat ciri-ciri penelitian ilmiah.

2. 3. 4. 5. 6.

3/31/2011

by RDJ-FE.UMM

12

.

Selamat belajar, semoga sukses

wassalam

3/31/2011

by RDJ-FE.UMM

13

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->