P. 1
DISKUSI

DISKUSI

|Views: 692|Likes:
Published by Yayan Haryani

More info:

Published by: Yayan Haryani on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/24/2012

pdf

text

original

Diskusi

DISKUSI
Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya lebih/kelompok. komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi topik. berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut. tersebut.

Macam-Macam Diskusi
1. Seminar Pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal. 2. Sarasehan/Simposium Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu. 3. Lokakarya/Sanggar Kerja Pertemuan yang membahas suatu karya. 4. Santiaji Pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjalang pelaksanaan kagiatan.

5. Muktamar Pertemuan para wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. 6. Konferensi Pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. 7. Diskusi Panel Diskusi yang dilangsungkan oleh panelis dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator. 8. Diskusi Kelompok Penyelesaian masalah dengan melibat kan kelompok-kelompok kecil.

Menyelesaikan Masalah
Untuk mendapatkan informasi dan pemecahan masalah dari beberapa sudut pandang yang berbeda, biasanya dilakukan dengan menghadirkan beberapa ahli yang berbeda latar belakang ilmu pengetahuan. 

Misal, dengan topik mengarahkan pendidikan anak agar lebih baik, diskusi dapat ditempuh dengan menghadirkan pendidik, ulama, plotikus, seniman, dan psikolog dan lain-lain. lain-

Cara Mendapatkan Informasi
untuk mendapatkan informasi gunakan kata tanya 5W1H : What : Apa ? Where : Dimana ? Why : Mengapa ? When : Kapan ? Who : Siapa ? How : Bagaimana ?

Tips Memehami Isi Diskusi 

Untuk mempermudah menemukan maksud/isi diskusi. Kita harus memperhatikan pokok pembicaraan diskusi, dengan ciri-ciri : ciri 

 

Sering diulang oleh pembicara dalam keseluruhan pembicaraannya. Mendapat penekanan dalam pembicaraan. Pokok [pembicaraan dapat dilihat dari judul atau topik pembicaraan, dan Pokok pembicaraan ditegaskan kembali di akhir pembicaraan.

AspekAspek-aspek Diskusi  



Moderator (orang yang mengatur jalannya diskusi) Penasehat (jika ada) Penyaji Mater 

Natulen (orang yang bertugas mencatat halhalhal penting ketika diskusi berlangsung?) 



Notulis Peserta diskusi (audien)

Perhatikan Dengan Baik

SyaratSyarat-syarat Moderator 
Pasih

dalam berbicara  Wawasannya luas  Bijaksana  Tegas  Bisa membagi waktu dengan baik.

Tips Diskusi Yang Baik 
Catat materi yang akan didiskusikan.  Siapkan notulen.  Usahakan rapat dimuali sesuai jadwal.  Setelah audien berkumpul, segera mulai

berdiskusi : 
 



Mengucapkan salam. Mengucapkan terimaksih atas kehadiran audien. Sebutkan materi yang akan didiskusikan. Sekira perlu, sebutkan peraturan-peraturan peraturandiskusi.   

Dalam memberikan kesempatan kepada audien berpendapat harus di batasi jumlah dan waktu yang diberikan, dan harus tegas. Apabila ada yang bertanya, jawab dengan jelas dan ringkas jangan berbelit-belit. berbelitApabila telah mendapat kesimpulan, segera tutup diskusi. Jangan lupa mengucapkan terimaksih kapeada audien.

Notulen
Notula adalah catatan hasil diskusi/rapat pertemuan. pertemuan. Notula diperlukan sebagai dokumentasi kegiatan diskusi/rapat. diskusi/rapat. Notula yang baik sekurang-kurangnya berisi : sekurang1. 2. 3. 4. 5. Tujuan kegiatan. PikiranPikiran-pikiran yang dibahas dalam kegiatan. Saran dan keputusan dalam kegiatan. Waktu pelaksanaan kegiatan. PihakPihak-pihak yang hadir dalam kegiatan

OSIS SMA NEGERI KARANGNUNGGAL Jln. Raya karangnunggal. 46186 Acara Hari/tanggal Pemimpin diskusi Penasihat Peserta yang di undang Peserta yang hadir Tujuan rapat Pelaksanaaan : ..................................... : ..................................... : ..................................... : ..................................... : ..................................... : ..................................... : ..................................... : 1. Simpulan 2. Hambatan (jika ada) 3. Dll. Dll.

Contoh Format Notulen Diskusi

Mengetahui ....................

Karangnunggal, ......... Nitulis

Mengemukakan Pendapat
Untuk mengemukakan pendapat, sanggahan atau kritikan hendaknya dilakukan dengan tata cara sebagai berikut : Sebelum berbicara, acungkan tangan. Apabila tangan. moderator sudah mempersilahkan, anda dapat langsung mengemukakan pendapat. pendapat. Kemukakan gagasan dengan jelas, singkat dan menggunakan alasan yang logis. logis. Gagasan dikemukakan dengan bahasa yang baik dan sopan. sopan.

1.

2.

3.

MANFAAT DISKUSI 
Mengmbangkan

sikap demokrasi  Mengetahui sikap toleransi seseorang  Mengembangkan kebebasan pribadi  Mengembangkan latihan berpikir  Manambah pengetahuan dan pengalaman  Memberi kesempatan unntuk berpikir kritis dan kreatif

Beri Tanggapan Terhadap Proses Diskusi Berikut Ini

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->