BULU TANGKIS A. Teknik Dasar Servis dan Pukulan forehand-backhand 1.

Teknik Dasar Memegang Raket dan Servis
Pinsip-prinsip dasar memegang raket dan melakukan servis telah dipelajari di kelas VII dan kelas VIII. Sekarang kita akan mempraktikkannya baik secara individu maupun berpasangan. A. Sikap awal -. Pemain berbaris ke belakang -. Berdiri pada posisi siap dengan teknik memegang raket model Amerika, dan mulai melakukan servis. B. Latihan teknik servis -. Para pemain melakukan servis secara bergiliran. Misalnya kelompok A mendapat giliran pertama untuk servis, yang diarahkan secara silang pada bidang servis lawan ke kelompok B sebagai kelompok. -. Lakukan servis panjang forehand secara tepat dengan memperhitungkan jatuhnya shuttlecock di bidang garis lawan. -. Setelah melakukan servis panjang, pemain bergeser ke sisi lapangan di depannya. Giliran pemain lainnya melakukan servis. Demikian seterusnya. Setelah melakukan servis panjang forehand, lakukan berturut-turut servis pendek forehand, servis panjang backhand, dan servis pendek backhand.

2. Variasi pukulan
Lakukan latihan variasi pukulan secara berpasangan. A. A1 melakukan servis pendek secara diagonal pada bidang servis lawan (B1). Pemain B1 meneruskan pukulan secara searah kepada pemain A2, dan dikembalikan lagi oleh A2 secara silang ke B2.

Permainan bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi Permainan bulu tangkis tangkis dengan peraturan yang dimodifikasikan ini merupakan sarana latihan bagi para siswa untuk semakin memahami peraturan bulu tangkis. 1. 2. Modifikasi atau variasi permainan bisa dilakukan dengan cara apapun. Permaina dengan jumlah pemain seimbang. atau lazim disebut sebagai permainan ganda. netting. dan dikembalikan lagi oleh A2 secara silang ke B2. Permainan dengan jumlah pemain 3 lawan 3 a. dinyatakan kalah. A1 melakukan servis panjang/lambung secara diagonal pada bidang servis lawan (B1). misalnya antara 8-10 menit. backhand. b. Kelompok pemain yang lebih banyak melakukan kesalahan atau mati. overhead. d. 2 lawan 2. B. Usahakan agar baik perempuan maupun laki-laki memiliki kesempatan bermain yang sama. misalnya antara 8-10 menit. terlebih agar para siswa bisa menempatkan diri pada posisinya secara tepat saat bermain bulu tangkis. Pukulan-pukulan yang digunakan bervariasi. Pemain B1 meneruskan pukulan searah kepada pemain A2. Berikut ada beberapa model permainan bulu tangkis yang dimodifikasi.B. b. Permainan dibatasi oleh waktu. Prinsipnya adalah melatih siswa agar semakin memahami permainan (peraturan) bulu tangkis. Kelompok pemain yang lebih banyak melakukan kesalahan atau mati. c. Permainan dibatasi oleh waktu. dinyatakan kalah. a. dan sebagainya. mulai dari pukulan forehand. .

misalnya antara 8-10 menit. netting. Usahakan agar baik perempuan maupun laki-laki memiliki kesempatan bermain yang sama.c. overhead. backhand. b. mulai dari pukulan forehand. backhand. d. Pukulan-pukulan yang digunakan bervariasi. Pukulan-pukulan yang digunakan bervariasi. dinyatakan kalah. Permainan dengan jumlah pemain 3 lawan 2 a. dan sebagainya. mulai dari pukulan forehand. overhead. Permainan dibatasi oleh waktu. c. . d. 3. dan sebagainya. Usahakan agar baik perempuan maupun laki-laki memiliki kesempatan bermain yang sama. Kelompok pemain yang lebih banyak melakukan kesalahan atau mati. netting.