P. 1
SISTEM KOMUNIKASI DI PEDESAAN

SISTEM KOMUNIKASI DI PEDESAAN

|Views: 1,917|Likes:
Published by Okta Abrianto

More info:

Published by: Okta Abrianto on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

SISTEM KOMUNIKASI DI PEDESAAN

Desa adalah sebuah karakateristik yang mempunyai ciri khas tersendiri. Ciri khas khusus yang berhubungan dengan komunikasi adalah komunikasi lebih banyak dilakukan dengan komunikasi anatarpersona; Masyarakat desa mengenal komunikasi anatar persona dengan gethok tular artinya komunikasi dilakukan dengan lisan tentang suatu pesan dari satu orang ke orang yang lain. Ex. Gotong royong diberitahukan pada satu orang ke orang yang lain; melalui satu unit mobil; Terdapat tiga media yang sangat berpotensi dalam menyebarkan informasi ke masyarakat pedesaan , yakni : a. Koran Masuk Desa (KMD) • Koran kota (dikelola dan dicetak di kota) untuk masyarakat desa • Program KMD di Indonesia mulai dilaksanakan pada bulan Februari 1980 berdasarkan SK Menpen No. 11/A/Kep/Menpen/1980 tanggal 29 Januari 1980 • Tujuan KMD adalah : 1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai aspekaspek pembangunan dan pembaruan. Sebab masyarakat pedesaan masih berpegang teguh pada norma, nilai tradisi yang sangat bertolak belakang dengan pembangunan. 2. Meningkatkan keterampilan (skill) terutama yang menyangkut cara hidup dan cara memenuhi kebutuhan hidup. KMD bisa menjadi agen pembaharuan yang berperan mengubah masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Khususnya mengubah sikap mental yang bisa menghambat pembangunan dan pembaharuan 3. Memotivasi masyarakat untuk menimbulkan keinginan mengubah nasibnya serta bergerak dalam partisipasi pembangunan. 4. Meratakan informasi dalam rangka peningkatan arus komunikasi ke pedesaan. • Berdasarkan klasifikasi, isi KMD lebih menitikberatkan pada informasi atau pemberitaan, kemudian menyusul penerangan, penyuluhan, pendapat umum (public opinion) dan artikel-artikel yang punya makna sosial budaya dan sosial ekonomi pedesaan • KMD harus memahami dua karakteristik, sebagai berikut : 1. Perhatikan dan pertimbangkan calon pembaca atau masyarakat (audience) yang akan dicapai; 2. Pertimbangkan bagaimana mempergunakan bahasa untuk membawa pembaca ke tempat yang dikehendaki (sense of audience) • KMD dapat berkembang lebih baik dengan memperhatikan permasalahan sebagai berikut : 1. Perlu dukungan penuh pemda (terutama untuk masalah dana)

oleh. Berguna menyeimbangkan pemihakan kepada perkotaan yang tercermin dalam isi media. 3. Media Rakyat (MR) • Media profil pedesaan dari. Media masyarakat adalah media yang memberi kesempatan kepada warga masyarakat untuk memperoleh informasi. 2. Media ini adalah media yang menampung partisipasi masyarakat sebagai perencanaan. 4. sistem pemantauan dan pengawasan suatu produk tertentu • Media rakyat adalah bentuk komunikasi dengan memakai media massa sebagai salurannya • Media ini dari. pendidikan bila mereka menginginkan kesempatan itu. 5. Berhuna bagi umpan balik.2. dan keterasingan di kalangan penduduk daerah pedesaan. Masing-masing daerah harus punya inisiatif untuk berlangganan dan memasang iklan ke media KMD • Hambatan KMD 1. dan pelaksana. produksi. Masyarakat lebih menikmati KMD untuk mencari hibura b. Media masyarakat adalah sasaran bagi masyarakat untuk mengemukakan sesuatu bukan untuk menyatakan sesuatu kepada masyarakat • Fungsi – fungsi media rakyat adalah : 1. sebab ia tumbuh dan berkembang di pedesaan . 4. Media masyarakat adalah adaptasi media untuk digunakan oleh masayarakat yang bersangkutan. 5. 1997) mengatakan bahwa media rakyat sama dengan Surat Kabar Pedesaan • Surat Kabar macam ini pernah terbit di Liberia pada tahun 1963 • Berrigan (1979) mendefinisikan media rakyat (media masyarakat) sebagai berikut: 1. kemampuan menolong diri sendiri dan kemampuan mengambil keputusan sendiri. Memberi saluran alternatif sebagai sarana bagi rakyat untuk mengemukakan kebutuhan dan kepentingan mereka. Media masyarakat adalah media yang bertumpu pada landasan yang lebih luas dari kebutuhan semua khalayak. 6. 2. oleh dan untuk rakyat di pedesaan artinya media yang menganggap kepentingan rakat sebagai hal yang paling utama • Media rakyat adalah media yang mengakar kuat di masyarakat. 2. Memberi fasilitas berkembangnya keswadayaan. Peran pemerintah daerah masih kecil 3. KMD semakin terancam dengan perkembangan community newspaper (koran lokal) 4. dan untuk rakyat pedesaan • Robert de Lawrence (Panuju. Membantu menjembatani kesenjangan antara pusat dan pinggiran. rasa puas diri. apa pun tujuan yang ditetapkan oleh masyarakat 3. Mencegah membesarnya rasa kecewa. Masyarakat akan bergerak maju dari tradisional ke modern.

maka masyarakat harus bisa membaca terlebih dahulu). Cerita prosa rakyat (mite. Media massa kurang tertarik mengekspos atau memberitakan seni tradisional. sebagai berikut : 1. sedangkan media tradisional bisa dinikmati semua lapisan masyarakat 3. . Seni tradisional sifatnya lebih menghibur sehingga lebih mudah mempengaruhi sikap masyarakat • Media tradisional dalam pengembangannya mengalami berbagai hambatan. • Media tradisional tidak bisa dipisahkan dari seni tradisional • Media komunikasi tradisional sering disebut sebagai bentuk folklor. Media rakyat harus dinikmati dengan jenjang pengetahuan atau pendidikan tertentu (karena sifatnya tertulis. bedug dan lain-lain) • William R.c. Pengesahaan/penguatan adat 3. Bentuk folklor antara lain : 1. legenda. Alat pengingat (mengirim sirih berarti meminag) 8. Alat pendidikan 4. ia akan terancam eksistensinya 2. dongeng) 2. Alat paksaan dan pengendalian sosial agar norma-norma masyarakat dipatuhi oleh anggota kolektifnya • Kelebihan media tradisional dan seni tradisional dibandingkan media lain adalah: 1. pemeo. Ia tumbuh dan berkembang di masyarkat. Teater rakyat 6. gong. Gerak isyarat (memicingkan mata tanda cinta) 7. Boscom mengemukakan fungsi-fungsi pokok folklor sebagai media tradisional sebagai berikut : 1. Puisi rakyat 4. Sejalan dengan tingkat perkembangan masyarakat yang kian maju dan modern. padahal seni tradisional menjadi salah satu sumber devisa yang dapat diandalkan 3. Media Tradisional (MT) • Media tradisional adalah alat komunikasi yang sudah lama digunakan di suatu tempat (desa) sebelum kebudayaannya tersentuh oleh teknologi modern dan sampai sekarang masih digunakan di daerah itu. sehingga dianggap sebagai bagian atau cermin kehidupan masyarakat desa 2. Sebagai sistem proyeksi (projective system ) 2. Alat bunyi-bunyian (kentong. Nyanyian rakyat 5. Peran serta pemerintah sangat kecil. pepatah) 3. Ungkapan Rakyat (peribahasa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->