Fase fase Perkembangan Manusia

By Muhammad Baitul Alim + December 22nd, 2009 Tahap tahap perkembangan manusia memiliki fase yang cukup panjang. Untuk tujuan pengorganisasian dan pemahaman, kita umumnya menggambarkan perkembangan dalam pengertian periode atau fase perkembangan. Klasifikasi periode perkembangan yang paling luas digunakan meliputi urutan sebagai berikut: Periode pra kelahiran, masa bayi, masa awal anak anak, masa pertengahan dan akhir anak anak, masa remaja, masa awal dewasa, masa pertengahan dewasa dan masa akhir dewasa. Perkiraan rata rata rentang usia menurut periode berikut ini memberi suatu gagasan umum kapan suatu periode mulai dan berakhir. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai pada setiap periode tahap tahap perkembangan manusia: Periode prakelahiran (prenatal period) ialah saat dari pembuahan hingga kelahiran. Periode ini merupakan masa pertumbuhan yang luar biasa dari satu sel tunggal hingga menjadi organisme yang sempurna dengan kemampuan otak dan perilaku, yang dihasilkan kira kira dalam periode 9 bulan. Masa bayi (infacy) ialah periode perkembangan yang merentang dari kelahiran hingga 18 atau 24 bulan. Masa bayi adalah masa yang sangat bergantung pada orang dewasa. Banyak kegiatan psikologis yang terjadi hanya sebagai permulaan seperti bahasa, pemikiran simbolis, koordinasi sensorimotor, dan belajar sosial. Masa awal anak anak (early chidhood) yaitu periode pekembangan yang merentang dari masa bayi hingga usia lima atau enam tahun, periode ini biasanya disebut dengan periode prasekolah. Selama masa ini, anak anak kecil belajar semakin mandiri dan menjaga diri mereka sendiri, mengembangkan keterampilan kesiapan bersekolah (mengikuti perintah, mengidentifikasi huruf), dan meluangkan waktu berjam jam untuk bermain dengan teman teman sebaya. Jika telah memasuki kelas satu sekolah dasar, maka secara umum mengakhiri masa awal anak anak. Masa pertengahan dan akhir anak anak ( middle and late childhood) ialah periode perkembangan yang merentang dari usia kira kira enam hingga sebelas tahun, yang kira kira setara dengan tahun tahun sekolah dasar, periode ini biasanya disebut dengan tahun tahun sekolah dasar. Keterampilan keterampilan fundamental seperti membaca, menulis, dan berhitung telah dikuasai. Anak secara formal berhubungan dengan dunia yang lebih luas dan kebudayaan. Prestasi menjadi tema yang lebih sentral dari dunia anak dan pengendalian diri mulai meningkat. Masa remaja (adolescence) ialah suatu periode transisi dari masa awal anak anak hingga masa awal dewasa, yang dimasuki pada usia kira kira 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada usia 18 tahun hingga 22 tahun. Masa remaja bermula pada perubahan fisik yang cepat, pertambahan berat dan tinggi badan yang dramatis, perubahan bentuk tubuh, dan perkembangan karakteristik seksual seperti pembesaran buah dada, perkembangan pinggang dan kumis, dan dalamnya suara. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan

identitas sangat menonjol (pemikiran semakin logis, abstrak, dan idealistis) dan semakin banyak menghabiskan waktu di luar keluarga. Masa awal dewasa (early adulthood) ialah periode perkembangan yang bermula pada akhir usia belasan tahun atau awal usia duapuluhan tahun dan yang berakhir pada usia tugapuluhan tahun. Ini adalah masa pembentukan kemandirian pribadi dan ekonomi, masa perkembangan karir, dan bagi banyak orang, masa pemilihan pasangan, belajar hidup dengan seseorang secara akrab, memulai keluarga, dan mengasuh anak anak. Masa pertengahan dewasa (middle adulthood) ialah periode perkembangan yang bermula pada usia kira kira 35 hingga 45 tahun dan merentang hingga usia enampuluhan tahun. Ini adalah masa untuk memperluas keterlibatan dan tanggung jawab pribadi dan sosial seperti membantu generasi berikutnya menjadi individu yang berkompeten, dewasa dan mencapai serta mempertahankan kepuasan dalam berkarir. Masa akhir dewasa (late adulthood) ialah periode perkembangan yang bermula pada usia enampuluhan atau tujuh puluh tahun dan berakhir pada kematian. Ini adalah masa penyesuaian diri atas berkurangnya kekuatan dan kesehatan, menatap kembali kehidupannya, pensiun, dan penyesuaian diri dengan peran peran sosial baru.

Tahap Perkembangan Manusia
Posted on January 26, 2010 by the corner

2.1 Pengertian Perkembangan Manusia Dalam buku ³Human Development´, definisi perkembangan manusia adalah proses perubahan dan kemantapan/kematangan yang dilalui sepanjang rentang kehidupan seseorang. Tujuan ilmu perkembangan ini agar manusia lebih mengerti tentang dirinya.(Papalia et al, 2007) Perubahan dan kemantapan mencakup pada perkembangan fisik yang meliputi pertumbuhan tubuh dan otak, sensori, ketrampilan, kesehatan. Perkembangan kognitif yang meliputi belajar, perhatian, memori, bahasa, berfikir, berargumen dan kreativitas. Perkembangan psikososial yang meliputi emosi, kepribadian dan hubungan sosial. Tapi tidak ada definisi yang baku dalam tahapan perkembangan ini, tergantung pada konstruk sosial yang dianut di masing-masing negara atau budaya. (Papalia et al, 2007) 2.2 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Manusia Perkembangan itu komplek, setiap individu dalam tahapan perkembangan yang sama menunjukkan perbedaan, seperti ukuran tubuh, keadaan emosi, intelegensi, dan sebagainya. Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan menurut Papalia et al (2007) dalam buku ³Human Development´ adalah:

com) 1. misalnya kematangan otak dan tubuh pada fase anak-anak awal. tradisi. mengalami kecelakaan pesawat. misalnya dukungan keluarga dan sosial.(Papalia et al. Status sosial dan ekonomi (penghasilan. perhatian dan memperlakukan anak) e. misalnya kecerdasan dan watak. Pengalaman normatif seperti kematangan seksual yaitu pubertas dan menopause. strategi koping. kemiskinan) f. (www. menikah. Protective factors adalah segala sesuatu yang melindungi atau mengurangi kemungkinan gangguan perkembangan. Hal ini yang disebut risk factors dan protective factors.a. dan pekerjaan. bahasa. sehinggga mempunyai kemampuan untuk berjalan dan berbicara. menjadi orang tua dan pensiun. yaitu sifat bawaan dari orang tua biologis. bangsa. Suatu peristiwa yang terjadi pada suatu waktu di rentang kehidupan. 2007). kita harus melihat apakah tahap perkembangan tersebut dialami oleh sebagian besar individu atau hanya individu tertentu. kepercayaan. meninggal sewaktu kecil. 2007) Pengaruh non-normatif adalah peristiwa yang tidak biasa yang dialami individu yang berdampak dalam kehidupan individu. Peristiwa non-normatif seperti menikah di usia remaja. 2007) 1.about. Risk factors adalah kondisi-kondisi yang meningkatkan kemungkinan perkembangan yang negatif. d. b. Kematangan. peran sosial yaitu dalam pendidikan. yaitu tempat dan kondisi sosial di mana individu tumbuh dan berkembang. Lingkungan (nurture). dan tekanan dari orang lain serta kemiskinan. Pengaruh normatif adalah pengalaman yang dialami oleh hampir semua individu sepanjang rentang kehidupannya. pendidikan. Ras/suku (leluhur. (Papalia et al. kesiapan individu untuk menguasai ketrampilan baru. Karakteristik diri dan pengalaman sangat berperan dalam beradaptasi dengan lingkungan internal dan eksternal. misalnya kurangnya akses jaminan kesehatan. Keturunan (nature). yang membentuk identitas diri) (Papalia.3 Pengaruh Normatif dan Non-normatif Untuk mengerti kesamaan dan perbedaan di masa perkembangan. perilaku modeling dari orang tua) g. nilai-nilai. bahasa. et al.5 Tahap-Tahap Perkembangan Manusia .4 Risk Factors dan Protective Factors Dalam rentang kehidupan manusia terdapat hal-hal yang dapat mendukung atau malah sebaiknya menggangu proses perkembangan sesuai dengan tahapannya. Jadi mereka mengalami pengalaman yang sama sesuai dengan tahap perkembangannya. Budaya (adat. Keluarga (cara mendidik. c. memenangkan lotre. keluarga yang berantakan. 2007) 1. agama. (Papalia et al.

Perkembangan psikososial meliputi terbentuk hubungan kelekatan dengan orang tua. pengunaan simbol dan kemampuan untuk memecahkan masalah diakhir tahun ke-2.6. biasanya terjadi berkurangnya nafsu makan dan kurang tidur. Masa prenatal Masa bayi & toddler ( lahir-3 tahun) Anak-anak awal (3-6 tahun) Anak-anak pertengahan (6-11 tahun) Remaja /adolescence (11-20 tahun) Young adulthood (20-40 tahun) Middle adulthood (40-65 tahun) Late adulthood (65 tahun ke atas) 1.1 Bayi dan Toodler Pada tahapan ini dialami seorang individu dimulai pada saat bayi sampai mencapai umur 3 tahun. masa remaja dan masa dewasa awal. Meningkatkan ketertarikan dengan anak-anak yang lain yang seumuran.6. bahasa. Perkembangan kognitif meliputi pemahaman mengenai perspektif orang lain berkembang. berkembangnya sistem kewaspadaan diri. Perkembangan kognitif meliputi kemampuan untuk belajar dan mengingat peristiwa yang saat ini terjadi. pertumbuhan dan perkembangan fisik (ketrampilan) berlangsung dengan cepat. Perkembangan fisik terdiri dari pertumbuhan fisik dan otak. Pada bagian ini. memori. 4.6 Tugas-Tugas Perkembangan Manusia Tahapan perkembangan manusia mempunyai 3 dimensi tahapan perkembangan. caregiver dan orang lain dengan kuat. Ada lima tahapan perkembangan yang dilalui dan masih diingat oleh subyek.Dalam buku ³Human Development´ karangan Papalia et al (2007) disebutkan tahapantahapan perkembangan manusia yaitu: 1. perhatian. 7. berkembangnya memori dan bahasa. yaitu masa toddler. Perkembangan fisik meliputi beroperasinya semua sistem rasa dan tubuh dengan tingkatan yang bervariasi. 5. Untuk perkembangan psikososial perubahan dalam emosi. penalaran dan kreatifitas. yaitu perkembangan fisik. dan hubunga sosial. adanya perubahan dari ketergantungan menjadi mandiri. ketidakmatangan kognitif karena memiliki beberapa ide yang tidak logis mengenai dunia. . 1. Sedangkan untuk perkembangan kognisi adalah berupa perubahan dalam kemampuan mental. 2007) 1. meningkatnya ketrampilan dan kekuatan gerakan. ketrampilan motorik dan perkembangan kesehatan. Perkembangan fisik meliputi mengalami pertumbuhan fisik yang stabil. perkembangan kognisi dan perkembangan psikososial. (Papalia et al. contohya pembelajaran. 6. penulis akan memaparkan tugas perkembangan sesuai rentang waktu pengalaman yang masih diingat oleh subyek. 3. masa anak petengaha n. 8.2 Anak-Anak Awal (Early Childhood) Rentang umur dalam tahap ini adalah 3-6 tahun. 2. dan berkembangnya pemahaman dan bahasa dengan cepat. perkembangan otak yang kompleks dan tingginya pengaruh lingkungan. pemikiran. kepribadian. masa anak awal. penampilan fisik menjadi lebih ramping dan proporsional seperti orang dewasa. kapasitas sensori.

1995). 2007). energi dan daya tahan.kecerdasan dapat diprediksi. memasuki sekolah dasar. kekuatan. keluarga. berkembangnya identitas gender. ketajaman visual. perilaku (apa yang dimakan (nutrisi). Hubungan perilaku dan kesehatan mengambarkan hubungan antara aspek fisik. (Papalia et al. Transisi ini ditunjukan dengan kemandirian ekonomi dan kemandirian membuat keputusan ( karir. tapi nyata.5.4 Remaja (Adolescence) Tahapan perkembangan ini dimulai sejak individu berumur 11 tahun sampai 20 tahun. Perkembangan fisik meliputi pertumbuhan fisik lambat. mempunyai pengalaman belajar di preschool dan kindergarten. pentingnya hubungan dengan teman sebaya. Perkembangan kognitif meliputi menurunnya egosentris. 1. (Papalia et al. dan kontrol diri.6. 1995) . meningkatnya kemandirian. (Papalia et al. kontrol yang berubah dari orang tua ke anak (agak kurang diperhatikan kebutuhannya). Perkembangan fisik meliputi perubahan fisik dengan cepat. terjadinya kematangan alat reproduksi. 2007) 1.3 Anak-Anak Pertengahan (Middle Childhood) Tahapan ini dialami individu dimulai dari umur 6 sampai 11 tahun.6.tetapi umumnya kesehatan lebih baik di rentang kehidupan. hubungan dengan orang tua baik. Faktor yang tidak langsung seperti kondisi sosialekonomi. Perkembangan kognitif meliputi kemampuan berfikir abstrak. serta di puncak fungsi sensoris dan motoris.6. kebiasaan merokok. 2007) 1. agresif dan ketakutan. intensitas rasa. bau. pendidikan difokuskan untuk persiapan ke pendidikan yang lebih tinggi dan universitas.6. gender dan hubungan dengan orang lain. meningkatnya gangguan makan (eating disorder) dan pengunaan narkoba dan obat-obatan terlarang dalam rangka pencapaian identitas diri. anak mulai berfikir secara logis. dan gaya hidup) dan merupakan transisi dari sekolah meneng ah menuju universitas. nilai-nilai.5 Dewasa Awal (Young Adulthood) Dewasa awal ini merupakan masa transisi masa remaja menuju dewasa.1 Perkembangan Fisik Di masa ini. permainan menjadi lebih imajinatif. kognitif dan emosional. Perkembangan psikososial meliputi konsep diri lebih konpleks. meningkatnya kekuatan dan ketrampilan atletis. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan yaitu genetik. menigkatkan kemampuan memori dan bahasa. Hal-hal ini memberi kontribusi besar pada kesejahreaan pada saat ini dan mendatang. semua fungsi tubuh berkembang sempurna. ras. Dan akan mengalami penurunan pada usia 45 tahun. Perkembangan psikososial meliputi pencarian identitas termasuk identitas seksual. hubungan. elaboratif dan melibatkan orang lain (sosial). Tahapan perkembangan ini dimulai ketika individu berumur 20 tahun sampai 40 tahun (Papalia et al. pola tidur. karena secara kognitif mengizinkan. Masa ini disebut dengan ³masa muda´ (Kenniston dalam Santrock. berkembangnya sifat menolong. inisiatif. pergaulan dengan teman sebaya berdampak positif atau negatif. sensitif terhadap rasa sakit dan temperatur. pemuda berada di puncak kesehatan. Perkembangan psikososial meliputi konsep diri dan pemahaman emosi menjadi lebih kompleks. mengalami masalah pada sistem pernafasan. dan berkembangnya pengunaan alasan yang ilmiah. ketidakdewasaan berfikir dalam beberapa perilaku dan kebiasaan. yang mempengaruhi sistem perhargaan dirinya. (Santrock. konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang). aktifitas fisik. 2007) 1.

(Papalia et al. Memasuki dunia kerja. . (Papalia et al. Pemikiran tersebut sering kali muncul sebagai respon terhadap peristiwa dan interaksi membuka cara pandang tidak biasa terhadap sesuatu dan menantang pandanan sederhana terpolarisasi terhadap dunia. mempertanyakan asumsi yang sudah dipegang sejak lama. dan mencoba cara baru memandang dunia. Pemuda melakukan beberapa percakapan yang berbeda. Penyesuaian pertama adalah memilih bidang yang cocok dengan bakat. penilaian moral seringkali menjadi lebih kompleks. Tujuan ini bergeser dari penguasaan informasi dan keterampilan (apa yang harus saya ketahui) kepada intergrasi praktis pengetahuan dan keterampilan (bagaimana menggunakan apa yang saya ketahui) untuk mencari makna dan tujuan (mengapa saya harus tahu). adaptif. orang-orang yang mengidap kanker atau saudara yang memiliki penyakit tersebut.6. daya tarik pribadi terhadap perkerjaan. dan individualistis. minat dan faktor psikologis lainnya yang secara hakiki sulit dipungkiri agar kesehatan mental dan fisiknya sebagai orang dewasa dapat terjaga. memahami materi yang lebih rumit. yaitu pengalaman pekerjaan. Penyesuaian kedua adalah pilihan jurusan harus dilakukan dengan mantap. berkecenderungan lebih besar memaafkan pria yang mencuri obat mahal demi istrinya yang sedang sakit sekarat. Tujuh tahapnya berkaitan dengan tujuan yang muncul ke permukaan dalam berbagai tahap usia. Magnetic resonance imaging mengungkapkan bagian paling depan lobus frontal. mengunakan pengalaman untuk memecahkan masalah.2 Perkembangan Kognitif Pikiran sehat menyatakan cara berfikir pemuda berbeda dengan anak-anak dan remaja. Pemikiran tersebut memungkinkan orang dewasa melampaui sistem logika tunggal dan mendamaikan atau memilih diantara beberapa ide yang saling berlawanan. Perkembangan yang sempurna pada lobus frontal pada masa dewasa awal telah memungkinkan orang untuk melakukan pekerjaan dalam satu waktu. Pendidikan dan Pekerjaan Bagi pemuda. Pengalaman mengarahkan orang dewasa untuk mengevaluasi kembali kriteria mereka tentang benar dan salah. dan nilai yang terkandung pada pekerjaan yang dipilih. Tahap kognisi orang dewasa ini sering kali disebut pemikiran post-formal yang bersifat relatif.5. Misalnya. Sebagian orang secara spontan menyebut pengalaman personal sebagai alasan jawaban mereka terhadap dilemma moral.1. fronto-polar prefrontal cortex (FPPC) memiliki fungsi khusus dalam memecahkan masalah dan perencanaan. 2007) Schaie: Model Rentang Kehidupan Perkembangan Kognitif. Riset otak memberikan penjelasan bagaimana orang menghadapi pekerjaan yang kompleks. 2007) Perkembangan Moral Dalam teori Kohlberg. masa dewasa. Seberapa jauh tingkat kemantapan pemilihan jurusan bagi seseorang bergantung pada tiga faktor. keterbukaannya terhadap pendidikan atau lingkungan kerja baru menawarkan peluang untuk mengasah kemampuannya. terbuka. 2007). Piaget : Pemuda mengalami pergeseran ke pemikiran post-formal. dan menjelaskan pandangan ini dari pengalaman mereka sendiri (Papalia. Pemikiran postformal melihat bayangan abu-abu. Model schaie melihat perkembangan penggunaan inteletual dalam konteks sosial. Pemikiran pada masa dewasa cenderung tampak fleksibel.

kompetisi dan jarak. serta sumber identitas dan kepercayaan diri.6. persahabatan.(Papalia et al. mereka juga butuh kesendirian sebagai upaya merefleksikan kehidupan meraka. maka mereka akan terisolasi dan terpaku pada kegiatan dan pikiran sendiri (self absorb). Pernikahan menawarkan intimasi. Orang dewasa terpelajar adalah mereka yang dapat menggunakan informasi cetak dan tertulis untuk berativitas dalam masyarakat. Banyak orang dewasa ini yang berusaha meningkatkan keterampilan kerja mereka. yang dianggap Erikson sebagai tanda kedewasaan. (Papalia et al. mencapai target mereka. kasih sayang. mereka mengembangkan pemahaman etis. Akan tetapi. masa dewasa awal ini berada pada tahap ke -6 yaitu ³intimidasi vs isolasi´. pemuasan seksual.Pendidikan dan literasi orang dewasa. komitmen. Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia OPINI | 15 November 2010 | 19:50 674 0 Nihil Pertumbuhan dan Perkembangan Pertumbuhan adalah proses perubahan jasmani yang terjadi sampai mencapai kematangan fisik yang bersifat kuantitatif yang dialami oleh individu yang satu dengan yang lain berbeda.3 Perkembangan Psikososial Tahap perkembangan psikososial Erikson. Kehadiran seorang anak merupakan kebahagiaan tersendiri dan mengembangkan kecemasan dan tanggung jawab akan masa depan anaknya.5. . Ketika mereka berusaha menyelesaikan tuntutan saling berlawanan dari intimidasi. Sedangkan perkembangan adalah perubahan individu yang lebih ke arah rohaniah yang . dan mengembangkan pengetahuan dan potensi mereka. . 2007) 1. Jika seorang dewasa awal tidak dapat membuat komitmen personal yang dalam terhadap orang lain. Literasi merupakan persyaratan fundamental untuk berpartisipasi bukan hanya di tempat kerja tapi juga dalam segala segi masyarakat informasi modern. pendampingan dan peluang bagi pertumbuhan emosional. 2007) Pernikahan & Menjadi Orang Tua Pernikahan dianggap cara terbaik menjamin keteraturan dalam membesarkan anak. 2007) Edukasi Jadikan Teman | Kirim Pesan Dwi Teguh Priyanto simpel. (Papalia et al. Pernikahan memungkinkan pembagian dalam hal konsumsi dan pekerjaan.

terutama tahap-tahap perkembangan yang dikemukakan oleh Erickson dan Havigurst mempunyai tema yang menggambarkan tugas utama dari masa itu. Anak-anak 3. Bila lingkungan karena suatu hal menjadi buruk. Dewasa 5. Remaja 4. pencegahan penyakit dan sebaginya. Fase dan Tugas Perkembangan Fase perkembangan manusia: 1. Lansia Setiap fase atau tahapan perkembangan kehidupan manusia senantiasa berlangsung seiring dengan kegiatan belajar. Setiap tahap.menjadi unik untuk setiap individu. perkembangan juga memiliki pola-pola tersendiri yang khas yang hanya bisa diamati tanpa bisa diukur. yang harus dicapai si anak atau individu. Selain itu. Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Walaupun demikian seorang anak dalam banyak hal tergantung kepada orang dewasa. perawatan. misalnya mengkonsumsi makanan. Tugas fase yang muncul dalam setiap perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan berjalan menurut norma-norma tertentu. maka keadaan tersebut hendaknya diubah (dimodifikasi) sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. bimbingan. diantaranya adlah faktor lingkungan. Setiap anak atau individu berkembang melalui tahap perkembangan. Setiap tahap juga memiliki tugas-tugas perkembangan konkrit yang penting. merupakan keharusan universal dan idealnya berlaku secara otomatis. Belajar melakukan kebiasaan-kebiasaan tententu pada saat atau masa perkembangan yang tepat dipandang berkaitan langsung dengan tugas-tugas perkembangan berikutnya. dan adanya tuntutan kultural masyarakat. perasaana aman. Oleh karena itu semua orang-orang yang mendapat tugas mengawasi anak harus mengerti persoalan anak yang sedang tumbuh dan berkembang. Bayi 2. Dalam rangka memfungsikan tahap-tahap perubahan yang menyertai perkembangannya manusia harus belajar melakukan kebiasaan-kebiasaan tententu umpamanya kebiasaan belajar berjalan dan berbicara pada rentang usia 1-5 tahun. seperti kegiatan belajar terampil melakukan sesuatu pada fase perkembangan tertentu yang lazim terjadi pada manusia normal. . hal-hal lain yang juga menimbulkan tugas-tugas perkembangan adalah: adanya kematangan fisik tertentu pada fase perkembanangan tertentu adanya dorongan cita-cita psikologis manusia yang sedang berkembang itu sendiri. karena perkembangan individu berbeda.

Pada pembahasan ini akan diterangkan prinsip perkembangan menurut Hurlock (1991). Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar Perkembangan seorang anak akan sangat diperngaruhi oleh proses kematangan yaitu terbukanya karateristik yang secara potensial sudah ada pada individu yang berasal dari warisan genetik individu. kemudian berada di titik puncak kemudian mengalami kemunduran. Bisa pula dikatakan. Adanya perubahan. prinsip perkembangan dapat diartikan sebagai ³kaidah atau patokan yang menyatakan kesamaan sifat dan hakikat dalam perkembangan´. hal ihi tentunya akan berpengaruh sepanjang hidup dalam penyesuaian sosial dan pribadi anak 3. 1. prinsip perkembangan adalah ³patokan generalisasi mengenai sebab dan akibat terjadinya peristiwa perkembangandalam diri manusia´. Kemampuan jari-jemari seorang anak akan didahului oleh ketrampilan lengan terlebih dahulu. Lingkungan tempat anak menghaiskan masa kecilnya akan sangat berpengaruh kuat terhadap kemampuan bawaan mereka. terdapat 4 bukti yang membenarkan pendapat ini. e. Bukti-bukti ilmiaih telah menunjukkan bahwa dasar awal cenderung bertahan dan mempengaruhi sikap dari perilaku anak sepanjang hidupnya. Pola perkembangan dapat diramalkan Dalam perkembangan motorik akan mengikuti hukum chepalocaudal yaitu perkembangan yang menyebar keseluruh tubuh dari kepala ke kaki ini berarti bahwa kemajuan dalam struktur dan fungsi pertama-tama terjadi di bagian kepala kemudian badan dan terakhir kaki. b. Manusia tidak pernah dalam keadaan statis dia akan selalu berubah dan mengalami perubahan mulai pertama pembuahan hingga kematian tiba. Pola perkembangan mempunyai karateristik yang dapat diramalkan . Perkembangan awal lebih kritis daripada perkembangan selanjutnya.Prinsip Perkembangan Secara spesifik. Hasil belajar dan pengalaman merupakan hal yang dominan dalam perkembanga anak 2. c. d. Hukum yang kedua yaitu proxmodistal perkembangan dari yang dekat ke yang jauh. Dasar awal sangat sulit berubah meskipun hal tersebut salah 4. Perbuhan tersebut bisa menanjak. prinsip tersebut adalah : a. Dasar awal cepat menjadi pola kebiasaan. Prinsip-prinsip ini merupakan ciri mutlak dari pertumbuhan dan perkembangan yang dialami oleh seorang anak. Semakin dini sebuah perubahan dilakukan maka semakin mudah bagi seorng anak untuk mengadakan perubahan bagi dirinya.

Dalam proses diferensiasi itu yang primer adalah keseluruhan. sikap tubuh dan beberapa keunikan psikologis seperti temperamen Potensi genetik yang bermutu hendaknya dapat berinteraksi dengan lingkungan secara positif sehingga diperoleh hasil akhir yang optimal. setiap anak akan megikuti pola yang dapat diramalkan dengan cara dan kecepatanya sendiri. Semua anak mengikuti pola perkembangan yang sama dari saatu tahap menuju tahap berikutnya. Terdapat perbedaan individu dalam perkembangan Walaupun pola perkembangan sama bagi semua anak. dan sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan Faktor eksternal yang cukup baik akan memungkinkan tercapainya potensi bawaan. sedangkan yang kurang baik akan menghambatnya Aliran Psikologi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Aliran gestalt Menurut para pengikut gestalt perkembangan itu adalah proses diferensiasi. g. psikologis dan sosial. Beberapa anak berkembang dengan lancar. Bahaya ini dapat mengakibatkan terganggunya penyesuaian fisik. Faktor eksternal / lingkungan Mempengaruhi individu setiap hari mulai konsepsi sampai akhir hayatnya. Sehingga pola perkembangan anak tidak menaik tapi datar artinya tidak ada peningkatan perkembangan. Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Faktor genetik Faktor keturunan Bersifat tetap atau tidak berubah sepanjang kehidupan Menentukan beberapa karakteristik seperti jenis kelamin. f. rambut. sedangkan lain bergerak dengan kecepatan yang melonjak. . bertahap langkah demi langkah. Beberapa hal yang dapat menyebabkan antara lain dari lingkungan dari dari anak itu sendiri. pertumbuhan fisik. warna mata. Kemudian juga faktor lingkungan yang turut memberikan kontribusi terhadap perkembangan seorang anak. ini berlaku baik untuk perkembangan fisik maupun mental. Perbedaan ini disebabkan karena setiap orang memiliki unsur biologis dan genetik yang berbeda. pada setiap usia mengandung bahaya yang dapat mengganggu pola normal yang berlaku. ras. Setiap tahap perkembangan memiliki bahaya yang potensial Pola perkembangan tidak selamanya berjalan mulus.Karateristik tertentu dalam perkembangan juga dapat diramalkan. sedangkan bagian-bagian adalah sekunder. Dan dapat dikatakan bahwa anak sedang mengalami gangguan penyesuaian yang buruk atau ketidakmatangan. dan pada anak lain terjadi penyimpangan.

seseorang dianggap belajar sesuatu bila ada menunjukkan perubahan tingkah laku. namun bila siswa itu gagal mendemonstrasikan kemampuannya dalam membaca. baru kemudian menuyusul kita saksikan adanya hal-hal khusus tertentu seperti bajunya yang baru. Penguatan positif ternyata memberikan pengaruh yang lebih baik daripada penguatan negatif Teori Kognitif Piaget menjabarkan implikasi teori kognitif pada pendidikan yaitu: 1) Memusatkan perhatian kepada cara berpikir atau proses mental anak. dan sebagainya. melainkan justru teman kita itu sebagai keseluruhan. pulpennya yang bagus. . Ia dikatakan telah belajar apabila ia menunjukkan suatu perubahan dalam tingkah laku ( dari tidak bisa menjadi bisa membaca). atau dahinya yang terluka. 2) Mengutamakan peran siswa dalam berinisiatif sendiri dan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar. 1997): Proses belajar dapat berhasil dengan baik apabila si belajar ikut berpartisipasi secara aktif didalamnya Materi pelajaran dibentuk dalam bentu unit-unit kecil dan diatur berdasarkan urutan yang logis sehingga si belajar mudah mempelajarinya Tiap-tiap respons perlu diberi umpan balik secara langsung. dahinya yang terluka. keseluruhan ada terlebih dahulu baru disusul oleh bagian-bagiannya. dari kejauhan yang kita saksikan terlebih dahulu bukanlah bajunya yang baru atau pulpennya yang bagus. 3) Memaklumi akan adanya perbedaan individual dalam hal kemajuan per. Prinsip-prinsip teori behaviorisme yang banyak dipakai didunia pendidikan ialah (Harley & Davies. Dengan kata lain. sebagai Gestalt. Misalnya. sehingga si belajar dapat mengetahui apakah respons yang diberikan telah benar atau belum Setiap kali si belajar memberikan respons yang benar maka ia perlu diberi penguatan. belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. Teori Behaviorisme Menurut teori belajar ini adalah perubahan tingkah laku. maka siswa itu belum bisa dikatakan belajar. Bila kita bertenu dengan seorang teman misalnya.bagian-bagian hanya mempunyai arti sebagai bagian daripada keseluruhan dalam hubungan fungsional dengan bagian-bagian yang lainnya. 4) Mengutamakan peran siswa untuk saling berinteraksi. Guru harus memahami proses yang digunakan anak sehingga sampai pada hasil tersebut. tidak sekedar kepada hasilnya.kembangan. 1978 dalam Toeti. seorang siswa belum bisa membaca maka betapapun gurunya berusaha sebaik mungkin mengajar atau bahkan sudah hafal huruf A sampai Z di luar kepala.

Allah Subhanahu wa Ta¶ala memberikan bukti bagi risalah Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam. al-Anbiyaa¶ [21]: 107). 2010 By nisrinalubis. Siswa perlu mengkonstruksi pemahaman yang mereka sendiri untuk masing-masing konsep materi sehingga guru dalam mengajar bukannya ³menguliahi´. guru harus memahami model-model mental yang digunakan para siswa untuk mengenal dunia mereka dan penalaran yang dikembangkandan yang dibuat para sisiwa untuk mendukung model-model itu. Untuk mengajar dengan baik.´ (QS ar-Ra¶d [13]: 7). biar bagaimanapun. Tags: Tahapan Penciptaan Manusia Allah mengutus Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam sebagai utusan untuk seluruh alam semesta sebagaimana dalam firman-Nya: ³Dan tidaklah kami mengutusmu melainkan. Hal ini menunjukkan bahwa seorang guru dapat mengajar suatu materi kepada sisiwa dengan baik.Teori konstruktivisme Implikasi teori konstruktivisme pada pembelajaran diantaranya : a. Under: Akidah. d.´ (QS. namun seluruh atau sebagian siswanya tidak belajar sama sekali. sehingga pengetahuan materi yang dibangun atau dikonstruksi para siswa sendirisan bukan ditanamkan oleh guru. Tahapan Penciptaan Manusia Published On Sunday. sebuah bukti yang berbeda dengan . Sains. Beliau adalah utusan Allah Subhanahu wa Ta¶ala kepada seluruh manusia untuk segala zaman. adalah untuk seluruh manusia. Sebelum Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam. Risalah Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam. hanya dengan usaha yangkeras para sisiwa sedirilah para siswa akan betul-betul memahami suatu materi yang diajarkan. Demikianlah. melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. tiap Rasul diutus khusus untuk kaumnya sebagaimana dikatakan dalam firman-Nya: ³Dan bagi tiap-tiap kaum ada yang memberi petunjuk. b. December 05. Setiap guru akan pernah mengalami bahwa suatu materi telah dibahas dengan jelasjelasnya namun masih ada sebagian siswa yang belum mengerti ataupun tidak mengerti materi yang diajarkan sama sekali. Tugas setiap guru dalam memfasilitasi siswanya. Karena. Usaha keras seorang guru dalam mengajar tidak harus diikuti dengan hasil yang baik pada siswanya. c. Untuk alasan inilah. Para sisiwa harus dapat secara aktif mengasimilasikan dan mengakomodasi pengalaman baru kedalam kerangka kognitifnya. menerangkan atau upaya-upaya sejenis untuk memindahkan pengetahuan pada siswa tetapi menciptakan situasi bagi siswa yang membantu perkembangan mereka membuat konstruksi-konstruksi mental yang diperlukan. Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam adalah utusan Allah Subhanahu wa Ta¶ala untuk masyarakat badui di gurun pasir sebagaimana beliau pula adalah utusan-Nya bagi para ilmuwan hari ini di laboratorium modernya.

mukjizat-mukjizat ini tiada lain hanyalah berita sejarah. maka Dia menganugerahkan kepada beliau mukjizat abadi sebagai bukti kenabiannya. yang didukung dengan mukjizat untuk menyadarkan keimanan kaumnya. Allah mengakui al -Qur¶an yang diturunkan-Nya kepadamu. Allah berfirman di dalam al-Qur¶an: ³Katakanlah: Siapakah yang lebih kuat persaksiannya? Katakanlah. mereka akan menyampaikan bahwa tidak ada kuasa bagi manusia untuk meredemonstrasikan kembali mukjizat-mukjizat itu lagi sekarang.´ (QS an-Nisaa¶ [4]: 166). memiliki kesempatan untuk memeriksa pengetahuan yang ditemukan di dalam Kitabullah. Namun. Al-Qur¶an adalah kitab yang terbuka bagi siapa saja untuk memeriksa isinya. profesor dari segala universitas yang menjadi pemimpin pengetahuan manusia.bukti-bukti yang diberikan kepada rasul-rasul sebelumnya. di Akademi Sitologi Internasional. Jika kita bertanya kepada orang Yahudi atau Kristen untuk menunjukkan mukjizat Nabi Musa atau Isa alaihima Salam. walaupun al-Qur¶an telah mendiskusikan alam semesta dan perkembangan manusia jauh sebelumnya. Beliau pernah menjadi Kepala Dekan Sains Dasar di Fakultas Kedokteran dan selama 8 tahun dan menjadi Kepala Departemen Anatomi. Beliau adalah Profesor Emeritus Anatomi dan Biologi Sel Universitas Toronto. pada hari ini. apakah hasilnya? Kami menghadirkan Profesor Emeritus Keith Moore. Profesor Moore adalah penulis sebuah buku yang berjudul the Developing Human. . Pada saat ini. Al-Qur¶an adalah mukjizat yang ada pada kita hingga saat ini.´ (QS al-An¶aam [6]: 19). Namun jika seorang muslim ditanya mengenai mukjizat terbesar Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam. Dan. Perhimpunan Anatomis Amerika. al-Qur¶an diwahyukan kepadamu supaya dengannya aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai al-Qur¶an kepadanya. salah seorang ilmuwan anatomi dan embriologi terkemuka di dunia. para ilmuwan dan pelajar kontemporer kita. Kanada.¶ Dia menjadi saksi antara aku dan kamu. selama 11 tahun. Profesor Moore juga pernah terpilih menjadi anggota Royal Medical Association di Kanada. yakni al-Qur¶an. µAllah. Tongkat Musa takkan bisa diciptakan lagi demikian halnya Isa takkan bisa lagi dimintai tolong untuk membangkitkan manusia dari kematian. Moore sebelumnya juga mengajar di Universitas Winnipeg. Kanada. karena Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam ditakdirkan untuk menjadi nabi terakhir hingga hari Pembalasan. Kami pernah bertanya padanya tentang analisis sains berkenaan dengan ayat-ayat spesifik di dalam al-Qur¶an dan hadits-hadits Nabi yang menyinggung/berkenaan dengan bidang spesialisasinya. dan Perhimpunan Anatomis Amerika Utara dan Selatan. Sifat al-Qur¶an yang menakjubkan terbaring pada ilmu pengetahuan yang dikandungnya sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya: ³Tetapi. dia dapat secara langsung menunjukkannya. Bagi kita. Beliau telah mengepalai banyak asosiasi internasional anatomis dan dewan persatuan sains biologi. mereka telah mengungguli di dalam penemuan alam semesta. Bukti-bukti rasul terdahulu hanya dapat dilihat oleh orang-orang semasanya. Dr. Oleh karena itu. Jadi. Allah menurunkan dengan ilmu-Nya dan malaikat pun menjadi saksinya«.

Beliau mempresentasikan gambar-gambar tersebut di hadapan para ilmuwan pada beberapa konferensi. Hal ini membuktikan kepadaku bahwa Muhammad pasti adalah seorang utusan Allah. Beliau juga memberikan kuliah terhadap kesesuaian modern embriologi dengan al-Qur¶an dan as-Sunnah. sampai siklus metabolisme selesai di . Arti kedua dari µalaqah adalah sesuatu yang tergantung dan hal ini adalah apa yang dapat kita lihat pada penempelan embrio di uterus/rahim selama tahap µalaqah. Beliau berkesimpulan bahwa embrio selama tahap µalaqah memiliki bentuk yang sangat mirip dengan lintah. Beliau telah mempublikasikan banyak buku pada bidang ilmu kesehatan anatomi dan embriologi. al-Mu¶minuun [23]: 12±14). Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah. dapat memaparkan embrio dan fase perkembangannya secara mendetail dan akurat. 8 di antara buku-bukunya digunakan sebagai referensi di sekolah-sekolah kedokteran dan telah diterjemahkan ke dalam 6 bahasa. dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang. Ketika membandingkan lintah air tawar dengan embrio pada tahap µalaqah. makna kedua adalah sesuatu yang tergantung. beliau menerima penghargaan istimewa di bidang anatomi di Kanada. Arti ketiga adalah segumpal darah. bagaimana mungkin Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam. Profesor Moore menemukan kesamaan yang banyak pada keduanya. dan makna yang ketiga adalah segumpal darah. sementara para ilmuwan mengetahuinya baru pada akhir abad ketiga belas. Allah berfirman di dalam al-Qur¶an berkenaan tahap-tahap penciptaan manusia: ³Dan. Grant Award dari Asosiasi Anatomis Kanada. Sangat jelas bagiku bahwa pernyataanpernyataan ini pasti datang kepada Muhammad dari Allah. lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging. sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari suatu sari pati (berasal) dari tanah. kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. la lu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. yaitu JCB. Ketika kami minta beliau untuk memberikan analisisnya terhadap ayat-ayat Qur¶an dan pernyataan Nabi. makna pertama adalah lintah.´ Ilmuwan embriologi terkemuka dan terhormat ini telah menyatakan studinya mengenai ayatayat al-Qur¶an yang berkenaan dengan disiplin ilmunya dan berkesimpulan bahwa Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam pastilah seorang utusan Allah. Pencipta yang paling baik. Hal ini signifikan sebagaimana pernyataan Profesor Moore bahwa embrio selama tahap µalaqah mengalami peristiwa internal yang sudah ma¶lum.´ (QS. di mana beliau menyatakan : ³Sungguh menyenangkan sekali bagiku untuk membantu menjelaskan pernyataan mengenai perkembangan manusia di dalam al-Qur¶an. seperti pembentukan darah pada pembuluh tertutup. Beliau memperkenalkan pandangan-pandangan ini ke dalam intelektualitas dan siklus sains. Ketakjuban Profesor Moore tumbuh menjadi kekaguman terhadap wahyu dan bimbingan ini. Profesor Moore lantas menempatkan sebuah gambar embrio dan lintah bersebelahan.Tahun 1984. Ia bertanya-tanya. karena hampir seluruh pengetahuan ini belum diketemukan hingga beberapa abad kemudian. Kata µalaqah memiliki 3 makna. Kemudian kami jadikan sari pati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian. beliau tercengang. Maka Maha Sucilah Allah. 14 abad yang lalu.

´ (QS an-Nisaa¶ [4]: 166). sebagai tambahan dari penampakan seperti lintah. ³Apakah dengan demikian ini Anda mengimani bahwa al-Qur¶an adalah perkataan Allah?´ Beliau menjawab. Allah menurunkannya dengan ilmu-Nya. beliau ditanya lagi. Moore juga mempelajari embrio dalam tahap mudghah (substansi mirip hasil kunyahan). Prof Moore berkesimpulan bahwa embrio pada tahap mudghah memiliki bentuk yang sangat mirip dengan substansi seperti kunyahan. Buku ini telah menjadi buku referensi dan dipilih oleh komite khusus di Amerika Serikat sebagai buku terbaik yang ditulis secara individu.plasenta. al-Qur¶an sedang diwahyukan kepada Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam dan dia membimbing manusia kepada apa yang Allah wahyukan kepadanya. ³Aku tak menemukan musykilah untuk menerimanya. Hal ini juga seharusnya diikuti oleh ilmuwan modern saat ini untuk tidak memiliki kesulitan di dalam mengakui Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam sebagai utusan Allah. kemudian membandingkannya dengan gambar embrio pada tahap mudghah. Buku the Developing Human yang ditulis oleh Prof. Kami bertemu dengan penulis buku ini dan menghadirkan pada beliau beberapa ayat al-Qur¶an dan hadits Rasulullah yang berhubungan dengan spesialisasinya di embriologi. Kemudian. beliau menampilkannya di 3 program televisi di mana beliau menyoroti kesesuaian sains modern dengan apa-apa yang dikandung oleh al-Qur¶an sejak 1400 tahun yang lalu. Moore. ³Bagaimana bisa Anda mengimani Muhammad sedangkan Anda juga mengimani Yesus Kristus?´ Beliau menjawab. jadi kami menanyakan padanya beberapa pertanyaan berikut: ³Anda menyebutkan di dalam buku Anda bahwa pada abad pertengahan tidak ada kemajuan sains di bidang embriologi dan hanya sedikit sekali yang benar-benar diketahui saat itu. beliau ditanya dengan pertanyaan berikut.´ Kemudian. Bagaimana bisa Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam mengetahui dengan sendirinya? Prof. jadi mengapa Anda tidak menegakkan keadilan dan menyebutkan kebenarankebenaran ini di dalam buku Anda?´ . Beliau mengambil beberapa potong tanah liat kasar dan mengunyahnya di dalam mulutnya. Pada saat yang sama. Kedua deskripsi tersebut secara mengagumkan disodorkan oleh satu kata µalaqah dalam Qur¶an. Prof Moore diyakinkan dengan bukti-bukti kami. Beberapa buletin ilmiah bulanan Kanada mempublikasikan banyak pernyataan Prof. Keith Moore telah diterjemahkan ke dalam 8 bahasa. ³Aku yakin mereka berdua berasal dari pembinaan yang sama. para ilmuwan modern di seluruh penjuru dunia hari ini dapat mengetahui bahwa alQur¶an telah dinyatakan berasal dari pengetahuan ilmu Allah. Allah mengakui al -Qur¶an yang diturunkan-Nya kepadamu (wahai Muhammad). Ditemukan di dalam al-Qur¶an deskripsi secara mendetail mengenai penciptaan manusia dan perkembangan tahapan manusia yang berbeda. Anda adalah ilmuwan termasyhur di dunia saat ini. darah ditangkap di dalam pembuluh tertutup dan inilah alasan mengapa embrio memiliki penampakan seperti gumpalan darah. Sebagai tambahan.´ Jadi. Selama tahap µalaqah. Sebagaimana Allah Yang Maha Besar berfirman: ³Tetapi.

yang sekarang ini dibaca oleh seluruh dunia. ³Al-Qur¶an juga menyatakan bahwa tetesan sperma berkembang menjadi gumpalan darah yang membeku/didih. Alaqah yang berarti struktur seperti lintah. Kisaa al. pada penampakannya. 4. Disebutkan di alQur¶an.Idham bil laham. ³Anda memiliki buktinya. Pembelahan yang telah disebutkan di dalam al-Qur¶an tidaklah bergantung pada sistem numerik. dan hal ini juga menunjukkan bahwa organisme yang terbentuk bertempat di tubuh wanita seperti sebuah biji/benih. Kenapa tak kau tunjukkan kepadaku?´ Kemudian. kitab suci umat muslim. Pada edisi ketiga bukunya. (Embrio manusia mulai memiliki karakteristik manusia pada tahap ini). tahap 3. Jepang. Idhaam yang berarti tulang atau rangka. Bukunya telah diterjemahkan.Beliau menjawab. Portugis. kami tunjukkan kepadanya fakta-fakta dan Prof. 2. ³Emrio yang sedang berkembang disadari akan menjadi manusia sekitar 40±42 hari dan tidak lagi mirip embrio hewan pada tahap ini. bahwa manusia dihasilkan dari sekresi pria dan wanita yang bercampur. namun aku tidak. dan Yugoslavia. Prof Moore menyatakan di dalam bukunya mengenai abad pertengahan sebagai berikut: ³Pertumbuhan sains sangat lemah selama periode pertengahan. Al-Qur¶an mengeidentifikasikan tahapan perkembangan prenatal sebagai berikut: 1. Lebih jauh pembelahan yang ada di Qur¶an berdasarkan pada pengidentifikasian bentuk dan ukuran yang terang dan mudah perkembangan embrio yang terjadi. Mudghah yang berarti struktur bekas kunyahan. Pengetahuan sains membuatnya memiliki wewenang untuk menyebutkan hal ini di dalam bukunya. Embrio menyerupai seekor lintah atau pengisap darah. ke dalam 8 bahasa termasuk Rusia. Moore membuktikannya dirinya sebagai ilmuwan yang hebat. dan sangat sedikit investigasi embriologi yang dikerjakan selama masa ini dan ini maklum bagi kita. yaitu. Jerman. Hal ini kemungkinan besar merujuk kepada: (1) dinding anterior abdominal ibu. (sebuah blastocyst yang tertanam atau gagal/gugur secara spontan berbentuk seperti didih/darah yang membeku). (2) dinding uterus. An-Nasy a yang berarti formasi/pembentukan fetus yang sudah jelas. dan (3) membran amniokorion. 5. Hal ini tidaklah memberikan kontribusi terhadap pemahaman mengenai tahapan perkembangan embrionik karena tahap-tahap tersebut berdasarkan bentuk numerik. Italia. Beliau telah berkonklusi bahwa klasifikasi modern tentang tahap perkembangan embrionik.´ Ini adalah apa yang telah ditulis oleh Dr. sebagaimana telah kami jelaskan di atas. tahap 1. yang bermakna membungkus tulang dengan daging atau otot. Cina. yang berarti setetes atau sejumlah kecil air. Perujukan juga menunjukkan penampakan embrio seperti lintah. Alhamdulillah. yang telah diadopsi di seluruh dunia. Nuthfah. tidaklah mudah ataupun komprehensif. 6. . dan seterusnya. 3. Moore di dalam bukunya. beliau memberikan beberapa tambahan. Al-Qur¶an juga menyatakan bahwa embrio berkembang di dalam 3 kegelapan. 6 hari setelah permulaannya (blastocyst manusia mulai tertanam sekitar 6 hari setelah fertilisasi). tahap 2. Beberapa rujukan dibuat tentang penciptaan manusia sejak dari setetes sperma. Embrio juga dikatakan menyerupai substansi yang dikunyah seperti getah atau kayu.

Dr. dia tidak memberikan detail apa pun mengenai tahapan-tahapan embrio. Goeringer. penjelasan mengenai embriologi yang terdapat di al-Qur¶an ini dinyatakan oleh Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam dari Allah. Universitas . Fakultas Kedokteran. yang memperlihatkan proses berkelanjutan perubahan selama perkembangan. beliau akan mengundang kami untuk memberikan beberapa tambahan islami. Kami berkata pada Dr. Jadi. Apa yang kita saksikan hari ini adalah Islam bergerak ke lahan baru di dalam keadilan dan pengetahuan manusia yang tidak bias. Dalam salah satu konferensi yang beliau hadiri. Karena tahapan embrio manusia sangat kompleks. Hal ini telah selesai dan dia menulis pengenalan mengenai tambahan islami ini dan hasilnya adalah apa yang telah Anda baca sebelumnya. menempatkan seluruh ayatayat al-Qur¶an dan hadits nabi yang relevan. Sepanjang sejarah embriologi. Beliau tidak mungkin mengetahui hal ini begitu mendetail dikarenakan beliau adalah orang yang buta huruf dengan tak ada sedikit pun pengetahuan sains. untuk ditempatkan pada tempat yang tepat di bukunya. ³Studi intensif mengenai al-Qur¶an dan al-Hadits 4 tahun terakhir telah mengungkap sebuah sistem dalam mengklasifikasikan embrio manusia yang benar-benar menakjubkan sejak hal ini diwahyukan pada abad ke-7 M. Tahapan Embrionik Kami hadirkan pada anda. menyadari bahwa embrio ayam berkembang secara bertahap dari studinya mengenai telur ayam betina pada abad ke-4 sebelum Masehi. Walaupun Aristoteles. ³Apa yang telah Anda katakan adalah benar adanya. namun ini masih terlalu sedikit dengan kebenaran dan bukti yang telah kami hadirkan pada Anda dari al-Qur¶an dan as-Sunnah dan yang berkaitan dengan sains embriologi. penemu sains embriologi. deskripsi embrio manusia di alQur¶an tidak bisa didasarkan kepada pengetahuan sains pada abad ke-7 M. Beliau telah menggarisbawahi bahwa deskripsi sains yang elegan ini lebih komprehensif dan praktis. dan menyoroti berbagai aspeknya yang menakjubkan.Prof Moore telah mengenal bahwa pembelahan versi Qur¶an ini benar-benar berdasarkan pada fase yang berbeda pada perkembangan prenatal. mengapa Anda tidak berlaku adil dan membawa cahaya dari ayat-ayat al-Qur¶an dan hadits secara keseluruhan yang berhubungan dengan bidang spesialisasi Anda?´ Prof Moore menjawab bahwa beliau telah memasukkan perujukan yang layak pada beberapa tempat yang cocok pada buku sains yang khusus. Pada tiap halaman yang memasukkan faktafakta mengenai sains embriologi. Konklusi yang paling masuk akal adalah. kami telah menempatkan ayat-ayat al-Qur¶an dan hadits nabi yang membuktikan ketiadabandingannya al-Qur¶an dan as-Sunnah. Prof Moore menyatakan berikut ini: ³Embrio berkembang di dalam rahim ibu atau uterus dilindungi oleh tiga kegelapan atau 3 lapisan. perlu diusulkan perkembangan sebuah sistem klasifikasi yang baru dengan menggunakan istilah-istilah yang disebutkan al-Qur¶an dan as-Sunnah. masih sedikit diketahui mengenai tahapan dan klasifikasi embrio manusia hingga abad ke-20. Sistem yang diusulkan sangat mudah. direktur mata kuliah dan profesor luar biasa untuk Kesehatan Embriologi Jurusan Biologi Sel. Untuk alasan inilah. GC. Moore. Biar bagaimanapun. komprehensif dan sesuai dengan pengetahuan embriologi saat ini.

Ali µImran [3]: 59). . Kami pernah bertemu dengan beliau dan bertanya kepadanya mengenai sejarah embriologi yang telah disebutkan perkembangan embrio pada beberapa tahapan yang berbeda dan bahwa telah ada buku lain mengenai embriologi pada zaman nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam atau berabad-abad setelah beliau yang juga menyebutkan tahapan-tahapan berbeda ini. namun adakah penyebutan yang dibuatnya menjelaskan tentang tahapan-tahapan embriologi? Kami mengetahui bahwa tahapan ini tidaklah diketahui hingga pertengahan abad ke-19 dan belum dibuktikan hingga permulaan awal abad ke-20. yang diciptakan tanpa ayah dan ibu.´ (QS. Washington DC. yang berusaha menguraikan beberapa teori subjek ini. Kami setuju dengan beliau bahwa Aristoteles adalah di antara mereka. bahwa ada kemungkinan penciptaan makhluk tanpa ayah. Mereka berargumen dengan hal ini. Kebanyakan. Allah berfirman: ³Sesungguhnya perumpamaan penciptaan Isa di sisi Allah adalah seperti penciptaan Adam. Beliau juga mendiskusikan kekomprehensivitasan dan kepresisian istilah al-Qur¶an dalam menjelaskan perkembangan fetus dengan pemaknaan istilah yang ringkas dan komprehensif yang membawa kepada pencapaian kebenaran lebih jauh.Georgetown. beliau mempresentasikan sebuah studi pada Konferensi Medis Saudi ke-8. Allah menciptakannya dari tanah. Kita menanyainya: ³Apa pendapat anda mengenai istilah-istilah ini di mana al-Qur¶an menggunakannya untuk menjelaskan fase-fase yang terjadi pada fetus?´ Setelah diskusi panjang. mengandung deskripsi yang jauh lebih komprehensif mengenai perkembangan manusia semenjak masa percampuran gamet hingga fase organogenesis. Mari kita mendengarkan Prof Goeringer yang beliau jelaskan dalam opininya: ³Di dalam beberapa ayat yang berkaitan. terminologi dan deskripsi yang eksis sebelumnya. misalnya. Al-Qur¶an menjawab mereka dan telah menggunakan perumpamaan penciptaan Adam. Adam. Prof Goeringer menyetujui bahwa tak ada penyebutan mengenai fase-fase ini. Diskusi dengan Prof Goeringer mengajak kami berbicara tentang fakta yang ditemukan akhirakhir ini dan di mana akan mengeliminasi berbagai bentuk kontroversi. Tak ada yang seterang dan sekomplet riwayat mengenai perkembangan manusia dalam hal klasifikasi. deskripsi ini mendahului berabad-abad periwayatan mengenai tahapan yang berbeda embrio manusia dan perkembangan fetus yang dicatat di dalam literatur sains tradisional. Ada 3 macam penciptaan : 1. µJadilah!¶ maka jadilah ia. beberapa orang di antara mereka memaksa bahwa Isa haruslah memiliki ayah karena kelahiran dari perawan adalah mustahil secara sains. Dia menyatakan bahwa orang Yunani kuno telah memperhatikan studi mengenai embriologi dan banyak di antara mereka mencoba menjelaskan kejadian pada fetus dan bagaimana terbentuknya. Beliau menyebutkan di dalam studinya mengenai dasar ketidaktahuan manusia terhadap fase-fase (yang terjadi pada embrio). Jawabannya adalah negatif. kemudian Allah berfirman kepadanya. Lantas kita menanyai bagaimana jika ada istilah spesifik yang diterapkan pada fase-fase ini sama dengan yang ditemukan di al-Qur¶an. dan mungkin mereka tidak paham. Walaupun kelahiran Isa dari perawan telah menjadi keyakinan umat Kristen selama berabad-abad. Setelah diskusi panjang. atau juga pembelahan kepada tahapan yang berbeda yang hanya bisa diketahui pada pertengahan abad ke-19. jika bukan seluruhnya.

Namun. ³Pada beberapa tipe pendekatan. Hawa. fisik (dengan sentuhan panas). Lebih jauh lagi. yang diciptakan tanpa ibu. Allah berfirman: ³Untuk tiap-tiap berita (yang dibawa oleh rasul-rasul) ada (waktu) terjadinya dan kelak kamu akan mengetahui. ataupun dengan cara kimia dengan cara memberikan sejumlah substansi kimia yang berbeda. Allah telah menunjukkan kepada mereka analogi bahwa manusia ada yang tak memiliki ayah dan ibu.´ (QS. Sebagai contoh. Allah yang mampu menciptakan Adam dari tanpa ayah dan ibu tentulah juga mampu menciptakan Isa dari seorang ibu tanpa ayah. ³Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) kami di seluruh ufuk dan pada diri mereka sendiri sehingga jelaslah bagi mereka bahwa al-Qur¶an itu adalah . kaum Kristen masih mendebatnya walaupun Allah telah mengirim kepada mereka petunjuk di atas petunjuk dan bukti di atas bukti. manusia sekarang memiliki pemahaman sains menstimulasi telur betina pada beberapa organisme sehingga telur dapat berkembang tanpa fertilisasi dari jantan. mereka membantah bahwa mereka tidak pernah melihat ataupun mendengar seseorang diciptakan tanpa ayah dan tanpa ibu. sebagai permisalan manusia yang tak memiliki ayah dan ibu. Lebih jauh. Mari kita simak kata-kata Prof. tipe perkembangan partenogenetik ini adalah alami.´ (QS. 3. yang diciptakan tanpa ayah. Oleh karena itu. al-An¶aam [6]: 67). ketika mereka ditanya mengapa mereka masih mempertahankan pendapatnya dalam kontroversi ini. Kendati demikian. Sains takkan pernah kosong dari keajaiban al-Qur¶an. Saba¶ [34]: 6). Dan. Allah telah menghendaki bahwa akan ada kemajuan sains dan penemuan-penemuan yang akan menyediakan bukti setelah bukti dari kebenaran yang melintasi waktu. Ayat-ayat alQur¶an menjadi dikenal di kalangan ilmuwan terkenal dan sains agama kita dan generasi berikutnya. Masih banyak lagi contoh yang demikian ini di dunia hewan. karena mengingat telur yang telah difertilisasi akan menjadi lebah betina.2. Kaum Kristen menganggap penyimpangan realitas bahwa manusia dapat dilahirkan tanpa ayah. lebah jantan tidaklah lebih dari sebutir telur yang tidak difertilisasi oleh jantannya. dan ia adalah Adam. Pada beberapa spesies. ³Dan Orang-orang yang diberi ilmu (Ahli Kitab) berpendapat bahwa wahyu yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itulah yang benar dan menunjuki (manusia) kepada jalan Tuhan yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang. dan berlanjut menuju ke tahapan perkembangan. lebah-lebah jantan dihasilkan dari telur ratu tanpa fertilisasi jantan.´ Allah telah memberikan kepada kita jawaban yang pasti dan Ia menggunakan Adam yang mereka mengimaninya. telur tak terfertilisasi pada beberapa spesies amfibi dan mamalia tingkat rendah dapat diaktivasi dengan cara mekanik (seperti menusuknya dengan jarum). Isa al-Masih. Jadi. sains modern sekarang mengungkap bahwa banyak hewan dan makhluk hidup di muka bumi ini dilahirkan dan bereproduksi tanpa fertilisasi dari spesies jantan. Goeringer.

apakah Tuhanmu tidak cukup (bagimu) bahwa sesungguhnya Ia menyaksikan segala sesuatu?´ (QS.benar. Fushilat [41]: 53). Penerjemah: Ibnu Burhan . Dan.