P. 1
MEDIA DAKWAH ELEKTRONIK DI ERA MODERN

MEDIA DAKWAH ELEKTRONIK DI ERA MODERN

|Views: 544|Likes:
Published by Kautsar Ran

More info:

Published by: Kautsar Ran on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2013

pdf

text

original

MEDIA DAKWAH BERBASIS TEKNOLOGI DI ERA MODERN

Pendahuluan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menunjukkan jati dirinya dalam peradaban manusia dewasa ini. Sudah tentu tidak dapat diingkari dan dipandang sebelah mata, peran perkembangan teknologi informasi telah memberikan share yang signifikan terhadap nilai tambah ekonomi. Efisiensi dalam berbagai bidang, khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya melalui kecepatan dan ketepatan informasi, serta performa fisik telah dapat ditingkatkan dengan sangat drastis, sekaligus berarti telah mampu mengefisienkan penggunaan tempat dalam artian kapasitas ruang.1 Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat. Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini juga membawa pengaruh yang kurang baik atau negatif dalam kehidupan manusia. Kehadiran tekologi yang sedemikian canggih membuat masyarakat umum mempunyai begitu banyak pilihan untuk memilih apa yang

dikehendakinya. Apakah pengaruh negatif teknologi mempengaruhi bergesernya nilai ± nilai budaya dalam masyarakat, jawabannya iya. Teknologi diciptakan oleh manusia untuk dapat memenuhi kebutuan manusia itu sendiri, akan tetapi pada perkembangan selanjutnya justru teknologi tersebut disalah gunakan.2 Misalnya penggunaan internet untuk transasksi dengan modus penipuan dan penggunaan akses untuk pornografi.

1

Achmad Saptono (Mahasiswa Sosiologi FISIP-UNSOED). Makalah Perkembangan teknologi dan pengarunya.
2

E. Maturbongs, opini Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pergeseran Nilai±nilai Budaya http://sosbud.kompasiana.com/2010/02/12/pengaruh-perkembangan-teknologi-dalammasyarakat-terhadap-pergeseran-nilai-%E2%80%93-nilai-budaya/

1

Oleh karena itu. Mengenai pengertian washilah. . Setidaknya ada enam unsur yang telah dikaji secara proporsional. haram.3 Dengan demikian jelas bahwa kata kunci dari definisi media dakwah hanyalah sebagai alat berdakwah. dibutuhkan da¶i-da¶i yang peka dengan realitas di atas untuk meng-counter balik arus penggunaan teknologi yang tidak semestinya. Bahkan lebih dari itu.2009). kajian ini dibantu kaidah ushul fiqh sebagai penunjang memahami hukum yang terkandung di dalamnya. pemanfaatan teknologi ini sangat banyak sekali kelebihan yang dapat dimanfaatkan untuk penunjang proses dakwah yang efektif dan efisien . unsur washilah (media dakwah) dipandang memiliki keluasan dalam segala aspeknya selama tidak melewati batas-batas wilayah hukum syar¶I . yaitu da¶I. atau tidak ada nash yang mengharamkan dan sangat dinamis perkembangan zaman.(Bandung: Widya Pajajaran. yang menjadi barometer pelaksanaan dakwah bagi semua da¶i. atau bid¶ah sekalipun. maudu¶. 81 2 . apakah hal itu dengan mengikuti terlarang. Diantara enam unsur tersebut. hal. mad¶u. dan tujuan dakwah . Sedangkan mashlahat mursalah itu sendiri memiliki ciri 3 Enjang As dan Aliyudin. Berdasarkan pendapat para ulama bahwa media dakwah dapat dikategorikan mashlahat mursalah. Media Dakwah Sebagai Unsur dakwah yang libelaristis Dasar-dasar Ilmu dakwah yang dipelajari di fakultas dakwah perguruan tinggi islam telah membagi unsur-unsur yang dimiliki dakwah itu sendiri. Dikatakan bahwa media dakwah bersifat bebas (liberalistis) berdasarkan kajian terhadap sunnah Nabi Muhammad SAW. Dasar-dasar Ilmu Dakwah Pendekatan Filosofis dan Praktis. Hal demikian dikarenakan ilmu dakwah dan ilmu fiqh merupakan ilmu-ilmu integralistik dari ulum al-dien. washilah. ada yang berpendapat bahwa secara sederhana media dakwah (washilah) dapat diartikan sebagai instrumen yang dilalui oleh pesan atau saluran pesan yang menghubungkan antara da¶I dan mad¶u. ushlub.

media elektronik diklasifikasikan berdasarkan bentuknya sebagai media dakwah madiyah yang secara spesifik berupa Taqniyah. dan perpaduan kedua media tradisional dan modern. 3 . tradisional. Dakwah di internet bid ah?. memiliki faktor pendorong dan tuntutan yang banyak dan tak ada faktor penghalangnya. 426 H) Hal. Teknologi Sebagai Media Dakwah Berdasarkan jenis dan peralatan yang melengkapinya terdiri dari media tradisional. (MadinahbAl-Munawwarah: Dar AlDirasah Al-Iqtishadiyah. Sebagai contoh adalah dakwah dengan internet. Sedangkan bid¶ah kebalikannya.khusus. ataupun jika ada faktor pendorongnya namun ada hal yang menghalanginya. Bila kita merujuk kepada bentuk-bentuk media dakwah menurut Muhammad Said Mubarak5. 46 6 Ibid. Beliau memberi contoh alat pengeras suara dan peralatan modern lainnya.id/?p=121 5 Muhammad Sa id Mubarak. di zaman nabi tidak ada karena belum ditemukan internet. tercatat media dakwah di zaman Nabi yang sesuai dengan perkembangan zaman kala itu hanyalah korespondensi (surat menyurat). yaitu tidak pernah ada di zaman nabi dikarenakan tidak ada faktor pendorongnya.6 Oleh karena itu Teknologi yang merupakan hasil pengejewantahan kebudayan di era modern harus di sikapi dengan bijak dan mengacu pada prinsip-prinsip dakwah masa kini. Dari uraian di atas pada prinsipnya media dakwah adalah berbagai alat (instrumen).stai-ali. sekiranya ada internet maka niscaya nabi pasti akan menggunakannya untuk menyebarkan dakwah. Al Da wah wa Al-Idarah. Abad modern adalah abad ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada delapan Prinsip-prinsip Dakwah antar budaya menurut Acep Aripudin dan Syukriadi Sambas. sampai modern. http://konsultasi. dapat kita lihat pada prinsip ketujuhnya adalah prinsip rasionalitas. Segala 4 Admin.ac. sarana yang dapat digunakan untuk pengembangan dakwah Islam yang mengacu pada kultur asyarakat yang klasik. media modern.4 Sedangkan. selain mimbar dan yang sejenisnya.

Sedangkan mengusai tekhnik komuniksi adalah bagian terpenting dalam mengemban amanat dakwah. (Bandung: Remaja Rosdakarya. Pengantar Dakwah Antar Budaya.aktivitas manusia berpangkal pada sejauhmana penggunaan rasionalitas seseorang. Prinsip rasionalitas merupakan respons asasi terhadap masyarakat yang menggunakan prinsip amal hidupnya dengan menggunakan prinsip-prinsip rasional seperti yang sedang terjadi pada masyarakat sekarang. 2007). Kemajuan bidang ini disertai dengan penemuan-penemuan sarana komunikasi yang begitu canggih. 7 Pemanfaatan Media dakwah yang sesuai denga kebutuhan mad¶unya sangat penting guna mensinergikan dan mengefektifkan proses komunikasi da¶I dan mad¶u. Oleh sebab itu. Syukriadi. Hal itu juga akan mempengaruhi efektifitas bagi hasil proses dakwah yang dicapai. Acep dan Sambas. Keadaan ini menjadi tantangan para da¶i untuk dapat menggunakan sarana ini sebagai media dakwahnya. memanfaatkan tekhnologi sebagai sarana dakwah adalah sebuah kebutuhan mendesak yang mesti diambil oleh umat Islam. Hal. di antanya adalah kemajuan media cetak dan elektronik. Dakwah Damai. Daftar Pustaka 7 Aripudin. Apakah seorang dai telah menggunakan pendekatan-pendekatan rasional dalam menyampaikan dakwahnya sesuai kebutuhan mad¶u atau terus menerus masih menggunakan pendekatan-pendekatan dogmatik dan menjejali mad¶u dengan materi-materi yang sudah out of date. 66 4 . Penutup Kemajuan teknologi adalah bagian ciri dari dunia modern. Tentunya rasionalisasi yang digunakan da¶I dalam melakukannya sangat tergantung kapasitas pengetahuan dan wawasan teknologi yang dimiliki.

Achmad (Mahasiswa Sosiologi FISIP-UNSOED). Dakwah Damai. Bandung: Remaja Rosdakarya Ismail. Pengantar Dakwah Antar Budaya.kompasiana. http://konsultasi. Enjang dan Aliyudin. Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. 2006. Syukriadi. Paradigma Dakwah Sayyid Qutb. 2009.AS. Ilyas A. Bandung: Widya Pajajaran Aripudin. 2007.ac.stai-ali.id/?p=121 http://sosbud.com/2010/02/12/pengaruh-perkembangan-teknologidalam-masyarakat-terhadap-pergeseran-nilai-%E2%80%93-nilai-budaya/ 5 . Jakarta: Penamadani Saptono. Makalah Perkembangan teknologi dan pengarunya. Pendekatan Filosofis dan Praktis. Acep dan Sambas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->