P. 1
TOPOLOGI JARINGAN

TOPOLOGI JARINGAN

|Views: 63|Likes:

More info:

Published by: Erlin Suharlinah Haris on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/12/2011

pdf

text

original

OSI LAYER (Open Systems Interconnection) Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International

Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien. a. Model OSI terdiri dari 7 layer :

b. Pembagian pada OSI LAYER Terdapat 7 layer pada model OSI. Setiap layer bertanggungjawwab secara khusus pada proses komunikasi data. Misal, satu layer bertanggungjawab untuk membentuk koneksi antar perangkat, sementara layer lainnya bertanggungjawab untuk mengoreksi terjadinya ³error´ selama proses transfer data berlangsung. Model Layer OSI dibagi dalam dua group: ³upper layer´ dan ³lower layer´. ³Upper layer´ fokus pada applikasi pengguna dan bagaimana file direpresentasikan di komputer. Untuk Network Engineer, bagian utama yang menjadi perhatiannya adalah pada ³lower layer´. Lower layer adalah intisari komunikasi data melalui jaringan aktual. Bila model pembagian osi layer tersebut apabila di gambar nampak seperti dibawah ini:

dengan karakteristik dan fungsinya masing -masing. dan service lain yang jalan di jaringan. Model dibagi menjadi 7 layer. Tiap layer harus dapat berkomunikasi dengan layer di atasnya maupun dibawahnya secara langsung melalui serentetan protokol dan standard. seperti program email.c. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer. Model OSI Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya . Application Layer: Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Termasuk jenis-jenis protoklol jaringan dan metode transmisi.

.

sebelumnya data tersebut harus melewati ketujuh layer dari satu terminal. data tersebut melewati layer physi al sampai aplikasi Pada saat data melewati satu layer dari sisi pengirim. maka akan ditambahkan satu ³header´ sedangkan pada sisi penerima ³header´ di opot sesuai dengan layernya. karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970 hingga awal 1980-an -an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer -komputer dan jaringan . Pengertian Tcp/Ip TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukarmenukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. kemudian di sisi penerima. Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. PTOTOKOL TCP/IP a. mulai dari layer aplikasi sampai physi al layer.Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi.Apa yang dilakukan ol 7 layer OSI ? Ketika data ditransfer melalui jaringan. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalahTCP/IP stack.

layer-layer itu adalah : 1. seperti halnya Internet Society (ISOC). b. dan Internet Engineering Task Force (IETF). sehingga dapat digunakan di mana saja. Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP. mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Internet Architecture Board (IAB). IP bekerja pada mesin gateaway yang memindahkan data dari departemen ke organisasi kemudian ke region dan kemudian ke seluruh dunia. Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu. Organisasi menciptakan grup dengan nomornya untuk departemen. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan. Protokol (Komputer) Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan. IP mendahului setiap paket data berdasarkan 4 byte (untuk versi IPv4) alamat tujuan (nomor IP). Sockets yaitu merupakan nama yang diberikan kepada subrutin paket yang menyediakan akses ke TCP/IP pada kebanyakan sistem. 2. . Internet authorities menciptakan range angka untuk organisasi yang berbeda.untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP (transmission transfer protocol) berperan didalam memperbaiki pengiriman data yang benar dari suatu klien ke server. 3. dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF. skema pengalamatan. IP (internet protocol) yang berperan dalam pentransmisian paket data dari node ke node. TCP dapat mendeteksi error atau data yang hilang dan kemudian melakukan transmisi ulang sampai data diterima dengan benar dan lengkap. Data dapat hilang di tengah -tengah jaringan. komunikasi. TCP/IP pun mempunyai beberapa layer. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen. TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan. dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.

Pada tingkatan yang terendah. Berikut ini macam-macam topologi jaringan: 1. yang meliputi server. perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Bagaimana mengawali dan mengakhiri suatu pesan. Mendeteksi rugi-rugi pada hubungan jaringan dan langkah-langkah yang dilakukan selanjutnya y Mengakhiri suatu koneksi. y y y y y y Melakukan metoda ³jabat-tangan´ (handshaking). untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan peralatan perangkat keras. protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Yang harus dilakukan saat terjadi kerusakan pesan atau pesan yang tidak sempurna. Bagaimana format pesan yang digunakan. Sangat susah untuk menggeneralisir protokol dikarenakan protokol memiliki banyak variasi didalam tujuan penggunaanya. Protokol perlu diutamakan pada penggunaan standar teknis. TOPOLOGI JARINGAN Topologi Jaringan adalah gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan. Negosiasi berbagai masam karakteristik hubungan. workstation. Topologi Bus . Kebanyakan protokol memiliki salah satu atau beberapa dari hal berikut: y Melakukan deteksi adanya koneksi fisik atau ada tidaknya komputer atau mesin lainnya.Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras. hub dan pengkabelannnya. Protokol secara umum digunakan pada komunikasi real-time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur dari informasi untuk penyimpanan jangka panjang.

maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk . Topologi Star Adalah masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub.Pada topologi Bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan. 2. Keunggulan dari topologi tipe Star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan. Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.

Dan juga bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server. sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu. Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan. TOPOLOGI JARINGAN MESH (JALA) .kerja jaringan secara keseluruhan.alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan. karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain. 4. bila alamat. Kelemahan dari topologi Star adalah kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya. Keunggulan topologi Ring adalah tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi Bus. jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan. 3. Topologi Ring Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin.

Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang .Topologi jala atau mesh adalah sejenis topologi jaringan yang menerapkan hubungan antarsentral secara penuh. 5. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan ini adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n n = jumlah sentral). TOPOLOGI HIRARKI Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. -1. Topologi ini selain kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

Sebagai contoh. perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan. Kelemahan : apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .berbeda. Keunggulan : Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah. dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. . Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat. maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->