BAB II LANDASAN TEORI A. Tinjauan Pustaka 1. a.

Permainan Bolavoli

Hakikat Permainan Bolavoli Bolavoli merupakan cabang olahraga permainan yang cukup memasyarakat. Permainan bolavoli telah lama dikenal di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda, sampai sekarang. Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang belum memahami hakikat dari permainan bolavoli yang sebenarnya. Melalui permainan bolavoli banyak aspek yang dapat dibentuk pada diri seseorang. Berkaitan hakikat permainan bolavoli, Sugiyanto, Soedarwo dan Sunardi (1994: 1) menyatakan bahwa, ada beberapa hal penting hakikat dari permainan bolavoli yang perlu dipahamai yaitu : 1) Permainan bolavoli sebagai aktivitas olahraga. 2) Permainan bolavoli sebagai aktivitas kelompok. 3) Bermain bolavoli memerlukan kemampuan gerak yang kompleks. 4) Bermain bolavoli memerlukan kemampuan fisik yang baik. 5) Bermain bolavoli memerlukan keterampilan intelektual yang cukup baik. Hakikat permainan bolavoli ini penting untuk dipahami oleh setiap orang yang melakukannya. Dengan memahami hakikat permainan bolavoli ini akan banyak manfaat yang diperolehnya. Lebih jelasnya berikut ini diuraikan secara singkat masing-masing hakikat permainan bolavoli sebagai berikut: 1) Permainan Bolavoli Sebagai Aktivitas Olahraga Sebagai salah satu bentuk aktivitas olahraga, di dalam bermain bolavoli seharusnya mengikuti prinsip-prinsip dalam olahraga. Olahraga adalah kegiatan manusia yang dilakukan secara sadar, guna memperoleh manfaat dari hasil melakukan kegiatan itu bagi dirinya. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan olahraga bermacam-macam diantaranya : (1)

Seperti dikemukakan Leo Rolex. . (2) untuk memperoleh teman bergaul. (4) untuk memperoleh keterampilan berolahraga atau mencapai prestasi yang tinggi. “Maksud dan tujuan permainan bolavoli adalah melewatkan bola di atas net agar dapat jatuh menyentuh lantai daerah lawan dan mencegah agar bola yang sama (dilewatkan) tidak menyentuh lantai dalam lapangan sendiri”. Olahraga sebagai suatu aktivitas yang mempunyai arah dan tujuan tertentu. 2) Bolavoli Sebagai Aktivitas Kelompok Permainan bolavoli dimainkan oleh 6 orang setiap regunya. Hal inilah yang menjadi maksud dan tujuan permainan bolavoli. Semua kegiatan yang melibatkan lebih dari 1 orang. Tanpa mengikuti aturan-aturan dan prinsip-prinsip yang sesuai. berlaku adanya aturan-aturan dan prinsip-prinsip yang bisa mengarahkan pada tercapainya tujuan yang dikehendaki. unsur kerjasama menjadi penting artinya. Kerjasama dalam arti luas diperlukan dalam regunya. Sedangkan kerjasama dengan regu lawan terbatas pada kesempatan untuk saling berhadapan menguji kemampuan masingmasing regu. kerjasama dengan regu lawan juga diperlukan. (3) untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kesegaran jasmani. Kerjasama dalam regunya diperlukan agar kerja kelompok menjadi kompak dan mampu menyelesaikan tugas dalam permainan untuk mencapai kemenangan. dan mempertahankan lapangannya agar tidak dapat dimatikan oleh lawan atau jangan mati sendiri. Kerjasama kelompok dalam permainan terwujud dalam bentuk jalinan kerjasama dalam upaya menyerang untuk mematikan lawan.untuk memperoleh kesenangan. Dalam arti sempit. (1997:9) bahwa. kemungkinan pencapaian tujuan menjadi kecil.

tinggi rendahnya bola. . Pass atas. Mengguling. Penguasaan gerak teknik dasar bermain bolavoli dibutuhkan proses iatihan secara baik dan teratur. d) Pass bawah. Kompleksnya kemampuan gerak yang perlu dalam permainan bolavoli tampak dalam berbagai sifat dan aturan permainan. pola-pola gerak yang perlu dikuasai oleh pemain bolavoli meliputi: 1) Gerak dasar: a) c) e) f) a) c) e) f) Jalan. g) Blok. dan bagian-bagian tubuh secara baik. Servis. Sugiyanto dkk. secara garis besar. Sikap siap. 2) Gerak teknik dasar bermain bolavoli: b) Gerakan menyongsong dan menjangkau bola. fikiran. (1994: 6) menyatakan bahwa. Karena itu kemampuan gerak yang kompleks harus dimiliki oleh setiap pemain. d) Loncat. kecepatannya dan lain sebagainya.3) Bermainan Bolavoli Perlu Kemampuan Gerak yaag Kompleks Bolavoli merupakan salah satu bentuk permainan yang memiliki unsur gerakan yang cukup kompleks. misalnya pemain harus memainkan bola yang tidak menentu arah datangnya bola. Jengket Berputar. Kemampuan seorang pemain dalam memainkan bola dengan sifatsifat permainan tersebut diperlukan koordinasi penglihatan. Latihan harus dilakukan sejak usia dini. Latihan yang dilakukan sejak usia dini memungkinkan tercapai b) Lari. Semes.

Sajoto (1995: 9) bahwa. Kemampuan membaca permainan lawan dan menentukan strategi yang tepat dan cepat. Kemampuan intelektual ini dibutuhkan pada penerapan taktik dan strategi permainan. tetapi juga diperlukan kemampuan intelektual yang baik pula. sehingga kemenangan ada dipihaknya. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa. Yunus (1992: 62) menyatakan bahwa. Untuk memahami dan melakukan taktik dan strategi permainan ini dibutuhkan kemampuan inteletual yang baik. dan taktik. 5) Bermain Bolavoli Perlu Kemampuan Intelektual yang Baik Dapat bermain bolavoli dengan baik tidak semata-mata hanya memerlukan kemampuan fisik yang baik. Kualitas fisik yang baik akan mendukung secara langsung terhadap kualitas gerak yang dapat ditampilkan. karena keberadaan kualitas fisik selalu beroperasi dengan fungsi psikomotor. Untuk mencapai kondisi fisik yang baik dibutuhkan latihan fisik yang terprogram dan sistematis. Menurut M. 4) Bermain Bolavoli Pertu Kemampuan Fisik yang Baik Menjadi pemain bolavoli yang baik dibutuhkan dukungan kemampuan fisik yang baik. M. sehingga prestasi bolavoli dapat dicapai lebih optimal. . “Persiapan fisik harus dipandang sebagai salah satu aspek terpenting dalam latihan untuk mencapai suatu prestasi yang tinggi”. kondisi fisik yang baik merupakan faktor yang sangat penting untuk mengembangkan unsur teknik. “Kondisi fisik adalah satu persyaratan yang sangat diperlukan dalam usaha peningkatan prestasi seorang atlet bahkan dapat dikatakan sebagai keperluan dasar yang tidak dapat ditunda atau ditawartawar lagi”.keterampilan teknik dasar bermain bolavoli yang lebih baik.

Cekis. Pendapat lain dikemukakan Soedarwo. (7) Blok”.. (3) Gerakan menjangkau bola. teknik dasar permainan bolavoli terdiri dua macam yaitu teknik tanpa bola dan teknik dengan bola. teknik dasar bolavoli dikelompokkan menjadi dua yaitu teknik tanpa bola dan teknik dengan bola. (4) Pas atas dan pas bawah. Sunardi dan Agus Margono (2000: 7) bahwa. Smash: Normal smash. teknik dasar bermain bolavoli terdiri atas : 1) a) b) c) 2) a) b) c) 3) a) b) c) Passing: Teknik pass atas. seorang pemain melakukan gerakan dan memainkan teknik dasar bolavoli. Floating. Semi smash. Berkaitan dengan macam-macam teknik dasar bolavoli Sugiyanto dkk. Ditinjau dari pelaksanaan permainan bolavoli bahwa. Macam-Macam Teknik Dasar Bermain Bolavoli Menguasai teknik dasar bolavoli merupakan suatu keharusan agar dapat bermain bolavoli dengan terampil. (1994: 21) mengklasifikasikan teknik dasar bermain bolavoli terdiri atas: “(1) Sikap dasar siap. Teknik dasar bolavoli adalah suatu gerakan yang dilakukan secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam permainan bolavoli.b. sedangkan teknik dengan bola adalah cara memainkan bola dengan anggota badan secara efektif dan efisien sesuai . (2) Gerakan menyongsong bola. (5) Servis. Set-up/umpan. Berdasarkan dua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa. (6) Semes. Teknik tanpa bola berupa gerakan-gerakan khusus yang mendukung teknik dengan bola. Push smash. Hal ini berarti. Service : Tenis service. Teknik pass bawah.

. Penguasaan teknik dasar bermain bolavoli mempunyai peran penting terhadap pencapaian prestasi bolavoli. Berkaitan dengan teknik dasar bolavoli M. “Teknik merupakan prosedur yang telah dikembangkan berdasarkan praktek. “Penguasaan teknik dasar permainan bolavoli merupakan salah satu unsur yang ikut menentukan menang atau kalahnya suatu regu di dalam suatu pertandingan di samping unsur-unsur kondisi fisik. Berdasarkan tiga pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa. “Untuk meningkatkan prestasi. Sunardi dan Agus Margono (2000: 6) bahwa. teknik dasar permainan bolavoli merupakan suatu proses gerak tubuh yang dibuktikan dengan praktek yang dilakukan dengan sebaik mungkin dalam arti efektif dan efisien untuk menyelesaikan tugas yang pasti guna mencapai hasil yang baik dalam permainan bolavoli. Menurut Marta Dinata (2004: 5) bahwa. (2000: 6) bahwa. Hal senada dikemukakan Dieter Beutelstahl (2003: 9) bahwa. Yunus (1992: 68) menyatakan bahwa. Menurut Soedarwo dkk. dan bertujuan mencari penyelesaian suatu problem pergerakan tertentu dengan cara yang paling ekonomis dan berguna”. Teknik permainan bolavoli merupakan aktivitas jasmani yang menyangkut cara memainkan bola dengan efektif dan efisien sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. “Teknik dalam permainan bolavoli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efektif dan efisien sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai hasil yang optimal”. taktik dan mental”. c. Menurut Soedarwo. Keterkaitan antara teknik tanpa bola dan teknik dengan bola didasarkan pada kebutuhan dalam permainan. Pentingnya Menguasai Teknik Dasar Bermain Bolavoli Menguasai teknik dasar bolavoli merupakan unsur yang sangat mendasar untuk mencapai prestasi bolavoli. “Teknik dasar bolavoli adalah proses melahirkan keaktifan jasmani dan pembuktian praktek dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam cabang olahraga permainan bolavoli”.dengan peraturan yang berlaku.

Pentingnya penguasaan teknik dasar permainan bolavoli menurut Suharno HP. 2) Karena terpisahnya tempat antara regu ke satu dengan regu yang lain. taktik dan mental seorang pemain”. sehingga tidak terjadi adanya sentuhan badan dari permainan lawan.seorang pemain bolavoli harus menguasai beberapa teknik dasar terlebih dahulu. “kriteria . Teknik dasar merupakan faktor utama selain kondisi fisik. mengangkat bola. maka pengawasan wasit terhadap kesalahan teknik ini lebih seksama. Penguasaan teknik dasar bolavoli dengan baik adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian prestasi bolavoli baik secara individu maupun secara tim. karena bolavoli permainan tim. 5) Penguasaan taktik-taktik yang tinggi hanya memungkinkan kalau penguasaan teknik dasar dan tinggi dalam bolavoli cukup sempurna. serta pukulan rangkap. artinya waktu untuk memainkan bola sangat terbatas. Kemampuan yang dimiliki individu akan memberikan sumbangan untuk kemenangan tim. 4) Permainan bolavoli adalah permainan yang cepat. sehingga penguasaan teknik yang tidak sempurna akan memungkinkan timbulnya kesalahan teknik yang lebih besar. dan secara kolektif dapat mempengaruhi menang atau kalahnya sutau tim dalam pertandingan. Dengan menguasai teknik dasar bolavoli akan mendukung penampilan seorang pemain lebih baik. 3) Banyaknya unsur-unsur yang menyebabkan terjadinya kesalahankesalahan teknik ini antara lain membawa bola. taktik dan mental. Berdasarkan dua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa. penguasaan teknik dasar bolavoli mempunyai peran penting baik secara individual maupun secara kolektif dalam bermain bolavoli di samping faktor fisik. (1985: 11) mengingat hal-hal sebagai berikut: 1) Hukuman kesalahan teknik terhadap pelanggaran permainan yang hubungannya dengan kesalahan dalam melakukan teknik. (1994:11) menyatakan bahwa. Seperti dikemukakan Sugiyanto dkk.

dibandingkan dengan servis bawah. Servis sebagai serangan. maka server dalam melakukan servis dapat melakukan berbagai macam jenis servis yang dianggap paling etektif untuk mematikan lawan. 2. Semakin baik dalam menguasai tenik servis atas mempunyai peluang yang besar untuk mendapatkan point melalui servis. maka harus menguasai teknik servis atas. “Kelemahan servis tangan bawah adalah mudah diterima dan lintasannya melambung tinggi sehingga mudah diantisipasi lawan”. dan servis meloncat (jump serve). servis mengambang melingkar (roundhouse floater). sehingga akan mendukung pencapaian kemenangan timnya. Servis Atas Bolavoli . Servis Atas Servis atas merupakan bentuk gerakan memukul bola menggunakan lengan yang pelaksanaannya bola dipukul di atas kepala. a. Dari beberapa macam jenis servis atas tersebut. Seperti dikemukakan Agus Mukholid (2004: 35) bahwa. lintasan bola lebih pendek sehingga bola sulit untuk diprediksi lawan. Untuk dapat melakukan servis atas dengan baik. Servis dapat dikategorikan sebagai serangan karena pukulan servis atas memiliki tenaga ayun lebih besar dan kecepatan gerakan lengan pemukul juga lebih besar. Berkaitan dengan jenis servis atas.penilaian prestasi bermain bolavoli yang bisa lebih obyektif adalah berkaitan dengan kualitas individu yang menjadi anggota tim”. Suharno HP. (3) Servis cekis”. (2) Servis foating/mengapung. Selain itu juga. (1996:28) menyatakan “Servis canggih yang populer adalah servis topspin. & Bonnie J. Servis atas merupakan bentuk pukulan yang memiliki efektivitas tinggi untuk melakukan serangan. Barbara L.V. seorang pemain harus menguasainya.F. Kemampuan seorang pemain bolavoli menguasai berbagai macam jenis servis dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam suatu pertandingan. (1985:25-26) membedakan servis atas menjadi tiga yaitu: “(1) Tenis servis.

Pada waktu lengan dilecutkan siku jangan sampai ikut tertarik ke bawah. Lecutan tangan dan lengan sangat diperlukan dalam servis atas. Adapun pelaksanaan teknik servis atas sebagai berikut: 1) Sikap permulaan: Ambil sikap berdiri dengan kaki kiri berada lebih ke depan daripada kaki kanan dan kedua lutut ditekuk. bila perlu dibantu gerakan togok ke arah depan sehingga bola akan memutar lebih banyak. Tangan kiri dan tangan kanan bersamasama memegang bola. Tangan kanan segera ditarik ke belakang atas kepala. agar dapat memperoleh hasil servis yang baik.b. 2) Sikap saat perkenaan: Setelah tangan kanan berada di atas belakang kepala dan bola berada sejangkauan tangan maka segera bola dipukul dengan cara memukul seperti pada smash. Teknik Petaksanaan Servis Atas Keberhasilan dalam melakukan servis atas harus didukung penguasaan teknik servis yang baik dan benar. Menurut Soedarwo dkk. Pentingnya Servis dalam Permainan Bolavoli Servis merupakan sentuhan pertama untuk memulai permainan bolavoli dan pemain yang melakukan servis memiliki kontrol yang bebas . dengan telapak kanan menghadap ke depan. Tangan kiri menyangga bola sedang tangan kanan memegang bagian atas bola. Sewaktu akan melakukan servis perhatian harus selalu terpusat pada bola. Setelah memukul bola maka diikuti langkah kaki kanan ke depan dan terus masuk ke lapangan permainan serta mengabil sikap siap normal. 3) Sikap akhir. (3) sikap akhir”. (2) sikap saat perkenaan dan. Teknik-teknik servis atas harus dilakukan dengan baik dan benar. Bola dilambungkan dengan tangan kiri ke atas sampai ketinggian kurang lebih setengah meter di atas kepala. c. (200: 20-21) teknik servis atas meliputi “(1) sikap permulaan.

terhadap bola. (1994: 26) menyatakan. Yunus (1992: 109) menyatakan. Untuk menghasilkan bola bervariasi ditentukan oleh: Keras atau pelannya pukulan. servis berkembang menjadi suatu teknik yang dapat digunakan untuk menyerang”. fungsi servis juga mengalami perubahan yaitu. “Servis yang baik mempengaruhi seluruh jalannya pertandingan”. Menurut Soedarwo dkk. (2000: 38) bahwa cara mempersulit bola servis pada dasamya berkaitan dengan: 1) Kecepatan. (a) (b) kurve dan belak-belok jalannya bola. Tinggi atau rendahnya bola hasil pukulan. Seperti dikemukakan Deiter Beutelstahl (2005: 9) bahwa. Ditinjau dari taktik dan strategi permainan. Hal ini artinya. Oleh karena itu. Berdasarkan pengertian servis yang dikemukakan empat ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa. servis dapat mempengaruhi jalannya permainan secara keseluruhan. “Servis adalah awal terjadinya suatu permainan bolavoli. servis merupakan serangan pertama bagi regu yang melakukan servis untuk mendapatkan angka. “Sesuai dengan kemajuan permainan. teknik servis saat ini tidak hanya sebagai pembukaan permainan. Hal senada dikemukakan Amung Ma'mum & Toto Subroto (2001:61) bahwa. Akan tetapi dalam perkembangannya servis menjadi salah satu serangan pertama yang sangat penting”. tidak hanya sebagai tanda dimulainya permainan tetapi sebagai serangan pertama bagi regu yang melakukan servis. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan permainan bolavoli. . dalam melakukan servis harus dibuat sesulit mungkin agar lawan sulit mengembalikan atau bahkan langsung mati. M. “Servis selain sebagai pukulan awal untuk memulai permainan. Sugiyanto dkk. angka atau point dapat dihasilkan melalui servis yang baik dan. Berkaitan dengan hal tersebut. bahkan dapat menentukan menang atau kalahnya suatu tim. Seorang pemain yang meiakukan servis bebas berusaha meiakukan pukulan sesuai kehendaknya agar bola suiit diterima lawan. tetapi jika ditinjau dari segi taktik sudah merupakan suatu serangan awal”.

misalnya: (a) Ke arah pemain yang lemah. (c) Ke arah pemain pengganti yang masuk. (e) Di bagian garis belakang bila posisi penerima servis terlalu ke depan. Cara-cara mempersulit pukulan servis tersebut harus diperhatikan dengan baik dan benar agar diperoleh kualitas servis yang baik. (b) Di belakang pengumpan atau tempat di mana pengumpan sedang bergerak. sehingga tidak menutup kemungkinan servis yang dilakukan . Hal ini berarti. (f) Ke daerah dekat net apabila posisi penerima servis lawan terlalu ke belakang.V. d. Oleh karena itu. Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melakukan Servis Atas Sebagai serangan servis bukan merupakan hal yang mudah untuk melakukannya. Hal terpenting dan harus diperhatikan dalam melakukan servis adalah menghindari pukulan servis yang salah (tidak masuk). & Bonnie J. melewatkan atau menyeberangkan bola di atas net dan masuk daerah lawan adalah hal terpenting keberhasilan servis. (d) Ke tempat yang kosong atau tempat diantara pemain. Setiap jenis pukulan servis atas memiliki teknik yang berbeda-beda. Barbara L.(c) Membuat bola berputar (spin) atau membuat bola tidak bola diarahkan pada titik-titik kelemahan berputar dan melayang (floater). “Prioritas utama dalam servis adalah konsistensi dalam menyeberangkan bola 100% setiap kali bermain”. hendaknya dalam melakukan servis harus berhati-hati. 2) Penempatan lawan.F. (1996: 27) menyatakan. (g) Ke daerah samping apabila posisi penerimaan servis lawan terlalu ketengah. Berdasarkan peraturan penilian permainan bolavoli yaitu (relly point) kesalahan servis adalah keberuntungan bagi pihak lawan.

pergelangan tangan anda dengan penuh tenaga. dan untuk pukulan servis berikutnya kesalahan dapat terhindarkan. (1996: 35) memberikan cara memperbaiki kesalahan servis atas yaitu: 1) 2) 3) 4) Lemparkan bola ke belakang bahu dan lengan anda Lemparan harus dilakukan di depan tubuh anda.sering terjadi kesalahan. Lcbih lanjut Barbarra L. & Bonnie J.F.V. (1996: 35) kesalahan dalam melakukan servis di antaranya “(1) Bola menabrak net. Keberhasilan servis atas sangat tergantung penguasaan teknik yang baik dan sempurna.. luar bahu dari lengan anda yang memukul bola. Oleh karena itu sejak awal pembelajaran harus ditanamkan servis yang efektif. Keberhasilan servis akan dapat mempengaruhi jalanya permainan secara keseluruhan. (3) Servis tidak dapat melewati net. Untuk memperoleh kualitas servis atas yang baik.F. (2) Bola mengarah ke kanan. Oleh karena itu kesalahan-kesalahan seperti di atas harus dihindari. putar jemari tangan anda pada bola dan akhiri dengan menjatuhkan lengan anda ke pinggang. (4) Bola jatuh melewati garis. Bila terjadi kesalahan harus segera dibetulkan. tidak di Pindahkan berat badan anda pada saat memukul bola. sehingga akan terhindar dari kesalahan. Pukul Pukul bola di bagian tengah belakang dan tekuk memukul bola. . dan Bonnie J. Kemampuan siswa dalam mencermati setiap kesalahan yang dilakukan akan dapat membentuk pola pukulan servis seperti yang diharapkan. Menurut Barbara LV. (5) Anda harus melangkah 2 atau 3 langkah untuk melakukan servis”. maka setiap terjadi kesalahan haras dicermati letak kesalahannya. bola dengan tumit telapak tangan anda terbuka. 5) Lemparkan bola sedikit di belakang bahu anda dan pindahkan berat badan anda ke depan.