10 CARA CERDAS MENDIDIK ANAK

Sebagai seorang wanita karir yang selalu sibuk dengan rutinitas kerja yang padat. Membuat waktu kita sangat terbatas untuk anak kita. Padahal inginnya kita bisa terus menerus dekat dengan si buah hati. tapi kira-kira bisa ngga ya waktu kita yang terbatas itu menjadi berkualitas ? dan « mungkin ngga ya kita bisa menjadi orantua yang efektif ? Menurut psikolog selama kita bisa memanfaatkan waktu , orang tua yang sibuk pasti tetap bisa membesarkan anaknya dengan baik. Karena belum tentu juga anak yang orangtuanya mempunyai seratus persen waktu di rumah, bisa memiliki kualitas fisik, jiwa dan psikologis yang lebih baik dibandingkan anak yang orangtuanya banyak waktunya habis di tempat kerja. Karena tumbuh kembang anak tidak bergantung pada lama waktu alias kuantitas orang tua bersama anaknya. Tetapi lebih kepada kualitasnya. Ibu yang setiap hari di rumah, tapi tidak terlalu care pada tumbuh kembang anaknya, misalnya ibu asyik menonton televisi sendiri, sementara anaknya dibiarkan bermain sendiri tanpa bimbingan darinya. Tidak akan sebanding dengan ibu yang bekerja namun memanfaatkan waktunya yang terbatas secara maksimal untuk mengikuti dan membimbing tumbuh kembang anaknya. Siapapun pasti ingin bisa menjadi orang tua yang baik. Dan untuk menjadi orang tua memang butuh belajar. Namun sayangnya, sekolah untuk menjadi orang tua belum ada. Bagaimana sebaiknya memanfaatkan waktu menjadi orang tua dengan efektif ? berikut tipsnya.

1.

Dekati anak, pahami karakternya

Orangtua yang baik berusaha memahami karakter anaknya. Ada anak yang sejak awal menunjukan karakter pemalu, periang. Introvert, extrovert atau penuh percaya diri. Sebaiknya perlakukan mereka sesuai dengan karakternya, dan jangan memaksakan anak untuk menjalani karakter lain. Atau memaksanya melakukan sesuatu yang dia belum merasa siap. Misalnya memaksa anak yang pemalu untuk maju ke panggung, sementara dia belum siap. Orang tua dan guru hanya bisa menyiapkan mentalnya, namun yang bertarung mempersiapkan mental itu adalah anak itu sendiri. Daripada µberkelahi¶ dengan anak di belakang panggung. Lebih baik beri dia waktu untuk mengelola perasaan. Di kesempatan lain, dia mungkin jadi lebih berani. Jika dipaksa, anak bisa terbebani dan stress. Waktu serta tenaga yang anda berikan pun terbuang percuma. Untuk memahami anak, anda tentu harus dekat dengan mereka. Dan menjadikan diri anda sebagai orang dekat hingga jadi tempat curhat juga perlu trik. Jika anak sedang bermasalah, berikan rasa empati dan perhatian. Tunjukan bahwa anda peduli dan ingin dia kembali ceria. Jika karakter anak anda tertutup jangan paksa dia untuk segera to the point menceritakan masalahnya. Anak malah semakin bungkam. Dekati sedikit demi sedikit, ajak dia ngobrol dari hati ke hati, dari situ anda bisa masuk ke pokok masalnya. Meski sibuk, jadilah pendengar yang aktif.

Jangan pura-pura mendengarkan padahal tidak dan masih bekerja. Alihkan konsentrasi ke dia atau minta untuk menunda pembicaraan sesaat lagi.

2.

POSITIVE PARENTING

Terapkan positive parenting yaitu menghargai setiap perilaku baik anak sebanyak-banyaknya dan usahakan untk menghukumnya sesedikit mungkin. Jika anak melakukan kesalahan, jangan langsung dimarahi. Tapi gali alasan dia melakukannya, serta ajak dia berpikir apakah itu baik atau tidak. Bersikaplah tenang, karena pada dasarnya setiap perilaku anak adalah proses menemukan jatidiri atau identitas dirinya. Dengan cara ini, anak mengerti dan anda bebas stress. Anak usia satu sampai dua tahun adalah usia yang segala perilakunya msaih bersifat eksplorasi. Maka berikanlah kesempatan itu, karena ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otaknya.

3.

LIBATKAN DAN AJAK DISKUSI

Ingin anak yang pemberani dan punya sifat memimpin ? libatkan dalam diskusi keluarga, dengarkan dan hargai pendapatnya. Lakukan itu sejak dia kecil, agar ingatan itu tertancap di memorinya. Diskusikan banyak hal dengannya mulai dari memilih makanan, baju, berwisata ke mana, sampai sekolahnya sendiri. Hal ini penting untuk membentuk rasa percaya dirinya. Dengan kebiasaan ini, anak juga akan terbiasa dengan penyelesaian masalah secara demokratis. Mulailah melibatkan mereka ke dalam tugas-tugas rumah tangga sehari-hari, tentunya dengan menyesuaikan dengan usianya mereka. Anak biasanya akan merasa senang, jika ia merasa dibutuhkan oleh orang lain dan berguna bagi orang lain.

4.

MANFAATKAN SETIAP KESEMPATAN

Jika anda adalah orangtua bekerja, maka pintar-pintarlah mempergunakan kesempatan terbatas untuk berkomunikasi dengan anak anda seefektif mungkin. Sambil bercanda, usahakan mendapatkan pembicaaan yang µberisi¶. Misalnya, ajaklah anak mengobrol dengan santai tentang berbagai hal ketika anda mengantar dia ke sekolah. Gunakan juga kesempatan untuk menanamkan nilai-nilai positif ketika anda menemani dia menonton televise. Mengajak diskusi selalu bisa diawali dengan pertanyaan-pertanyaan yang unik danmungkin bikin dia geli. Missal.´ Nak, kenapa ya manusia itu kadang-kadang sakit? Apa kuman itu juga bisa sakit ya ?´

5.

SEDIAKAN WAKTU KHUSUS

Meluangkan waktu khusus untuk berdua dengan anak merupakan hal yang penting untuk menumbuhkan ikatan batin antara anda dan anak. Manfaatkan kesempatan berdua untuk memahami dan mendekatkan diri dengan anak. Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut mulai dari saat membangunkan atau mengantarkannya tidur, bermain bersama, menonton televisi bersama, pergi bersama ke tempat-tempat menarik, dan banyak lagi. Usahakan setiap hari ada waktu khusus untuk setiap anak. Akan lebih baik jika waktu libur dimanfaatkan untuk bersama keluarga.

6.

TEGAKKAN DISIPLIN

Termasuk dalam bentuk verbal. Seperti µ mama sayang kamu¶. maka berhati-hatilah dalam bertingkah laku dan menjalankan kebiasaan. Berikan jika anak berulang-ulang melakukan kesalahan yang sama. Ini berpengaruh sangat besar kepada anak. karena apa yang kita ucapkan dan kita lakukan merupakan modal bagi anak kita dalam berperilaku dan berucap. 9. 7. Sehingga anak memiliki kedekatan emosi yang dalam terhadap orangtuanya anak juga memiliki perasaan yang halus. jadi apapun yang anda lakukan bisa menjadi modalnya dalam berprilaku di saat dewasa. cuci kaki. Berikan sanksi yang bersifat mendidik. sangat baik untuk membiasakan hidup mereka lebih teratur setelah dewasa. Terapkan mulai dari hal-hal yang kecil. Terapkan disiplin secara konsisten. tidak ada salahnya anda memberikan sanski. Dia belajar berprilaku melalui pengamatannya pada perilaku orang tuanya. KOMUNIKASI YANG EFEKTIF . Jika anak melalaikannya. Karena merasa diperhatikan dan disayang. UNGKAPKAN KASIH SAYANG Setiap orang tua pasti menyayangi anaknya. Ungkapan kasih sayang dengan ucapan sayang. gosok gigi. mendapatkan kasih sayang adalah hak setiap anak. begitu pula sebaliknya. merapikan tempat tidur setelah bangun pagi. malah bagus jika anda dan anak melakukannya sambil tertawa. Tak perlu sambil marah-marah. BERILAH CONTOH YANG BAIK Anak adalah peniru ulung. maka dia akan menjadi pribadi yang teratur setelah dewasa. misalnya menyuruhnya untuk mengerjakan tugas rumah dan perlu diingat. Jangan berikan sanksi di beberapa kelalaian pertamanya. Maka berperilakulah yang baik dan hindarkan kata-kata kotor. 8. Padahal. Anak usia emas (0-5 Tahun) memiliki daya ingat yang sangat kuat. Namun tak jarang orang tua menganggap hal itu tak penting.Jika anak sedari kecil dibiasakan untuk disiplin. lembut dan penuh kasih sayang terhadap sesama. Belaian pelukan dan ciuman dalam setiap kesempatan.

anak menjadi objek omelan. Karena marah. Kalau anda tak ingin mereka meniru. memarahi atau mengomeli anak dengan panjang lebar apalagi dengan teriak-teriak. . SAAT MARAH. Ketika anda memberikan perintah kepada anak.Komunikasikan denagn jelas dan lembut. luapan emosi atau bahakan sampai membuat kita tak menghiraukan dan memperhatikannya. jangan sekali-kali menjadikan anak sebagai pelampiasan kekesalan. Di depan mereka. Ambil napas panjang dan coba berpikir untuk mencari solusi terbaik bagi masalah anda. Berikan perintah yang spesifik dengan kalimat yang jelas untuk menghindari kebingungannya. Jika anda mengalami hal ini. Stop memberikan ceramah. control diri memang cenderung lebih rendah tapi jangan sekali-kali melampiaskannya kepada anak. Sempatkan waktu luang sejenak untuk berpikir dan introspeksi diri. Apalagi kalau pekerjaan dan kekalutan di kantor di bawa kerumah. ANAK JANGAN DIJADIKAN PELAMPIASAN Perilaku anak kadang membuat orangtua kesal dan jengkel. tetaplah bersikap seperti biasa. Jangan sekali-kali berbicara dengan keras dan kasar terhadap anak. Sebaliknya seringlah mengajak mereka berdiskusi. 10. Saat marah.

Satu hal yang penting : orang tua yang efektif juga butuh waktu untuk dirinya sendiri .

biskuit 3 buah. petualangan pesawat sendok di angkasa sebelum masuk mulut adek. Melihat nasi saja adek langsung geleng-geleng padahal lauknya sudah divariasi. # Sabar di sini maksudnya jangan sampai berbuat kasar karena akan memperparah keadaan.he. pear masih mau dimakan. alhamdulillah perutnya masih terisi satu buah alpukat besar dan beberapa buah pisang selain nasi beberapa sendok.umminya Kenzie nih termasuk pencinta obat-obatan tradisional dan herbal). seminggu ini adek benar-benar tidak tertarik dengan makanan sama sekali.2 tahun. eee sukses loh cerita ini ditemani dengan lagu-lagu nasyid yang ceria. Apalagi selama seminggu kemarin sewaktu liburan di rumah neneknya di Kediri. Eee. Eee«giliran sudah pulang di Madiun adek tiba-tiba jadi susah banget makan.. (maafkan ummi ya dek kalau ummi pernah berbuat kasar waktu menyuapi adek) . jambu biji. adek ikut-ikutan makan sambil gantian disuapin abi dan ummi. Kemarin ummi sempat telepon neneknya Kenzie di NGawi minta resep jamu untuk menambah nafsu makan(he. Dua hari adek susah makan ummi masih stress sambil rajin browsing ke internet tips agar adek mau makan.Beberapa hari ini adek Kenzie susah sekali makan. adek hobby banget makan. ingat loh adek adalah amanah dan ladang ibadah kita.. kata ibu anak nggak mau makan itu biasa dan biasanya terjadi dalam beberapa hari saja. tapi soal makan buah hmmm adek jagonya sejak dulu. sebagian lagi mengatakan sampai usia 4 tahun. alpukat. jangan khawatir karena setelah beberapa hari anaknya pasti kembali mau makan. anakku ini nrimoan banget dalam hal makan. Tapi. alhamdulillah nafsu makan adek sudah kembali lagi. Jika kita mulai tidak sabar dan emosi segera istigfar. pisang goreng 2 buah.alhamdulillah satu mangkok hampir habis. Anak juga bisa marah dan dalam masa pertumbuhannya ini anak akan sangat rawan. Alhamdulillah. banyak berdoa. amiin. sama seperti Abinya :D). alpukat habis satu buah. dan kreatif untuk mengatasi masalah ini. Hari jumatnya adek mulai mau makan nasi agak banyak lagi karena hari ini ummi bercerita dengan gaya yang baru. Ternyata masalah susah makan ini biasa terjadi pada usia 6 bulan . pisang. bertemu dengan adek bebek dan adek tupai(ini mainannya Kenzie) yang sedang asyik naik mobil yang dikendarai adek tukang. belum lagi kalau dibuatkan pisang campur susu. Hari pertama adek tidak mau makan. jadi yang sabar saja dan nggak boleh dipaksa-paksa harus tetap disayang dan diperlakukan dengan halus. bayangkan saja sehari makan nasi satu mangkok tiga kali . ternyata dihabiskan juga di perjalanan. adek masih mau makan buah. Biasanya satu mangkok nasi habis dilahap dengan lauk apapun(alhamdulillah. Jika anak dikasar nanti malah akan semakin memberontak dan akan tambah sulit untuk mengatasi masalah susah makannya. semoga begitu untuk hari-hari selanjutnya. ummi benar-benar stress. Sabtu ini. Waktu pulang ke Madiun juga susu di botol yang biasanya tidak mau minum. Akhirnya pada Rabu sore ummi menyuapi adek sambil mengarang cerita tentang perjalanan adek ke hutan untuk berburu. amiin. tapi abi tenang-tenang saja.. Tapi. Biasanya waktu makan abi dan ummi. Esok harinya cerita karangan ummi tidak bisa semanjur kemarin karena adek hanya mau makan beberapa sendok aja. dan berdzikir. mungkin besok dengan cara bercerita lagi adek mau makan. Orang tua memang harus ekstra sabar.

Bila usia anak sudah lebih dari setahun. Jika perlu bisa mencoba resep tradisional untuk mengatasi masalah susah makan sebagai berikut: hilangnya nafu makan dapat disebabkan cacingan atau hal lain seperti masuk angin. dan sedikit garam. Ada anak yang mau makan sambil bersepeda keliling lingkungan. bisa disiasati dengan memberinya makanan non nasi tinggi kalori yang berprotein tinggi dan kaya nutrisi. 2. keju yang dicampurkan dalam sayuran/roti. ³Khasiat temu hitam untuk mengeluarkan cacing. kemudian tempelkan daun tersebut di atas pusar anak. Semua bahan ditumbuk halus. 3. 5. dan tempe bosok untuk stamina atau kekuatan tubuhnya. Variasi menu makanan ternyata nggak harus terpenuhi dengan menu nasi dan lauk saja. Untuk menambah nafsu makan anak bisa juga dengan ramuan: 1 ruas jari temulawak. sedangkan daun pepaya untuk menambah nafsu makannya. 4. bisa saja ada kotoran dan debu yang menempel di makanan. bersihkan 1 lembar daun jarak pagar. snack buah yang ditambahkan susu/ yogurt( ex: pisang + susu). sebenarnya ummi agak tidak setuju dengan tips ini. seruas jari tempe bosok (tempe kemarin). misalnya dengan bercerita dan memutar lagu-lagu yang menyenangkan. Ini juga berlaku di lingkungan sekitar kami. yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak telon. Alasannya. Apalagi cuma urusan adek yang tidak mau makan. Ummi lebih suka menciptakan suasana menyenangkan di dalam rumah. ³Kun fa yakun´ jika Allah berkehendak maka tidak ada seorang pun yang bisa menghalanginya. Memvariasikan menu makanan dan bentuk makanan. setelah itu hangatkan sebentar di atas tutup panci. Coba mencari tahu kondisi anak apakah sedang sakit. tips mengatasinya bisa sebagai berikut: 1. Jika anak makan cemilan padat kalori(coklat. :) #Kreatif. kita kan tidak tahu udara di luar apakah bersih. 1 ruas jari temu hitam/temu ireng. buah alpukat dan mangga(buah tinggi kalori).#Banyak berdoa kepada Allah karena semuanya berjalan atas kehendak Allah. Beberapa orang menyarankan menyuapi anak sambil jalan-jalan atau keluar rumah. Membuat suasana yang menyenangkan. Mengatur cemilan dan waktu makan cemilan anak. gula merah. kita harus kreatif untuk mengatasi masalah ini. coba berikan ramuan 1 telapak tangan daun pepaya. Tapi. Minumkan pada anak 1-2 sendok makan sehari . lalu peras pakai kain dan masukkan ke mulut anak. air secukupnya. kemudian rebus dan saring. dll) terlalu banyak mendekati waktu makan maka saat waktu makan tiba ia akan kekenyangan dan susah makan nasi. Cara mengatasinya. Jika anak tidak mau makan nasi. Makanan ini bisa berupa: puding + susu. dan sedikit garam. permen. Jika anak sedang sakit dianjurkan makan jus buah atau bubur karena lebih mudah dicerna. Beri olesan minyak kelapa pada daun tersebut dan dipilin. Oleh karena itu cemilan yang sebaiknya disediakan adalah buah.

Satu hal saja yang harus selalu kita ingat bahwa merawat an . berdoa.Buat ibu-ibu yang mengalami masalah sama dengan Ummi jangan khawatir ya. dengan sabar. dan berusaha insyaAllah semua masalah akan terselesaikan.

dalam usia 2-3 bulan. koordinasi mata-tangan-kaki. keseimbangan tubuh. seluruh potensi kecerdasan yang dimiliki anak akan tumbuh dan berkembang. Untuk berjalan. merupakan gerakan refleks yang bertujuan untuk bertahan hidup. punggung. Staf Pengajar di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ ini. anak akan belajar berjalan. MPd. diperlukan kekuatan otot kaki. gerak refleks tangan dan kaki. Bayi akan mampu menggenggam benda-benda yang lebih kecil hingga akhirnya bisa menggenggam sendok atau pensil warna. Kemampuan ini merupakan awal dari perkembangan bergerak maju. juga dapat mengembangkan seluruh aspek kecerdasannya. dan berjalan. perkembangan kinestetik akan memperkuat kesadaran sensori yang dimulai pada sistem saraf dan berujung pada sendi dan otot. mengangkat kepala saat ditengkurapkan. respon yang ditunjukkan oleh anak merupakan gerakan otot-otot tubuh sebagai akibat dari adanya perintah dari sel saraf pusat. Stimulasi kinestetik atau gerak diberikan melalui rangsangan gerak tubuh yang kemudian akan direspon anak dengan gerakan tubuh pula. emosional. Gerakan kedua muncul saat bayi lahir. Bambang Sujiono. dan membuka jari saat telapak tangannya disentuh. gerak refleks seharusnya distimulasi agar kemampuan awal si kecil terbentuk. Ditambahkan ayah tiga anak ini. Stimulasi yang bertahap dan berjenjang akan memberikan manfaat dalam kemampuan dan keterampilan menggenggam pada bayi.Banyak bergerak. serta aspek mental. selain membuat anak aktif. Usia 0-1 tahun Di usia 3-4 bulan kandungan. Setelah merangkak. perut. Di sisi lain. Contohnya. bayi memiliki kemampuan menggenggam benda-benda yang berukuran besar. ³Gerakan seperti mengisap puting susu ibu. Dengan banyaknya aspek yang terlibat dalam proses berdiri dan . Kemampuan kinestetik lain yang mesti dimiliki bayi usia 3-6 bulan adalah merayap dan merangkak. Warna-warni akan menarik bayi untuk mengambil dengan berusaha bergerak maju. bila rangsangan kinestetik diberikan kepada anak dengan melibatkan gerakan tubuh. berdiri. janin sudah menunjukkan gerakan tubuh pertamanya. yaitu gerak refleks. sel-sel otaknya semakin banyak terstimulasi.. duduk. Ini berarti. yang semakin bertambah sejalan dengan pertambahan usia kehamilan. Hampir setiap respon gerakan melalui perintah otak. Kecuali gerak refleks tubuh yang merupakan gerakan spontan otot-otot tubuh tanpa adanya perintah dari otak. dan keberanian. Menurut Drs.´ tutur konsultan dan stimulator potensi kecerdasan anak ini. Itu sebabnya. Stimulasi ini sangat bermanfaat terutama dalam menumbuhkembangkan potensi kecerdasan anak. bila gerak refleks tangan distimulasi dengan baik. Orangtua bisa menempatkan bola warna-warni di depan bayi saat ia tengkurap. kemudian memberikan ragam stimulasi kinestetik mulai usia 0 hingga 6 tahun.

media. tingkat kesulitan. Agar kemampuan anak menangkap bola atau benda bertambah. menambah jarak lempar-tangkap. menggambar.berjalan. Ia mencontohkan beberapa hal seperti berjalan atau berlari zigzag. perlu diberikan pengembangan stimulasi dengan penambahan pada bentuk. dan lainnya. Anak akan lebih mudah belajar melempar daripada menangkap. Bila anak sudah mampu menangkap dan melempar. jumlah sel otak yang terstimulasi pun bertambah banyak. kecepatan reaksi. lemparannya lebih kencang. Untuk motorik kasar otot lengan. merupakan respon dari sel-sel otak. Kesemuanya. menendang bola dengan kaki kanan atau kiri ke berbagai arah. mendorong kursi. melukis. berguling. angka. melempar bola ke berbagai arah dengan bola sedang sampai kecil. dan keterampilan tangan lainnya. melambungkan balon. Contohnya. menangkap bola dengan diameter lebih kecil. seluruh kemampuan dan keterampilan kinestetiknya sudah terbentuk. serta arah lemparan semakin cepat. keterampilan coretan semakin baik. menangkap bola dari berbagai arah. Agar kemampuan dan keterampilan motorik halus serta kasar kian berkembang. melempar. dan sudah mampu menangkap dengan baik. yaitu mampu memantul-mantulkan bola beberapa kali. menangkap. berjalan dan berlari mundur untuk mengembangkan otak kanan. dan lain-lain. melempar bola ke sasaran seperti huruf. Keterampilan motorik halus dan kasar berguna untuk kemampuan menulis. melompat dengan dua kaki. menurut Bambang. anak mampu melempar bola ke berbagai arah. Usia 1-2 tahun Di usia setahun. atau gambar. dan lainnya. selain berjalan dan berlari cepat. koordinasi mata-tangan. Untuk itu. dan kelenturan. Anak juga bisa dilatih mengembangkan otot kaki. Teknik-teknik tersebut akan membantu menguatkan otot-otot lengan anak serta mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar. anak mencoba merambat dan berdiri sambil berpegangan benda-benda yang kuat. Usia 3-4 tahun Di usia ini. serta menaiki anak tangga (tentu dibantu orang dewasa). anak bisa diberikan stimulasi kinestetik. memanjat tali. tingkat kesulitannya bisa ditambah. menendang bola dengan kaki kanan dan kiri. keterampilan dan kemampuan anak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan anak usia 1-2 tahun. rajin-rajinlah orangtua bermain lempar-tangkap bola. Perbedaan yang nyata hanya pada kualitasnya. Kemampuan yang melibatkan motorik halus untuk koordinasi mata-tangan. Cara yang mudah adalah banyak bermain bersama anak seperti berlari. antara lain mampu melompat dengan dua kaki. Anak usia 3-4 tahun berlari lebih cepat ketimbang anak usia 1-2 tahun. mencoret-coret berbagai . Saat belajar berjalan. Kemampuan motorik kasar otot kaki anak. mengganti bola yang lebih besar dengan yang kecil. memanjat tali dengan tangan. Dengan cara ini pula kemampuan koordinasi mata dan tangan anak akan terlatih. misalnya menendang bola. melompat. bermain bulutangkis. melompat dengan dua kaki ke berbagai arah. visual-spasial.

seperti diungkapkan Bambang. serta menggerakkan kedua tangan dan kaki dengan memukul drum mainan. anak kelompok usia ini lebih menyukai permainan yang tidak banyak melibatkan motorik kasar. balok. serta mulai tertarik pada games di komputer maupun play station. Usia 5-6 tahun Pada usia 5-6 tahun. bongkar pasang mobil.bentuk geometri untuk mengembangkan otak kiri dan kanan. hampir seluruh gerak kinestetiknya dapat dilakukan dengan efisien dan efektif. @ Diana Yunita Sari . Mereka lebih menyukai permainan yang menggunakan kemampuan berpikir seperti bermain puzzle. Gerakannya pun sudah terkoordinasi dengan baik. Namun.

Ternyata cara saya cukup jitu. wah banyak lain deh.. Kata-kata makian terhadap anak . Eksplorasi emosi. dihabisin. mendidik anak memerlukan kesabaran ekstra. Biasanya sih dia pasti balas peluk.. dan eksplorasi keingintahuan. ikutan bibik mencuci baju. Jika tantrum datang. setelah dilapori wali kelasnya bahwa anaknya itu ketahuan mencuri uang temannya. terutama Neng Audin tergolong anak yang pintar dan kreatif. memang di usia batita dan atau dalam rentang usia 2 sampai 4 tahun. Nah itu baru satu solusi jika menghadapi tantrum. ³Kecil-kecil sudah jadi pencuri! Mau jadi apa kamu kalau besar nanti?´ Katanya sambil berkacak pinggang. kesal. setelah saya dekati saya minta peluk dan menciuminya.utri saya sudah berusia 2 tahun. dan sibuk kaki berlari-lari. Jadi Neng harus selalu dibuat sibuk. anak memulai masa eksplorasi. Dalam waktu dekat saya juga akan mencari sekolah lain agar setiap hari dalam seminggu dia bisa bersekolah. atau dia bosan dengan mainan yang ada. Bagaimana ia tidak jengkel. Si kecil pun diam sambil menatap wajah ibunya yang kecapekan. Baru saja hari ini saya menemukan satu artikel bagus mengenai cara menangani perilaku anak tersebut. teriak teriak. Dan di usia ini kadang tantrum nya datang. Setiap 2 kali dalam seminggu sekolah di playgroup Al-May. Biasanya marah atau tangisnya mereda. Sesaat setelah buka mata di pagi hari audin akan mencari kesibukan yang selalu bikin saya takjub. bila lantai yang baru saja dipel kini kotor lagi oleh tumpahan susu si kecil. sibuk telinganya mendengar music. seperti main air. saya pernah mengeluh pada papah Dony. nonton. bernyanyi. Pada banyak artikel yang saya baca. Tidak bikin anak capek? menurut saya tidak. Jika neng tantrum. menangis. ke warung. sibuk matanya untuk melihat. Sementara seorang ayah memarahi Latif.pokoknya menanganinya capek deh. main bola. bagus juga. terima kasih untuk penulis artikel ini ³Irawati Istadi: Mendidik dengan Cinta´ dan artikel ini saya kutip dari blog suryaningsih ** artikel Mendidik Dengan Cinta ³Dasar bandel! Dasar anak nakal! Sudah dibilangi kalau minta susu ya diminum.Nah sekolah setiap hari salah satu solusi untuk mengurangi tantrumnya dan menyalurkan kreatifitasnya. Wah Neng mulai bandel nih. Memang. «««.. Lalu saya dekati setelah sekitar satu menitan. atau jika belum maka akan mereda. mengajak jalan-jalan. sibuk otaknya untuk berfikir... mencoret dinding rumah. Nggak malah ditumpahkan ke lantai seperti itu! Susu itu mahal!´ Seorang ibu uring-uringan memarahi Fifi.. saya biarkan Neng marah-marah. Tantrum datang jika tidak ada kesibukan lain yang menarik hatinya. Sehingga tantrumnya tak pernah lama. Bagaimana jika kreatifitasnya mulai datang? kreatif dalam banyak pengertian orang disebut ³bandel´ atau ³nakal´.. Jika tantrum barang yang dimainkannya bisa dibanting atau susu yang diminumnya tumpah.dan sulit menanganinya. anaknya yang baru berusia 3 tahun. sibuk tangan memainkan alat. anaknya yang kelas satu SD. Solusi lain juga saya akan membeli banyak alat permainan baru agar Neng semakin sibuk menggunakan inderanya. Yang saya lakukan biasanya meninggalkannya sendirian. Ada kalanya orang tua kehilangan kontrol saat kondisi fisiknya lelah atau emosinya tidak stabil. Neng jadi paham pasti mamanya menjauh sebentar.

Bisa dengan mimik wajah yang penuh emosi. orang tua harus menegur µperilaku¶ tersebut. Agar anak tahu bahwa orang tuanya tidak menyukai perilakunya. bukan pelakunya. sementara pelakunya tetaplah anak baik. bengal. tak tahu aturan. sekalipun perilakunya buruk. . yang notabene menyalahi keyakinannya sebagai anak nakal dan bengal tersebut. tanpa mencela pelakunya. Anak tetap anak. Padahal. akan sangat fatal akibatnya jika dalam masa perkembangan anak diberi contoh untuk menilai dirinya dengan sebutan dan panggilan yang buruk. dan sebagainya. maka akan terbentuk keyakinan dalam diri anak bahwa memang seperti itulah sebenarnya taraf kepribadiannya. Setiap anak akan menilai dan memandang seperti apa keadaan dirinya sendiri sesuai dengan cara pandang orang tuanya terhadap diri si anak. Sungguh ini sebuah perbaikan yang sulit untuk dilakukan. bodoh. Ia harus mengerti betul bahwa orang tuanya marah. Tegur Perilakunya Ketika seorang anak berbuat kesalahan. nakal. Jika patut dibenci. Mencerca Pribadi Hancurkan Harga Diri Dalam masa perkembangannya semenjak lahir. Apabila pribadinya sering dicerca dengan julukan-julukan burukseperti anak nakal. bisa pula dengan kata-kata yang keras. pemalas. seringkali meluncur tanpa dapat ditahan. setiap anak belajar menilai segala sesuatu. bahwa setiap orang membentuk kepribadian sesuai dengan cara pandangnya terhadap dirinya sendiri. maka perilakunya yang harus dikutuk. kecewa dan membenci perilaku yang baru saja dilakukannya. Sampai tahap ini perilaku anak bisa jadi sangat membuat orang dewasa terheran-heran. badung. toh ayah ibu menyebutnya µanak nakal¶. sebab ia sudah tak mempan lagi diberi nasihat dan motivasi untuk mau berbuat baik. bukan marah dan membencinya. Sang anak sebagai pelaku tetap berhak untuk dicintai.seperti bandel. disayangi. Anak harus mengerti letak kesalahannya. dan dihargai. maka sebaiknya orang tua menunjukkan perasaan kecewa. Yang buruk adalah perilakunya. Perkembangan buruk seperti ini bila diteruskan akan sampai pada tahap di mana anak akan selalu berusaha berperilaku sesuai anggapan terhadap kepribadiannya tersebut. makian atau celaan seperti itu akan sangat menjatuhkan harga diri anak dan berakibat buruk bagi perkembangannya. Begitu juga yang terjadi pada persoalan penilaian diri. marah dan ketidaksukaannya dengan sejelas-jelasnya. kecuali jika perbaikan dimulai dengan mengubah cara pandangnya yang keliru dalam menghargai pribadinya sendiri. dan sejenisnya. Selanjutnya ia akan merasa wajar jika berbuat nakal. Begitulah kenyataannya. Jika Anak Salah. pencuri. Itu sebabnya. sehingga ia akan merasa tak pantas jika berbuat baik.

karena menangkap kesan anak tidak mendengar nasihat yang dikatakan orang tua. Kebenaran kedua ini adalah bahwa diri anak-anak sebagai µpelaku¶ sebenarnya tetap baik.Tingkah anak itu membuat orang tua jengkel dan merangsangnya untuk semakin memperpanjang dan mengulang-ulang nasihat. sudah ibu bilangi berkali-kali kalau menumpahkan susu itu jelek! Itu perbuatan mubadzir! Susu itu harganya mahal!´ Sedangkan untuk kasus Latif. Cukup Sekali Saja Teguran orang tua cukup dinyatakan sekali saja. akan tercipta suasana yang tidak menyenangkan bagi anak. Bagian kedua ini harus diucapkan orang tua dengan ekspresi wajah penuh kasih sayang dan kelembutan. Sekali lagi. agar anak bisa langsung merasakan bahwa bagaimanapun buruknya perilaku mereka. seakan telah usai menyelesaikan tugas berat berupa pengungkapan rasa kecewa atas perilaku anak yang buruk. Selanjutnya. Anak-anak itu berbuat seenaknya. sikap orang tua sebenarnya cukup dinyatakan sekali. bilang sama ayah. Hargai Pelakunya Bagian berikutnya adalah saatnya menggunakan kebenaran lain selain kebenaran pertama yang telah dikatakan terlebih dahulu. ³Latif. karena mereka pada dasarnya adalah anak-anak yang salih. cukup sekali saja.Kembali pada kedua contoh kasus di awal tulisan ini. dan anak merasa digurui. Banyak orang tua yang merasa perlu memberi nasihat panjang lebar terhadap kesalahan anaknya. ditunjang ekspresi wajah tak lebih dari satu menit. ³Fifi. Bila perlu dengan memeluk dan mencium. tak mendengar omelan orang tua. Inilah bagian awal dari metode disiplin yang disebut teguran satu menit. ternyata orang tua tetap mencintainya. jangan mencuri milik orang lain!´ Kedua contoh tersebut sudah dapat menggambarkan dengan jelas apa yang dirasakan oleh ayah dan ibu. kamu kan tahu mencuri itu perbuatan buruk? Dosa! Kenapa kamu melakukannya? Kalau butuh uang. Tujuannya agar anak mengerti perasaan orang tua tentang perilaku anak yang buruk itu. Manfaatkan waktu ini untuk menarik nafas panjang. Bila pernyataan ini diulang-ulang justru akan menimbulkan kebosanan. Pada saat ini sebaiknya orang tua diam sejenak agar suasana yang tidak enak ini benar-benar dirasakan anak. bahwa orang tua tetap mencintai sepenuh hati. anak sudah bisa memahami perasaan orang tuanya. untuk Fifi yang menumpahkan susunya. Di sisi lain diharapkan dalam diri anak sendiri akan timbul perasaan yang tidak enak menghadapi kemarahan orang tuanya. Cara mendisiplinkan anak seperti itu tidak efisien. Selanjutnya. semata-mata untuk melampiaskan kejengkelannya. Pernyataan ini pun tidak perlu diulang. akan lebih baik bila ibu marah dengan menegur perilakunya. akan lebih baik bila ayah tidak menyebutnya sebagai pencuri. .

Misalnya. Memang dalam praktiknya metode ini agak sulit dilakukan. Tetapi setelah itu menyatakan bahwa diri pribadi anak selalu tetap baik dan dicintai orang tua. Yang pasti. Peristiwa itu akan masuk ke alam memorinya. Hal ini bisa terjadi karena keberanian orang tua menunjukkan perasaan terhadap anak tanpa mencerca. Satu hal penting yang tak boleh dilupakan orang tua adalah semakin anak menyenangi dirinya sendiri. Banyak yang tak mengenal anaknya sendiri karena kemacetan komunikasi.´ Kelebihan Metode Ini Metode teguran satu menit mempunyai banyak kelebihan. Dalam setengah menit pertama menyalahkan habis-habisan perilaku anak yang buruk. dan mana perilaku buruk yang membuat orang tuanya kecewa dan marah. untuk kasus Fifi. ³Fifi kan anak salihah. Mereka sangat menikmati belai kasih orang tua dalam selang waktu yang singkat ini. akrab dan harmonis. melatih disiplin anak-anak untuk bisa meninggalkan perilaku yang buruk. dalam setengah menit kedua. Banyak orang tua mengeluh karena tak bisa memahami jalan pikiran anaknya. Selanjutnya. Komunikasi pun menjadi lancar. Lain kali jangan menumpahkan susu lagi ya sayang«´ Demikian juga untuk kasus Latif. mereka menjadi senang dan bagga terhadap dirinya sendiri yang baik seperti kata orang tuanya. Anak tak pernah mau menyampaikan permasalahan yang ia hadapi kepada orang tua. tentu metode ini layak untuk dibiasakan. Dalam setengah menit yang pertama. Setelah ayah menunjukkan kemarahannya. alangkah bijaksananya bila kemudian ia memeluk anaknya itu seraya berkata. Pertama. maka sebaiknya ibu membelai kepalanya sambil berkata. metode ini bisa digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. setelah ibu marah dan menegur perilakunya yang buruk. ³Latif kan anak yang salih«Masa¶ anak salih mencuri. (Oel) . Keuntungan kedua. anak segera dapat menemukan kembali citra dirinya yang positif sebagai anak yang baik. Lain kali jangan diulangi lagi ya«. sedikit demi sedikit mulai berkembang iklim keterbukaan antara orang tua dengan anak. anak pintar. walaupun sulit. karena orang tua seolah-olah harus µbersandiwara¶. nanti jadi temannya setan. Dengan bantuan metode ini. anak mengerti bahwa tindakannya yang buruk telah membuat orang tuanya kecewa dan marah. semakin besar kemauannya untuk berperilaku lebih baik. Buahnya. selanjutnya memorinya mencatat mana perilaku baik yang disenangi orang tua. tetapi demi perkembangan jiwa anak. Setelah marah-marah harus mengungkapkan rasa sayang.

aku tetap usahakan membacakan buat mereka [Stl] . Bacakan dengan ekspresi 5. ini ada beberapa tips untuk meningkatkan minat baca anak: 1. Lakukan dengan kegiatan mendongeng. Di sekolah ada yang namanya Reading Campaign. tapi juga buku-buku bahasa indonesia akan diperbanyak. Dan bukan hanya buku-buku bahasa inggris yang 'disarankan' untuk dibaca. Bagus sekali. Lakukan dengan gembira [An] Memang agak susah meningkatkan minat baca pada anak kalau orangtua tidak mulai dari diri sendiri. semua jadi berlomba membaca utk mendapatkan sebuah "stamp". Terbukti cara ini efektif sekali memancing minat baca anak-anak. Di akhir semester nanti ada pengumuman 10 anak pembaca buku terbanyak dan mereka akan dapat hadiah.. today i got another another stamps. Aku juga jadi terpacu juga. Mulai dengan orangtua membaca 11. setiap hari pulang dengan laporan : ma. biar anakku sudah bisa membacakan buat adiknya. 6. Ajak anak ke tempat yang ada di buku 4. biar mata sudah rapat. stamps now. bakal dapat "stamp" di bagian belakang buku harian anak yang memang disediakan untuk catatan buku yang sudah dibaca.. di kelas anakku malah ada hadiah tambahan yaitu berupa drink voucher kalau bisa mengumpulkan 20 stamps. so I have . Hargai buku. Bacakan buku untuk anak setiap hari (jadikan kebiasaan). "You may have tangible wealth untold : Cackets of jewels and coffers of gold Richer than I you can never be . Libatkan seluruh anggota keluarga 9. tambah rajin membacakan cerita buat anak-anak tiap malam. Bagi yang bisa menjawab atau menceritakan dengan baik.Strickland Gillilan ± [DN] Karena suksesnya program ini. Biar masih ada kerjaan. Padahal drink voucher itu murah sekali. Anak-anak punya kesempatan 23X seminggu untuk pinjam buku dari library. Ajak anak bereksperimen 10. tapi yang penting buat anak-anak adalah penghargaan terhadap usaha mereka. DN. Perkenalkan anak pada bacaan-bacaan yg ada di sekitar kita 7. ataupun menjawab pertanyaan dari guru seputar isi buku yang dibaca. Beri kesempatan mengarang 8. tahun ini program akan secara berkesinambungan dilakukan sepanjang tahun. Usahakan buku mudah dilihat dan dijangkau oleh anak 3. Tapi kebetulan ada satu cara menarik yang dipakai di sekolah untuk meningkatkan minat baca anak. kalau tahun yang lalu hanya diadakan sekali..Ibu. 2.I had a Mother who read to me . Semangat sekali dia. kata anakku. biasanya sehari/dua hari setelah itu anak-anak akan ditanya isi buku yang mereka pinjam. berikan sebagai hadiah 12. Bentuknya bisa mereka yang diminta untuk mengulang cerita tersebut di depan kelas.

dan lain-lain.Wah. tapi susah sekali kalau mau jual buku. Kalau aku lagi repot. atau takut disobek. yang laku selalu mainan. Aku sendiri kan punya toko buku dan mainan anak di rumah. Kalau ditawari buku biasanya mamanya selalu bilang belum bisa baca. Pokoknya susah sekali kalau memasarkan buku. Padahal pengalamanku sendiri. di Jakarta rasanya sekolahnya bagus ya? Sekolah di Surabaya sepertinya belum terlalu menekankan pada minat baca anak. biasanya anakku aku kasih buku. biar belum bisa baca tapi dia suka lihat gambarnya. dan itu sudah cukup untuk membuat dia sibuk [Crln] . buku bisa membuat anak lebih tenang. Di Surabaya juga jarang ada pameran buku anak atau semacamnya. tidak rewel. Paling-paling yang laku buku mewarna atau komik.

Sebetulnya. Ingat. Apa yang Boleh? . mengajar membaca pada anak balita itu mudah dan sederhana. serta menyepelekannya. Mudah dan sederhana. bukan huruf. Glen Doman mengatakan bahwa pada dasarnya kemampuan anak khususnya balita sangat luar biasa. Sementara. Bahkan. karena banyak bukti sudah kita lihat dalam kehidupan sehari-hari mereka bisa menghafal iklan. kata Doman. Ada hal-hal perlu dilakukan dan penting dilakoni.Bergembiralah dan buat suasana hati anak senang dan nyaman menerima "pelajaran" dari Anda . sehingga akhirnya waktu terlewat dan semua sudah terlambat.Jangan membuat anak menjadi bosan dengan maju terlalu cepat. . dan menyerap kata-kata yang kita ucapkan. Hanya saja. otak anak yang separuhnya sudah dilakukan pembedahan Hemispherectomy (membuang separuh fisik otaknya) bisa punya kemampuan sama dengan anak yang otaknya utuh dan normal. sehingga Anda lebih baik menunda jika suasana tidak mendukung.Selalu ciptakan cara baru.Jangan memaksa anak. Metode Glen Doman (Tahap I) Sebaiknya tunda dulu mengajarkan anak Anda tentang huruf.Kita harus percaya bahwa anak-anak memiliki kemampuan belajar yang tidak tertandingi. mengajar anak akan lebih mudah pada hal-hal yang kongkrit. dalam metode Doman.Jangan dulu mengajarinya abjad. bagaimanapun jeleknya cara Anda mengajar. serta terlalu sering memberi tes . baik pada Anda maupun si anak . sedangkan huruf adalah abstrak. bukan hal-hal abstrak yang membuatnya berpikir terlalu dalam atas apapun yang Anda ajarkan. Bentuk kata adalah kongkrit. hampir bisa dipastikan bahwa ia akan belajar lebih banyak daripada tidak diajarkan sama sekali. karena unsur terkecil dari sebuah bahasa adalah kata. saking mudah dan sederhana itulah kita justeru seringkali mengabaikan.Jangan tegang. apapun bentuknya . namun bukan berarti bisa "seenaknya". Dalam bukunya 'How to Teach Your Baby to Read'. namun ajari ia kata-kata Yang Harus? . nyeletuk ketika kita berbicara dengan orang lain. yang tentu agar tujuan mengajari membaca pada anak-anak tercapai dengan hasil memuaskan. menunda. maju terlalu lambat.K DKI .

jambu. Buat 15 kata dibagi dalam 3 set kategori berbentuk kartu dari karton dan spidol. Tanda ini juga bisa dijadikan patokan sudah berapa kali kata ini kita bacakan. tante. kuda) 3. Contoh. sehingga tidak salah Anda menandai tiap kata yang sudah Anda bacakan dengan pensil. angsa. Peluk anak Anda dan puji dia dengan menunjukkan Anda bangga atas apa yang dilakukannya 4. dan nama hewan di Set C (ayam. Setelah sebanyak itu. Simak langkahnya berikut ini. Hari ketiga Set A = 3x. nama buah di Set B (apel. kakek. -ingat. jeruk. durian). Hari kedua lakukan Set A = 3x. ibu. Di hari pertama pelajaran. pisang.25 kali.Salah satu cara mudah dan sederhana mengajarkan anak membaca melalui pengenalan kata adalah dengan menggunakan Metode Glen Doman. Caranya. kata harus diganti. stop pelajaran ini. itik. ambil kartu dari belakang dan lakukan seperti yang pertama -perhatikan wajah anak ketika menyebutkan kata. Set B = 3x. ikan. Set Kategori B dan Set Kategori C yang berbeda 2. lakukan untuk Set A sebanyak tiga kali (3x) 5. nenek). sebutkan (bacakan) dan ajak anak menirukannya. Hari keempat sampai dengan keenam sama seperti hari ketiga -setiap kata dibaca maksimal antara 15 . Set B = 3x 6. setelah hari keenam ambil 1 kata dari setiap Set dan gantilah dengan sebuah kata baru -setiap satu Set yang Anda bacakan selesai lansung diacak. . hal ini supaya anak tidak bisa menebak urutan kata -jangan pernah mengulang kata yang sudah Anda bacakan. 1. Masingmasing terdiri Set Kategori A. Ambil satu kartu yang paling depan/tumpukan karton pertama di Set A. tak perlu jelaskan artinya tentang apa yang dibaca oleh si anak -tak lebih dari satu detik. gunakan tema nama-nama dalam anggota keluarga di Set A (ayah. amati kata yang disukainya dan yang tidak -jangan minta anak mengulang kata-kata yang kita bacakan tadi -setelah membaca lima kata. dan Set C = 3x 7.

salah satunya penggunaan kartu anak yang berbentuk kids flashcards Yaitu penggunaan kartu dengan berbagai macam tulisan Kartu belajar membuat anak lebih peka dalam melihat. kids flashcards menggunakan bahan yang aman dan gambar yang besar sehingga memudahkan anak dalam menyerap materi. 2. Sikap dan pendekatan orang tua: syarat terpenting adalah. tulisannya harus rapi dan jelas. bahwa diantara oran tua dan anak harus ada pendekatan yang menyengakan. Belajar adalah: 1. Ukuran huruf. Suatu kehormatan. Dua faktor yang sangat penting dalam mengajar anak: 1.serta setiap huruf berjarak kira-kira 1. bukan bersusah payah 4. panjang 60 cm 2. tinggi 12. dan metode bermain yang cerdas baby education dengan menggunakan baby flashcards semakin efektif dan tidak membuat balita jenuh.5 cm dan lebar 10 cm. Bersenang-senang. Ukuran karton : tinggi 15 cm. banyak faktor pendukung untuk mengajar balita mambaca. Berikut tips menggunakan education card untuk anak anak. Permainan yang paling menggairahkan. Hentikan permainan ini sebelum anak itu sendiri ingin menghentikannya. Jika anak anda sudah mempelajari 15 kata ini. Hadiah bukan hukuman 2. bukan bekerja 3. model hurufnya sederhana dan konsisten Tahap pertama: (perbedaan penglihatan) Mengajarkan anak anda membaca dimulai menggunakan hanya lima belas kata saja. dia sudah siap untuk melangkah ke perbendaharaan kata-kata lain: 1.alita cerdas merupakan dambaan orang tua. bukan kehinaan Hal penting kedua adalah membatasi waktu untuk melakukan permainan ini sehingga betul.25 cm . Bentuk kartu ini juga mendukung baby education yang bisa di betuk dari usia balita. Baby flashcards yang unik bisa buat balita semakin tertarik dalam belajar. sehingga anak anak menggangap penggunaan education card ini bukan belajar tetapi bermain. dan penggunaan kartu anak berbentuk kartu belajar merangsang pengelihata anak. kata-kata yang dipakai ditulis dengan spidol besar c. karena belajar membaca merupakan permainan baby card yang bagus sekali. bahan-bahan dibua tdari kertas putih yang agak kaku (karton poster) b. Bahan yang sesuai: a.betul singkat. dengan penggunaan baby card yang tepat.

3. atau sesuatu yang dianggap penting untuk siketahui oleh sang anak. Setelah kata ke-5. Jangan sampai ia dapat menjangkaunnya 3. makanan kesukaan. Jangan jelaskan apa-apa 5. Gunakan tempat bagian rumah yang paling sedikit terdapat benda-benda yang dapat mengalihakan perhatian. peluk. Misalnaya jangan ada radio yang dibunyikan. Jangan anak suruh mengulang apa yang anda ucapkan 8. Ulangi 3 kali dengan jarak paling sedikit 1 jam tips anak cepat membaca : http://balitakita. Gunakan huruf kecil (bukan huruf kapital) 5. Ke-15 kata-kata pertama harus terdiri dari kata-kat yang paling dikenal dan paling dekat dengan lingkungannya yaitu nama-nama anggota keluarga. cium denga hangat dan tunjukkan kasih sayang dengan cara yang menyolok 9. Tunjukkan 4 education flashcards lainnya dengan cara yang sama 7. Huruf berwarna merah 4.com/tag/mengajar-balita-membaca/ . Biarkan dia melihatnya tidak lebih dari 1 detik 6. baik pendengarannya maupun penglihatannya. misal IBU (UMMI/MAMA/BUNDA). Buatlah hanya 15 kata. BAPAK (ABI/PAPA/AYAH) 6. 1. binatang peliharaan. Tunjukkan education flashcards bertuliskan IBU/AYAH atau yang lainnya 2. Katakan dengan jelas ini bacaannya IBU/AYAH 4.

Hindari session khusus untuk belajar. Misalnya kata BOLA yang selalu saya eja dengan: Be-O. La = BOLA. 3. Tidak ada kemajuan yang berarti. BO. Jangan kecil hati jika si anak masih sering salah tunjuk atau keliatan ngawur. Namanya juga proses belajar. Sisipkan di dalam nasi yang akan dimakan anak Anda. kan? Sebaliknya jika si anak mampu menunjuk huruf yang kita minta secara tepat. DI = BUDI.5 tahun Kayla mampu menghafal seluruh abjad dengan baik dan benar. * Beli satu kantung Nugget berbentuk alphabet. Ajaklah anak Anda bermain Peta Harta Karun. maka yang saya lakukan selanjutnya adalah mengajarinya untuk merangkai huruf-huruf tersebut. eL A. . De-i. Kemudian minta anak Anda untuk mencari huruf tertentu yang telah Anda sebutkan. Tapi kesalahan fatal yang saya lakukan adalah saya mengajari Kayla dengan metode urdu. Kami menerapkan prinsip: let if flow. Sehingga kata BOLA dieja menjadi BO-LA dan BUDI menjadi BU-DI. Atau BUDI menjadi Be-U. BU. Karena cara yang paling efektif untuk mengajari anak (dalam berbagai hal) adalah dengan bermain. Dan ternyata metode pengajaran secara urdu tersebut terbukti kurang efektif karena dalam kurun waktu 1 bulan kemampuan membaca Kayla masih tersendat-sendat. Sesuai dengan apa yang pernah saya pelajari ketika masih SD dulu: huruf per huruf dirangkai terlebih dahulu untuk kemudian disambung menjadi suku kata dan akhirnya menjadi sebuah kata yang utuh. beri dia reward berupa pelukan atau ciuman. Salahnya dimana?! Sampai kemudian akhirnya aku berusaha untuk merubah metode merangkai huruf tersebut menjadi merangkai suku kata. Mulai dengan pengenalan abjad Perkenalkan ke-26 abjad kepada anak dengan cara kreatif. Karena ketika kita sebagai orangtua terbebani dengan ambisi-ambisi tertentu dalam mendidik anak. Tips. sebenernya. Ini penting sebagai dasar pengajaran. maka hasil yang keluar adalah rasa frustasi saat si anak tidak menunjukkan hasil yang diharapkan. Termasuk diantaranya saat mengajari membaca. Cara bermain: Goreng nugget sampai matang. 2.Tidak ambisius Terus terang. Sempet heran juga sih. pada dasarnya kami berdua (saya dan m¶Agus) bukan tipe orangtua ambisius yang ngotot menjejali anaknya dengan berbagai macam ini itu hanya demi supaya si anak tampak menonjol. Merangkai huruf Setelah pada usia 1.

Sehingga meskipun tas tangan yang ditenteng sang Ibu berharga jutaan. Kesimpulan: selalu sediakan bahan bacaan bagi anak Anda. 4. . 5. seperti halnya orang tua mereka.Ajaib! Dalam waktu 1 minggu sesudahnya. misalnya? Karena ada juga fenomena orangtua yang mempunyai dana tidak terbatas tapi merasa sayang membelanjakan uangnya untuk membelikan buku bagi anaknya. entah bagaimana caranya. Lantas bagaimana dengan Anda yang dananya tidak tak terbatas? Jangan khawatir. meminjam dari teman/saudara. Sediakan buku yang cukup Jika dana Anda tidak terbatas. seminggu sekali. membeli buku-buku bekas dengan harga yang lebih miring. tiba-tiba Kayla sudah mampu dilepas membaca sendiri secara lancar. Sehingga anak Anda akan tergerak untuk menyukai buku. Jadilah contoh yang baik Tunjukkan kepada anak Anda bahwa kegiatan yang paling sering Anda lakukan untuk mengisi waktu luang adalah membaca. etc. tapi untuk buku seharga (cuma) 20-40rb dianggap mahal sekali. Karena Anda masih bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan swasta/pemerintah. mengapa tidak menggunakannya untuk memanjakan anak Anda dengan membelikan buku-buku bermutu untuknya secara rutin.