P. 1
5 MACAM BENCANA ALAM YANG ADA DI DUNIA

5 MACAM BENCANA ALAM YANG ADA DI DUNIA

|Views: 18,797|Likes:
Published by pramudy4

More info:

Published by: pramudy4 on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

5 MACAM BENCANA ALAM YANG ADA DI DUNIA

Di Susun Oleh : Nama No Absen Kelas Sekolah : Dimas Okta Nugraha : 10 : VII E : SMP Negeri 2 Arjasa

Beberapa gempa bumi (jarang namun) juga terjadi karena menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam. Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Sebagian lagi (jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari/ke dalam bumi (contoh. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan.GEMPA BUMI Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Penyebab terjadinya gempa bumi Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km. pada beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi dan di Rocky Mountain Arsenal. Gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi . Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. selalu bergerak. seperti Dam Karibia di Zambia. dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi. Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Bumi kita walaupun padat. Terakhir. Hal ini dapat membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. Afrika. Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional.

Dengan demikian. atau atau hantaman meteor di laut.TSUNAMI Tsunami (bahasa Jepang: . Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut. tsu = pelabuhan. dan air bersih. secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Di laut dalam. Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam. tumbuh-tumbuhan. tanah. Bangunan. laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam. dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan. Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. longsor bawah laut. Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami. nami = gelombang. letusan gunung berapi bawah laut. Ketika mendekati pantai. pencemaran air asin lahan pertanian. .

Suhu lava yang dikeluarkan bisa mencapai 700-1.000 °C. yakni diperkirakan lebih dari 1. Magma adalah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu yang sangat tinggi. . sedangkan lavanya bisa membanjiri sampai sejauh radius 90 km.GUNUNG MELETUS Gunung meletus merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.200 °C. Cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava. Letusan gunung berapi yang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai sejauh radius 18 km atau lebih.

Banyak hal yang berbeda dapat memengaruhi gerakan. udara yang hangat dan basah dari Samudera Pasifik mendingin saat didorong ke atas oleh pegunungan. . dan suhu massa udara.BADAI SALJU Badai salju terjadi saat udara yang hangat dan basah bertemu dengan udara yang dingin. isi uap. Massa udara yang hangat dan basah dan massa udara yang dingin tersebut dapat mencapai diameter 1000 km atau lebih. Di Amerika Serikat Barat Laut. Badai salju yang memengaruhi Amerika Serikat Timur Laut sering mendapatkan uap air dari udara yang berpindah ke utara dari Teluk Meksiko dan udara yang dingin dari massa udara yang datang dari Arktik. Semua perbedaan tersebut memengaruhi jenis dan keparahan badai salju.

KEBAKARAN HUTAN Kebakaran liar. kebakaran rumput. dan pembakaran. atau kebakaran semak. tetapi dapat juga memusnahkan rumah-rumah atau sumber daya pertanian. atau juga kebakaran hutan. sebuah bahan seperti-napalm yang digunakan di Eropa Pertengahan sebagai senjata maritim . adalah sebuah kebakaran yang terjadi di alam liar. kecerobohan manusia.Kebakaran hutan dalam bahasa Inggris berarti "api liar" yang berasal dari sebuah sinonim dari Api Yunani. Musim kemarau dan pencegahan kebakaran hutan kecil adalah penyebab utama kebakaran hutan besar. Penyebab umum termasuk petir. kebakaran vegetasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->