P. 1
Belajar Instrumentasi - Sensor Tegangan

Belajar Instrumentasi - Sensor Tegangan

|Views: 538|Likes:
Published by Andrew Yulianto

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Andrew Yulianto on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/05/2013

pdf

text

original

4/1/2011

SENSOR TEGANGAN

Kelompok 1 : Andrew Yulianto / 6071007 Garry Hadinata / 6091803
TEKNIK ELEKTRO UBAYA

4/1/2011

DEFINISI

Voltmeter adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur tegangan / beda potensial listrik. Perlu diingat bahwa dalam pemasangan voltmeter untuk mengukur beda potensial suatu komponen, maka voltmeter harus dipasang secara paralel .

TEKNIK ELEKTRO UBAYA

4/1/2011

VOLTMETER ANALOG

Voltmeter analog dapat dibuat dari sebuah galvanometer (G). Caranya adalah dengan merangkai galvanometer tersebut secara seri dengan sebuah resistor (R) seperti tampak pada gambar dibawah ini :

TEKNIK ELEKTRO UBAYA

4/1/2011

GALVANOMETER

Adalah alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur kuat arus dan beda potensial listrik yang relatif kecil. Galvanometer tidak dapat digunakan untuk mengukur kuat arus maupun beda potensial listrik yang relatif besar, karena komponenkomponen internalnya yang tidak mendukung. Galvanometer (tanpa hambatan depan) dapat mengukur beda potensial / tegangan yang sangat rendah maksimal 1 volt, sehingga tidak dapat mengukur tegangan yang lebih besar dari 1 volt.

TEKNIK ELEKTRO UBAYA

4/1/2011

CARA KERJA GALVANOMETER

Pada galvanometer, kumparan dipasang pada dua poros, yaitu poros atas dan bawah. Poros ini masing-masing dilengkapi dengan pegas spiral. Pegas berfungsi untuk mengendalikan putaran jarum penunjuk agar berputar sebanding dengan kuat arus yang mengalir pada kumparan. Pada saat kumparan tidak dialiri arus listrik, pegas mengatur letak jarum hingga menunjuk angka nol. Hal itu terjadi saat bidang kumparan sejajar dengan arah medan magnet.
TEKNIK ELEKTRO UBAYA

4/1/2011

Jika arus listrik dialirkan, kopel gaya Lorentz pada kumparan memutar kumparan ke arah tegak lurus medan, tetapi putaran ini ditahan oleh pegas sehingga sudut putaran jarum sebanding dengan kuat arus. Semakin besar arus listrik semakin besar pula simpangannya. Bila arus tidak ada, jarum akan berada pada posisi semula karena pegas juga kembali pada posisi semula tanpa regangan.

TEKNIK ELEKTRO UBAYA

4/1/2011

FUNGSI HAMBATAN DEPAN (RX)

Pemasangan hambatan depan (Rx) pada galvanometer ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan batas ukur galvanometer agar dapat digunakan untuk mengukur beda potensial / tegangan yang lebih besar dari batas ukur maksimal galvanometer

TEKNIK ELEKTRO UBAYA

4/1/2011

CONTOH

Diketahui batas maksimum dari galvanometer sebesar 1V dan hambatan dalam dari galvanometer sebesar 10 ohm. Sedangkan diinginkan galvanometer tersebut dapat menunjukkan tegangan maksimal sebesar 20V. Supaya jarum galvanometer menunjuk angka maksimum, dibutuhkan hambatan sebesar: 20-1=19V Igalvano = 1/10A R yang dibutuhkan = 15/0,1= 150ohm. jadi apabila diinginkan mengukur 10V,maka: 10= (angka yang ditunjuk/10)*20 angka yang ditunjuk = 5

TEKNIK ELEKTRO UBAYA

4/1/2011

DIGITAL VOLTMETER

Merupakan sebuah instrumen yang dapat mengukur tegangan DC atau AC dalam bentuk angka diskrit. Voltmeter digital terbuat dari rangkaian – rangkaian yang menggunakan IC tertentu seperti ICL7107 / ICL7106 atau juga bisa menggunakan IC controller dengan memanfaatkan ADC (Analog to Digital Converter).

TEKNIK ELEKT

4/1/2011

DIGITAL VOLTMETER (1)

TEKNIK ELEKTRO UBAYA

4/1/2011

DIGITAL VOLTMETER (2)

Tegangan yang sampai ke ADC0 atau Vs harus < 5 volt (hatihati bila > 5 volt akan merusak mikrokontroler). Untuk mengukur tegangan AC maka tegangan harus diubah menjadi tegangan DC.

Untuk mengukur tegangan yang besar maka dibutuhkan rangkaian pembagi tegangan sesuai dengan gambar sebelumnya dengan ketentuan tegangan yang masuk ke Vs harus < 5 volt.
TEKNIK ELEKTRO UBAYA

4/1/2011

REFERENSI
  

http://smulab.tripod.com/medanmagnet.htm http://problem-fisika.blogspot.com/2009/04/galvanometer.html http://yd1chs.wordpress.com/2010/08/15/simple-avr-lcdvoltmeter/#more-875

TEKNIK ELEKT

4/1/2011

Thank You

TEKNIK ELEKT

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->