Memperbaiki Flashdisk yg Tidak Dapat di Format Bagi anda yang sedang mengalami masalah dengan flashdisk, khususnya kasus

flashd isk terdeteksi di Windows namun tidak bisa di format anda bisa menggunakan beber apa cara berikut ini untuk memperbaikinya : Format flashdisk melalui Linux/LiveCD Linux (original page: http://linux.or.id/node/2835/) Langkah yang harus dilakukan : 1). Booting komputer menggunakan LiveCD Linux, misal Slax KillBill, Knoppix atau distro lainnya. 2). Setelah login ke sistem, masukkan flashdisk yang bermasalah tadi ke salah sa tu port USB. Demi keamanan data, pastikan hanya flashdisk yang bermasalah saja y ang terpasang. 3). Pastikan flashdisk anda terdeteksi, atau setidaknya indikator led nyala. 4). Masuk ke console. 5). Pada console jalankan cfdisk /dev/sda1 (sesuaikan dengan flashdisk ke berapa yang terpasang). 6). Delete atau hapus partisi pada flashdisk. 7). Buat partisi baru dengan memilih Create New 8). Simpan perubahan yang baru saja anda lakukan. 9). Format flashdisk dengan cara mengetikan perintah mkfs.vfat-f32 /dev/sda1 di console. 10). Flashdisk anda telah memiliki partisi baru, sehingga bisa digunakan kembali baik di Linux maupun di Windows. Format flashdisk Menggunakan USB Disk Storage Format Tool Di samping cara di atas, anda juga bisa menggunakan tools yang dikeluarkan oleh pihak ketiga. Salah satunya adalah Hewlet Packard (HP). Walaupun tools ini dikel uarkan oleh HP, namun utilisasinya juga bisa digunakan pada flashdisk merek lain . Berikut langkah-langkah memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format mengguna kan HP USB Disk Storage Format Tool: 1). Download aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool http://h20000.www2.hp.com/ bizsupport/TechSupport/SoftwareDescription.jsp?lang=en&cc=us&mode=3&taskId=135&s wItem=MTX-UNITY-I23839 2). Install aplikasi tersebut, rekomendasi OS yang digunakan adalah Microsoft Wi ndows 2000, Windows 2003 Server dan Novel Netware. 3). Masukkan flashdisk yang bermasalah ke salah satu port USB. Pastikan flashdis k anda terdeteksi dan memperoleh alokasi drive di Windows. 4). Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool. 5). Tentukan drive tempat flashdisk terpasang. Write.

e. Buka Console lalu ketik $ CFDISK /dev/sda1 atau /sda__ sesuai dengan flashdisk keberapa yg kita "colok" ke komputer.klo dah dicolokin. 3. ... or pke linux pa lah... Format flashdisk anda sesuai dengan file sistem yang diinginkan.coz lebih mudah car anya.. kya'y gra2 virus or jarang nge-unplug or unmount tuh flashdisk. CREATE NEW or buat baru lagi partisi tuh flashdisk yg rusak. 4.. === awalnya seh gr2 flashdisk mati.... Port USB 2. yg penting bisa bootCD or LIVECD tp disarananin wat yg pemula pake SLAX KillBill aja. so tinggalin flashdisk yg rusak td sendirian. apakah flashdisk masih terbaca or minimal lampunya nyala..klo udah skrg flashdisk kita dah py partisi baru. tapi kecerahanku mulai tiba ketika kucuba pake LINUX SLAX-KILLBILL or sl ax yg lain..aku pra ktekin deh cara ini .. nah...wat yg pake SLAX KillBILL kita bisa jg format pake NTFS caranya. yg pasti skrg udh di OS LIVECD or LINUX so. di WRITE==> trus yes 6. trus klo udah. nah. .. tp klo yg lbh baik untuk partition table yg lebih baik. 100% jd lebih baik n lebih Cepat baca datanya.n alhasil aku bisa minta flashdisk org yg rusak dr temen2 dikampus so. tuh banyak extension wat format Flashdsik $cd /bin $ls nah tinggal liat deh byak bgt kan..... mudah-mudahan bermanfaat. ma suk ke konsol so ketik $ mkfs.. Coba "colokin" flashdisk pada lubang or tempatnya...MUAH. nah klo dah muncul linuxnya lagi. sebaiknya format di LINUX aja.6).. nah.. Caranya : 1..... ternya memang gak bisa di format.** bangkit lagi** dengan penuh perjuangan akhirnya ku coba pake windows.. pake KNOPPIX jg bisa.liat aja di direktori bin.tp yg ada huruf depannya MKFS klo dari hasil yg aku praktekkin. Pilih Create New or Replace Existing Configuration untuk membuat partisi bar u baru dan menghapus konfigurasi yang ada di flashdisk..akhirnya.karena emg aku orang miskin yg ga bsa bli flashdisk aku cari akal gmana caranya supaya flashdisk kesayanganku itu hidup kembali.vfat-f32 /dev/sda__ n. Perhatikan... Selamat mencoba.jd mati beneran. untuk hasil yg lebih optimal coba restart dulu komputer tanpa mencopot usb Flashdisk.di windows nge-plug tp gak bisa diformat n gak bisa di pake. trus dah diketik $ cfdisk /dev/sda1 terus Delete or hapus tuh Partisi flashdisk 5.n... bisa diformati di windows skrg.. 7). tp dr pada flasdisk yg lain beresiko datanya hilang..wat yg mau cuba format di LINUX. maka disaranin agar copot dulu flashdisk yg lain.