Perintah Dasar Linux

Perintah linux ( Linux Command ) adalah suatu cara yang efisien untuk berinteraksi dengan system operasi linux. Sama hal nya dengan DOS, di linux setiap perintah memiliki cara penulisan yang hampir sama dengan DOS, penulisan perintah tersebut dilakukan di console. Berikut ini adalah beberapa perintah linux yang biasa di gunakan dalam berinteraksi dengan linux : Struktur dasar Linux : Perintah – perintah di console linux memiliki aturan – aturan penulisan, aturan struktur penulisan perintah linux tersebut berlaku pada hampir semua perintah – perintah linux. Penulisan perintah linux bersifat case sensitive artinya adalah setiap penulisan huruf besar dan kecil sangat berpengaruh terhadap hasil yang diinginkan. Berikut sturktur penulisan perintah linux :
$ Perintah [-opsi] [argument_1] [argument_2]

1

2

3

4

5

Keterangan : 1. Merupakan tanda representasi user mode. Tanda representasi tersebut di bagi menjadi 2 yaitu $ dan #, berikut adalah penjelasan dari tanda user mode tersebut : # ( biasa disebut dengan root ) adalah user mode yang memiliki hak akses tertinggi, root memiliki hak akses yang tak terbatas terhadap seluruh perintah linux. Perintah – perintah yang dapat di jalan pada mode root terdapat di folder /etc/sbin. $ adalah tanda untuk user mode biasa yang hanya memiliki hak akses terbatas terhadap beberapa perintah – perintah linux. Perintah – perintah yang dapat di jalan kan ketika user menggunakan mode $ disimpan di dalam folder /etc/bin. 2. Perintah adalah command – command yang digunakan untuk berinteraksi dengan system operasi linux. 3. Opsi adalah fungsionalitas – fungsionalitas default yang dimiliki oleh perintah yang digunakan. Kita dapat mengkombinasikan beberapa opsi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Fungsionlitas dari setiap perintah linux dapat di baca dengan menggunakan perintah
$ man perintah

4. Argument_1, biasanya adalah nama file,direktori atau alamat ( relative atau absolute ) dari suatu file ataupun folder. 5. Argument_2, pada beberapa perintah linux argument_2 tidak selalu harus ada, namun untuk beberapa perintah operasi argument_2 biasanya berisi nama,direktori atau alamat ( relative atau absolute ) dari suatu file ataupun folder tujuan.

Regular Expression dan Metacharacter Pada perintah yang menggunakan nama file atau directory, dapat menggunakan karakter spesial yang disebut dengan wildcard untuk mencocokan pola dari nama file. Wildcard biasa disebut dengan metacharacter untuk pencocokan. * ? [] Pencocokan dengan sembarang string (Deretan character ). Pencocokan dengan sebuah character saja. Mencocokan salah satu dalam class character tertutup tersebut. Menyatakan kawasan sebuah character dalam kelas ( range ). Contoh : [a-z] , artinya character dari a sampai z. Digunakana dengan tanda * + untuk menyatakan “character selain” yang mengikutinya.

!

Contoh : Jo* Artinya mencari seluruh kata yang berawalan dengan “Jo”, Contoh : Joni, Johan, Jojon, miss Joni. Jo* n Artinya mencari seluruh kata yang berawalan dengan “Jo” dan di akhiri dengan “n”, Contoh : Jon, Johan, Jojon, Joan. san? Artinya mencari seluruh kata yang berawalan dengan “san” dan di akhiri dengan satu buah character bebas, Contoh : sana, sani, sand. k??i Artinya mencari seluruh kata yang berawalan dengan “k” dan di akhiri dengan “i” dan diantaranya terdapat dua buah character bebas, Contoh : kaki, kiki, kopi. dan[aiu] Artinya mencari seluruh kata yang berawalan dengan “dan” dan di akhiri dengan salah satu huruf “a”, “i”, “u”, Contoh : dana, dani, danu [A-Z a-z][1-9] Artinya mencari seluruh character yang berawalan dengan huruf besar dari A sampai Z atau huruf kecil dari a sampai z dan di akhiri angka dari 1 sampai 9, dan sepanjang 2 character, Contoh : B9, c1, Z3

“f”. menonfungsikan metacharacter dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu : a. Tanda “ \ “ digunakan untuk mematikan sebuah metacharacter contoh : $ echo \”hallo. Dengan menggunakan tanda “ ( petik ganda ). Dengan menggunakan tanda backslash “ \ “. Memfungsikan Metacharacter Bukan sebagai metacharacter Metacharacter adalah karakter yang mempunyai makna khusu bagi shell.[!Abef]* Artinya mencari seluruh kata yang berawalan dengan character selain “A”. \ . Tanda “ berfungsi untuk mematikan metacharacter. praktikan” b. “e”. praktikan\” “hallo. { } Contoh : Tanda $ digunakan untuk melambangkan bahwa suatu string adalah nama variable ( akan di bahas pada modul shell programming ) ketika akan digunakan pada perintah lain. Metacharacter antara lain berupa : .$ # ^ | < > & * ! * + “ ` . tapi tidak berfungsi untuk mematikan metacharacter $ . Contoh : $echo „: . “b”. Dengan menggunakan ‘ ( Tanda petik tunggal ) Tanda ‘ berfungsi untuk mematikan seluruh fungsi metacharacter yang terdapat di dalamnya. . Contoh : $ kata = “metacharacter” $ echo “$kata-kata” /*maka yang akan keluar */ Metacharacter-kata c. \ { } $ # ^ | < > & * ! [ ] “ `‟ /* maka hasil yang akan muncul */ : . \ { } $ # ^ | < > & * ! [ ] “ ` .

Perintah yang digunakan untuk membuat directory baru. Perintah untuk membuat sebuah link atau shortcut pada file atau folder. Contoh : $ pwd /home/praktikan Hasil dari perintah di atas ditunjukan setelah perintah tersebut di jalankan. Perintah yang digunakan untuk menghapus directory. ls mkdir rm cp mv who ln Berikut adalah contoh-contoh penggunaan dari perintah-perintah yang telah di sebutkan di atas : a. Management Directory Di dalam memanagemnt directory ( folder ) di linux terdapat beberapa perintah yang paling sering di gunakan antara lain : Perintah Keterangan pwd cd Perintah yang digunakan untuk melihat tempat directory aktif. Contoh : $ cd /usr/local $ pwd /usr/local . Perintah yang digunakan untuk meng-copy file atau directory. Perintah yang digunakan untuk memindahkan atau mengganti nama file atau directory. pwd ( print working directory ) $ pwd adalah perintah yang digunakan untuk melihat tempat directory aktif atau alamat directory yang sedang kita tempati saat ini. dan saat ini directory kerja aktif nya sedang berada di /home/praktikan b. cd ( Change Directory ) $ cd adalah perintah yang digunakan untuk merubah posisi dari posisi direktory kerja aktif ke direktory kerja yang akan kita gunakan. Perintah yang digunakan untuk melihat isi dari sebuah directory atau file di direktori aktif. Perintah yang digunakan untuk mengetahui user-user yang sedang aktif. Perintah yang digunakan untuk merubah posisi dari posisi direktory kerja aktif ke direktory kerja yang akan kita gunakan.

ls ( List ) $ ls adalah perintah yang digunakan untuk melihat isi dari sebuah directory atau file di direktori aktif. opsi untuk menampilkan seluruh directory yang di buat dengan menggunakan perintah mkdir. Terdapat beberapa opsi fungsionalitas default yang dimiliki oleh perintah $ ls. mkdir (make directory ) $ mkdir adalah perintah yang digunakan untuk membuat satu atau beberapa directory melalui console.. Contoh : $ pwd /usr/local $ cd . dengan menggunakan bilangan oktal (akan dijelaskan pada sub bab file permissions). menampilkan seluruh file yang terdapat di dalam directory termasuk hidden file menampilkan ukuran file (in blocks. not bytes) menampilkan kedalam bentuk "human readable format" (ie: 4K. 1G etc).Perintah diatas di gunakan untuk berpindah dari directori yang kita tempati sekarang menuju ke directory /usr/local Selain itu perintah cd dapat digunakan untuk berpindah ke parent directory dari suatu directory aktif. Pada opsi –h bentuk penulisan harus di gabung dengan opsi –s d. opsi –v harus di gunakan bersama dengan opsi –p Opsi untuk memberikan permissions dari directory yang kita buat. berikut adalah contoh penggunaan perintah $ ls : $ ls [opsi] [directory] $ ls –l /home/praktikan Berikut beberapa opsi yang dapat digunakan pada perintah $ ls : Option -l -a -s -h Keterangan menampilkan tampilan secara detil dari setiap file yang di tampilkan. berikut adalah daftar opsi yang dapat digunakan : Option -p -v -m Keterangan opsi untuk membuat directory secara bertingkat dengan hanya menggunakan satu buah command. Sama hal nya dengan perintah linux lainnya pada perintah $ mkdir terdapat beberapa opsi yang dapat di gunakan.. yaitu dengan menambahkan ( . ) setelah perintah $ cd. $ pwd /usr c. Mkdir memiliki syntax penulisan : $ mkdir [option] dir_name . 16M.

Contoh : $ rm –f UTS. rm ( remove ) $ rm adalah perintah yang digunakan untuk penghapusan ( delete )satu atau banyak directory atau file melalui console. menampilkan peringatan sebelum proses penghapusan di lakukan Penghapusan secara berulang hingga akhir directory. cp ( Copy ) $ cp adalah perintah untuk mengcopy satu atau banyak file dalam satu kali penulisan perintah atau duplikasi file atau folder dari sumber ke tujuan. e. Untuk menghapus file digunakan perintah seperti dibawah ini : $ rm [opsi] nama_file/folder Beberapa opsi yang dapat digunakan dalam perintah rm : Option -f -i -r Keterangan Memaksa file untuk di hapus.dir_name adalah nama dari sebuah direktory yang akan dibuat oleh user. f. $ mkdir –p /tmp/{a/{b.c}.var/coba} Berikut adalah bentuk tree directory dari perintah diatas : $ mkdir –m 777 /tmp/a Perintah diatas digunakan untuk membuat sebuah directory dan memberikan all access pada directory tersebut.java $ rm –rf /opt/test1 Keterangan : Menghapus seluruh file yang terdapat di dalam folder test1.java Keterangan : Menghapus secara paksa file UTS.opt/test1/test2. Perintah yang di gunakan untuk mencopy file atau folder adalah . dalam hal ini test1 adalah folder yang di dalam nya terdapat beberapa file. biasa di gunakan untuk menghapus file system.

Bila file asli dihapus. Syntax perintah ln adalah : $ ln file_asli file_duplikat Pembuatan link pada linux terdapat dua hal yang perlu di perhatikan yaitu hard link dan soft link.html menjadi contoh2. berikut adalah opsi yang dapat digunakan pada perintah $ mv Option -R -v Keterangan Digunakan untuk mengcopy suatu directory beserta dengan isinya Digunakan untuk melihat file yang dicopykan ke distination Contoh : $ mv contoh1. g. mv ( Move ) $mv adalah perintah yang digunakan untuk melakukan perpindahan file atau direktori atau dapat juga digunakan untuk melakukan perubahan nama file atau direktori jika sumber dan tujuan yang diberikan terletak dalam satu struktur direktori yang sama. symbolic link dapat dibentuk melalui media disk atau partisi yang berbeda dengan soft link. sedangkan pada hard link tidak dimungkinkan. . Ln ( Link ) $ ln adalah sebuah teknik untuk memberikan lebih dari satu nama file dengan data yang sama. Perbedaan dari kedua link tersebut adalah hard link dimana kedua file akan muncul identik bila file asli atau file duplikat diubah perubahan akan terjadi pada file lainnya.$cp [opsi] /folder_asal/nama_file /folder_tujuan Option -R -v Keterangan Digunakan untuk mengcopy suatu directory beserta dengan isinya Digunakan untuk melihat file yang dicopykan ke distination Contoh : $ cp –vR /home/student /data/backup Keterangan : Perintah diatas akan mengcopy direktori students yang berada dibawah direktori /home beserta seluruh isinya kedalam direktori /data/backup dan menampilkan seluruh file yang di copy kan. maka data yang baru juga terhapus. tetapi pada hard link terbatas pada partisi disk yang sama. Ada beberapa opsi yang dimiliki perintah $ mv ini.html /home/student/contoh2. Perbedaan lain.html Keterangan : Perintah di atas digunakan untuk mengganti nama file contoh1.html dan memindahkan file tersebut kedalam folder student yang berada di dalam folder home. Sedangkan pada soft link. h. symbolic link dapat dilakukan pada file yang tidak ada.

txt . Digunakan untuk menampilkan text yang tergulung menjadi per layar ( membagi menjadi per paging ). More Less a. This is a test file 2. Finish [ctrl + d] - Untuk melihat isi file dapat menggunakan perintah : $ cat nama_file $ cat test1. .Symbolic link diperlukan bila file tersebut di ”link” dengan directory atau file yang berada pada partisi yang berbeda.txt tekan “ctrl + d” */ 1. For prayitna use 3. Digunakan untuk menampilkan text yang tergulung menjadi per layar ( membagi menjadi per paging ). berikut adalah perintah yang sering digunakan : Perintah Keterangan Cat Perintah yang digunakan untuk melihat isi dari file ( termasuk baris-baris program )dan juga untuk sebuah file.txt [enter] /* Isi file dengan text ataupun baris-baris perintah */ /* Jika sudah selesai mengisikan text kedalama file test1. Tipe file menjadi 1 (link) dan file tersebut menunjuk ke tempat asal. cat (concatenate ) $ cat adalah perintah yang dapat digunakan untuk membaca dan membuat file.Untuk membuat file dengan menggunakan perintah : $ cat > nama_file Keterangan : Tanda “ > ” digunakan untuk create file pada perintah “cat" Contoh : $ cat > test1. Contoh : Hard link $ ln file_asli file_duplikat Soft link $ ln –s file_asli file_duplikat  Operasi File dan Directory Operasi file atau directory meliputi operasi melihat file dan membuat link file yang ada ( shortcut ) di dalam linux terdapat beberapa yang paling sering di gunakan.

tail.txt | less Keterangan : Fungsinya sama dengan yang berada di DOS. Perbedaan more dengan less terletak pada apa yang ditampilkan dalam jumlah besar. sort. This is a test file 2. Proses ini memanipulasi atau memproses data input menjadi informasi terformat yang diinginkan. Contoh : $ cat test1. Tetapi perintah setelah pipeline akan menggunakan masukan yang dihasilkan oleh perintah sebelum pipeline. yaitu untuk menjalankan beberapa perintah bersamaan. less dan more Fungsi perintah less dan more pada dasarnya adalah sama namun terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki perintah less dibanding dengan perintah more.  Filtering Filtering adalah proses untukk mendapatkan data atau informasi yang diinginkan dari input. Beberapa perintah linux yang difungsikan sebagai filter adalah head. Head Head adalah filter yang menampilkan baris awal dari data input sebanyak yang ditemukan oleh user. Perintah more hanya dapat melihat tampilan per layar tanpa bisa melihat apa sudah ditampilkan. Contoh : $ head –n2 /etc/passwrd root:x:0:0:root:/root:/bin/bash .txt | more $ cat test1. Perintah less. lebih lengkap dari more karena less dapat melihat tampilan yang telah lewat dengan menggunakan panah atas. wc. Contoh: $ cat test1 | less artinya adalah perintah less akan menyaring semua keluaran yang dihasilkan oleh perintah cat. jadi tidak bisa scroll ke atas untuk melihat tampilan yang telah lewat. Jadi output perintah cat menjadi input untuk perintah less.1. Secara default jika perintah $ head tidak di ikuti dengan –nbaris maka secara automatis perintah $ head akan menampilkan 10 bari pertama. Finish b. Syntax penggunaan head adalah $ head –nbaris nama_file Keterangan : -nbaris adalah opsi yang digunakan untuk menampilkan berapa banyak baris yang akan dimunculkan. For prayitna use 3. grep. a.

tail hanya menyeleksi bagian akhir atau terbawah dari suatu file. . selain itu pada perintah $ tail opsi yang sering digunakan lainnya adalah opsi “–c”. Syntax yang digunakan : $ tail –nbaris nama_file Contoh : $ tail –n2 /etc/passwrd praktikan:x:502:503:/home/praktikan:/bin/bash asisten:x:506:506:/home/asisten:/bin/bash $ tail -18c suratku Keterangan : perintah diatas akan mengeluarkan 17 baris terakhir dari file suratku. c.txt Catatan: perintah grep diatas akan menampilkan file file *. Pola ini disebut reguler expression ( pattern ). Grep Perintah grep digunakan untuk menyaring masukannya dan menampilkan baris-baris yang hanya mengandung pola yang Anda tentukan. Sort Utilitas sort digunakan untuk melakukan pengurutan terhadap output sebuah perintah suatu file. jika tail di lakukan tanpa menggukan opsi maka perintah $ tail akan mengeluarkan 10 baris terakhir sebagai fungsi defaultnya. Syntax yang digunakan adalah $ sort nama_file Contoh : $ sort /etc/passwrd asisten:x:506:506:/home/asisten:/bin/bash bin:x:1:1:bin:/bin praktikan:x:502:503:/home/praktikan:/bin/bash root:x:0:0:root:/root:/bin/bash d. tail Tail merupakan utilitas kebalikan dari head. Menempatkan “--“ sebagai pemisah antara group-group pattern yang cocok. -A NUM Menampilkan NUM baris pertama dari baris yang mengandung pattern .txt yang mempunyai kata "linux". Sama halnya dengan head. Berikut adalah syntax penulisan grep : $ grep [opsi] pattern nama_file Misalkan user akan mencari suatu text dengan pola-pola tertentu yang berada didalam file.bin:x:1:1:bin:/bin b. Opsi “-c” digunakan untuk menampilkan karakter-karakter terakhir sebanyaj yang di tentukan. Contoh : $ grep -l "linux" *.

70 kata. Menghilangkan perbedaan huruf besar dan kecil pada pattern dan file. baris yang cocok. dan karakter. Contoh : jika Anda ingin mengetahui berapa jumlah file yang ada pada direktori /etc/passwrd. bukan suku kata. bukan kata ataupun suku kata. Menghilangkan pencocokan pattern pada file setelah num pada baris yang cocok.-B NUM -C NUM -c -F “string” -h -i -m NUM -n -o -v -w -x Menampilkan NUM baris sebelum baris yang mengandung pattern sampai baris yang mengandung pattern. Menampilkan baris yang hanya sesuai dengan pattern. . e. Manampilkan bagian dari kalimat yang cocok dengan pattern. Menampilkan baris yang tidak mengandung pattern Menampilkan baris yang mengandung keseluruhan pattern dimana pattern dianggap sebagai suatu kata. $ ls –l | wc –l 11 Artinya bahwa hasil dari perintah ls –l berisi sepanjang 11 baris. Berikut beberapa opsi yang dapat di gunakan pada perintah wc : -l Manampilkan jumlah baris saja. -c Menampilkan jumlah character. Menampilkan NUM baris sebelumnya . Menampilkan nomor baris dan baris yang cocok pada file. dan 1653 karakter. Menampilkan baris yang mengandung kata “string” pada file yang dipisahkan dengan baris baru. Menempatkan “--“ sebagai pemisah antara groupgroup pattern yang cocok. Hanya menampilakn baris yang mengandung keseluruhan pattern dimana pattern dianggap sebagai suatu baris. byte Menampilkan jumlah byte ( khusus opsi “byte” penggunaannya harus bersamaan dengan opsi “-c”. kata. -w Menampilakn jumlah kata saja. Bentuk penulisan syntax perintah wc adalah sebagai berikut : $ wc [opsi] nama_file Secara default output dari peritan wc akan menampilkan jumlah baris. kata. dan karakter dari baris-baris masukan yang diberikan kepadanya. maka ketikkanperintah: $ wc /etc/passwrd 33 70 1653 /etc/passwrd Artinya bahwa hasil tampilan isi direktori /etc/paasswd terdiri dari 33 baris (file dan direktori). NUM baris setelahnya . Wc Perintah wc dapat Anda gunakan untuk menghitung jumlah baris. Menampilkan banyaknya baris yang mengandung pattern. Menempatkan “--“ sebagai pemisah antara group-group pattern.

Kedua file tersebut harus sudah di sort berdasarkan field kunci. Join Join di gunakan untuk menggabungkan dua file secara rasional dengan menggunakan kunci field ( kolom ) yang sama. Menjoinkan file berdasarkan field number pada file 2. Syntax yang digunakan : $ join [opsi] file1 file2 Opsi yang sering digunakan : -jn m -o list -1 fieldnumber Menentukan bahwa field kunci dari file ke –n adalah field ke-m. Field number adalah angka baris pada file yang akan di join. Menjoinkan file berdasarkan field number pada file 1. Field number adalah angka baris pada file yang akan di join. -2 fieldnumber Contoh : $ cat text1 Lieberman 60853 Adnan Hajj 40642 Icalendar 30674 Meebo 26389 $ cat text2 Israel Lebanon War Hezbollah $ join -1 1 -2 1 techno_1 techno_2 Lieberman 60853 Israel Adnan Hajj 40642 Lebanon Icalendar 30674 War Meebo 26389 Hezbollah b. Output dalam susunan list n. Cut . berupa angka integer yang dimulai dari 1.$echo “jumlah yang login saat ini : „who | wc –l ‟orang” Jumlah yang login saat ini : 15 orang  Fasilitas Pengolahan Tampilan a.m : field ke-m dari field ke-n.

Opsi untuk melakukan pencarian berdasarkan pemilik ( user ) file. Mengambil character berdasarkan karakter. Kriteria pencarian berdasarkan banyaknya link yang dimiliki. Menjadikan character yang ditulis setelah opsi ini sebagai pembatas antar kolom ( field ).number2 Contoh : $ cut -1.Cut digunakan untuk mengambil data tertentu berdasarkan kolom atau karakter dari suatu file. Opsi untuk melakukan pencarian berdasarkan ukuran file. Baris pertama dari field pertama akan di rekatkan ke baris pertama dari file kedua dan seterusnya.3. Syntax yang di gunakan : $ find [opsi] [path] [expression] Berikut adalah opsi yang dapat digunakan dalam perintah $ find : -name file_name -perm permission_code -links n -size -user Opsi pencarian berdasarkan nama file atau directory Opsi pencarian berdasarkan izin akses yang dimiliki file atau directory. Penggabungan dilakukan dengan cara baris per baris. $ who | cut –d “ “ –f1 Artinya akan mengambil field pertama dari perintah $ who yang tiap fieldnya dibatasi dengan spasi. -number1. Paste Paste digunakan untuk menggabungkan file secara horizontal.3 –d “:” text1 Artinya mengambil field ke 1 dan ke 3 dari file text1. contoh : -1.  Searching File dan Directory a. . Untuk opsi –d penulisannya di ikuti dengan character. Find Find digunakan untuk mencari file dengan kriteria tertentu. merekatkan sejumlah baris dari beberapa file. dengan : sebagai pembatas. menyatakan field pertama dan ketiga. Dalam hal ini who adalah perintah untuk mengetahui daftar user yang sedang aktif. Contoh : -d “:“. c. Syntax yang di gunakan : $ cut [opsi] nama_file Opsi yang sering digunakan : -f -c -d char Mengambil character berdasarkan kolom. artinya pembatasnya berupa character “:“ Menyatakan posisi field.

menjalankan atau mengubah file tersebut. keamanan serta integritas sistem agar tidak terganggu. Syntax yang digunakan adalah : $ locate kata_kunci c. source code. Menandakan bahwa entitas file atau directory ini adalah directory.txt di dalam folder /home/usr dan menampilkannya di layar console. Syntax yang digunakan : $ whereis nama_file  Konsep sekuritas dan permission Setiap file linux memiliki status izin akses file (file permission).-print Contoh : Opsi untuk menampilkan hasil pencarian ke layar. $ find /home/usr –name test1. Whereis Whereis digunakan untuk mendapatkan lokasi binary. . yaitu : l d Menandakan bahwa entitas file atau directory ini adalah file biasa. $ find –name “linux” -print Arti dari perintah diatas adalah untuk mencari file dengan nama linux. b. dan halaman manual dari suatu perintah atau file. $ find /home -user <usernmae> -print Artinya melakukan pencarian file di dalam folder /home yang dimiliki oleh username tertentu. Locate Locate digunakan untuk mencari file atau directory dengan cepat berdasarkan kata kunci yang digunakan. Maksudnya setiap file memiliki informasi untuk mengatur siapa saja yang berhak untuk membaca.txt –print Arti dari perintah diatas adalah untuk mencari file test1. antara lain :  Tipe file : menentukan tipe dari file. Tujuannya adalah unuk menjaga privasi file. Menandakan bahwa entitas file atau directory ini adalah link. File mempunyai beberapa atribut. Untuk mengaktifkan fungsi data base tersebut perlu akses menuju ke root Locate mencari file atau dari sebuah basis data yang dibuat oleh perintah : $ su /* masukan password root */ # updatedb Kelemahan dari perintah locate ini adalah user yang memakai harus sering-sering mengupdate basis data tersebut agar datanya selalu up to date.

 Memberikan permission kepada file dan direktori Kita sudah mengetahui permission apa saja yang ada di file dan direktori di Linux.  Jumlah karakter : menentukan ukuran file dalam byte. Menandakan bahwa entitas file atau directory ini adalah pipe.l. Menandakan bahwa entitas file atau directory ini adalah block device.  Waktu pembuatan : menentukan kapan file terakhir dimodifikasi  Nama file : menentukan nama file yang dimaksud. -rw-rw-1 bin auth 1639 Oct 31 20:19 /etc/passwd Pemilik Group Ijin akses Jml Karakter Waktu Nama File tipe Jumlah Link Berikut adalah penjelasan hak akses owner. Ijin untuk meng-execute file .  Group : menentukan group yang memiliki file ini.p Hak akses owner rwx Hak akses group rwx Hak akses other rwx Sedangkan arti simbol r w x adalah r ( read ) w ( write ) x (execute ) Ijin untuk membaca file atau directory.s.c.  Pemilik (Owner) : menentukan siapa pemilik file ini. untuk memberikan permission dapat dilakukan dengan perintah $ chmod . Ijin untuk menulis file. Di Linux.  Jumlah link : jumlah link untuk file ini.  Ijin akses : menentukan hak user terhadap file ini. “ – “.b. group dan other serta indikator file atau directory dari attribut file atau directory : Type file atau directory d. Contoh : Untuk melihat attribut dari file atau directory anda dapat mengetikan perintah $ ls –l Maka akan muncul tampilan file atau directory seperti pada gambar berikut. Menandakan bahwa entitas file atau directory ini adalah socket.c b s P Menandakan bahwa entitas file atau directory ini adalah character device.

group dan others. Untuk menggunakan symbol huruf. Symbol angkanya adalah: 4 = untuk permission baca (read) 2 = untuk permission tulis (write) 1 = untuk permission menjalankan (execute) Secara keseluruhan format penulisannya menjadi Owner Group r w x r w 4 2 1 4 2 7 7 x 1 r 4 Other w 2 7 X 1 Contoh : Jadi. x sebagai berikut : Oktal Biner Permission 7 111 rwx 6 110 rw- . yaitu menggunakan symbol huruf dan menggunakan symbol angka. digit kedua untuk permission group dan digit ketiga untuk permission others. maka huruf yang digunakan terdiri dari : u g o a + r w x Owner Group Others All Menambahkan permission Mengurangi permission Permission untuk membaca (read) Permission untuk menulis (write) Permission untuk menjalankan atau masuk ke direktori (execute) Untuk memberikan akses tulis kepada group dan menghilangkan akses baca kepada user atau group lainnya pada file test1. symbol angka ini selalu berisi 3 digit.o-x test1 Selain dengan symbol huruf. maka penulisan syntaxnya adalah : $ chmod 654 test1 Cara lain untuk mengubah ijin akses dengan chmod adalah dengan menggunakan nilai bilangan oktal pada simbol r.o-wx test1 bila menggunakan symbol angka. kalau di symbol huruf kita bisa memberikan permission untuk owner. Jadi. Maka syntax penulisannya $ chmod g+w.o+r.Option untuk perintah chmod ini dapat dilakukan dengan 2 cara. w. maka di symbol angka ini harus diberikan sekaligus.u-x.g-wx. group atau others saja. dimana digit pertama akan berisi mengenai permission owner. Kita juga dapat menggunakan symbol angka. maka option yang harus kita berikan adalah g+w dan o-r. Karena itu. Symbol angka ini harus diberikan sekaligus untuk owner. jika kita ingin memberikan permission seperti ini kepada user drw-r-xr— maka syntax penulisannya ( menggunakan symbol huruf ) adalah: $ chmod u+rw.g+r.

Editor Vi memiliki banyak fasilitas yang sangat membantu programmer. Perintah untuk memasuki mode penyisipan adalah ketik huruf “I”. namun para pemakai pemula menghindari Vi karena mereka menganggap editor ini sangat sulit dan membingungkan.txt (sesudah kita . kita langsung berada pada mode perintah. Perintah untuk memulai editor Vi adalah vi nama_file. maka kita akan kembali ke mode perintah.txt sudah ada maka berarti editor vi membuka file tersebut dan isinya ditampilkan di layar.Insert Mode (mode penyisipan) Modus ini dapat digunakan untuk melakukan pengetikan teks. yaitu : .Command Mode (mode perintah). b. Perintah – perintah ini biasanya terdiri dari satu atau dua buah karakter.5 4 3 2 1 0 101 100 011 010 001 000 r-x r--wx -w--x --- Berikut adalah perintah lain yangberhubungan dengan attribut file : Mengubah kepemilikan file : $ chown pemilik_baru nama_file/dir Mengubah group dari file : $ chgrp group_baru dir Mengubah pemilik dan group : $ chown pemilik_baru : group_baru dir Untuk mengubah pemilik dan group seluruh isi directory dapat menggunakan opsi “-R”. maka berarti editor Vi akan membuat file baru dengan nama contoh. a.txt Jika file dengan nama contoh. Editor Teks dengan Vi Editor Vi (vee eye.txt. Editor ini pertama kali dikembangkan oleh William (Bill) Joy sewaktu ia menjadi graduate students di University of California at Berkeley pada tahun 1976. kita dapat membuat file baru atau mengedit file yang sudah ada. Bagian ini dimaksudkan untuk memperkenalkan pemakai pemula terhadap editor Vi. Jika tidak ditemukan file dengan nama contoh. Bila kita menekan tombol *Escape+. Pada saat pertama kita memulai editor Vi. Contoh: $vi contoh. Modus perintah dapat digunakan untuk memasukkan perintah – perintah untuk memanipulasi teks dan file. . Sedangkan penekanan tombol [Escape]pada mode perintah tidak akan mengakibatkan kita keluar dari mode perintah. Memulai Editor Vi Dengan menggunakan editor Vi.  Editor Console Linux 1. Dua Mode Pada Editor Vi Hal pertama yang perlu diketahui oleh pemakai adalah bahwa editor Vi memiliki dua modus. baca vi ai) adalah editor berbasis layar yang banyak digunakan oleh banyak pemakai UNIX.

ada beberapa perintah yang bisa digunakan.memberikan command :w yang artinya save to file). dan menyimpan modifikasi pada file Keluar dari editor Vi. Perintah X X Dd d[Enter] d0 Keterangan Menghapus karakter pada posisi kursor Menghapus karakter di sebelah kiri kursor Menghapus satu baris pada posisi kursor Menghapus dua baris. Perintah l. Beberapa Perintah pada Modus Perintah Penjelasan tentang perintah – perintah pada modus perntah akan dibagi dalam beberapa bagian. Menggerakkan Kursor Di bawah ini adalah perintah – perintah yang dapat digunakan untuk menggerakkan kursor pada modus perintah. tanpa harus menyimpan ke file d. Semua perintah ini dimasukkan dari modus perintah (sesudah tekan Esc) untuk menyimpan file tanpa keluar dari editor Vi. yang menunjukkan baris tersebut belum pernah digunakan oleh pemakai. baris pada posisi kursor dan baris berikutnya Menghapus dari awal baris sampai tepat sebelum posisi kursor . Pada layar akan terdapat baris – baris yang diawali dengan tanda tilde (~). hanya jika tidak ada modifikasi pada file Keluar dari editor Vi. dan menyimpan modifikasi pada file Keluar dari editor Vi. c. sebagai berikut : 1. gunakan perintah :w [Enter] Perintah :q [enter] ZZ :wq [enter] :x [enter] :q! [enter] Keterangan Keluar dari editor Vi. atau spasi h atau panah kiri j atau panah kanan k atau panah atas :o :$ atau left_shift-g nG O $ Keterangan Ke kanan 1 karakter Ke kiri 1 karakter Ke bawah 1 baris Ke atas 1 baris Ke baris pertama Ke baris terakhir Ke baris ke n Awal baris Akhir baris 2. panah kanan. Menghapus Teks Di bawah ini adalah perintah – perintah yang dapat digunakan untuk menghapus teks dari mode perintah. Keluar dari editor Vi Untuk meninggalkan editor Vi. Editor Vi bisa juga dimulai tanpa menyertakan nama_file. dan menyimpan modifikasi pada file Keluar dari editor Vi. tetapi nama_file ini harus dimasukkan pada saat menyimpan pekerjaan ke file.

Contoh jika ingin copy 3 baris. gunakan command 3yy (tekan 3 diikuti tombol y sebanyak 2 (dua) kali). Data dialirkan perbaris dari masukkan standar atau file ke sed kemudian dilakukan operasi perintah ed pada setiap baris tersebut dan hasilnya ditulis ke standar keluaran. Tempatkan kursor pada posisi line yang akan dicopy. Mencari String Editor Vi memiliki dua jenis pencarian. “delapan” akan diabaikan. tempat kita mengetikkan string yang ingin dicari. Tempatkan posisi kursor pada tempat yang akan di insertkan dan kemudian tekan p. 4. kita dapat memperbaikinya dengan menggunakan perintah u atau U. Membatalkan Perubahan Jika kita melakukan kesalahan menghapus tanpa sengaja. perintah yang digunakan adalah perintah “/” atau “?”. Kedua perintah ini berbeda hanya pada arah pencarian yang akan dilakukan. kita ingin mengganti kata balon menjadi mobil mulai dari baris ke 1 sampai baris ke 7. “dengan”. 5. nilai “desa”.d$ n-dd Menghapus dari posisi kursor sampai akhir baris Menghapus sebanyak n baris (cukup dd saja untuk menghapus 1 baris) 3. c. Perintah u digunakan untuk membatalkan perubahan terakhir yang dilakukan pemakai. bisa digunakan command seperti berikut : /\<de\> artinya command ini hanya akan mencari string dengan nilai de saja. Untuk melakukan pencarian suatu kata tertentu (fixed).mobil/g Artinya. itu sebabnya disebut editor berorientasi stream.7s/balon. Sebagai contoh. sedangkan perintah N akan mencari dalam arah yang berlawanan. Perintah “/” mencari ke bawah. 6. 2. Untuk pencarian string. jika ingin copy dan paste beberapa baris gunakan langkah – langkah berikut : a. Menyalin dan Meletakkan Teks Beberapa perintah dapat diulang beberapa kali dengan menambahkan jumlah pengulangan di depan perintah. Perintah n akan mencari dalam arah yang sama. Format umum dari perintah sed adalah : . b. Pada saat kedua perintah ini digunakan. Mengganti String Kita bisa juga melakukan penggantian satu string pada suatu file secara serentak atau biasa disebut Replace-all. perintah U digunakan untuk membatalkan seluruh perubahan pada satu baris. sedangkan perintah “?” mencari ke atas dari file. Perintah n dan N digunakan untuk melanjutkan proses pencarian yang sebelumnya. Editor Teks dengan Sed Perintah sed adalah editor teks tak-interaktif dan merupakan turunan dari ed. yaitu : string dan karakter. Dengan menggunakan command (dengan mode perintah): :1. perintah yang diketikkan akan muncul dibagian bawah layar.

dapat dilakukan sebagai berikut. maka jangkauan alamat dapat diubah sebagai berikut.$ s/medan/bandung/‟ percobaan johan bandung 1986 evi lahat 1985 irmawati bandung 1983 gamas palembang 2000 .alamat]+ operasi *file …. Alamat dapat merupakan nomor baris atau pola. $ sed „1.sed [alamat[. $ cat percobaan johan medan 1986 evi lahat 1985 irmawati medan 1983 gamas palembang 2000 budi jakarta 1986 anton medan 1980 Untuk melakukan substitusi terhadap suatu kata.10d input_file $ sed /mylove/d input_file > output_file Banyak sekali operasi yang dapat dilakukan oleh sed. Perintah A D I P Q R S W = !op Operasi Tambahkan baris ke output Hapus baris dan baca baris selanjutnya Sisipkan text berikut sebelum baris selanjutnya Tampilkan baris output Akhiri sed Baca file dan salin ke standar output Substitusi Tulis ke file Cetak nomor baris sekarang Lakukan perintah op pada baris tak terpilih Untuk lebih memahami bagaimana keampuhan sed dalam memanipulasi teks. yang merupakan obyek operasi sed. + dimana alamat adalah baris yang cocok. Jika kita menginginkan perubahan kata medan menjadi bandung mulai dari awal hingga akhir. Baris berikutnya diabaikan dan langsung ditampilkan di layar. Beberapa operasi yang bermanfaat dan sering digunakan antara lain adalah sebagai berikut. $ sed „1. Contoh penulisan perintah sed : $ sed 1. maka akan diuraikan lebih mendalam mengenai operasi-operasi di atas.3 s/medan/bandung/‟ percobaan johan bandung 1986 evi lahat 1985 irmawati bandung 1983 gamas palembang 2000 budi jakarta 1986 anton medan 1980 Proses di atas adalah melakukan penggantian kata medan menjadi bandung mulai dari baris ke 1 sampai dengan baris ke 3 saja.

budi jakarta 1986 anton bandung 1980 $ cat percobaan johan medan 1986 evi lahat 1985 irmawati medan 1983 gamas palembang 2000 budi jakarta 1986 anton medan 1980 Perhatikan pula bahwa sed tidak mengubah file aslinya... walaupun tidak ada perubahan pada baris tersebut. yaitu nomor dan pola. $ sed 2q percobaan (jika sudah 2 baris maka selesai) johan bandung 1986 evi lahat 1985 Di atas telah disebutkan bahwa alamat yang digunakan oleh sed ada 2.9p’ Sed ‘/unix/s/1/5/’ Sed ‘s/^.//’ Sed ‘s/. sehingga jika kita menginginkan adanya perubahan terhadap file aslinya. Contoh-contoh di atas menggunakan nomor sebagai alamatnya.. $ sed „1. Perintah sed Sed ‘/[Uu]nix/d’ Sed –n ‘2. Misalnya kita menginginkan menampilkan hanya 2 baris data dari file percobaan. Pola dapat berupa ekspresi regular.. maka yang harus kita lakukan adalah proses pengalihan keluaran standar ke dalam file.$//’ Sed ‘1.3 s/medan/bandung/‟ percobaan > /tmp/coba $ mv /tmp/coba/percobaan Seperti yang telah kita ketahui bahwa sed akan mengeluarkan setiap baris. Berikut ini akan diberikan contoh untuk alamat yang menggunakan pola. Namun demikian. $ sed „/jakarta/d‟ percobaan (hapus yang berisi jakarta) johan bandung 1986 evi lahat 1985 irmawati bandung 1983 gamas palembang 2000 anton bandung 1980 Masih banyak lagi kemampuan sed yang belum terungkap pada sub bab ini./^$/d’ Sed ‘/unix/w xxx’ Keterangan Hapus baris yang berisi kata Unix atau unix Cetak baris 2 sampai dengan 9 saja Ubah 1 menjadi 5 pada semua baris yang mengandung kata unix Hapus 3 karakter pertama dari setiap baris Hapus 3 karakter terakhir dari setiap baris Hapus sampai dengan baris kosong Tulis semua baris yang berisi kata unix ke dalam file xxx . kita dapat menghentikan operasi menampilkan ke layar. Tabel di bawah menunjukkan beberapa contoh pemakaian sed lainnya.

–m artinya mengirim email kepada user yang menjalankan at. dan kita ingin manjalankan sebuah program pada pukul 4 sore pada hari Jumat atau 3 hari kemudian. Akhiri dengan membuat baris baru dan menekan ctrl-d. Penjadwalan dengan At dan Cron Di linux. dll. Bagaimana caranya? a. 3.] atq [-V][-q queue] atrm [-V] job [job . 1. kita dapat menentukan suatu tugas atau program dieksekusi. ada 2 cara menuliskan perintah: $ at 4pm+3 days . komputer akan mengambil email besok siang pada jam 12.00 Warning: command will be executed using (in order) a)$SHELL b) login shell c)/bin/sh at> echo hai at> tekan [Ctrl]-d job 10 at 2009-07-12 21:00 Maka at akan menjalankan perintah “echo hai” pada jam 21. Ketikkan perintah-perintah yang ingin dikerjakan.. Contoh penjadwalan sesaat.00. 4am (4 pagi). file adalah nama file yang berisi daftar perintah yang akan dijalankan. Penjadwalan dan Manajemen Proses pada Linux 1. Pengaturan waktu atau penjadwalan ini berlangsung secara berulang maupun sesaat (hanya sekali eksekusi) di waktu yang akan datang. Berikut merupakan daftar utilitas at dan perintah-perintah yang menyertainya. buat baris baru dengan menekan enter. dan –d artinya delete(atrm). Contoh: $ at 21. tanggal 18 Mei 2009..00. Ketikkan perintah at waktu yang akan memasuki subshell at. waktu Atrm Membatalkan tugas-tugas yang dibuat melalui nomor identitas tugas-tugas tersebut Batch Sama seperti at Sintaks nya: at [-V] [-q queue][-f file][-mldbv] TIME at –c job [job .. midnight. Hal yang perlu diingat bahwa at tidak akan menampilkan output dari perintah yang dijalankannya di layar. kita memerintahkan komputer untuk mengambil email setiap 30 menit setiap hari. 2. Format waktu yang diterima oleh perintah at diantaranya: now. -l artinya list (sama dengan atq). Contoh jadwal yang berulang. noon. Menampilkan nomor tugas. 4pm (4 sore). Contoh.] batch [-V][-q queue][-f file][-mv] TIME queue diganti dengan nama antrian. Penulisan waktu ini dapat secara mutlak atau relatif.. At Menjalankan perintah pada waktu yang ditentukan Atq Menampilkan daftar tugas atau jadwal yang telah dibuat. TIME adalah spesifikasi waktu yang akan dijelaskan kemudian. Penggunaan perintah at adalah sebagai berikut. at dan batch Penjadwalan dengan at tidak digunakan sendirian tetapi dengan beberapa perintah lainnya. jika saat ini hari Selasa. today.

Contoh: $ cat /etc/at. Jika file /etc/at.allow ditemukan maka konfigurasi pada file /etc/at. Gunakan salah satunya saja. anda akan memasuki editor Vi pada mode perintah.allow. tekan tombol i untuk mulai menuliskan perintah beserta waktunya . Jika at melakukan perintah yang diberikan hanya sekali.versi/timespec Untuk membatalkan perintah yang telah diberikan.deny guest cracker lazy b. Langkah-langkah menggunakan cron: 1. cron cron adalah utilitas lain yang digunakan untuk penjadwalan. Biasanya file penjadwalan crontab disimpan di /var/spool/cron/crontabs/ Sintaks: $ crontab [-u user] file $ crontab [-u user]{-l| -r| -e} Option: -l: untuk menampilkan jadwal yang telah dibuat oleh users -r: untuk menghapus jadwal yang telah dibuat sebelumnya -e: untuk mengedit jadwal yang telah dibuat dengan menggunakan editor default pada variabel environment sistem. ketikkan crontab –e pada prompt console 2. User account yang diperbolehkan menggunakan fasilitas at dapat ditentukan melalui file /etc/at.deny dan /etc/at. kita dapat melihat nomor identitasnya dengan perintah atq atau at –l kemudian gunakan perintah atrm job_id atau at –d job_id. Isi dari file-file konfigurasi ini hanyalah daftar nama-nama user yang ada pada sistem. Contoh: $ at 22:24 Warning: command will be executed using (in order) a)$SHELL b) login shell c)/bin/sh at> echo Praktikum SISOP > fileku at> tekan [Ctrl]-d job 18 at 2009-07-12 22:24 $atq 18 $ atrm 18 at diaktifkan oleh sebuah daemon (program yang berjalan di background) bernama atd.deny akan dibatalkan. maka cron merekam perintah yang diberikan dan menjalankannya secara periodik setiap kali waktu yang ditentukan tiba.atau $ at 4pm May 21 untuk keterangan lebih lengkap bacalah file: /usr/share/doc/at-no.

TASK_INTERRUPTIBLE: proses sedang menunggu sebuah kondisi. cron dijalankan oleh daemon cron dan izin aksesnya dapat diatur melalui file /etc/cron. Untuk menghapus penjadwalan yang telah dibuat jalankan.TASK_ZOMBIE: proses telah terhenti. tekan tombol esc.. Interupsi. Berikut merupakan keterangan format waktu yang digunakan pada utilitas cron: Menit 0-53 Jam 0-23 Tanggal (1 bulan) 1-31 Bulan Hari (1 minggu) Perintah Jan=1. baik dalam kondisi aktif maupun berada di background. 2. Manajemen Proses Proses dapat diartikan sebagai program yang sedang dijalankan. kemudian ketikkan :wq dan tekan [enter].... Contoh berikut ini. Sun=0. . Setiap proses di Linux memiliki status. hari kapanpun perintah rm –f /tmp/* 2>&1 /var/log akan dijalankan.allow dan /etc/cron.TASK_UNINTERRUPTIBLE: proses sedang tidur dan tidak dapat dibangunkan oleh suatu sinyal..20.. sinyal. . Aktivitas yang berkaitan dengan manajemen proses antara lain: 1.TASK_STOPPED: proses sedang dihentikan. . Untuk melihat proses yang sedang dijalankan dapat menggunakan perintah ps dan top. ketikkan baris dibawah ini) 0.deny. bulan.40 **** rm –f/tmp/* 2>& (tekan esc. setiap hari senin hingga jumat */5 8-17 * * 1-5 file ini. Setiap proses memiliki tepat satu keadaan (status) pada suatu waktu. .TASK_RUNNING: proses sedang ataupun siap dieksekusi oleh CPU. a.30. atupun pelepasan sumber daya akan membangunkan proses. file ini akan dijalankan setiap (interval) 5 menit (*/5).Dec=12 Mon=1. Feb=2. Melihat status proses-proses yang dijalankan sistem. Status tersebut adalah: . tanggal. Mirip dengan at.Sat=6 Contoh: $ crontab -e (setelah menekan tombol i.10. namun masih memiliki struktur data task_struct di task vector dan masih memegang sumber daya yang sudah tidak digunakan lagi. antara jam 8 pagi hingga jam 5 sore (817).. $ crontab -e Letakkan kursor pada baris dimana jadwal ditulis dan tekan tombol d dua kali kemudian simpan modifikasi dengan mengetikkan :wq dan menekan enter.3. misalnya oleh sebuah debugger.. ketikkan :wq dan tean enter) Penulisan waktu di atas berarti setiap sepuluh menit pada jam. Menggunakan ps Sintaks: $ ps –option .

pid . Menggunakan pstree Perintah pstree juga merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan daftar proses pada sistem. Sintaks: # top –hv | -bcisS –d delay –n iterations [-u user | -U user] – p pid [. tempat asal proses tersebut dijalankan STAT : status dari (Running. Sintaks: Pstree [-a][-c][-h|-Hpid][-l][-n][-p][-u][-Z][-G][-U][pid|user] Contoh: # pstree root Perintah ini akan menampilkan proses-proses yang digunakan oleh root dalam bentuk tree. Sleep. tetapi perintah ini akan menampilkan dalam bentuk tree.. Menggunakan top Jika perintah ps hanya akan menampilkan daftar dan keadaan proses satu kali setelah perintah ps dijalankan maka perintah top akan menampilkan daftar dan status proses selama kita belum kelluar dari utilitas top. c. dll) -R : proses dalam keadaan running -S : proses dalam keadaan sleeping -I : proses dalam keadaan idle -Z : proses dalam keadaan zombie -D : uninterruptible sleep (biasanya IO) -< : proses dalam keadaan prioritas tinggi -N : proses dalam prioritas rendah -dan lain-lain START : saat proses dijalankan TIME : lama proses dijalankan COMMAND : baris perintah yang dijalankan b. Selain itu.] Beberapa merupakan tombol shortcut untuk fungsionalitas yang disertakan top. Zombie.Cara mudah menggunakan ps adalah dengan mengetikkan $ps -aux Maka ps akan menampilkan semua proses yang dijalankan user dalam format berikut: User : pemilik proses PID : identitas unik proses berupa bilangan TTY : terminal di mana proses berjalan TIME : waktu prosesor yang digunakan sejak proses dimulai %CPU : penggunaan CPU oleh proses %MEM : penggunaan memory (dalam KB) oleh proses VSZ : penggunaan virtual memory dalam proses RSS : penggunaan memory yang resident oleh proses TTY : terminal (tty).. daftar dan status proses akan diperbaharui setiap saat secara periodik. Tombol Fungsi h Menampilkan halaman bantuan a Mengurutkan tampilan proses dari yang terbaru sampai dengan yang paling tua .

yaitu: Sinyal (Nomor) Keterangan HUP (1) Hang Up INT (2) Terminal Interrupt QUIT (3) Terminal Quit ABRT (6) Proses abort KILL (9) Kill ALRM (14) Alarm Clock TERM (15) Termination Untuk jenis sinyal yang lebih lengkap. ketikkan: $ %1 . Menghentikan/mematikan proses tertentu. Proses yang berjalan bisa saja dihentikan atau berhenti karena berbagai sebab seperti yang ditulis dalam kolom keterangan.m k q Menampilkan atau menghilangkan tampilan informasi memori Menghentikan proses tertentu Keluar 2. Salah satu kegunaan mengirimkan sinyal yang dapat disesuaikan dengan kondisi tertentu adalah untuk menguji program yang memiliki prosedur penanganan sendiri ketika diberi sinyal tertentu. a. Menunda proses di console Untuk menunda suatu proses yang sedang berjalandi console. maka kita dapat menunda atau menghentikannya dengan perintah kill. jalankan kill –l. Ketikkan %[nomor_id] pada prompt untuk melanjutkan menjalankan proses tersebut. Kita dapat mengetahuinya melalui top dan ps. maka kita perlu PID dari proses tersebut. Contoh : $ info ls (tekan [Ctrl]-z) [1]+stopped info ls Untuk melanjutkannya. Sintaks: $ kill –signal pid Option: -signal: mengirimkan signal dengan nilai tertentu (default 15) pada SIGTERM (Software Termination Program) -pid: proses id (dapat dilihat dengan perintah ps) Contoh: $ updatedb & [1]9659 $ kill 9659 Keterangan: mengirimkan signal 15 pada proses 9659 Perintah kill dapat disertai dengan opsi tipe sinyal yang akan digunakan untuk menghentikan proses. dan menghentikan proses di console. tekan [Ctrl]-z maka proses akan ditunda dan diberi nomor identitas penundaan. Untuk menghentikan proses. Setelah kita mengetahui PID proses tersebut. Memulai. menunda. 3.

Contoh: $ updatedb & [1]2969 Untuk melihat daftar proses yang sedang dijalankan oleh console gunakan perintah jobs $ jobs [1]+Running updatedb Kita dapat juga menghentikan proses di atas dengan perintah kill $ kill %1 [1]+Stopped updatedb $ jobs [1]+Terminated updatedb Untuk mengembalikan proses/perintah ke foreground gunakan perintah fg. Contoh: $ info ls (tekan [Ctrl]-c) b. Menjalankan proses/perintah di foreground dan background Terkadang kita kehabisan console atau tidak ingin pindah ke console lain tetapi kita ingin menjalankan berbagai macam perintah secara bersamaan. Untuk menjalankan proses/perintah di background gunakan tanda & (ampersand) di akhir perintah. Salah satu solusinya adalah menaruh proses yang dijalankan di belakang layar (background) sehingga prompt console akan tetap tersedia untuk perintah lain.Untuk membatalkan proses yang sedang berjalan di console tekan [Ctrl]-c maka proses akan dihentikan/dibatalkan. Contoh: $ updatedb & [1]2987 $ fg %1 $ updatedb .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful