P. 1
rpp-qurdits-klas-x-smt-2

rpp-qurdits-klas-x-smt-2

|Views: 41|Likes:
Published by Mustakim
Uploaded from Google Docs
Uploaded from Google Docs

More info:

Published by: Mustakim on Apr 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/02/2011

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP Nama Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Alokasi Waktu

Standar Kompetensi : Mampu AlQur’an Kompetensi Dasar Tujuan Pembelajaran

: MA PPMI ASSALAM :X/2 : Qur’an Hadits : 7 x 40
mengidentifikasi tentang nikmat-nikmat karunia Allah Allah dan dan

memahami kewajiban mensyukurinya menerapkan ajaran pemanfaatan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq. : Kemampuan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq orang-orang menurut Alqur’an. : Siswa mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq dan menjauhinya.
I.

Indikator
● ●

Membaca AlQur’an surat Al Baqoroh 204-206 dan 8-11 dengan tartil. Menerjemahkan arti dan mufrodat surat Al Baqoroh 204-206 dan 8-11 dengan baik. Menguraikan tafsir surat 204-206 dan 8-11 dengan pemahaman yang benar. Mengambil hukum dan hikmah dari surat Al Baqoroh 204-206 dan 8-11. Mengidentifikasi dampak perbuatan orang-orang munafiq. Menjelaskan dampak perbuatan orang-orang munafiq. : Al Qur’an surat Al Baqoroh 204-206 dan 8-11. : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan studi pustaka.

● ● ● ●

II. Materi ajar

III. Metode Pembelajaran

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama a. Kegiatan awal
● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran.

18
Qurdits X-2

1

b. Kegiatan Inti

Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat al baqoroh 204-206 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar. Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya. Guru menganjurkan siswa untuk terus melafalkan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar. Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar. Guru menerjemahkan surat Al Baqoroh 204-206 perkata. Guru menerjemahkan makna surat Al Baqoroh 204-206. Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir surat Al Baqoroh 204-206 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.

● ● ●

Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui. Guru meguraikan tafsir surat Al Baqoroh 204-206 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

c. Kegiatan Akhir
● ● ● ●

Guru menyimpulkan materi Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang. Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a. Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan menjawab salam.

Pertemuan kedua
a.

Kegiatan Awal
● ● ●

Guru mengkondisikan kelas. Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar. Guru mengabsen siswa. Murid membentuk kelompok diskusi. Guru menyampaikan topik diskusi.

a.

Kegiatan Inti
● ●

18
Qurdits X-2

1

Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasar kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing.

b.

Kegiatan Akhir
● ●

Guru menyimpulkan materi. Guru menutup pelajaran dengan do’a.

Pertemuan ketiga
a.

Kegiatan Awal
● ●

Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar. Guru mengabsen siswa.

a.

Kegiatan Inti Siswa mengali informasi tentang tafsir surat Al Baqoroh 204-206 untuk mengidentifikasi sifat-sifat orang-orang munafiq lewat studi pustaka.

Pertemuan keempat
a.

Kegiatan Awal
● ● ● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar. Guru mengabsen siswa. Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Al Baqoroh 8-11. Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Al Baqoroh dengan tartil. Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya. Salah satu siswa mendemontrasikan bacaan dengan tartil. Siswa menerjemahkan surat Al Baqoroh perkata. Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya. Siswa menerjemahkan surat Al Baqoroh 8-11. Siswa membaca uraian tafsir surat Al Baqoroh berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya. Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui.

b.

Kegiatan Inti
● ●

● ● ●

● ●

18
Qurdits X-2

1

Guru meguraikan tafsir surat Al Baqoroh 8-11 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

c.

Kegiatan Akhir
● ● ●

Guru menyimpulkan materi. Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a. Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan kelima
a.

Kegiatan Awal
● ● ●

Persiapan diskusi Pembagian tugas untuk membahas materi Guru mengarahkan dan memotivasi siswa Diskusi kelompok untuk membahas materi Siswa menyusun hasil diskusi Siswa menyimpulkan hasil diskusi Guru menutup pelajaran dengan do’a

b.

Kegiatan Inti

c.

Kegiatan Akhir
● ● ●

Pertemuan keenam
a.

Kegiatan Awal

Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu Siswa menggali informasi tentang tafsir surat Al Baqoroh 8-11 tentang ciriciri orang-orang munafiq dan bahaya yang ditimbulkan olehnya lewat studi pustaka.

a. ●

Kegiatan Inti

a.

Kegiatan Akhir
● ●

Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya. Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ketujuh

: Penugasan
: Al Qur’an, kurikulum kitab-kitab tafsir, buku-

V. Alat / Bahan / Sumber belajar

buku lain yang relevan.
VI. Penilaian

: 1. Ulangan harian

18
Qurdits X-2

1

2. Ulangan blok 3. Tugas individu 4. Tugas kelompok Sukoharjo, 01 Juni 2007 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mapel

Sigit Rahardja, S.Si

_______________

18
Qurdits X-2

1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP Nama Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Alokasi Waktu
Standar Kompetensi

: MA PPMI ASSALAM :X/I : Qur’an Hadits : 7 x 40

: Mampu membuktikan kebenaran Al Qur’an dan keabsahan kenabian Muhammad SAW, menguraikan tanda-tanda kekuasaan Allah dan memahami tujuan penciptaan jin dan manusia.

Kompetensi Dasar : Kemampuan menggunakan Al Qur’an sebagai sumber nilai dan pemikiran tentang kebesaran dan kekuasaan Allah. Tujuan Pembelajaran
I.

: Siswa mampu mengungkapkan dalil-dalil tentang kebesaran dan kekuasaan Allah.

Indikator

Membaca Al Qur’an surat Nahl 63-66 surat Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74 dengan tartil dan fasih. Menterjemahkan arti mufrodat Al Qur’an surat Nahl 63-66, surat Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74 dengan benar. Menguraikan tafsir surat Nahl 63-66, surat Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74 dengan pemahaman yang benar. Mengambil pelajaran, hukum dan hikmah yang terkandung di dalam surat Nahl 63-66 Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74.

II. Materi Ajar

: Surat Nahl 63-66, Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74. : Ceramah, tanya jawab dan studi pustaka, diskusi.

III. Metode Pembelajaran

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama
a. ● ●

Kegiatan Awal Guru mengkondisikan kelas. Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran.

18
Qurdits X-2

1

Guru mengabsen siswa.

Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Nahl 63-66, Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74.

b.

Kegiatan Inti

Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Nahl 63-66 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar. Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara kasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya. Guru menganjurkan siswa untuk terus melafalkan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar. Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar. Guru menerjemahkan surat Nahl 63-66 perkata. Guru menerjemahkan makna surat Nahl 63-66 Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir surat Nahl 63-66 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.

● ● ●

Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui. Guru meguraikan tafsir surat Nahl 63-66 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

c.

Kegiatan Akhir
● ● ● ●

Guru menyimpulkan materi Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang. Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a. Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan menjawab salam.

Pertemuan kedua
a.

Kegiatan Awal
● ● ●

Guru mengkondisikan kelas. Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar. Guru mengabsen siswa.

18
Qurdits X-2

1

a.

Kegiatan Inti
● ● ●

Murid membentuk kelompok diskusi. Guru menyampaikan topik diskusi. Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasar kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing.

b.

Kegiatan Akhir
● ●

Guru menyimpulkan materi. Guru menutup pelajaran dengan do’a.

Pertemuan ketiga
a.

Kegiatan Awal
● ● ● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar. Guru mengabsen siswa. Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Nahl 67-70. Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Nahl 67-70 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar. Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang keliru dalam melafalkannya. Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar. Siswa menerjemahkan surat Nahl 67-70 perkata. Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak tahu artinya. Siswa menerjemahkan surat Nahl 67-70 Siswa membaca uraian tafsir surat Nahl 67-70 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya. Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui. Guru meguraikan tafsir surat Nahl 67-70 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

b.

Kegiatan Inti

● ●

● ●

c.

Kegiatan Akhir

18
Qurdits X-2

1

● ● ●

Guru menyimpulkan materi. Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a. Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Pertemuan keempat
a.

Kegiatan Awal
● ●

Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar Guru mengabsen siswa

b. Kegiatan Inti Siswa menggali informasi tentang tafsir surat Nahl 67-70 sebagai bukti kebesaran tanda-tanda kekuasaan Allah lewat studi pustaka.
b.

Kegiatan Akhir
● ●

Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya. Guru menutup pelajaran dengan do’a.

Pertemuan kelima
a.

Kegiatan Awal
● ● ● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar. Guru mengabsen siswa. Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Al Waqiyah 58-74. Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Al Waqiyah 58-74 dengan tartil. Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya. Salah satu siswa mendemontrasikan bacaan dengan tartil. Siswa menerjemahkan surat Al Waqiyah 58-74 perkata. Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya. Siswa menerjemahkan surat Al Waqiyah 58-74.

b.

Kegiatan Inti
● ●

● ● ●

18
Qurdits X-2

1

Siswa membaca uraian tafsir surat Al Waqiyah 58-74 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya. Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui. Guru meguraikan tafsir surat Al Waqiyah 58-74 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

c.

Kegiatan Akhir
● ● ●

Guru menyimpulkan materi. Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a. Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan keenam a. Kegiatan Awal
Persiapan diskusi ● Pembagian tugas untuk membahas materi ● Guru mengarahkan dan memotivasi siswa b. Kegiatan Inti ● Diskusi kelompok untuk membahas materi c. Kegiatan Akhir ● Siswa menyusun hasil diskusi ● Siswa menyimpulkan hasil diskusi ● Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ketujuh a. Kegiatan Awal
Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu b. Kegiatan Inti ● Siswa menggali informasi tentang tafsir surat Al Waqiyah untuk menguraikan tanda-tanda kekuasaan Allah lewat studi pustaka. c. Kegiatan Akhir ● Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya. ● Guru menutup pelajaran dengan do’a
● VII.

Alat / Bahan / Sumber belajar buku lain yang relevan.

: Al Qur’an, kurikulum kitab-kitab tafsir, buku-

18
Qurdits X-2

1

VIII. Penilaian : 1. Ulangan harian

2. Ulangan blok 3. Tugas individu 4. Tugas kelompok Sukoharjo, 01 Juni 2007 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mapel

Sigit Rahardja, S.Si

________________

18
Qurdits X-2

1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP Nama Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Alokasi Waktu
Standar Kompetensi

: MA PPMI ASSALAM :X/I : Qur’an Hadits : 8 x 40

: Mampu membuktikan kebenaran Al Qur’an dan keabsahan kenabian manusia. Muhammad SAW, menguraikan tanda-tanda kekuasaan Allah dan memahami tujuan penciptaan jin dan

Kompetensi Dasar : Kemampuan membuktikan kebesaran Al Qur’an dan keabsahan kenabian Muhammad SAW berdasarkan ayat-ayat Al Qur’an Tujuan Pembelajaran
I.

: Siswa meyakini kebenaran Al Qur’an dan keabsahan kenabian Muhammad SAW.

Indikator

Membaca Al Qur’an surat Yunus 37-39 surat Al Haqqah 38-52, Al Baqoroh 2324 dan Al An’am 114-117 dengan tartil dan fasih. Menterjemahkan arti mufrodat Al Qur’an surat Yunus 37-39, surat Al Haqqah 38-52, Al Baqoroh 23-24 dan Al An’am 114-117. Menguraikan tafsir surat Yunus 37-39, surat Al Haqqah 38-52, Al Baqoroh 2324 dan Al An’am 114-117 dengan pemahaman yang benar. Mengambil pelajaran, hukum dan hikmah yang terkandung di dalam surat Yunus 37-39, surat Al Haqqah 38-52, Al Baqoroh 23-24 dan Al An’am 114-117.

II. Materi Ajar : Surat Yunus 37-39, Al haqqah 38-52, Al Baqoroh 23-24 dan Al An’am

114-117.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan studi pustaka.

IV. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan Pertama
a.

Kegiatan Awal
● ● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar. Guru mengabsen siswa.

18
Qurdits X-2

1

● b.

Guru mengemukakan tujuan pembelajaran surat Yunus 37-39. Guru melafalkan bacan Al Qur’an surat Yunus dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar. Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya. Guru menganjurkan siswa untuk terus melafalkan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar. Guru menerjemahkan surat Yunus 37-39 perkata. Guru menerjemahkan makna surat Yunus 37-39. Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir surat Yunus 37-39 berdasarkan buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.

Kegiatan Inti

● ● ●

Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak di ketahui. Guru menguraikan tafsir surat Yunus 37-39 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

c.

Kegiatan Akhir
● ● ● ●

Guru menyimpulkan materi Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang. Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a. Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Pertemuan Kedua
a.

Kegiatan Awal
● ● ●

Guru mengkondisikan kelas. Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar. Guru mengabsen siswa. Murid membentuk kelompok diskusi. Guru menyampaikan topik diskusi. Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasar kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing.

b. Kegiatan Inti
● ● ●

18
Qurdits X-2

1

c.

Kegiatan Akhir
● ●

Guru menyimpulkan materi. Guru menutup pelajaran dengan do’a.

Pertemuan ketiga
a.

Kegiatan Awal
● ● ● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar. Guru mengabsen siswa. Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Al Haqqah 38-52. Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Al Haqqah 38-52 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar. Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang keliru dalam melafalkannya. Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar. Siswa menerjemahkan surat Al Haqqah 38-52 perkata. Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak tahu artinya. Siswa menerjemahkan surat Al Haqqah 38-52 Siswa membaca uraian tafsir surat Al Haqqah 38-52 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya. Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui. Guru meguraikan tafsir surat Al Haqqah 38-52 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

b.

Kegiatan Inti

● ●

● ●

c.

Kegiatan Akhir
● ● ●

Guru menyimpulkan materi. Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a. Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

18
Qurdits X-2

1

Pertemuan keempat
a.

Kegiatan Awal
● ●

Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar Guru mengabsen siswa Siswa menggali informasi tentang tafsir surat Al Haqqah 38-52 sebagai bukti kebenaran tanda-tanda kekuasaan Allah lewat studi pustaka.

b.

Kegiatan Inti

c.

Kegiatan Akhir
● ●

Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya. Guru menutup pelajaran dengan do’a.

Pertemuan kelima
a.

Kegiatan Awal
● ● ● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar. Guru mengabsen siswa. Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Al Baqoroh 23-24 Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Al Baqoroh 23-24 dengan tartil. Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya. Salah satu siswa mendemontrasikan bacaan dengan tartil. Siswa menerjemahkan surat Al Baqoroh 23-24 perkata. Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya. Siswa menerjemahkan surat Al Baqoroh 23-24 Siswa membaca uraian tafsir surat Al Baqoroh 23-24 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya. Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui. Guru meguraikan tafsir surat Al Baqoroh 23-24 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

b.

Kegiatan Inti
● ●

● ● ●

● ●

c.

Kegiatan Akhir

18
Qurdits X-2

1

● ● ●

Guru menyimpulkan materi. Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a. Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan keenam
a.

Kegiatan Awal
● ● ●

Persiapan diskusi Pembagian tugas untuk membahas materi Guru mengarahkan dan memotivasi siswa

b.

Kegiatan Inti

Diskusi kelompok Siswa menyusun hasil diskusi Siswa menyimpulkan hasil diskusi Guru menutup pelajaran dengan do’a

c.

Kegiatan Akhir
● ● ●

Pertemuan ketujuh
a. Kegiatan Awal ● ● ● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a Guru mengabsen siswa Guru mengemukakan tujuan pembelajaran surat Al An’am 114-117. Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Al An’am 114-117 dengan tartil. Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya. Salah satu siswa mendemontrasikan bacaan dengan tartil. Siswa menerjemahkan surat Al An’am 114-117 perkata. Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya. Siswa menerjemahkan surat Al An’am 114-117

b. Kegiatan Inti ● ●

● ● ●

18
Qurdits X-2

1

Siswa membaca uraian tafsir surat Al An’am 114-117 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya. Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui. Guru meguraikan tafsir surat Al An’am 114-117 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

c. Kegiatan Akhir ● ●

Guru menyimpulkan materi Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan kedelapan a. Kegiatan Awal

Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu Siswa mengali informasi tentang tafsir surat Al An’am 114-117 sebagai bukti kebenaran Al Qur’an dan keabsahan kenabian Muhammad SAW lewat studi pustaka.

b. Kegiatan Inti

c. Kegiatan Akhir
● ●

Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya. Guru menutup pelajaran dengan do’a : Al Qur’an, kurikulum kitab-kitab tafsir, buku-

V. Alat / Bahan / Sumber belajar

buku lain yang relevan.
VI. Penilaian

: 1. Ulangan harian 2. Ulangan blok 3. Tugas individu 4. Tugas kelompok Sukoharjo, 01 Juni 2007

Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mapel

Sigit Rahardja, S.Si

________________

18
Qurdits X-2

1

18
Qurdits X-2

1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP Nama Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Alokasi Waktu
Standar Kompetensi : Mampu

: MA PPMI ASSALAM :X/2 : Qur’an Hadits : 8 x 40
mengidentifikasi nikmat-nikmat Allah dan

memahami kewajiban mensyukurinya, menerapkan ajaran Al Qur’an tentang pemanfaatan karunia Allah dan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq. Kompeatensi Dasar Tujuan Pembelajaran : Kemampuan memahami pemanfaatan karunia Allah. : Siswa mampu menjelaskan ayat Al Qur’an tentang pendayagunaan karunia Allah. 1. Indikator

ajaran Al

Qur’an

tentang

Membaca Al Qur’an Surat Al Furqon 45 – 49. Al Baqoroh 26 – 27 dan Al An’am 141 – 144. Menerjemahkan arti mufrodat Surat Al Furqon 45 – 49, Al Baqoroh 26 – 27 dan Al an’ am141 -144 Menguraikan tafsir Surat Al Furqon 45 – 49 Al Baqoroh 26 – 27 dan Al an’ am141 -144. Menyimpulkan kandungan Surat Al Furqon 45 – 49. Al Baqoroh 26 – 27 dan Al An’am 141 – 144.

II. Materi ajar An’am

: Surat Al Furqon 45 – 49. Al Baqoroh 26 – 27 dan Al 141 – 144.

III.Metode pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab , diskusi dan studi pustaka.

IV. Langkah – langkah pembelajaran

Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 18
Qurdits X-2

1

● ● ● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran Guru dan siswa mengabsen siswa Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Guru melafalkan bacaan Al Qur’an Al Furqon 45 – 49 makhroj yang baik dan benar. Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakana oleah Guru secara klasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalakanya Guru menganjurakan siswa untuk terus melafalakan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar. Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar. Guru menerjemahkan Surat Al Furqon 45 – 49 perkata. Guru menerjemahkan makna Surat Al Furqon 45 – 49. Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir Surat Al Furqon 45 – 49 berdasar buku Aisaut Tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.

b. Kegiatan Inti

● ● ●

Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjealaskan kata yang tidak diketahui. Guru menguraikan tafsir Surat Al Furqon 45 – 49 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

C. Kegiatan Akhir
● ● ● ●

Guru menyimpulkan materi Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang Guru menutup , mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Pertemuan ke dua a. Kegiatan awal
● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar

18
Qurdits X-2

1

Guru mengabsen siswa

Pertemuan ke Tiga a. Kegiatan awal
● ●

Guru dan Siswa membaca do’a sebelum belajar Guru mengabsen siswa Siswa menggali Imformasi tentang tafsir Surat Al Furqon 45 – 49 sebagai bukti kebesaran tanda – tanda kekuasaan dan karunia Allah terhadap hamba yang harusd dimanfaatkan sebaik-baiknya lewat studi pustaka.

b. Kegiatan Inti

c. Kegiatan Akhir
● ●

Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke empat a. Kegiatan awal
● ● ● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar Guru mengabsen siswa Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Surat Al Baqoroh 26 -27.

b.Kegiatan Inti
● ●

Guru melafalkan bacaan Al Qur’an Surat Al Baqoroh 26 -27 dengan tartil Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakana oleah Guru secara klasikal. Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalakanya Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar. Siswa menerjemahkan Surat Al Baqoroh 26 -27 perkata Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya Siswa menerjemahkan Surat Al Baqoroh 26 -27

● ●

18
Qurdits X-2

1

Siswa membaca uraian tafsir Surat Al Baqoroh 26 -27 berdasar buku Aisarut Tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya. Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjealaskan kata yang tidak diketahui. Guru menguraikan tafsir Surat Al Baqoroh 26 -27 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

c. Kegiatan akhir
● ● ● ●

Guru menyimpulkan materi Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang Guru menutup , mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas

Pertemuan ke lima a. Kegiatan Awal
● ● ●

Persiapan diskusi Pembagian tugas untuk membahas materi Guru mengarahkan dan memotivasi siswa Diskusi kelompok untuk membahas materi Siswa menyusun hasil diskusi Siswa menyimpulkan hasil diskusi Guru menutup pelajaran dengan do’a

b. Kegiatan Inti

c. Kegiatan akhir
● ● ●

Pertemuan ke Enam a. Kegiatan awal
● ● ●

Guru mengkondisikan kelas Guru dan siswa membaca do’a. Guru mengabsen siswa. Guru melafalkan bacaan Al Qur’an Surat Al An ‘am 141 -144 dengan tartil Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakana oleah Guru secara klasikal.

b. Kegiatan inti

18
Qurdits X-2

1

Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalakanya Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan tartil. Siswa menerjemahkan Surat Al An ‘am 141 -144 Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkan apabila siswa keliru dalam melafalkannya Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar Siswa menerjemahkan Surat Al An ‘am 141 -144 perkata Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak tahu artinya. Siswa menerjemahkan Surat Al An ‘am 141 -144 Siswa membaca uraian tafsir Surat Al An ‘am 141 -144 berdasar buku Aisarut Tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya. Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjealaskan kata yang tidak diketahui. Guru menguraikan tafsir Surat Al Baqoroh 26 -27 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.

● ● ●

● ●

d. Kegiatan akhir
● ● ● ●

Guru menyimpulkan materi Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang Guru menutup , mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas

Pertemuan ke tujuh a. Kegiatan awal
● ● ●

Persiapan diskusi Pembagian tugas untuk membahas materi Guru mengarahkan dan memotivasi siswa Diskusi kelompok untuk membahas materi Siswa menyusun hasil diskusi Siswa menyimpulkan hasil diskusi

b. Kegiatan inti

c.Kegiatan akhir
● ●

18
Qurdits X-2

1

Guru menutup pelajaran dengan doa

Pertemuan ke delapan a. Kegiatan awal
Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu

b. Kegiatan inti

Siswa mengali informasi te3ntang tafsir Al An’am 141 -144 untuk menganalisis kandungan didalamnya lewat studi pustaka.

c. Kegiatan akhir
● ● ●

Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan dan hasil studi pustakanya Guru menutup pelajaran dengan doa : Al Qur’an, kurikulum kitab-kitab tafsir, buku-

V. Alat / Bahan / Sumber belajar buku lain yang relevan. VI. Penilaian :

1. Ulangan harian 2. Ulangan blok 3. Tugas individu 4. Tugas kelompok

Sukoharjo, Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mapel

01 Juni 2007

Sigit Rahardja, S.Si

________________

18
Qurdits X-2

1

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->