P. 1
topologi jaringan

topologi jaringan

|Views: 265|Likes:
Published by Joel Fadhli

More info:

Published by: Joel Fadhli on Apr 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/03/2014

pdf

text

original

Macam-Macam Topologi Jaringan

Oleh Faisal Akib Arsitektur topologi merupakan bentuk koneksi fisik untuk menghubungkan setiap node pada sebuah jaringan. Pada sistem LAN terdapat tiga topologi utama yang paling sering digunakan: bus, star, dan ring. Topologi jaringan ini kemudian berkembang menjadi topologi tree dan mesh yang merupakan kombinasi dari star, mesh, dan bus. Dengan populernya teknologi nirkabel dewasa ini maka lahir pula satu topologi baru yaitu topologi wireless. Berikut topologi-topologi yang dimaksud: 1. 2. 3. 4. 5. 6. Topologi Bus Topologi Ring (Cincin) Topologi Star (Bintang) Topologi Tree (Pohon) Topologi Mesh (Tak beraturan) Topologi Wireless (Nirkabel)

Topologi Bus Topologi bus ini sering juga disebut sebagai topologi backbone, dimana ada sebuah kabel coaxial yang dibentang kemudian beberapa komputer dihubungkan pada kabel tersebut.
y

Secara sederhana pada topologi bus, satu kabel media transmisi dibentang dari ujung ke ujung, kemudian kedua ujung ditutup dengan ³terminator´ atau terminating-resistance (biasanya berupa tahanan listrik sekitar 60 ohm).

GAMBAR: Prinsip Topologi Bus
y y y y

Pada titik tertentu diadakan sambungan (tap) untuk setiap terminal. Wujud dari tap ini bisa berupa ³kabel transceiver´ bila digunakan ³thick coax´ sebagai media transmisi. Atau berupa ³BNC T-connector´ bila digunakan ³thin coax´ sebagai media transmisi. Atau berupa konektor ³RJ-45´ dan ³hub´ bila digunakan kabel UTP.

yaitu Protokol Ethernet atau CSMA/CD.y Transmisi data dalam kabel bersifat ³full duplex´. semua terminal bisa menerima transmisi data.3. Pemakaian kabel coax (10Base5 dan 10Base2) telah distandarisasi dalam IEEE 802.5 m 1 cm 10Base2 10 Mbps 185 m 1000 m 30 0. GAMBAR: Koneksi kabel-transceiver pada topologi Bus y y Suatu protokol akan mengatur transmisi dan penerimaan data. . yaitu sbb: TABEL: Karakteritik Kabel Coaxial 10Base5 Rate Data Panjang / segmen Rentang Max Tap / segmen Jarak per Tap Diameter kabel 10 Mbps 500 m 2500 m 100 2.5 cm y Melihat bahwa pada setiap segmen (bentang) kabel ada batasnya maka diperlukan ³Repeater´ untuk menyambungkan segmen-segmen kabel.5 m 0. dan sifatnya ³broadcast´.

Semua komputer dalam jaringan akan di hubungkan pada sebuah cincin.GAMBAR: Perluasan topologi Bus menggunakan Repeater Kelebihan topologi Bus adalah: y y y Instalasi relatif lebih murah Kerusakan satu komputer client tidak akan mempengaruhi komunikasi antar client lainnya Biaya relatif lebih murah Kelemahan topologi Bus adalah: y y y Jika kabel utama (bus) atau backbone putus maka komunikasi gagal Bila kabel utama sangat panjang maka pencarian gangguan menjadi sulit Kemungkinan akan terjadi tabrakan data(data collision) apabila banyak client yang mengirim pesan dan ini akan menurunkan kecepatan komunikasi. Cincin ini hampir sama fungsinya dengan concenrator pada topologi star yang menjadi pusat berkumpulnya ujung kabel dari setiap komputer yang terhubung. Topologi Ring (Cincin) Topologi ring biasa juga disebut sebagai topologi cincin karena bentuknya seperti cincing yang melingkar. .

yaitu dengan cara membandingkan alamat yang ada pada paket data dengan alamat terminal itu sendiri. Apabila alamat tersebut sama maka data kiriman disalin. dimana jalur transmisi hanya ³satu arah´. dan mampu melakukan ketiga fungsi dari topologi cincin. Pemindahan data adalah proses dimana kiriman data diambil kembali oleh terminal pengirim karena tidak ada terminal yang menerimanya (mungkin akibat salah alamat). Jika data tidak diambil kembali maka data ini akan berputar-putar dalama saluran. . penerimaan data. Pada hakekatnya setiap terminal dalam jaringan cincin adalah ³repeater´. Penerimaan data adalah proses ketika terminal yang dituju telah mengambil data dari saluran. Pada jaringan bus hal ini tidak akan terjadi karena kiriman akan diserap oleh ³terminator´.y Secara lebih sederhana lagi topologi cincin merupakan untaian media transmisi dari satu terminal ke terminal lainnya hingga membentuk suatu lingkaran. Tiga fungsi yang diperlukan dalam topologi cincin : penyelipan data. GAMBAR: Prinsip Koneksi Topologi Ring y y y y Penyelipan data adalah proses dimana data dimasukkan kedalam saluran transmisi oleh terminal pengirim setelah diberi alamat dan bit-bit tambahan lainnya. dan pemindahan data.

o Pemasangan terminal baru menyebabkan gangguan terhadap jaringan. o Simpul pusat beroperasi sebagai ³switch´. Alternatif ini menggunakan HUB. Topologi Star (Bintang) Disebut topologi star karena bentuknya seperti bintang. y y Pada topologi Bintang (Star) sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi yang terjadi. o Simpul pusat beroperasi secara ³broadcast´ yang menyalurkan data ke seluruh arah. akternatif ini menggunakan MAU sebagai pengendali. Terminal kontrol pusat bisa berupa sebuah komputer yang difungsikan sebagai pengendali tetapi bisa juga berupa ³HUB´ atau ³MAU´ (Multi Accsess Unit). terminal baru harus mengenal dan dihubungkan dengan kedua terminal tetangganya. GAMBAR: Prinsip Koneksi Topologi Star y Terdapat dua alternatif untuk operasi simpul pusat.y y Sistem yang mengatur bagaimana komunikasi data berlangsung pada jaringan cincin sering disebut token-ring. . Kemungkinan permasalahan yang bisa timbul dalam jaringan cincin adalah: o Kegagalan satu terminal / repeater akan memutuskan komunikasi ke semua terminal. dimana semua komputer dalam jaringan dihubungkan ke concentrator ini. Pada operasi ini walaupun secara fisik kelihatan sebagai bintang namun secara logik sebenarnya beroperasi seperti bus. sebuah alat yang disebut concentrator bisa berupa hub atau switch menjadi pusat. Terminal-terminal lainnya melalukan komunikasi melalui terminal pusat ini. data kiriman diterima oleh simpul kemudian dikirim hanya ke terminal tujuan (bersifat point-to-point).

dan pada setiap cabang terhubung beberapa terminal dalam bentuk bus. semakin banyak semakin lambat. o Kegagalan pada satu komponen/terminal tidak mempengaruhi komunikasi terminal lain. Media transmisi merupakan satu kabel yang bercabang namun loop tidak tertutup. atau dicabang lagi hingga menjadi rumit. Kelemahan topologi bintang: o Kegagalan pusat kontrol (simpul pusat) memutuskan semua komunikasi o Bila yang digunakan sebagai pusat kontrol adalah HUB maka kecepatan akan berkurang sesuai dengan penambahan komputer. Ada dua kesulitan pada topologi ini: . Dari headend beberapa kabel ditarik menjadi cabang. kegagalan komunikasi mudah ditelusuri.y y y Bila menggunakan HUB maka secara fisik sebenarnya jaringan berbentuk topologi Bintang namun secara logis bertopologi Bus. Kelebihan topologi bintang : o Karena setiap komponen dihubungkan langsung ke simpul pusat maka pengelolaan menjadi mudah. Topologi Tree (Pohon) y Topologi pohon adalah pengembangan atau generalisasi topologi bus. Bila menggunakan MAU maka baik fisik maupun logis bertopologi Bintang. GAMBAR: Prinsip Koneksi Topologi Tree y y Topologi pohon dimulai dari suatu titik yang disebut ³headend´.

dsb. o Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisi dari terminal terminal dalam jaringan. atau kepada siapa transmisi data ditujukan. Topologi ini dikenal dengan berbagai nama. Karena tidak teratur maka kegagalan komunikasi menjadi sulit dideteksi. o Topologi Mesh (Tak beraturan) y y Topologi Mesh adalah topologi yang tidak memiliki aturan dalam koneksi.Karena bercabang maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim. Model dasar dari LAN nirkabel adalah sbb: . Topologi ini biasanya timbul akibat tidak adanya perencanaan awal ketika membangun suatu jaringan. GAMBAR: Prinsip Koneksi Topologi Mesh Topologi Wireless (Nirkabel) y y Jaringan nirkabel menjadi trend sebagai alternatif dari jaringan kabel. dan ada kemungkinan boros dalam pemakaian media transmisi. WaveLAN. HotSpot. misalnya WLAN. terutama untuk pengembangan LAN tradisional karena bisa mengurangi biaya pemasangan kabel dan mengurangi tugas-tugas relokasi kabel apabila terjadi perubahan dalam arsitektur bangunan dsb.

yang terdiri atas sejumlah station / terminal yang menjalankan protokol yang sama dan berlomba dalam hal akses menuju media bersama yang sama. Suatu BSS bisa terhubung langsung atau terpisah dari suatu sistem distribusi backbone melalui titik akses (Access Point).GAMBAR: Prinsip LAN Nirkabel y y y y Blok terkecil dari LAN Nirkabel disebut Basic Service Set (BSS). Protokol MAC bisa terdistribusikan secara penuh atau terkontrol melalui suatu fungsi kordinasi sentral yang berada dalam titik akses. Interaksi antara LAN nirkabel dengan jenis LAN lainnya digambarkan sebagai berikut: y . Suatu Extended Service Set (ESS) terdiri dari dua atau lebih BSS yang dihubungkan melalui suatu sistem distribusi.

.GAMBAR: Koneksi Jaringan Nirkabel y y y y Pada suatu jaringan LAN bisa terdapat LAN berkabel backbone. o Koneksi ke LAN backbone: modul kontrol (CM) harus mampu menghubungkan suatu jaringan LAN ke jaringan LAN lainnya atau suatu jaringan ad-hoc nirkabel. o LAN spektrum penyebaran: beroperasi pada band-band ISM (industrial. Syarat-syarat LAN nirkabel : o Laju penyelesaian: protokol medium access control harus bisa digunakan seefisien mungkin oleh media nirkabel untuk memaksimalkan kapasitas. o Daerah layanan: daerah jangkauan untuk LAN nirkabel biasanya memiliki diameter 100 hingga 300 meter. seperti bluetooth. Teknologi LAN nirkabel: o LAN infrared (IR) : terbatas dalam sebuah ruangan karena IR tidak mampu menembus dinding yang tidak tembus cahaya. workstation. WiFi. dan HomeRF. Selain itu terdapat modul kontrol (CM) yang bertindak sebagai interface untuk jaringan LAN nirkabel. Selain itu terdapat Hub dan juga modul pemakai (UM) yang mengontrol sejumlah stasiun LAN berkabel. o Kekokohan dan keamanan transmisi: sistem LAN nirkabel harus handal dan mampu menyediakan sistem pengamanan terutama penyadapan. o LAN gelombang radio : terbatas dalam sebuah kompleks gedung. scientific. Penggunaan teknologi LAN nirkabel lainnya adalah untuk menghubungkan LAN pada bangunan yang berdekatan. medical) yang tidak memerlukan lisensi. CM meliputi baik fungsi bridge ataupun fungsi router untuk menghubungkan LAN nirkabel dengan jaringan induk. o Jumlah simpul: LAN nirkabel perlu mendukung ratusan simpul pada sel-sel multipel. seperti ³Ethernet´ yang mendukung server. dan satu atau lebih bridge / router untuk dihubungkan dengan jaringan lain.

Product sejenis ini adalah: y y Cisco 3com .o Gelombang mikro narrowband : beroperasi pada frekuensi gelombang mikro yang tidak termasuk dalam spektrum penyebaran. Anda mungkin bingung dengan definisi di atas. router menyaring (filter) lalu lintas data. Perbedaannya. Anda menggunakan router ketika akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. Sebuah IP router bisa membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lain. Jaringan ini bisa berupa jaringan pribadi (LAN/WAN) atau jaringan publik (Internet). Komponen Jaringan: Router Oleh Faisal Akib Prinsip Kerja Komponen Jaringan Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. tetapi untuk mudah diingat. Penyaringan dilakukan bukan dengan melihat alamat paket data. tetapi dengan menggunakan protokol tertentu. Router muncul untuk menangani perlunya membagi jaringan secara logikal bukan fisikal.

bridges dan router lainnya. router mengetahui alamat komputerr. router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal. mereka harus membeli router.GAMBAR Router yang menghubungkan beberapa jaringan Sebuah Router mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih. Ini berarti sebuah router dapat menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke Internet. ini juga berarti mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet. Komponen Jaringan: Router Oleh Faisal Akib Prinsip Kerja Komponen Jaringan . Sementara Bridge dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan.

Jaringan ini bisa berupa jaringan pribadi (LAN/WAN) atau jaringan publik (Internet). Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke Internet.Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. mereka harus membeli router. ini juga berarti mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet. Anda menggunakan router ketika akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. Ini berarti sebuah router dapat menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. router menyaring (filter) lalu lintas data. Router muncul untuk menangani perlunya membagi jaringan secara logikal bukan fisikal. bridges dan router lainnya. tetapi untuk mudah diingat. Perbedaannya. Penyaringan dilakukan bukan dengan melihat alamat paket data. Komponen Jaringan: Bridge dan Switch . Product sejenis ini adalah: y y Cisco 3com GAMBAR Router yang menghubungkan beberapa jaringan Sebuah Router mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih. Sementara Bridge dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan. router mengetahui alamat komputerr. Sebuah IP router bisa membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lain. tetapi dengan menggunakan protokol tertentu. router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal. Anda mungkin bingung dengan definisi di atas.

paket akan ditolak. corebuilder . Switch store-and-forward. Anda mendapatkan keuntungan karena setiap segmen jaringan memiliki bandwidth 10Mbps penuh. Di pasaran Anda juga bisa memilih switch hibrid yang menggabungkan arsitektur cut-through dan store-andforward. Switch adalah perluasan dari konsep bridge. kebalikannya. menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan. Dengan switch. tidak terbagi seperti pada ³shared network. Bridge juga bisa mencegah pesan rusak untuk tak menyebar keluar dari satu segmen.Oleh Faisal Akib Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah.´ Saat ini banyak orang memilih menggunakan jaringan Ethernet 10Mbps pada segmen-segmennya dan Fast Ethernet 100Mbps pada koneksi ke server. Product sejenis ini adalah: y 3com superstack. paket diteruskan ke segmen tujuannya. Ketika menerima sebuah paket. switch hanya memperhatikan alamat tujuannya sebelum meneruskan ke segmen tujuan. Jika segmennya sama. kecepatan switch storeand-forward ditingkatkan sehingga mendekati kecepatan switch cut-through. Switch yang dimaksud di sini adalah LAN switch. Dengan teknologi terbaru. Jaringan yang dibentuk dari sejumlah switch yang saling terhubung disebut ³collapsed backbone. Switch cut-through memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang. bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Waktu yang diperlukan untuk memeriksa satu paket memakan waktu.´ Dengan demikian kecepatan transfer data lebih tinggi. Untuk keperluan ini digunakan switch 10/100 yang biasanya memiliki beberapa (4-24) port 10Mbps untuk koneksi ke komputer klien dan 1 port 100Mbps ke komputer server. jika segmennya berbeda. yaitu : y y cut-through store-and-forward. tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tak mengganggu jaringan. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi bridge. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama.

salah satu port pada hub terhubung ke komputer server. Unmanageable Hub. hub adalah perangkat penghubung. Sebagian hub ² terutama dari generasi yang lebih baru ² bisa ditumpuk (stackable) untuk mendukung jumlah port yang lebih banyak.y y cisco catalyst dlink Komponen Jaringan: Concentrator atau HUB Oleh Faisal Akib Secara sederhana. Pada jaringan bertopologi star. Pada jaringan sederhana. Jumlah tumpukan maksimal bergantung dari merek hub. yaitu y y Manageable Hub. Bisa juga hub tak langsung terhubung ke server tetapi juga ke hub lain. GAMBAR: Prinsip Kerja HUB Dari sisi pengelolaan ada dua jenis hub. . hub adalah perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik (dalam hal ini komputer yang sudah memasang NIC) bergabung menjadi satu jaringan. rata-rata mencapai 5 ± 8. Hub memiliki 4 ± 24 port plus 1 port untuk ke server atau hub lain (uplink). ini terutama terjadi pada jaringan yang cukup besar. Hub yang bisa ditumpuk biasanya pada bagian belakangnya terdapat 2 port untuk menghubungkan antar hub.

misalnya ke komputer atau peralatan jaringan lainnya. dengan protokol CSMA/CD atau Ethernet. Kumpulan hub yang membentuk jaringan hub disebut sebagai ³shared Ethernet. bandwidth rata-rata yang bisa digunakan oleh masing-masing anggota jaringan tersebut hanyalah 1Mbps. Tiap jenis kabel memiliki konektor yang berbeda-beda. Komponen Jaringan: Konektor Oleh Faisal Akib GAMBAR: Konektor BNC untuk Kabel Coaxial Konnektor merupakan pengubung antara kabel yang digunakan sebagai media transmisi dengan komponen dimana kabel tersebut akan dihubungkan. maka secara kasar jika semua komputer secara bersama mengirimkan data. BNC Connector dan Terminator. repeater bekerja memperkuat sinyal agar data bisa mencapai jarak yang lebih jauh. Konektor BNC terdiri atas BNC T Connector. Misalkan hub yang digunakan adalah Ethernet 10Mbps dan pada jaringan tersebut tersambung 10 komputer. Satu hal yang perlu diingat. Sesuai namanya. Konektor RJ-45 digunakan pada jenis kabel STP atau UTP dengan topologi star dan dengan protokol CSMA/CD atau Ethernet.Manageable hub adalah hub yang bisa dikelola melalui software biasanya menggunakan browser IE ² sedangkan unmanageable hub tak bisa. . Nah bagaimana pula jika penggunanya hanya sendirian ? GAMBAR: Contoh HUB Pada jaringan bertopologi bus. pada Topologi Bus.´ Pada jaringan terbagi seperti itu. hub hanya memungkinkan pengguna untuk berbagi (share) jalur yang sama. setiap anggota hanya akan mendapatkan persentase tertentu dari bandwidth jaringan yang ada. Jenis konektor ini digunakan pada kabel coaxial. ada juga perangkat sejenis hub ² namanya repeater.

ATM.GAMBAR Konektor RJ-45 Sementara untuk aplikasi konektor fiber optic digunakan pada jenis kabel fiber optic dengan berbagai macam topologi baik bus. star. Protokol yang mungkin digunakan adalah FDDI. dl Network Interface Card (NIC) Oleh Faisal Akib GAMBAR: Network Interface Card (NIC) . Frame Relay. dan ring.

yaitu PCI (Peripheral Component Interconnect) dan ISA (Industry Standard Architecture). A. Di pasaran. di bagian belakang Anda bisa melihat ada dua deret slot. tipe kabel yang didukung.Network interface card adalah kartu ² maksudnya papan elektronik ² yang ditanam pada setiap komputer yang terhubung ke jaringan. kartu SCSI (Small Computer System Interface) ± untuk membuat komputer bisa berkomunikasi dengan perangkat berbasis SCSI -. kartu Ethernet saat ini boleh dibilang sudah sangat murah. Saat Anda membeli komputer. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair. yaitu slot PCI dan slot ISA. Jika Anda membuka kotak (casing) komputer Anda. Anda bisa menanyakan penjualnya apakah pada komputer sudah dipasangkan NIC. Ethernet mendukung kecepatan transfer data sampai 10Mbps. dan ATM. Sebagai sedikit penjelasan. Slot PCI mendukung kecepatan I/O (input/output) yang lebih tinggi. tetapi kurang populer. Namun saat ini juga ada kartu combo yang mendukung Ethernet maupun Fast Ethernet. Jika memilih untuk menggunakan protokol Ethernet. Kartu combo bisa mendeteksi sendiri berapa kecepatan yang sedang digunakan pada jaringan. jenis protokol yang saat ini paling banyak digunakan adalah Ethernet dan Fast Ethernet. sedangkan Fast Ethernet mendukung kecepatan transfer data sampai 100Mbps. Ada dua macam tipe kartu. kartu suara (untuk membuat komputer ³bersuara bagus´). yaitu Token Ring. atau Anda bisa membelinya dan memasangnya sendiri. Dua protokol terakhir cenderung digunakan pada jaringan besar sebagai backbone (jaringan tulang punggung yang menghubungkan banyak segmen jaringan yang lebih kecil). Anda harus membeli kartu Ethernet. kartu video (untuk membuat tampilan layar komputer lebih bagus). atau network interface card (untuk membuat komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lain dalam jaringan). kecuali seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan ethernet didalamnya. slot ini lebih pendek dibandingkan slot ISA yang berwarna hitam. Jika belum Anda bisa meminta penjualnya untuk memasangkan. Ada dua tipe slot yang banyak dijumpai pada komputer-komputer yang beredar di pasaran. pada komputer ada beberapa slot (tempat menancapkan kartu) yang disebut expansion slot. Dari sisi harga. Ada banyak macam kartu jaringan. Ada beberapa protokol lain. FDDI. Dari sisi protokol. jenis protokol. jika . Beberapa komputer desktop yang dijual di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan kartu ini. Slot PCI biasanya adalah yang berwarna putih. tetapi Anda telah merencanakan untuk suatu saat nanti memerlukan kecepatan transfer yang lebih tinggi ² sehingga memerlukan Fast Ethernet tak salah jika Anda memilih kartu combo. biasanya harga kartu berbasis PCI lebih mahal. Slot-slot ini saat Anda membeli komputer sengaja dibiarkan kosong oleh pembuat komputer agar Anda bisa meningkatkan kemampuan komputer Anda dengan menambahkan beberapa kartu ² misalnya. Ada tiga hal yang harus Anda perhatikan dari suatu NIC: y y y tipe kartu. Demikian juga jika Anda telah memilih Fast Ethernet. Jika saat ini Anda memilih menggunakan Ethernet. Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer.

tetapi ada baiknya Anda pastikan bahwa NIC yang Anda beli memang mendukung PnP. untuk berkoneksi ke jaringan. tetapi sedikit tebal. pada PCMCIA kombinasi ini justru menjadi salah satu favorit. dibutuhkan kartu PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association). Dalam memilih NIC. Anda menghemat penggunaan slot PCMCIA dengan hanya menggunakan satu slot untuk dua kegunaan: modem dan jaringan. Saat ini hampir semua NIC yang beredar di pasaran sudah mendukung Plug-n-Play (PnP) ± NIC secara otomatis dikonfigurasi tanpa intervensi pengguna-. Semua itu di koneksikan dengan koaksial. Kartu ini dimasukkan ke port PCMCIA yang ada pada setiap notebook. Satu hal lagi. Ethernet biasanya dapat sampai 10 Mbps. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI (Attachment Unit Interface). Port/colokan untuk kabel UTP berbentuk mirip dengan kabel telepon tetapi sedikit lebih besar. Namun jika Anda hanya akan menggunakan satu tipe kabel. dan apabila didesain untuk kabel twisted pair pasti dech akan punya konektor RJ-45.com/index-jaringan-komputer/ . Jika pada komputer desktop tidak ada kartu kombinasi antara kartu jaringan dengan kartu modem. ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer. token ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN (Deutsche Industrinorm ± organisasi standar setting Jerman) yang menyambung Kartu jaringan ke Kabel Network. twisted pair. port ini dikenal sebagai RJ-45. Bentuk kartu ini mirip kartu kredit. Ada beberapa kartu yang mendukung dua atau lebih tipe kabel. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya. Token Ring Cards Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan kartu jaringan ethernet. jika Anda menggunakan komputer portabel (notebook). B. sedangkan LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan 0. pilihlah kartu yang mendukung satu tipe kabel saja karena harganya akan jauh lebih murah.didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC. http://teknik-informatika. ataupun kabel fiber optic. Dengan kombinasi ini. untuk PCMCIA pilihan mereknya masih sedikit sehingga harganya sangat mahal. LocalTalk Connectors/Konektor LocalTalk LocalTalk adalah kartu jaringan buat komputer macintosh. Anda harus menyesuaikan dengan tipe kabel yang telah/akan Anda pasang. Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang kartu jaringannya. Jika untuk komputer desktop sudah tersedia banyak pilihan kartu untuk protokol Fast Ethernet.23 Mps C.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->