Karya Ilmiah Tentang Kacang Hijau

DAFTAR ISI 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Kata Pengantar««««««««««««««««««....1 Daftar Isi«««««««««««««««««««««.2 Bab 1 Pendahuluan«««««««««««««««««..3 Bab 2 Kajian Teori«««««««««««««««««..4 Bab 3 Metode Penelitian«««««««««««««««.

7 Bab 4 Hasil Dan Pembahasan«««««««««««««.8 Bab 5 Kesimpulan Dan Penutup««««««««««««.9

2

Kata Pengantar Puji serta syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah yang mana atas berkat serta rahmatnya saya bisa nyelesaikan tugas yang sangat sederhana ini. Wassallam Aldi Wijaya 1 . kekeliruan dan kekurangan dalam penulisan karya ilmiah ini karena kami hanya menyimpulkan apa yang telah kami teliti dalam metode penelitian. Maka mohon maaf jika ada kesalahan. Shalawat serta salam tercurah limpahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW. tapi karya ilmiah ini di susun berdasarkan fakta yang saya temukan dilapangan. Kalaupun bayak kesalahan. kekeliruan dan kekurangan.

pasti bakso tidak akan terasa begitu enak. Para pedagang biasanya membuat sendiri tauge itu. Karna itulah kita harus mencari alternative dan solusi dari masalah ini. jika makana bakso hanya baksonya saja tanpa ada tambahan lainnnya. Rumusan Masalah Apakah bibit kacang hijau yang diberi garam pertumbuhannya akan lebih cepat? Tujuan Mengenai pengaruh garam terhadap pertumbuhan kecambah kacang hijau. 3 . Apakah garam berpengaruh dalam pertumbuhan kecambah kacang hijau? 2. Identifikasi Masalah 1. Salah satunya apa yang kami lakukan ini. Salah satunya bahan campuran bakso adalah kecambah kacang hijau (tauge). Mungkinkah dalam garam ada zat yang dapat mempengaruhi dan mempercepat pertumbuhan kecambah kacang hijau? Pembhasan Masalah Dalam hal ini yang akan kami teliti hanya bagaimana pengaruh garam terhadap pertumbuhan kecambah kacang hijau (tauge) pada ukuran panjang kecambah itu. Tapi. apalagi saat pembeli sedang ramai dan para pembeli menjadi tidak terlayani. yang bisanya membuat yang memakannya ketagihan. Makanan ini memang khas. dalam waktu kurang lebih 2 hari. Para pedagang juga sangat kesusahan apabila harus membuatnya dalam waktu 2 hari.BAB 1 PENDAHULUAN Latar masalah belakang Dalam kehidupan sehari-hari pasti mengenal makanan bakso.

BAB 2 KAJIAN TEORI 1. Reaksi antara logam dan asam kuat encer. Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam. sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Kacang hijau dapat di olah menjadi berbagai makanan yang lezat. misal Mg + 2HCl ²²² MgCl2 + H2.Manfaat Penelitian Jika garam berpengaruh dan pengaruhnya menyebabkan pertumbuhan kecambah kacang hijau menjadi lebih cepat. 2. Larutan garam dalam air merupakan larutan elektrolit. Reaksi antara asam dan basa. misalnya HCl + NH ²²² NH4Cl. maka akan ditemukan vitamin yang membuat kecambah kacang hijau menjadi lebih cepat pertumbuhannya. KECAMBAH Kacang hijau merupakan salah satu makanan popular di Indonesia. 4 . yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. GARAM Natrium klorida (NaCl) adalah bahan utama garam dapur. Reaksi kimia untuk menghasilkan garam antara lain: 1. Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Kacang hijau dapat anda temui hampir di semua masyarakat kita sebagai salah satu makanan yang sering di konsumsi. Dlm ilmu kimia. 2. garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion). misalnya sitoplasma dan darah.

RENDAH KARBOHIDRAT Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau adalah 19 gr / 100 gr. 5 . 2. Di Indonesia. dan mie soun. Kandungan serat ini mencukupi kandungan serat harian anda sebesar 30 %. supaya anda tidak kehilangan nutrisinya. Berbagai makanan seperti ondeonde. es krim trdisional. Tepung hunkwe digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue. KANDUNGAN NUTRISI KACANG HIJAU 1. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr / 100 gr.6 gr / 100 gr. TINGGI KANDUNGAN SERAT Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi 7. Kacang hijau mengandung protein tinggi sebnyak 7 gr / 100 gr. Kacang hijau dapat berbentuk kecambah mengandung enzim-enzim aktif salah satu amilase yang membantu dalam metabolisme karbohidrat. kacang hijau sangat familiar . Kacang hijau juga sangat mudah berkecambah. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. 3. tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yang cepat diserap oleh tubuh. Yang lebih istimewa kacang hijau dapat tepung biji kacang hijau atau yang biasa di sebut tepung hunkwe. kecambah kacang hijau biasa dikenal denga tauge. berbeda dengan jenis kacang-kacangan. kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. kolak. TINGGI PROTEIN Kacang hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. Serat berguna membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Cukup rendah dan baik dikonsumsi dalam program diet maupun program muscle building. Kacang hijau termasuk dalam golongan polong-polongan. bubur dapat terbuat dari kacang hijau.Namun hati-hati dalam mengolah kacang hijau. Selain rasanya yang gurih dan lezat.

sebab kacang hijau hampir tidak menganding lemak. Kaya akan enzim aktif seperti amylase yang meningkatkan penyerapan dan pembentukan energy. B6.4 mg). zinc (0. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hiaju menyebabkan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah. 7. selenium (2. asam pantothenat. KAYA MINERAL Kacang hijau kay akan mineral. seperti riboflmin. hindari pemanasan dengan suhu tinggi. Selain itu juga kaya vitamin B lain. besi (1. Vitamin yang terkandumg didalamnya membantu meningkatkan energy dan metabolism.5 mg). Asam flofat sebanyak 159 mg / 100 gr dan thiamin sebesat 0. 9. 6 . Enzim ini rusak pada suhu diatas 400 C. 5. MENGANDUNG ASAM LEMAK ESENSIAL Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0. KAYA ENZIM AKTIF Kacang hijau yang sedang dalam masa kecambah. KAYA VITAMIN Kacang hijau mengandung flofat dan vvitamin B1 (thiamin) yang tinggi. 6.4.9 mg / gr) dan omega-6 (119 mn /gr ). RENDAH LEMAK Sangat baik bagi orang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi.2 mg / 100 gr. 8. serta niasin. phousphorus (99 mg). dalam 100 gramnya mengandung seprti potasium (226 mg).8 mg).KAYA ANTIOKSIDAN Kecambah kacang hijau memiliki kandungan fitosterol (15 mg / 100 gr) yang berfungsi sebagai antioksidan.

1 sampel diberi garam ± 5. 6.5 (perlakuana A). 2. 5. 4. C.BAB 3 METODE PENELITIAN A. 7 . Cara kerja 1. Desain Menyimpan 5 buah kacang hijau pada media yang telah di beri garam dan di biarkan untuk menunggu pertumbuhannya. Air ± 50 mm D. 1 sampel diberi garam ± 2. ± 25 buah kacang hijau 3.0 (perlakuana D).5 (perlakuana B). Menggunakan 5 sampel. METODE Menyimpan buah bibit kacang pada 5 buah media yang telah di beri kadar garam yang berbeda. 1 sampel diberi garam ± 3. 1 sampel sebagai variable bebas. 1 sampel diberi garam ± 4. Media (lima buah gelas pelastik) 2. Alat dan bahan 1. Garam ± 15 gram 4.5 (perlakuana C). B. 3.

Perlakuan Hari ke-2 Kontrol Perlakuan A Perlakuan B Perlakuan C Perlakuan D 0. 8 .24 cm 1. 5. 3.75 cm Belum apa-apa Belum apa-apa Belum apa-apa Belum apa-apa B.E.45 cm Belum apa-apa 0. BAB 4 HASIL PEMBAHASAN A.50 cm Busuk Belum apa-apa 0. HASIL Hari Pertumbuhan NO 1. PEMBAHASAN Dari tabel diatas dapat mengetahui bahwa garam sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kecambah kacang hijau . : yang tidak diberi garam.Ini dikarenakan kecambah (tumbuhan) tidak dapat hidup ditempat yang mempunyai kadar garam tinggi (pekat). 4.35 cm 1.50 cm 0.20 cm Hari ke-6 2. 2. Variabel Bebas Terikat Kontrol : garam : hasil yang didapat.50 cm Hari ke-4 1.

C.net/cgi-bin/berita/fullnews.html carahidup.gizi. jika membuat tauge.wikipedia. B. KESIMPULAN Dari penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa garam sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau (tauge).cgi/?..org/wiki/garam www..um.ac.org/wiki/TAUGE myblog-christine-christine. mohon maaf jika ada kesalahan. DAFTAR PUSTAKA Buku Biolagi SMA kelas X Id. kekeliruan dan kekurangan yang saya lakukan.com/«/menanam-tauge. tidak boleh memakai garam karena akan memperlambat pertumbuhan atau bahkan bias mematikan tauge itu sendiri.blogspot.84527 id. Oleh karena itu. baik dalam penulisan kata maupun isinya.BAB 5 KESIMPULAN DAN PENUTUP A. PENUTUP Mungkin hanya ini saja informasi yang saya dapat berikan.id/2009/10/tauge-yang-menyehatkan 9 .wikipedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful