P. 1
PABRIK PENGOLAHAN BATU BARA

PABRIK PENGOLAHAN BATU BARA

|Views: 62|Likes:
Published by abang-abang

More info:

Published by: abang-abang on Apr 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2012

pdf

text

original

PABRIK PENGOLAHAN BATU BARA

gambut.APA SICH BATU BARA??!!  Batu bara adalah sisa tumbuhan dari jaman prasejarah yang berubah bentuk yang awalnya berakumulasi dirawa dan lahan gambut. .

.??!! ‡ ‡ ‡ ‡ Batu bara muda Sub-bitumen Bitumen Antrasit .Jenis-Jenisnya.

TAMBANG BATU BARA Batu bara ditambang dengan dua metode : .tambang permukaan atau µterbuka¶ .tambang bawah tanah atau µdalam¶. .

Tambang Room and Pillar Dalam tambang room-and-pillar. endapan batu bara ditambang dengan memotong jaringan µruang¶ ke dalam lapisan batu bara dan membiarkan µpilar¶ batubara untuk menyangga atap tambang. . dengan menggunakan peralatan bergerak dengan biaya kurang dari 5 juta dolar (peralatan tambang longwall dapat mencapai 50 juta dolar). Keuntungan utama dari tambang room±and-pillar daripada tambang longwall adalah. 2. tambang room and pillar dapat mulai memproduksi batu bara jauh lebih cepat.TAMBANG BAWAH TANAH 1. Tambang Longwall Tambang longwall mencakup penambangan batu bara secara penuh dari suatu bagian lapisan atau µmuka¶ dengan menggunakan gunting-gunting mekanis. 3.

TAMBANG TERBUKA ‡ Hanya memiliki nilai ekonomis apabila lapisan batu bara berada dekat dengan permukaan tanah. ‡ Metode tambang terbuka memberikan proporsi endapan batu bara yang lebih banyak daripada tambang bawah tanah karena seluruh lapisan batu bara dapat dieksploitasi ± 90% atau lebih dari batu bara dapat diambil .

CADANGAN BATU BARA ‡ Telah diperkirakan bahwa ada lebih dari 984 milyar Ton cadangan batubara diseluruh dunia ‡ Hal ini berarti ada cadangan batubara yang Cukup untuk menghidupi kita selama lebih dari190 tahun .

Pembuatan peta geologi .Survei geokimia dan geofisika .CARA MENEMUKAN BATU BARA MELALUI KEGIATAN EKSPLORASI .Pengeboran eksplorasi .

CADANGAN BATU BARA DI AKHIR TAHUN 2003 ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Europa dan Eurasia 36% Asia Pasifik 30% Amerika Utara 26% Afrika 6% Amerika Selatan danTengah 2% Cadangan batubara TimurTengah kurang dari 1% jumlah cadangan seluruhnya ‡ Sumber:BP2004 .

.PENGANGKUTAN BATU BARA ‡ Untuk jarak dekat. ‡ Untuk jarak yang lebih jauh di dalam pasar dalam negeri. batu bara diangkut dengan menggunakan kereta api atau tongkang atau dengan alternatif lain dimana batu bara dicampur dengan air untuk membentuk bubur batu dan diangkut melalui jaringan pipa. batu bara umumnya diangkut dengan menggunakan ban berjalan atau truk.

000 DWT) ‡ Pengangkutan batu bara dapat sangat mahal dalam beberapa kasus. Panamax (about 60-80. pengangkutan batu bara mencapai lebih dari 70% dari biaya pengiriman batu bara .000 DWT).‡ Kapal laut umumnya digunakan untuk pengakutan internasional dalam ukuran berkisar dari Handymax (40-60.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->