P. 1
Algoritma - Tugas 1

Algoritma - Tugas 1

2.0

|Views: 3,339|Likes:
Published by Yehezkiel Liem

More info:

Published by: Yehezkiel Liem on Apr 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/11/2015

pdf

text

original

PERTEMUAN 1 PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA

1.

Jelaskan Peranan Algoritma dalam Pembuatan Program !

2.

Buat Algoritma bila seorang mahasiswa akan melakuan pembayaran uang kuliah via ATM !

3.

Buatlah sebuah Flowchart untuk menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan bulat positip !

4.

Buatlah sebuah contoh pseudocode !

5.

Sebutkan cara menyatakan algoritma !

Jawab:

1.

Algoritma memegang peranan penting

dalam bidang pemrograman. Sebegitu

pentingnya suatu algoritma, sehingga perlu dipahami konsep dasar algoritma. Apalagi untuk seorang programer, tentu diperlukan suatu algoritma sehingga

dapat membuat program yang lebih efektif dan efisien. Bagi kebanyakan orang, algoritma sangat membantu dalam memahami konsep logika pemrograman. Algoritma adalah kumpulan instruksi yang dibuat secara jelas untuk menunjukan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Pada umumnya algoritma kurang lebih sama dengan suatu prosedur yang sering dilakukan setiap hari, misalnya prosedur untuk mengganti ban bocor/pecah, prosedur pemakaian telepon umum, prosedur membuat kue dan lain-lain. Dalam bidang komputer, misalnya EDP (Elektronik Data Processing) atau MIS

´ Pada monitor akan menampilkan menu berikutnya dan pilih ³Layar Berikut. 7. Pada monitor akan muncul lembar konfirmasi.´ 10. 4. algoritma sering dimanfaatkan untuk menyelesaikan suatu masalah atau untuk proses pengambilan keputusan. Seorang sistem analisis (analisist system) tentunya menggunakan algoritma untuk merancang suatu sistem.(Management Information System).´ 8.´ Pada menu berikutnya pilih menu transaksi ³Pembayaran. masukkan kartu ATM Bank ke mesin ATM. 2. Sebagai contoh ATM Bank BCA. Masukkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) diakhiri dengan memilih ³Benar. Algoritma bila seorang mahasiswa akan melakuan pembayaran uang kuliah via ATM adalah sebagai berikut : 1. Pastikan Bank tersebut merupakan salah satu bank yang telah ditetapkan mampu digunakan untuk melakukan pembayaran uang kuliah. Masukkan berapa besar biaya yang akan dibayar / dilunasi diakhiri dengan memilih ³Benar. pilih ³Transaksi Lainnya. pilih ³Lain-Lain.´ 9. Jika telah sesuai. algoritma digunakan untuk membuat modul-modul program. pilih ³Benar´ tetapi jika masih terdapat kekeliruan pilih ³Salah´ dan kembali ke langkah no 7. 2. 3.´ 6. 5.´ Masukkan nomor Rekening Kampus. Pada menu jenis pembayaran. Bagi seorang programer. Pada monitor akan muncul menu utama. masukkan PIN dengan benar. contoh 3423007776 diakhiri dengan memilih ³Benar. apakah data yang kita masukkan telah benar sesuai dengan transaksi yang diinginkan. . Kunjungi mesin ATM Bank yang akan digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran uang kuliah.

Jika telah benar maka transaksi akan tercetak dan mesin ATM akan secara otomatis mencetak kertas struk bukti transaksi pembayaran via ATM. 3.11. Flowchart menentukan akar kuadrat dari bilangan bulat positif : START INPUT Nilai A B=0 C=BxB If C A Then B +1 If C = A PRINT B END .

Komponen-komponen Pseudocode. Teknik for-do Teknik repeat-until Teknik while-do 3. 4. 2. Percabangan (branch). Contoh pseudocode : Kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan pejelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Masukkan bilangan pertama 2. Masukkan bilangan kedua 3. Teknik if-then Teknik select-case 4. Perulangan (Loop).4. jika tidak. Modul. Biasanya sebuah Pseudocode tidak terlalu detail dibandingkan dengan program. Procedure/Sub . Problem: mencari bilangan terbesar dari dua bilangan yang diinputkan Contoh Pseudo-code: 1. Pseudo-code sering digunakan oleh manusia untuk menuliskan algoritma. kerjakan langkah 5. Variabel. Isu-isu detail dalam program yang sifatnya teknis tidak dibahas di dalam Pseudocode. Jika bilangan pertama > bilangan kedua maka kerjakan langkah 4. Merupakan tempat penyimpanan sebuah nilai. Biasanya Pseudocode dituliskan dengan kombinasi Bahasa Inggris dan notasi matematika. Tampilkan bilangan kedua Pseudocode adalah cara untuk menuliskan sebuah algoritma secara high-level (level tingkat tinggi). Tampilkan bilangan pertama 5. antara lain: 1.

N.´ adalah ´. Algoritma untuk menampilkan 7 buah simbol #.NL 6 f1=f2 7 f2=iFibo 8 end for . 1 iTampung=1 2 for i=1 to N do 3 iTampung=iTampung*i 4 end for 5 display ´Faktorial dari ´.i. Algoritma untuk menghitung faktorial dari N.iTampung.´ adalah ´.iFibo.Function. Algoritma untuk menampilkan bilangan Fibonacci. 1 f1=0 2 f2=1 3 for i=1 to 8 do 4 iFibo=f1+f2 5 display ´Angka ke-´. Teknik Rekursif Contoh Pseudocode.NL 3. sederhana: 1. 1 for i=1 to 7 do 2 display ´#´ 3 end for 2.

Ritchie dari AT & T Laboratories mengembangkan bahasa B menjadi bahasa C. Sejarah Bahasa Pemograman C++ : Tahun 1978. Brian W.Penulisan dengan notasi atau Flowchart Flowchart merupakan notasi untuk mempermudah menyatakan algoritma. dengan menggunakan flowchart. Cara menyatakan algoritma : Algoritma dapat dinyatakan dengan dua cara yaitu : 1. 2. kita akan lebih mudah mengecek dan menemukan bagian-bagian prosedur yang tidak valid dan bertele-tele. Ricthie merupakan bahasa turunan atau pengembangan dari bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970 . kita akan erbiasa berfikir secara sistematis dan terstruktur dalam setiap kesempatan. Kedua. Pertama. Bahasa B yang diciptakan oleh Ken Thompson sebenarnya merupakan pengembangan dari bahasa BCPL ( Basic Combined Programming Language ) yang diciptakan oleh Martin Richard. Bahasa C dikembangken di Bell lab pada tahun 1972 ditulis pertama kali oleh Brian W. Kernighan dan Denies M.Penulisan biasa atau Pseudocode Merupakan salah satu cara menyatakan algoritma dengan menggunakan uraian dalam bentuk kata-kata yang mirip dengan kata-kata yang digunakan dalam bahasa pemroggraman. Kerninghan & Dennis M. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh apabila kita sering menggunakan flowchart dalam mengembangkan prosedur pemecahan masalah komputasi. 6.5. yaitu dengan menggunakan gambar atau simbol.

BASIC. yang mempunyai tujuan utamanya adalah membantu dan mengelola program yang besar dan kompleks. AT&T. dinamakan cfront. Bahasa C mempunyai banyak kemampuan yang sering digunakan diantaranya kemampuan untuk membuat perangkat lunak. Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi. Bahasa C yang diciptakan Kerninghan & Ritchie kemudian dikenal dengan nama ANSI C. C++ yang pertama. Tahun 1989. bahasa C menjadi bahasa paling populer diantara bahasa lainnya. Word Star dan lain-lain. Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C. lahirlah secara resmi bahasa baru hasil pengembangan C yang dikenal dengan nama C++. . Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya yang disebut dengan Object Oriented Programming (OOP). Bahasa C. dirilis oleh AT&T Laboratories. misalnya dBASE. pada awalnya dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dioperasikan pada sistem operasi UNIX. dunia pemrograman C mengalami peristiwa penting dengan dikeluarkannya standar bahasa C oleh American National Standards Institute (ANSI). bahasa C banyak digunakan pemrogram di Eropa yang sebelumnya menggunakan bahasa B dan BCPL. Dalam perkembangannya.yang diturunkan oleh bahasa sebelumnya. seperti PASCAL. Pada tahun 1980 seorang ahli yang bernama Bjarne Stroustrup mengembangkan beberapa hal dari bahasa C yang dinamakan ³C with Classes´ yang pada mulanya disebut ³a better C´ dan berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++ oleh Rick Mascitti. Pada tahun 1985. dibuat di Laboratorium Bell. FORTRAN. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu diantara bahasa tinggat rendah dan tingkat tinggi yang biasa disebut dengan Bahasa Tingkat Menengah. C++ versi kuno ini hanya berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C. Sejak tahun 1980. Mulai awal tahun 1980. yaitu BCL.

dan kemampuan dari objeknya. C++ melakukan langkah pertama dengan mendefinisikan class-class yang merupakan a. Pemilihan tipe data yang tepat akan membuat proses operasi data menjadi lebih efisien dan efektif. Class tersebut berisi keadaan objek.-class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari objek-objek fisik. mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa berorientasi obyek yang digunakan oleh sebagian besar pemrogram professional. Misalnya saja 5 dibagi 2 bisa saja menghasilkan hasil yang berbeda tergantung tipe datanya. Tipe data merupakan bagian program yang paling penting karena tipe data mempengaruhi setiap instruksi yang akan dilaksanakan oleh computer. Perbedaan Antara Bahasa C Dengan C++ Bahasa C merupakan bahasa pemrograman prosedural. Sedangkan C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Object Oriented Programming (OOP).5000000. Borland International Inc. masalah dipecahkan menggunakan class. mengembangkan kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (assembly). di mana penyelesaian atas suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil. namun jika keduanya bertipe float maka akan menghasilkan nilai 2.Pada evolusi selanjutnya. Sejak evolusi ini. Jika 5 dan 2 bertipe integer maka akan menghasilkan nilai 2. Untuk menyelesaikan masalah. Setelah beberapa class dibuat. . anggota-anggotanya.

Contoh konstanta : 50.7E-308 .14. Konstanta nilainya selalu tetap.4E+38 1.3.50005. 5. 2. µA¶. Selain itu. bahasa C juga menyediakan beberapa karakter khusus yang disebut karakter escape. yaitu : No 1.Dalam bahasa C terdapat lima tipe data dasar. karakter dan string.1.127 32768 . Konstanta dapat bernilai integer. 13. 4.4E-38 . 3. Konstanta harus didefinisikan terlebih dahulu di awal program. µBahasa C¶.32767 3.%d %f %lf Keterangan Karakter / string Integer / Bilangan Float / Pecahan Pecahan Presisi Ganda Tidak bertipe Double 8 byte Void 0 byte Konstanta Konstanta merupakan suatu nilai yang tidak dapat diubah selama proses program berlangsung. Tipe Char Int Float Ukuran 1 byte 2 byte 4 byte Range 128 . pecahan. antara lain : \a : untuk bunyi bell (alert) \b : mundur satu spasi (backspace) \f : ganti halaman (form feed) \n : ganti baris baru (new line) \r : ke kolom pertama. baris yang sama (carriage return) \v : tabulasi vertical . 3.7+308 Format %c %i . 4.

\0 : nilai kosong (null) \¶ : karakter petik tunggal \´ : karakter petik ganda \\ : karakter garis miring Variable Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Tidak boleh mengandung symbol-simbol khusus. +. &. nilai dari suatu variable bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. ?. Nama dari suatu variable dapat ditentukan sendiri oleh pemrogram dengan aturan sebagai berikut : 1. 5. 80%mahasiswa. Contoh penamaan yang salah : NIM. nama_mhs. 4. seperti : $. 3. -. Bahasa C bersifat case-sensitive artinya huruf besar dan kecil dianggap berbeda. tetapi hanya 32 karakter pertama yang terpakai. dengan metal itu berbeda. budi. 2. ). kecuali garis bawah (underscore). Tidak boleh mengandung spasi. dsb. Contoh penamaan variable yang salah : nilai_mahasiswa. *. %. dsb. !. f3098. Terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf. Jadi antara Metal. (. ada spasi. . f4. penting!. x. dsb. ratarata. a. nilai. Berbeda dengan konstanta yang nilainya selalu tetap. #. Panjangnya bebas.

float nilai. konstanta dan fungsi. int array Tanggal Nilai Paraf Dosen . nim[10]. Contoh : int x. Bentuk umum pendeklarasian suatu variable adalah : Nama_tipe nama_variabel. double beta. Identifier dapat berupa variable.Deklarasi Variable Deklarasi diperlukan bila kita akan menggunakan pengenal (identifier) dalam program. huruf. char y.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->