Cara Menginstal Java SDK di Windows Tips dan trik ini khusus untuk temen-temen yang masih

sangat awam di dunia java (kek.kek.kek…). Pada tulisan Tips dan trik ini akan saya bagi menjadi 3 bagian, yaitu : 1. Menginstall Java SDK 2. Mengatur Environment Variables Windows 3. Mengcompile dan menjalankan program dengan Java 1. Menginstall Java SDK Downloadlah terlebih dahulu Java SDK terbaru disini. Kali ini saya mempunyai Java SDK 6 Update 18. Setelah selesai download klik 2x program yang telah anda download tadi, sambil menunggu beberapa saat sampai muncul :

Kemudian kita melihat tampilan seperti dibawah ini :

Tunggu sebentar. lalu klik Next > .

Dan ini baik untuk dipelajari sorang pemula. debug. Kali ini saya akan menginstall semuanya kemudian klik tombol Next >. dll. 3.Pilih Accept > Terdapat 4 pilihan : 1. ini berisi tentang tools untuk membuat program java. ini berisi tentang demo dan sampel program dalam bahasa Java. Source Code. Demos and Samples. 2. 4. ini berisi tentang tools untuk berhubungan dengan engine database. ini berisi tentang source code java dari demo dan sampel. Seperti compile. Development Tools. . Java DB.

.Tunggu sampai proses copy selesai.

aja ya... . Ditunggu lagi sampai selesai ya..Klik Next >..

maka anda akan mendapatkan struktur direktori seperti dibawah ini : 2.Klik tombol Finish sebagai tanda proses instalasi telah selesai. masuk ke sembarang direktori dengan cmd seperti dibawah ini : . Coba pindah ke direktori C:\Program Files\Java. Untuk memastikan apakah java runtime telah terinstal dengan baik. Pertama adalah lingkungan java runtime dan kedua adalah lingkungan JDK. Mengantur Environment Variables Windows Selanjutnya kita akan mengatur lingkungan variabel windows.

.Terlihat ada respon. ini berarti java runtime telah terinstall dengan baik. Bagaimana dengan JDKnya?. Segera masuk ke System Properties Windows dengan mengklik-kanan icon My Computer lalu pilih Properties. masuk ke sembarang direktori dengan cmd seperti dibawah ini : Terlihat bahwa javac sebagai compiler java tidak dikenali di lingkungan windows.

.

lalu masukkan di Variable value seperti dibawah ini : klik Ok . Lihat dan sesuaikan dengan alamat direktori jdk anda.Pilih Environment Variables. Kemudian akan muncul jendela : Pilih tombol New. bahwa kita akan membuat system variable baru.

lalu klik Edit Tambahkan %JAVA_HOME%\bin di Variable value. Buka jendela cmd yang baru. . Untuk memastikan apakah settingan kita berjalan dengan baik. Lalu pilih OK. Dan pilih OK lagi di jendela Environment Variables. lalu ketikkan javac.Pada System variable pilih path. Ingat jangan menghapus nilai sebelumnya.. kita Cuma menambahkan setelah karakter .

Berita baik. 3.Ada respon.java.println("Selamat. Jika ada error liat kembali skrip anda dan perintah compilenya..java. Berhasil tidaknya ditandai dengan tidak adanya respon dari compiler java. seperti dibawah ini : . } } Compile file coba. Mengcompile dan menjalankan program dengan Java Buat file baru dengan nama coba. anda berhasil mengistal java..java dengan perintah javac coba. Lalu masukkan skrip dibawah ini : public class coba{ public static void main(String args[ ]){ System. berarti settingan kita berjalan dengan baik.out.!!! ").

Lalu jalankan file coba.java dengan perintah java coba jika berhasil akan terlihat seperti gambar dibawah ini : .