TUGAS KELOMPOK

KEWARGANEGARAAN
SISTEM PEMERINTAHAN INGGRIS

KELOMPOK 4
XII IPA 1
Fachmi Fachriyandana Feby Kurniya Ferdinand Melyanus Nagal Muh. Agus Priyetno Mukhlisah Yunus Muthaharah Yunus Putri Atika Sanches Nurcahya Trie Hermawan Putranto

SMA (SEKOLAH MENENGAH ATAS) NEGERI 3 MAKASSAR

kemudian sistem pemerintahan diadopsi oleh negara -negara lain dibelahan dunia. tidak ada pemisahan kekuasaan yang jelas antara cabang eksekutif dan cabang legislatif. Kedua negara tersebut sampai sekarang tetap konsisten dalam menjalankan prinsip-prinsip dari sistem pemerintahannya. Sistem parlemen biasanya memiliki pembedaan yang jelas antara kepala pemerintahan dan kepala negara. memberikan keseimbangan dalam sistem ini. presiden berwenang terhadap jalannya pemerintahan. Namun beberapa sistem parlemen juga memiliki seorang presiden terpilih dengan banyak kuasa sebagai kepala negara. yaitu dengan cara mengeluarkan semacam mosi tidak percaya. di mana sistem parlemen dapat memiliki seorang presiden dan seorang perdana menteri. Oleh karena itu. Sistem parlementer dibedakan oleh cabang eksekutif pemerintah tergantung dari dukungan secara langsung atau tidak langsung cabang legislatif. Inggris adalah negara pertama yang menjalankan model pemerintahan parlementer. Dari dua negara tersebut.SISTEM PARLEMENTER Sistem parlementer adalah sebuah sistem pemerintahan di mana parlemen memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Sistem parlemen dipuji. dengan kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Kekurangannya adalah dia sering mengarah ke pemerintahan yang kurang stabil. menuju kritikan dari beberapa yang merasa kurangnya pemeriksaan dan keseimbangan yang ditemukan dalam sebuah republik kepresidenan. atau parlemen. dibanding dengan sistem presidensiil. yang berwenang terhadap jalannya pemerintahan. . Amerika Serikat juga sebagai pelopor dalam sistem pemerintahan presidensial. dan kepala negara ditunjuk sebagai dengan kekuasaan sedikit atau seremonial. Kedua negara tersebut disebut sebagai tipe ideal karena menerapkan ciriciri yang dijalankannya. karena kefleksibilitasannya dan tanggapannya kepada publik. Berbeda dengan sistem presidensiil. Dalam hal ini parlemen memiliki wewenang dalam mengangkat perdana menteri dan parlemen pun dapat menjatuhkan pemerintahan. namun dalam sistem parlementer presiden hanya menjadi simbol kepala negara saja. seperti dalam Republik Weimar Jerman dan Republik Keempat Perancis. Dalam presidensiil. sering dikemukakan melalui sebuah veto keyakinan.

Kepala negara tidak memiliki kekuasaan pemerintahan. kekuasaan eksekutif berada pada perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. berikut ini ciri-ciri. Kabinet bertanggung jawab kepada parlemen dan dapat bertahan sepanjang mendapat dukungan mayoritas anggota parlemen. 3. Ciri-ciri dari sistem pemerintahan parlementer adalah sebagai berikut : 1. Dalam sistem ini. Perdana menteri dipilih oleh parlemen untuk melaksakan kekuasaan eksekutif. 6. Anggota parlemen terdiri atas orang-orang dari partai politik yang memenangkan pemiihan umum. 4. Kepala negara tidak sekaligus sebagai kepala pemerintahan. Pemerintah atau kabinet terdiri dari atas para menteri dan perdana menteri sebagai pemimpin kabinet. Hal ini berarti bahwa sewaktu-waktu parlemen dapat menjatuhkan kabinet jika mayoritas anggota parlemen menyampaikan mosi tidak percaya kepada kabinet. Parlemen memiliki kekuasaan besar sebagai badan perwakilan dan lembaga legislatif. sedangkan kepala negara adalah presiden dalam negara republik atau raja/sultan dalam negara monarki. 5. Sebagai imbangan parlemen dapat menjatuhkan kabinet maka presiden atau raja atas saran dari perdana menteri dapat membubarkan parlemen. Anggota kabinet umumnya berasal dari parlemen. kelebihan serta kekurangan dari sistem pemerintahan parlementer. Sistem pemerintahan disebut presidensial apabila badan eksekutif berada di luar pengawasan langsung badan legislatif. Badan legislatif atau parlemen adalah satu-satunya badan yang anggotanya dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum. Partai politik yang menang dalam pemilihan umum memiliki peluang besar menjadi mayoritas dan memiliki kekuasaan besar di parlemen. .Klasifikasi sistem pemerintahan presidensial dan parlementer didasarkan pada hubungan antara kekuasaan eksekutif dan legislatif. Sistem pemerintahan disebut parlementer apabila badan eksekutif sebagai pelaksana kekuasaan eksekutif mendapat pengawasan langsung dari badan legislatif. Kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Ia hanya berperan sebgai symbol kedaulatan dan keutuhan negara. 2. Untuk lebih jelasnya.

Adanya pengawasan yang kuat dari parlemen terhadap kabinet sehingga kabi et n menjadi barhati-hati dalam menjalankan pemerintahan. Hal itu terjadi apabila para anggota kabinet adalah anggota parlemen dan berasal dari partai meyoritas. y Kabinet dapat mengendalikan parlemen. Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer : y Kedudukan badan eksekutif/kabinet sangat tergantung pada mayoritas dukungan parlemen sehingga sewaktu-waktu kabinet dapat dijatuhkan oleh parlemen. . Karena pengaruh mereka yang besar diparlemen dan partai. diadakan pemilihan umum lagi untuk membentukan parlemen baru. anggota kabinet dapat mengusai parlemen. y Kelangsungan kedudukan badan eksekutif atau kabinet tidak bias ditentukan berakhir sesuai dengan masa jabatannya karena sewaktu -waktu kabinet dapat bubar. Pengalaman mereka menjadi anggota parlemen dimanfaatkan dan manjadi bekal penting untuk menjadi menteri atau jabatan eksekutif lainnya. y Parlemen menjadi tempat kaderisasi bagi jabatan-jabatan eksekutif. y y Garis tanggung jawab dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan public jelas.Selanjutnya. Hal ini karena kekuasaan eksekutif dan legislatif berada pada satu partai atau koalisi partai. Kelebihan Sistem Pemerintahan Parlementer : y Pembuat kebijakan dapat ditangani secara cepat karena mudah terjadi penyesuaian pendapat antara eksekutif dan legislatif.

" Inggris menerapkan sistem pemerintahan parlementer dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional. Monarki parlementer adalah sistem pemerintahan dalam suatu Negara yang dikepalai oleh seorang raja atau ratu dan parlemen (DPR) sebagai pemegang kekuasaan pemerintahan tertinggi. . Oleh karena Inggris berbentuk kerajaan. Monarki konstitusional berarti Negara ini dikepalai oleh seorang raja/ratu yang kekuasaannya dibatasi oleh undang -undang dasar konstitusi. Konstitusi Inggris tidak terkodifikasi dalam satu naskah tertulis. Sistem pemerintahannya didasarkan pada konstitusi yang tidak tertulis. dan Irlandia Utara. Para menteri ini tidak bertanggung jawab pada perdana menteri. Dal m menjalankan a pemerintahan. inggris dapat mengatasi masalah sosial sehingga menciptakan kesejahteraan Negara (welfare state).SISTEM PEMERINTAHAN INGGRIS Inggris adalah Negara kesatuan (Unitary State) dengan sebutan United Kingdom yang terdiri atas England. Kepala pemerintahan Inggris adalah seorang perdana menteri yang dipilih dan bertanggung jawab kepada parlemen Inggris. Hal ini karena yang memilih para menteri adalah parlemen. Inggris dikenal sebagai induk parlementaria (The Mother of Parliaments) dan pelopor dari sistem parlementer. Perdana Menteri Inggris dibantu oleh para menteri kabinet. Inggrislah yang pertama kali menciptakan suatu parlemen yang workable. maka parlemen Inggris dapar membubarkan kabinet melalui mosi tidak percaya. Inggris berbentuk kerajaan (Monarki). melainkan kepada parlemen Inggris. Jika kabinet dan perdana menteri dianggap tidak mampu menjalankan pemerintahan atau dianggap tidak mampu menjalankan pemerintahan atau dianggap menyalahgunakan kekuasaan. Dengan sistem ini. hukum. tetapi tersebar dalam berbagai peraturan. Wales. Istana Westminster. sistem pemerintahannya adalah monarki parlementer. Raja/Ratu Inggris berfungsi sebagai kepala Negara (simbol kekuasaan) yang kedudukannya tidak dapat diganggu gugat. Melalui pemilihan yang demokratis dan prosedur parlementaria. dan konvensi. Artinya. Scotland. suatu parlemen yang dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum yang mampu bekerja memecahkan masalah so sial ekonomi kemasyarakatan. "Ibu semua parlemen.

House of Lord atau Majelis Tinggi adalah perwakilan yang berisi para bangsawan dengan berdasarkan warisan. Raja/Ratu/Mahkota adalah memimpin.Kekuasaan pemerintah terdapat pada kabinet (perdana menteri beserta para menteri). Parlemen atau badan perwakilan terdiri atas dua bagian ( ikameral). Dengan demikian. Anggota cabinet umumnya berasal dari House of Commons. Inggris menganut sistem dwipartai. pelaksanaan pemerintahan sehari-hari dijalankan oleh perdana menteri. Inggris menganut Parliaments Soveregnity. yaitu b House of Commons dan House of Lord. Di Inggris terdapat dua partai besar yang saling bersaing dan memerintah. Jika sewaktu-waktu kabinet jatuh. tetapi tidak memerintah. dan persatuan Negara. pemerintahannya tidak kuat (tidak stabil). . Dengan demikian. Ia merupakan symbol keagungan. artinya kekuasaan yang sangat besar pada diri parlemen. sedangkan Raja atau Ratu Inggris sebagai kepala Negara. Berbeda dengan Negara-negara lain yang menggunakan sistem banyak partai. maka pemerintah atau kabinet selalu disokong oleh parlemen. pemerintahan Inggris dikatakan kuat. Sedangkan partai yang kalah menjadi partai oposisi. Ratu Inggris hanyalah titular dengan tidak memiliki kekuasaan politik. Masa jabatan kabinet sangat tergantung kepercayaan dari House of Commons. Selain itu ada partai-partai kecil lainnya. Oposisi dilakukan oleh partai yang kalah dalam pemilihan. Partai tersebut adalah Partai Konservatif dan Partai Buruh. partai oposisi dapat mengambil alih penyelenggaraan pemerintahan. Kabinet adalah kelompok menteri yang dipimpin oleh perdana menteri. Kabinet inilah yang benar-benar menjalankan praktik pemerintahan. Perdana menteri adalah pemimpin dari partai mayoritas di House Of Commons. Karena kedudukan partai yang menang dalam House of Commons sedemikian kuat dengan tercapainya suara terbanyak tadi. kedaulatan. House of Commons atau Majelis Rendah adalah badan perwakilan rakyat yang anggota-anggotanya dipilih oleh rakyat di antara caloncalon partai politik inggris. Para pemimpin oposisi membuat semacam cabinet tandingan. House of Commons memiliki kekuasaan yang lebih besar daripada House of Lord. Partai yang menang dalam pemilu dan setidak-tidaknya merupakan setengah dari seluruh suara yang berada di House of Commons ditambah satu suara dan mayoritas di parlemen merupakan partai yang memerintah kabinet harus bertanggung jawab kepada parlemen.

Mula-mula. House of Commons memperoleh kewenangan kuat selama pemerintahan Henry VIII dan penerusnya. mengundang perwakilan kota ke parlemen untuk pertama kalinya tahun 1265. bukan kabinet. peers. Raja akan dapat membubarkan parlemen. Oleh karena itu. Kekuasaan pemerintah daerah berada pada Council (Dewan) yang dipilih oleh rakyat di derah. Selama pertikaian antara Raja Henry III dan para baronnya. yang didahuliu oleh Anglo-Saxon Witan atau Witenagemot. terdapat hak badan eksekutif untuk membubarkan parlemen. Inggris terbagi dalam tiga daerah. parlemen yang dipecah menjadi dua majelis mengendalikan pembentukan undang-undang dan penetapan pajak. tetapi secara umum tunduk kepada raja. Parlemen terus tumbuh pada masa raja-raja Lancaster (1529 1536).Di Inggris. melainkan acara. dan dua perwakilan dari setiap kota. Penerusnya adalah dewan feudal raja. termasuk memutus sengketa antara warga dengan pemerintah. Parlemen selalu berhati-hati untuk melaksanakan votum-nya untuk menjatuhkan kabinet. serta menyebabkan turunnya Edward II (1327) dan Richard II (1399) dari singgasana. Kata ini digunakan untuk menyebut pertemuan dewan raja Inggris abad ke13. parlemen bukanlah sebuah lembaga. Abad ke-14. mereka menjalankan peradilan yang bebas dan tidak memihak. Badan peradilan ditunjuk oleh kabinet sehingga tidak ada hakim yang dipilih. Parlemen Oxford (1258) menekan baron. Parlemen Model Edward I (1295) terdiri dari seluruh unsure parlemen yang dikenal dewasa ini: uskup dan biarawan. yaitu England. Simon de Montfort. mengadakan pengadilan atas raja (1376). Parlemen merupakan salah satu bagian pemerintahan Inggris yang tertua dan paling dihormati. Parlemen merupakan perangkat yang menjadi rujukan raja raja di abad pertengahan untuk membatu menjalankan pemerintahan d menelaah an gagasan yang harus dikonsultasikan oleh raja dengan pembantu -pembantunya. Meskipun demikian. Curia Regis. Kata parlemen berasal dari bahasa kata Perancis parler yang berarti berbicara. Inggris sebagai Negara kesatuan menganut sistem desentralisasi. dua kesatria dari setiap wilayah. Apabila terjadi konflik antara kabinet dengan parlemem. Pemimpin Baron. . dan Greater London. Sekarang ini. Wales.

usia minimal untuk bisa member suara pada pemilu diturunkan menjadi 18 tahun. keputusan penting sering tidak dicapai oleh parlemen. Tahun 1969. empat diantaranya adalah para uskup Irlandia ditambah 100 perwakilan lagi. k Peraturan (Akta) 1867 dan 1884 memberikan hak suara pada kelas pekerja dan pada kelas lainnya tahun 1885. jabatan royal chief executive diubah menjadi jabatan perdana menteri dan kabinet bertanggung jawab pada House of Commons. Perempuan yang minimal berusia 30 tahun diberi hak suara tahun 1918. Oleh karena ketatnya aturan partai. Irlandia menambahkan 32 peer tahun 1800. yang ditandai dengan diturunkan dan dieksekusinya Charles I tahun 1649 dan Glorious Revolution tahun 1688 dan 1689. Pemimpin kabinet disebut perdana menteri. Masa tugas maksimum parlemen adalah lima tahun. Mulai abad ke -18. Menteri-menteri anggota kabinet semuanya berasal dari kalangan partai yang menang. Abad ke-19. Akta Parlemen 1911 memperlemah House of Lords. yang kebanyakan adalah anggota House of . House of Commons (Majelis Rendah) memiliki 659 anggota. namun kemudian diturunkan menjadi minimal 21 tahun 1928. Bersatunya Inggris dan Skotlandia tahun 1707 menambah 16 peer Skotlandia dan 45 perwakilannya ke parlemen.Selama masa pemerintahan raja-raja Stuart. melainkan dalam kaukus partai atau rapat-rapat yang tidak begitu formal. Partai yang memenangkan pemilu berhak membentuk kabinet. The Great Reform Bill tahun 1832 mengizinkan kelas menengah memberikan suaranya untu kali pertama. sehingga menciptakan equal electoral districs. meskipun sebagian besar menarik keanggotaannya ketika Negara Irlandia Merdeka berdiri tahun 1922. menjadi model dewan legislative di banyak Negara. Dewan legislative Inggris. Kedua peristiwa tersebut mengukuhkan kedaulatan parlemen. Jika kabinet yang dibentuk oleh partai berkuasa di House of Commons mendapat mosi tidak percaya atau gagal menjalankan fungsinya di majelis ini. Pemilu dapat dilaksanakan dalam waktu tiga minggu. kerja sama antara singgasana dan parlemen berubah menjadi konflik. maka kabinet tersebut harus mengundurkan diri atau membubarkan diri. yang dipilih dengan sistem distrik dengan porsi yang sama (equal-size districs) oleh pemilih yang berusia minimal 18 tahun. yang kadang-kadang dijuluki sebagai ibu semua parlemen. House of Commons menjadi demokratis.

Kemudian. c. Juri berasal dari rakyat biasa yang bukan ahli hukum. Kekuasaan eksekutif dipergang oleh ratu dan raja yang menjabat sebagai kepala Negara dan perdana menteri yang menjabat kepala pemerintahan bersama kabinetnya. kekuasaannya menjadi 30 hari untuk penetapan anggaran dan dua tahun untuk tujuan lain. terdiri dari para uskup agung Gereja Inggris (Archbishop) serta hederitary peers (berasal dari keluarga bangsawan) dan life peers (diangkat berdasarkan prestasi atau jasa terhadap Negara). kabinet yang terbentuk praktis terdiri atas anggota satu partai saja. Kekuasaan legislative berada di tangan parlemen (House of Com mons dan House of Lords).Commons. walaupun resminya tidak disebutkan demikian. kekuasaannya dibatasi menjadi 30 hari. Dalam melaksanakan fungsinya sebagai mahkama tertinggi. Kekuasaan yudikatid dipegang oleh Supreme Court of Judicature dan Dewan Pengadilan lain yang tunduk kepadanya. b. kekuasaanya dikurangi menjadi satu tahun saja. The House of Lords. House of Lords tidak memiliki prosedur seformal House of Commons. Inggris menganut sistem pembagian kekuasaan sebagai berikut. Jadi. Dengan demikian. Dalam bidang kehakiman. Tahun 1948. Kekuasaan House of Lords pernah menyamai House of Commons. life peers yang ditunjuk (sejak 1876) untuk meningkatkan kemampuan hukum House of Lords. Namun tahun 1911. a. sebuah badan yang terdiri atas anggota kabinet yang bertindak sebagai dewan penasihat raja/ratu). Dengan demikian. perwakilannya dibatasi h pada peers yang memiliki pengalaman hukum saja. . The Peerage Act tahun 1963 memungkinkan hereditary peers mengundurkan diri dan memperoleh status dan hak anggota parlemen House of Commons. kerajaan Inggris memakai sistem juri untuk menetapkan vonis. semuanya ditunjuk oleh raja/ratu. yang beranggotakan sekitar 1200 orang. Kabinet Inggris merupakan bagian dari Dewan Menteri (Privy Council. melalui peraturan lain. tetapi dapat melakukan penelitian dan pertimbangan tambahan untuk memperbaiki kinerja legislatif. termasuk the Lords of Appeal in Ordinary (Ahli hukum umum). pemilu untuk memilih anggota Majelis Rendah pada hakikatnya sekaligus juga memilih badan eksekutif.

terdiri dari House of Commons dan House of Lords. b. g. yaitu hukum dasar yang memberikan dan membatasi kekuasaannya untuk memerintah. Konstitusi adalah akibat. ciri-ciri penting sistem pemerintahan di Inggris. klas-klas dianggap subjek-subjek yang sama oleh hukum. . h. e. Kabinet. Parlemen. pegawai pemerintah mendapat perlakuan sama dengan warga negara biasa di depan pengadilan. 2. Wales. d. bukan sebab dari hak -hak individu. Hukum yang dibuat oleh Parlemen mempunyai supremasi absolut atas kebijakan-kebijakan pemerintah yang menyangkut rakyat. dapat diringkas sebagai berikut. yaitu badan legislative secara hukum dan secara politis adalah penguasa tuan dari Kabinet. dengan sebutan United Kingdom. f. karena rakyatnya telah bersepakat bahwa mereka harus mempunyai standar-standar minimum dalam kesejahteraan ekonomi dan sosial. adalah badan yang melakukan kepemimpinan administrasi dan parlemen. Merupakan Negara kesatuan (unitary state). Negara Kesejahteraan (Welfare state). terdiri dari menteri-menteri. Kesamaan di depan hukum.Berdasarkan uraian materi di atas. terdiri atas 3 prinsip : 1. 4. Oposisi dilakukan oleh partai terbesar kedua. yang terdiri atas England. a. tetapi bercampur baur. adalah tidak tertulis. dan terus menerus berevolusi. c. Scotland. dan Irlandia Utara. 3. Parlemen adalah bikameral. The rule of Law. Kekuasaan tidak dipisahkan. relative kuno. Konstitusinya. Pengadilan menetapkan hak-hak ini atas dasar kebiasaan dan statuta yang ditetapkan oleh Parlemen. Parlemen mempunyai kekuasaan tak terbatas di bidang legislatif dan eksekutif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful