P. 1
Analisis proksimat

Analisis proksimat

|Views: 878|Likes:

More info:

Published by: Khoirul Kholidi Anam on Apr 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/08/2015

pdf

text

original

ANALISIS PROKSIMAT Analisis proksimat adalah suatu metoda analisis kimia untuk mengidentifikasi kandungan nutrisi seperti protein

, karbohidrat, lemak dan serat pada suatu zat makanan dari bahan pakan atau pangan. Analisis proksimat memiliki manfaat sebagai penilaian kualitas pakan atau bahan pangan terutama pada standar zat makanan yang seharusnya terkandung di dalamnya. Selain itu manfaat dari analisis proksimat adalah dasar untuk formulasi ransum dan bagian dari prosedur untuk uji kecernaan. Zat gizi sangat diperlukan oleh hewan untuk pertumbuhan, produksi, reproduksi, dan hidup pokok. Makanan ternak berisi zat gizi untuk kebutuhan energi dan fungsi-fungsi di atas. Tetapi setiap ternak kandungan zat gizi yang dibutuhkannnya berbeda-beda. Suatu keuntungan bahwa zat gizi, selain mineral dan vitamin tidak sendiri-sendiri mempunyai sifat kimia. Zat sumber energi dapat digolongkan misalnya dari sumber karbohidrat yang mempunyai kandungan kimia karbon, hydrogen dan oksigen. Sedangkan protein terdiri dari asam amino dan berisi ± 16 % nitrogen. ANALISIS PROKSIMAT MERUPAKAN SALAH SATU DARI TINGKATAN CARA PENILAIAN SUATU BAHAN PAKAN SECARA KIMIA TINGKATAN PENILAIAN BAHAN PAKAN 1. SECARA FISIK 2. SECARA KIMIA 3. SECARA BIOLOGIS 4. SECARA EKONOMIS BAGAN FRAKSI ANALIS PROKSIMAT

agar tidak menyimpang dari yang disyaratkan. Analisa Kimia. warna. Sejumlah besar sampel diperlukan untuk menghasilkan hasil statistik yang dapat dipercaya dan cukup sering data yang didapatkan dari uji ini adalah sangat bervariasi. vitamin dan mineral. ada dua jenis dasar dari uji biologis ² (1) uji mikrobiologis.dsb. . dan (2) penggunaan binatang yang kekurangan ² nutrient. aroma. salah satu metode yang sangat umum digunakan adalah metode analisis Proksimat. Uji biologis cenderung sulit dan memakan waktu. Metode ini dapat memberikan gambaran mengenai komposisi kimia suatu bahan meliputi kandungan air. Uji menggunakan binatang yang kekurangan nutrient adalah terutama tidak praktis karena (1) binatang harus mempunyai jenis kelamin yang sama dan diperkirakan usia dan beratnya sama dan (2) waktu yang dibutuhkan untuk memasukan kondisi yang kurang baik pada binatang ² binatang ini.y y y Analisa fisik. karbohidrat. lemak. Banyak metode-metode kimia yang dapat digunakan untuk mengukur kandungan zat makanan pada setiap bahan pakan. Dengan melihat bentuk. Analisa biologis digunakan dalam analisis dari mikronutrient pada makanan. protein.

Larutan detergen ini membagi bahan kering makanan menjadi isi sel (sel Content) dan dinding sel (Sel Wall Constituents). Isi sel terdiri atas protein. Oleh Van Soest Hijauan di bagi menjadi beberapa fraksi berdasarkan kelarutannya dalam detergent. 4. bahan makanan juga diuji kelarutannya dalam detergent asam (ADS) tiap liter larutan ini mengandung 49.0. Mula-mula bahan makanan yang telah digiling halus dimasak dalam larutan detergent netral (NDS) pH 6. bobot dinding sel dapat ditimbang. tiap liter larutan ini mengandung 30 gr Na-Lauryl Sulfate. Fraksi yang larut sebagian besar terdiri atas hemiselulosa dan sedikit protein dinding sel. Analisis ADF merupakan langkah ke atah analisis lignin. Serat kasar tersebut sukar dicerna oleh lambung biasa. Hal ini disebabkan karena analisis proksimat tidak dapat membedakan karbohidrat bermanfaat dan tidak bermanfaan. Pemasakan dalam larutan detergent asam ini membagi dinding sel menjadi fraksi yang larut dan tak larut. Selain dari bahan organik.61 gr Disodium-Dihidrogen-ethylendiamintetraacetate dihidrate. dan 10 ml Ethilen-Glikol-monomethyl eter.04 gr H2SO4 dan 20 gr Cetyl-trimethyl-amonium Bromida (CTAB dan CETAB). 6. . Isi sel bersifat mudah larut dalam larutan detergent netral. Pada analisis Van Soest. Karbohidrat dan mineral-mineral mudah larut serta lemak. ADF bahan makanan dapat ditimbang.81 gr Na-Borat Decahidrate. Jadi.9 ² 7. sedangkan dinding sel tidak. dinding sel mengandung pula silica. Karbohidrat yang tidak bermanfaat yaitu serat kasar yang berupa Lignin dan Selulosa.56 gr disodium-hidrogen phosphete. Selisih antara bahan kering dengan dinding sel adalah isi sel.ANALISIS VAN SOEST Analisis Van Soest adalah analisis bahan makanan yang bertujuan untuk menyempurnakan analisis proksimat. Selanjutnya setelah penyaringan dan pengeringan. 15. Fraksi yang tidak larut adalah Lignoselulosa yang lazim disebut µAcid Detergent Fiberµ (ADF). Setelah dikeringkan. ADF yang diperoleh dari analisis ini digunakan pada tahap berikutnya untuk penentuan kadar Lignin.

Kemudian ditimbang. Setelah residu ditimbang. Abu sisanya setelah dingin ditimbang. Lalu dikeringkan. Selankutnya residu yang tertinggal di cuci dengan air hangat (85 ² 95ºC) sampai bebas dari asam. lalu dibakar pada suhu 500°C. Selisih bobot antara ADF dengan residu tersebut adalah selulosa.Untuk memisahkan Selulosa dari Lignin. ADF ditambahi H2SO4 dingin. Selisih antara residu dengan abu adalah Lignin . Selulosa akan larut.

html http://duniasapi.com/2009/02/pemisahan-isi-sel-dan-dinding-sel.html http://novalinahasugian.com/doc/18185685/ANALISIS-PROKSIMAT .com/2009/05/evaluasi-pakan.DAFTAR PUSTAKA http://bubblehousebandryfarm.com/id/edufarming/949-penilaian-kualitas-pakan-sapi.blogspot.blogspot.scribd.htm http://www.

TUGAS INDIVIDU ANALISA PROKSIMAT DAN ANALISA VAN SOEST PUTRI SHEILA I31108269 FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSIATAS HASANUDDIN MAKASSAR 2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->