KENDANG

y Kendang, kendhang, atau gendang adalah instrumen dalam

gamelan Jawa Tengah yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih. Kendang kalih dimainkan pada lagu atau gendhing yang berkarakter halus seperti ketawang, gendhing kethuk kalih, dan ladrang irama dadi. Bisa juga dimainkan cepat pada pembukaan lagu jenis lancaran ,ladrang irama tanggung. Untuk wayangan ada satu lagi kendhang yang khas yaitu kendhang kosek. y Kendang kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan profesional, yang sudah lama menyelami budaya Jawa. Kendang kebanyakan di mainkan sesuai naluri pengendang, sehingga bila dimainkan oleh satu orang denga orang lain maka akan berbeda nuansanya.

Thumb key B-flat (diciptakan dan dirintis oleh Briccialdi) standar. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik. y Suling konser standar ditalakan di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C. adalah pilihan ekstra untuk model menengah ke atas dan profesional. Piccolo adalah suling kecil yang ditalakan satu oktaf lebih tinggi dari suling konser standar. Akan tetapi. y Suling konser modern memiliki banyak pilihan.Suling y Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu. . B foot joint. hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari suling. emas atau campuran keduanya. Sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak. Ini berarti suling merupakan salah satu alat musik orkes yang tinggi. Piccolo juga umumnya digunakan dalam orkes. y Suling modern untuk para ahli umumnya terbuat dari perak. pada beberapa suling untuk para ahli ada kunci tambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C. atau logam yang dilapisi perak. akan tetapi.

dan sejak Era Romantis (1820) memakai suling Boehm (kayu hitam atau metal dilengkapi klep semua yang disebut juga suling Boehm. sedangkan pada sebelum Era Romantis (Era Klasik 1750-1820) pakai Suling Albert (kayu hitam berlubang dan dilengkapi klep). sistem Carl Boehm). atau suling saja. .Suling y Beberapa orang mempercayai bahwa kunci open-hole mampu menghasilkan suara yang lebih keras dan lebih jelas pada nada-nada rendah. y Khusus musik keroncong di Indonesia pada Era Stambul (1880-1920) memakai suling Albert. y Suling konser pada sebelum Era Klasik (1750) memakai Suling Blok (seperti gambar atas). dan pada Era Keroncong Abadi (1920-1960) telah memakai suling Bohm.

Namun beberapa pemain suling (terutama para pelajar. dan bahkan beberapa para ahli) memilih closed-hole plateau key. Para pelajar umumnya menggunakan penutup sementara untuk menutup lubang tersebut sampai mereka berhasil menguasai penempatan jari yang sangat tepat. .Suling y Suling open-holed. juga biasa disebut French Flute (di mana beberapa kunci memiliki lubang di tengahnya sehingga pemain harus menutupnya dengan jarinya) umum pada pemain tingkat konser.

atau gabungan keduanya. Bunyinya dihasilkan dari senar-senar yang bergetar. . y Gitar bisa berupa gitar akustik atau listrik.Gitar y Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemari tangan atau sebuah plektrum (alat petik gitar).

Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak.Gitar y Keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen instrumen yang kita bisa saksikan dilukisan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat diseluruh Eropa. dimana banyak Replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan Gut / benang benang sutera. Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika. . di banyak daerah benua itu. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol. Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar.

. Pick Guitar telah dibuat / diubah menjadi Electric Guitar dengan memasang Contact Microphone dibawah senar atau Pickups. The Pick Guitar dan Electric Guitar yang paling sering digunakan dalam musik Jazz. Frets merupakan tempat dimana jari tangan sebelah kiri menekan senar. dimana pick ini bentuknya bulat pipih seperti buah Almond yang terbuat dari tempurung penyu atau plastik. y Perbedaan gitar jenis ini adalah terdapat 2 buah lubang suara yang berbentuk SShaped pada badan bagian depan gitar. Fingerboard / leher gitar berdekatan dan ditandai dengan garis besi / namanya Frets. Senarnya terbuat dari kawat dan tersambung pada Tailpiece / ujung pengikat senar. Gunanya untuk mempermudah bagi pemain untuk mencari not not dan bermain dengan irama.JENIS GITAR y The Pick Guitar y The Pick guitar dimainkan dengan memetik senar dengan sebuah pick. y Sejak pertengahan dekade 30-an. Kemudian Pickup itu disambungkan dengan Loudspeaker. band band dansa dan grup Rock.

Kemudian muncul pula gitar berdawai 7 (seperti yang biasa dipakai oleh Bucky Pizzarelli). bahkan muncul pula gitar berdawai 10. hingga benar-benar suara elektrik) jenis gitar hollow-body dan semi-hollowed. Gitar yang kita kenal di zaman sekarang ini mempunyai jenis dan bentuk yang beraneka ragam. Jenis elektrik gitar seperti itu lazim digunakan dalam kancah musik rock / pop. yang satu berdawai 6 dan satunya berdawai 12 (seperti yang sering digunakan oleh John McLaughlin). Solid-Body (seperti yang sudah dijelaskan diatas tanpa bunyi resonansi. Elektrik gitar lalu berkembang. gitar mempunyai jumlah dawai 6. lalu muncul gitar dengan 12 dawai yang lebih lazim digunakan dalam kancah musik country. y Bagian dari Electric Guitar y Gitar adalah unsur terpenting dalam sebuah band. Pada dekade 50-an.y Pada umumnya. muncul gitar dengan dua neck (fretboard). . Jenis elektrik gitar tersebut pun berlanjut dengan penggunaan aneka macam sound effect. Tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah inti dari bagian-bagian guitar.

y The Finger-Style Guitar y The Finger-Style Guitar dimainkan dengan memetik senar dengan jari jari. tarian Gypsy Spanyol . Sutera dan kawat. Banyak karya dari para maestro klasik. baik yang The Finger-Style Guitar ataupun The Pick Guitar. The Fingerboard mempunyai Frets seperti Pick Guitar tetapi lebih lebar. Gitar ini mempunyai satu lingkaran lubang suara. Gitar. Senar senarnya terbuat dari Nylon. diantaranya Bach dan Chopin. telah diaransemen untuk gitar. Sebuah bentuk musik gitar yang popular tapi sulit adalah Flamenco. kerapkali menjadi favorit bagi penyanyi lagu lagu daerah.

.Rebab y Rebab (Arab: atau ( adalah alat musik gesek yang biasanya menggunakan 2 atau 3 dawai. y Alat musik yang menggunakan penggesek dan mempunyai tiga atau dua utas tali dari dawai logam (tembaga) ini badannya menggunakan kayu nangka dan berongga di bagian dalam ditutup dengan kulit lembu yang dikeringkan sebagai pengeras suara. alat musik ini adalah alat musik yang berasal dari Timur Tengah dan mulai digunakan di Asia Tenggara setelah penyebaran pengaruh dari Timur Tengah.

fungsi rebab tidak hanya sebagai pelengkap untuk mengiringi nyanyian sindhen tetapi lebih berfungsi untuk menuntun arah lagu sindhen. .y Dalam musik Sunda. Dalam gamelan Jawa. sebagai pelengkap untuk mengiringi sinden bernyanyi bersama-sama dengan kecapi dan suling. alat ini juga digunakan sebagai pengiring gamelan.

yaitu célô/sélô. yang hampir selalu disingkat menjadi cello (pengucapan dalam bahasa Indonesia sama. . Orang yang memainkan cello disebut cellis. Cello adalah alat musik yang populer dalam banyak segi: sebagai instrumen tunggal. dan juga sebagai fondasi dalam suara orkestra modern. dalam musik kamar.Cello y Violoncello. adalah sebuah alat musik gesek dan anggota dari keluarga biola.

yang biasanya dikenal sebagai Bach Cello Suites. . Repertoar standar era romantik termasuk Cello Concerto in B minor oleh Antonín Dvo ák. Sebuah contoh lagu era klasik adalah karya Haydn Cello Concerto #1 in C major. dan dua sonata oleh Brahms. namun kadang-kadang ditampilkan dalam rekaman-rekaman pop dan rock.Cello y Cello paling erat terkait dengan musik klasik Eropa. Alat musik ini kurang lazim dalam musik pop. Contohnya adalah Night of the Four Moons oleh George Crumb. Bach Unaccompanied Suites for Cello. Rekaman-rekaman di dalam genre Avant Garde telah menghidupkan kembali keluwesan alat musik ini. Sejumlah besar concerto dan sonata telah digubah untuknya. Cello Concerto in E minor oleh Elgar. S. Ia adalah bagian dari orkestra standar dan memberikan suara bas dalam sebuah kuartet gesek. serta bagian dari banyak kelompok musik kamar. Komposisi-komposisi modern dari awal abad ke-20 termasuk sonatasonata cello tanpa iringan oleh Paul Hindemith (opus 25) dan Zoltán Kodály (opus 8). y Di antara karya-karya Barok yang paling terkenal untuk cello adalah karya J.

beberapa bagiannya dapat dibuat dari baja atau logam-logamlainnya dan/atau bahan komposit. Ia dimainkan dalam posisi berdiri di antara kedua kaki si pemusik yang duduk. D3. y Cello adalah sebuah instrumen yang rumit yang terdiri atas banyak bagian. nilon atau bahan-bahan inti sintetis lainnya. Ia seperti viola namun satu oktaf lebih rendah.Cello y Ukuran cello lebih besar daripada biola atau viola namun lebih kecil daripada bass. Si pemain menggesekkan penggeseknya dalam posisi horisontal melintang di dawai. dan satu seperlima oktaf lebih rendah daripada biola (lihat #Penalaan dan rentangan). D. usus. . dan C (A3. cello mempunyai empat dawai. dan C2 dalam notasi tala ilmiah). Dawai-dawai modern dibuat dari baja. Dawai-dawainya biasanya ditala pada nada (dari tinggi ke rendah) A. yang dilapisi dengan berbagai gulungan logam. G2. G. dan ditegakkan pada sepotong metal yang disebut endpin. Meskipun pada umumnya dia dibuat ari kayu. Seperti anggota-anggota lainnya dari keluarga biola.

. seperti poplar atau willow. Cello yang lebih murah seringkali bagian atas dan belakangnya dibuat dari kayu lapis. meskipun beberapa cello modern dibuat dari bahan serat karbon. Sebuah cello tradisional biasanya mempunyai bahan atas dari kayu spruce.Cello y Kerangka utama cello biasanya dibuat dari kayu. Kayu-kayu yang lain. dan lehernya. dengan maple untuk bagian belakang. kadang-kadang digunakan untuk bagian belakang atau sisinya. sisi.

rentangan nada. cello-cello yang lebih besar daripada yang "ukuran penuh" (empat-perempat) juga ada. Meskipun jarang. Stradivarius dan Guarneri) cenderung sedikit lebih kecil daripada apa yang kini dianggap ukuran penuh. Namun ada pula cello dengan ukuran-ukuran yang lebih kecil. Cello yang berukuran "setengah" sebetulnya bukan setengah dari yang 'ukuran penuh". dari yang 'tujuhperdelapan" dan "tiga-perempat" hingga "seperenambelas".Cello y Cello-cello berukuran standar disebut "ukuran penuh". Cello-cello yagn dibuat oleh para empu dari abad ke-17 dan 18 (mis. . Cello yang berukuran lebih kecil sama saja dengan cello-cello standar dalam konstruksi. Cellis yang ukuran tangannya besar mungkin lebih menyukai cello yang lebih besar ini. Demikian pula dengan ukuran-ukuran lainnya. dan penggunaannya. Banyak cellis lebih kecil tubuhnya lebih suka memainkan cello "tujuh-perdelapan" karena rentangan tangan dalam posisi-posisi yang lebih bawah tidak terlalu sulit. melainkan hanya lebih kecil sedikit. namun diperkecil ukurannya untuk memudahkan anak-anak dan orang dewasa yang lebih pendek tubuhnya.