P. 1
Karya Ilmiah

Karya Ilmiah

|Views: 686|Likes:
Published by Ali Sungha Jung

More info:

Published by: Ali Sungha Jung on Apr 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

ILMU PENGETAHUAN ALAM tentang

SEJARAH PENGGUNAAN, REAKSI, PEMANFAATAN, dan DAMPAK DARI HASIL ENERGI NUKLIR

Disusun Oleh : HERY KUSMANTO ABDUL QOHAR <15/XI KR 1> <01/XI KR 1>

PROGAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NU MA’ARIF KUDUS KUDUS 2011

yang kemudian akan mengakibatkan seorang individu mengalami berbagai macam penyakit. Pada saat itu sudah banyak peralatan yang mempergunakan energi nuklir misalnya.RANGKUMAN Teknologi nuklir mulai dapat dirasakan manfaatnya sejak tahun 1953. pembangkit listrik. yang merupakan reaksi pembelahan inti atom akibat tubrukan inti atom lainnya. yaitu reaksi fusi berunsur Uranium-Plutonium dan reaksi fisi berunsur Lithium-Hidrogen. serta radiasi elektromagnetik. . Peralatan-peralatan diatas memanfaatkan reaksi fisi nuklir. bahkan dapat mengakibatkan kematian. Reaksi fusi adalah reaksi peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru dan menghasilkan energi. dan menghasilkan energi dan atom baru yang bermassa lebih kecil. radioterapi ataupun sebagai senjata nuklir. jika terjadi kesalahan akan menjadi dampak buruk karena dari radiasi nuklir sendiri. Dalam pemanfaatan energi nuklir. Dikenal dua reaksi nuklir.

3.1.1.2. Kedokteran Nuklir 2. Saran LAMPIRAN BAB I .3.2. Sejarah dan Penggunaan Energi Nuklir 2.4.4.1. Senjata Nuklir 2. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir 2. Pemanfaatan Enegi Nuklir 2.3.2. Kesimpulan 3.1. Latar Belakang 1. Reaksi Nuklir 2. Sistematika Penulisan BAB II PEMBAHASAN 2.2.3.DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL RANGKUMAN DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.3. Dampak Penggunaan Energi Nuklir BAB III PENUTUP 3.3. Tujuan 1. Manfaat 1.

dan mutasi genetik. kimia dan biologi pada materi yang dilaluinya. muntah darah atau berak darah. letih. Aplikasi teknik nuklir. Radiasi tersebut dapat digunakan untuk penyinaran langsung seperti antara lain pada radioterapi dan sterilisasi. Melihat sudah menipisnya defisit bahan bakar maupun mineral sebagai pembangkit listrik banyak alternatif yang ditemukan. kerontokan rambut dan kebotakan. gangguan sistem saraf dan reproduksi.1. lemah. 1. penuaan dini. Dampak jangka panjang dari radiasi nuklir umumnya justru dipicu oleh tingkat radiasi yang rendah sehingga tidak disadari dan tidak diantisipasi hingga bertahun-tahun. sangat dirasakan manfaatnya sejak program penggunaan tenaga atom untuk maksud damai dilancarkan pada tahun 1953. dan luka susah sembuh. Sementara itu. Tujuan . Dampak sesaat atau jangka pendek akibat radiasi tinggi disekitar reaktor nuklir antara lain mual. disorientasi atau bingung menentukan arah. dan demam. Dewasa ini penggunaannya di bidang ekonomi dan kedokteran sangat luas. termasuk nuklir. Energi radiasi yang dipancarkan oleh suatu sumber radiasi penghasil energi.PENDAHULUAN 1. serta didukung pula oleh perkembangan instrumentasi nuklir dan produksi radioisotop. tekanan darah rendah. dampak yang baru muncul setelah terpapar radiasi nuklir selama beberapa hari di antaranya adalah pusing. bahkan dipergunakan sebagai senjata pemusnah. diare. Latar Belakang Manusia tidak dapat terlepas dari ketergantungannya terhadap energi sebagai salah satu sumber kehidupan. Tetapi kurang cermatnya perhitungan dalam energi radiasi akan meningkatkan konsentrasi pada inti materi. sakit kepala. Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi dan bioteknologi. dapat menyebabkan perubahan fisis. mata berkunangkunang. dan tampak lesu. baik aplikasi radiasi maupun radioisotop. muntah. Beberapa dampak mematikan akibat paparan radiasi nuklir jangka panjang antara lain kanker.2.

Adapun tujuan lainnya adalah sebagai berikut : 1. manfaat. Untuk mengetahui pemanfaatan dari energi nuklir 4. BAB II PEMBAHASAN .1. Untuk mengetahui sejarah penggunaan energi nuklir 2. Bagi Akademik Untuk mengukur pemahaman dan penguasaan siswa terhadap teori yang diberikan guru dimasa lingkungan sekolah. dan sistematika karya ilmiah. reaksi nuklir. 2.4. tujuan. penyusunan karya ilmiah ini juga merupakan tugas akhir dalam semester ke-4. Manfaat 1. pemanfaatan dan dampak energi nuklir. Bagi Penyusun Mampu menambah pengetahuan dan wawasan mengenai dampak penggunaan energi nuklir sekaligus memperoleh pengetahuan tentang pembuatan karya ilmiah dijenjang SMA. saran yang ditujukan kepada siapa saja yang akan mengangkat topik yang sama agar lebih lengkap untuk pembuatan karya ilmiah berikutnya. Tujuan utama dari penyusunan karya ilmiah ini adalah untuk melengkapi tugas-tugas terdahulu selain itu. BAB III PENUTUP Berisi kesimpulan dan saran. BAB II PEMBAHASAN Bab ini berisi tentang materi yang telah dijabarkan mengenai sejarah penggunaan energi nuklir. Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh energi nuklir 1.Melakukan/mengerjakan sesuatu pastilah memiliki tujuan. yaitu kesimpulan topik yang telah dibahas pada bab II sebelumnya. Untuk mengetahui reaksi-reaksi nuklir 3. 1. Sistematika Penulisan BAB I PENDAHULUAN Berisi tentang latar belakang masalah. begitu pula dengan penyusunan karya ilmiah ini.

tepatnya pada tahun 1942. Idaho.1. baru dimulai pada akhir abad 20. Plutonium inilah yang digunakan sebagai bahan dasar bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki. Apalagi setelah adanya kecelakaan nuklir di Three mile Island dan Chernobyl.2. dari kelas N-4 Perancis. maka jika digunakan dalam reaktor (sebagai moderator . kedua golongan ini menggunakan air ringan sebagai bahan pendingin dan moderator. Reaktor Air Ringan dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu Reaktor Air Didih dan Reaktor Air Tekan (pendingin tidak mendidih). Diantara PLTN yang masih beroperasi di dunia. Energi nuklir ini dapat digunakan sebagai sumber energi maupun senjata pemusnah pada perang dunia kedua. Sejarah dan Penggunaan Energi Nuklir Energi Nuklir Pertama kali di buat percobaan oleh fisikawan jerman Otto Hahn. Dari tahun ke tahun kapasitas energi dari reaktor nuklir mengalami perkembangan pesat. Sampai tahun 2005 ini. Jepang. Energi yang dihasilkan sekitar 100 kW. Hal ini didasarkan dari ketakutan akan adanya “nuclear accident” dan ketakutan akan adanya bahaya radiasi yang tidak kelihatan dari tenaga nuklir itu sendiri. Energi nuklir sebagai pembangkit listrik dengan menggunakan reaktor nuklir digunakan pertama kali pada tanggal 20 Desember 1951 di dekat kota Arco. 80 % adalah PLTN tipe Reaktor Air Ringan (LWR). Gerakan untuk menentang adanya program tenaga nuklir. menghasilkan energi sekitar 100 gW dan pada tahun 1980 sebesar 300 gW energi nuklir dihasilkan. Pada tahun 1960. menghasilkan energi sekitar 1 gW. Energi nuklir ini merupakan energi yang sangat besar. Enrico Fermi menemukan reaksi berantai dari nuklir yang menghasilkan energi tinggi dengan menggunakan bahan plutonium. baru 366 gW energi dihasilkan. Dengan modifikasi secukupnya dan peningkatan daya seperlunya kemudian digunakan dalam PLTN. Setelah tahun 1980 kapasitas energi yang dihasilkan tidak terlalu meningkat pesat. Kemampuan air dalam memoderasi neutron (menurunkan kecepatan/energi neutron) sangat baik. sedangkan pada tahun 1970. Reaktor ini pada awalnya dirancang untuk tenaga penggerak kapal selam angkatan laut Amerika.4% bukan uranium alam karena sifat air yang menyerap neutron. Pada tipe reaktor air ringan sebagai bahan bakar digunakan uranium dengan pengayaan rendah sekitar 2% . PLTN tipe ini dengan daya terbesar yang masih beroperasi pada tahun 2003 adalah PLTN Chooz dan Civaux di Perancis yang mempunyai daya 1500 mW. Selain itu kekhawatiran akan adanya kebocoran dari system penyimpanannya. Lise Meiner dan Fritz Strassman pada tahun 1938.

sebuah reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua nuklei atau partikel nuklir bertubrukan. Dikenal dua reaksi nuklir. ataupun sebagai terapi yang sekarang ini . Energi nuklir banyak dimanfaatkan oleh manusia. Reaksi Nuklir Dalam ilmu fisika. Pada prinsipnya sebuah reaksi dapat melibatkan lebih dari dua partikel yang bertubrukan. yaitu reaksi fusi nuklir dan reaksi fisi nuklir. Tritium). Contoh reaksi fusi nuklir adalah reaksi yang terjadi di hampir semua inti bintang di alam semesta. dan menghasilkan energi dan atom baru yang bermassa lebih kecil. senjata pemusnah. Uranium-235). misalnya sebagai sumber energi. 2. Reaksi fusi nuklir adalah reaksi peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru dan menghasilkan energi.3. Pemanfaatan Energi Nuklir Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa energi nuklir merupakan suatu energi yang sangat besar. Deuterium. tetapi kejadian tersebut sangat jarang. beta dan gamma yang sangat berbahaya bagi manusia. Bila partikelpartikel tersebut bertabrakan dan berpisah tanpa berubah (kecuali mungkin dalam level energi). proses ini disebut tabrakan dan bukan sebuah reaksi. 2.neutron dan pendingin) ukuran teras reaktor menjadi lebih kecil (kompak) bila dibandingkan dengan reaktor nuklir tipe reactor gas dan reaktor air berat. serta radiasi elektromagnetik. Reaksi fusi juga menghasilkan radiasi sinar alfa. Reaksi fisi nuklir adalah reaksi pembelahan inti atom akibat tubrukan inti atom lainnya. Senjata bom hidrogen juga memanfaatkan prinsip reaksi fusi tak terkendali. sedangkan dalam reaksi fusi nuklir adalah Lithium dan Hidrogen (terutama Lithium-6.2. juga dikenal sebagai reaksi yang bersih. untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal. Unsur yang sering digunakan dalam reaksi fisi nuklir adalah Plutonium dan Uranium (terutama Plutonium-239. Contoh reaksi fisi adalah ledakan senjata nuklir dan pembangkit listrik tenaga nuklir.

air dijaga dalam tekanan tinggi sebesar 160 atm.3.2. Instalasi pembangkitan energi listrik semacam ini dikenal sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Untuk menjaga agar air di dalam reaktor (yang berada pada suhu 300 derajat celcius) tidak mendidih (air mendidih pada suhu 100 derajat celcius dan tekanan 1 atm). Energi yang dihasilkan di dalam reaktor nuklir berupa kalor atau panas yang dihasilkan oleh batang-batang bahan bakar. atau pengobatan terapi dilakukan dengan cara berbeda sebagai contoh jika ingin menjadikan sebagai sumber energi. sedangkan air didinginkan dan dipompa kembali menuju reaktor. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Energi yang dihasilkan dari reaksi fisi nuklir terkendali di dalam reaktor nuklir dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik. 2. Untuk lebih jelasnya lagi lihat penjabarannya dibawah ini. 2.1. Uap air dingin yang mengalir keluar setelah melewati turbin dipompa kembali ke dalam reaktor. senjata. Senjata Nuklir . Di sini uap panas dipisahkan dari air dan dialirkan menuju turbin untuk menggerakkan turbin menghasilkan listrik. Kalor atau panas dialirkan keluar dari teras reaktor bersama air menuju alat penukar panas (heat exchanger).3.sudah ada dalam rumah sakit diseluruh dunia. skema pembangkit listrik tenaga nuklir Salah satu bentuk reaktor nuklir adalah reaktor air bertekanan (pressurized water reactor/PWR) yang skemanya ditunjukkan dalam gambar. harus menggunakan reaktor nuklir untuk mendapatkan energi pembangkit listrik dan memanfaatkan emisi radioaktif sehingga dapat dijadikan sebagai pengobatan terapi dan unsur-unsur yang terkandung didalam nuklir dijadikan sebagai senjata (bom atom/nuklir). Untuk dapat menjadikan suatu energi nuklir sebagai sumber energi.

Seorang ahli kimia berkebangsaan Hongaria. peluru kendali. Negara pemilik senjata nuklir yang dikonfirmasi adalah Amerika Serikat. Kedokteran Nuklir Dalam bidang kedokteran dikenal cabang kedokteran nuklir. Pada masa itu daya ledak bom nuklir yg dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki sebesar 20 kilo(ribuan) ton TNT. George Hevesy. dipelajari distribusi Pb dan Bismut (Bi) pada hewan percobaan. seperti melalui pesawat pengebom. Lihat daftar negara dengan senjata nuklir lebih lanjut. Dewasa ini. 2.Senjata nuklir adalah senjata yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat. Pada tahun 1924. hampir semua kota besar di Pulau Jawa mempunyai sedikitnya satu rumah sakit yang dilengkapi dengan unit kedokteran nuklir. sebuah bom nuklir mampu memusnahkan sebuah kota. walaupun tidak diuji dan Israel enggan mengkonfirmasi apakah memiliki senjata nuklir ataupun tidak. baik untuk diagnosis maupun dalam pengobatan penyakit atau dalam penelitian kedokteran. diagnosis dan terapi dilaksanakan berdasarkan pada pemanfaatan emisi radioaktif dari radionuklida tertentu. Rusia. Hiroshima dan Nagasaki. Senjata nuklir kini dapat dilancarkan melalui berbagai cara. yaitu ilmu kedokteran yang dalam kegiatannya menggunakan radioaktif terbuka (unsealed). Korea Utara dan Pakistan.3. India. Bentuk bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. peluru kendali balistik. Akhir-akhir ini kedokteran nuklir berkembang pesat dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain itu. Negara sedang berkembang seperti Indonesia juga tidak ketinggalan. Senjata nuklir telah digunakan hanya dua kali dalam pertempuran semasa Perang Dunia II oleh Amerika Serikat terhadap kota-kota Jepang.3. Hal ini . Tercatat bahwa hampir tidak ada satupun rumah sakit di negara-negara maju yang tidak mempunyai unit kedokteran nuklir. Sedangkan bom nuklir sekarang ini berdaya ledak lebih dari 70 mega(jutaan) ton TNT. pada tahun 1923 mengukur distribusi timbal (Pb) radioaktif dengan jalan memasukkan Pb-210 dan Pb-212 pada batang dan akar kacang dalam jumlah yang tidak menimbulkan efek toksik pada tanaman. negara Israel dipercayai mempunyai senjata nuklir. dan Peluru kendali balistik jarak benua. Britania Raya (Inggris). Republik Rakyat Cina. Perancis. Dalam kedokteran nuklir.

yang ditemukan oleh Glenn Seaborg pada tahun 1937. Senin (14/3/2011).merupakan langkah pertama penggunaan perunut untuk penelitian biomedik. dengan pencacah Geiger yang ditempatkan di dekat kelenjar tiroid. banyak manfaat dari keberadaan energi nuklir ini selain sebagai pembangkit listrik juga masih banyak kegunaan yang didapatkan dari pemanfaatan energi nuklir secara baik dan benar. Pasca gempa yang melanda Jepang beberapa hari yang lalu yang menimbulkan tsunami setinggi 10 meter. Pada imaging nuklir. Radionuklida pertama yang digunakan secara luas dalam kedokteran nuklir adalah I-131. suatu senyawa organik bertanda 2. semua kehidupan. Diikuti dengan pemakaiannya untuk pengobatan hipertiroid pada tahun 1940. sehingga pada tahun 1943 George Hevesy mendapat hadiah Nobel di bidang Kimia. Metode ini disebut imaging nuklir. Seaborg mendapat hadiah Nobel untuk bidang Kimia pada tahun 1951. yang dapat menggambarkan fungsi suatu organ. Nyaris tak ada yang bisa bertahan olehnya. rumah luluh tersapu gelombang radiasi nuklir ini. Dampak negatif dari energi nuklir itu terjadi bila energi itu tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya seperti digunakan sebagai alat peledak (bom) yang sangat mematikan. Alat tersebut mampu mendeteksi distribusi foton yang dipancarkan dari dalam tubuh. beberapa reaktor nuklir yang sejatinya digunakan untuk pembangkit tenaga listrik meledak. Dilansir Aljazeera. kedokteran nuklir berkembang pesat setelah ditemukan kamera gamma oleh Hal Anger pada tahun 1958. Berkat jasanya tersebut. yang digunakan untuk diagnosis in vivo. di zaman modern masih terjadi juga dampak yang timbul dari penggunaan energi nuklir. Pada periode berikutnya. Hal yang paling ditakutkan dari energi nuklir itu adalah mengenai tingkat radiasi yang sangat berbahaya. “Radiasi .4. Professor Ilham Al-Qaradawi dari Qatar University memberikan penggambaran dari efek radiasi. Panas dari radiasi ini mencapai 4000 derajat celcius. Penemuan Seaborg berikutnya yaitu radionuklida Tc-99m dan Co-60. Kini. yang merupakan tonggak sejarah di bidang Kedokteran Nuklir. Dampak Penggunaan Energi Nuklir Energi nuklir untuk saat ini adalah energi yang cukup besar yang ada di planet bumi. harta benda. Jepang yang di bom oleh sekutu. Seperti dulu terjadi di Hiroshima dan Nagasaki. Pertama kali I-131 digunakan sebagai indikator fungsi kelenjar tiroid dengan jalan mendeteksi sinar yang diemisikan.

2. Ilham menambahkan jika dalam dosis yang rendah tidak akan membahayakan manusia. Menurut sebuah situs setidaknya terdapat 7 efek yang yang dapat mengganggu (cacat) organ tubuh manusia apabila terkena zat radioaktif tersebut: 1. Rems adalah satuan kekuatan radioaktif. Ketika seseorang terkena radiasi.memberikan efek ke sel manusia. Buka hanya membunuh namun jika dosisnya tinggi maka bisa merusak sel. energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. yodium radioaktif dapat menghancurkan sebagian atau seluruh tiroid. lagi.” jelasnya. Tidak hanya itu bisa membuat muntahmuntah. radiasi membunuh sel-sel syaraf dan pembuluh darah serta dapat menyebabkan kejang dan kematian mendadak. Meski demikian. Otak Sel-sel otak tidak akan rusak langsung kecuali terkena radiasi sebesar 5000 Rems atau lebih. Radioaktif berasal dari radionuklida (radioisotop). inti tidak stabil karena energi yang berlebihan. Apalagi setelah adanya tsunami di Jepang tepatnya di Fukushima yang mengakibatkan reaktor nuklir meledak. jika meledak reaktor nuklir tersebut akan memancarkan radiasi berupa hasil dari fisi uranium yang nantinya sangat mengganggu sekali bagi kesehatan. padat atau cair yang berbahaya bagi keberadaan tubuh manusia.”Kanker yang umumnya terjadi saat terpapar radiasi adalah kanker tiroid dan hanya bisa dilawan dengan tablet potassium iodide. Rambut Rambut akan hilang dengan cepat bila terkena radiasi pada kisaran 200 Rems atau lebih. Dampak yang nantinya diakibatkan jika reaktor nuklir meledak atau proses penanganannya tidak tepat sehingga mengakibatkan penyemaran lingkungan berupa zat radioaktif yaitu jenis zat yang ada di permukaan atau dalam gas. Dalam jumlah tertentu. . Seperti jantung. Bahaya jangka panjang tentu saja kanker. efeknya beragam mulai dari kulit merah hingga terbakarnya kulit. 3. menyebabkan kanker. jelas Ilham. Kelenjar Tiroid Kelenjar tiroid sangat rentan terhadap yodium radioaktif.” jelas Ilham. Sekarang sudah banyak hal yang sedang dibicarakan tentang berbagai macam energi-energi alternatif dan terbarukan. Efek radiasi nuklir Bagi manusia energi merupakan sumber terbentunya kehidupan.

4. Gastrointestinal Radiasi dengan kekuatan 200 Rems akan menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran pencernaan dan dapat menyebabkan mual. Gejala awal adalah penyakit seperti flu. Kesimpulan Dapat dikemukakan bahwa energi nuklir dapat mendatangkan berkah juga pula mendatangkan musibah bagi makhluk hidup termasuk manusia. dengan teknik nuklir masalah dapat terpecahkan begitu juga sebaliknya. 5. Banyak masalah yang sebelumnya dengan metode konvensional tidak terpecahkan. Sistem Peredaran Darah Ketika seseorang terkena radiasi sekitar 100 Rems. BAB III PENUTUP 3. Yang terpenting . Hati Ketika terkena radiasi berkekuatan 1000-5000 Rems. Saluran Reproduksi Cukup dengan daya radiasi di bawah 200 Rems. Dalam jangka panjang. 7. Menurut data ketika Nagasaki dan Hiroshima meledak.1. 6. jumlah limfosit darah akan berkurang. gejala akibat radiasi dapat berlangsung selama 10 tahun dan mungkin memiliki resiko jangka panjang seperti leukemia. maka Saluran Reproduksi manusia akan rusak. sehingga korban lebih rentan terhadap infeksi. korban radiasi akan mengalami infertilitas. muntah dan diare berdarah. pembuluh darah akan rusak dan dapat menyebabkan gagal jantung dan kematian mendadak.

. 3. kemudahan. kenyamanan. agar dapat lebih lengkap dalam pembuatan karya ilmiah. baik di bidang ilmu pengetahuan maupun teknologi dsb haruslah ditujukan untuk kecerdasan. terutama pembahasan khususnya pada penggunaan energi nuklir serta dampak penggunaannya.adalah kemajuan-kemajuan. dan keselamatan. Saran Diharapkan pada siapa saja yang akan mengangkat topik yang sama mengenai nuklir.2. Dengan kemajuan iptek di bidang instrumentasi nuklir maupun bioteknologi diharapkan bahwa energi nuklir dapat dikembangkan menjadi energi yang sangat bermanfaat dan tidak memiliki dampak buruk.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->