P. 1
Proses Pembentukan Bumi

Proses Pembentukan Bumi

|Views: 1,874|Likes:
Published by Novi andika amalia

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Novi andika amalia on Apr 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

GOEGRAFI

PROSES PEMBENTUKAN BUMI

Proses Pembentukan Bumi
Teori pembentukan bumi : Teori nebula
Teori planetesimal Teori bintang kembar Teori proto planet a. Teori Nebula
Menurut teori nebula bumi terbentuk dari gumpalan kabut yang perlahan berputar kemudian membentuk gas dan matahari, bagian kabut yang ada di sekitarnya membentuk satelit dan benda angkasa lainnya, sehingga terbentuklah tata surya.

b. Teori Planetesimal
Menurut toeri ini matahari sudah ada sebelumnya, lalu ada bintang yang melintasi matahari dengan jarak dekat, saat bintang menjauhi matahari sebagian massa tertarik ke arah bintang dan sebagian bintang kembali ke permukaan matahari sebagian lagi terhambur ke angkasa dan membentuk planet-planet dan benda angkasa lainnya.

c. Teori Bintang Kembar
Teori bintang kembar menjelaskan bahwa, ada 2 bintang kembar kemudian 1 bintang meledak menjadi serpihan-serpihan kecil. Akibat dari pengaruh gravitasi yang tidak meledak, serpihan itu berputar mengelilinginya. Serpihan ini membentuk planet, satelit, dan benda kecil lainnya, sedangkan bintang yang tetap utuh adalah matahari.

d. Teori Proto Planet
Teori proto planet menjelaskan bahwa bumi terbentuk dari penempatan gumpalan awan gas dan debu, partikel-partikel debu tertarik ke bagian pusat dan membentuk matahari. Pada bagian tepi berotasi sangat cepat lalu terpecah menjadi bagian gas dan debu yang lebih kecil.

Bumi
Suhu rata-rata permukaan bumi adalah 14° celcius. Para ilmuwan yakin bahwa hanya planet bumilah yang atmosfernya memilikicukup oksigen untuk mendukung kehidupan. Bumi bergerak mengitari matahari dalam waktu 356 hari, 6 jam, 9 menit, 10 detik dan menempuh jarak sejauh 958 juta km. Waktu yang diperlukan oleh bumi untuk sekali mengitari matahari ini disebut satu tahun bumi. Dalam mengorbit matahari, bumi bergerak dengan kelajuanrata-rata 107,2 km/jam. Di samping bergerak mengelilingi matahari, bumi juga berputar pada porosnya. Waktu yang diperlukan untuk berputar pada porosnya adalah 23 jam, 56 menit, 4 detik yang disebut sebagai 1 hari bumi. Planet bumi merupakan planet ke-5 terbesar dengan diameter kira-kira 13.000 km (5 kali diameter Pluto yang merupakan planet terkecil, dan ½ kali diameter planet Jupiter yang merupakan planet terbesar). Bumi berada pada jarak kira-kira 150 juta km dari matahari. Jarak ini disebut satu satuan astronomi (SA).

Bulan Sebagai Satelit Bumi
Bulan merupakan benda langit terdekat dengan bumi dan beredar mengelilingi bumi dengan arah barat-timur atau arah negatif. Bulan berdiamater sekitar 3.480 km (2,160 mil), atau sekitar ¼ bumi dengan volume 1/5 nya dari bumi. Namun massa bumi masih 81 kali lebih besar dibandingkan dengan massa bulan. Jika dibandingkan dengan bumi, berat jenis rata-rata bulan hanya 3/5. Bulan berevolusi mengelilingi matahari dengan jarak rata-rata 384,403 km (238,857 mil), dengan kecepatan rata-rata 3,700 km/h (2,300 mph). Waktu revolusi bulan adalah sekitar 27 hari 7 jam 43 menit 11,5 detik. Waktu yang diperlukan bulan untuk berpindah dari satu fase ka fase lainnya disebut bulan lunar adalah 29 hari 12 jam 44 menit 2,8 detik. Bulan berotasi pada porosnya, yaitu 1 bulan.

Struktur Bumi

Struktur bumi terdiri dari 6 bagian, yaitu :

a.

Atmosfer

Adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Bumi beserta lapisan udara bersama-sana berotasi terhadap bumi dan berevolusi mengelilingi matahari. Tebal lapisan atmosfer ini mencapai lebih dari 10.000 Km di ukur dari permukaan laut. Hampir 97 % dari udara terletak pada lapisan paling bawah, yaitu mencapai ketebalan 30 Km . Makin jauh dari permukaan bumi, udara pada lapisan atmosfer makin berkurang .

b.

Kerak

Adalah lapisan paling luar dari bumi. Di bawah Benua, kerak bumi dapat mencapai ketebalan 70 Km . Kerak di bawah Benua disebut sial karena mengandung banyak silicon dan aluminium. Di bawah lautan, kerak bumi memiliki ketebalan 30 Km sedangkan dibawah wilayah pegunugan bias

mencapai 70 Km . Di bawah sial terdapat sima yaitu kerak yang mengandung banyak silicon dan magnesium .

c.

Mantel

Mantel bawah memiliki ketebalan sekitar 2200 Km / hingga jari jari 5650 Km, berupa cairan yang sangat kental yang bersuhu sekitar 1500° C dan massa jenis rata rata sekitar 4000 kg / m³ sampai 6000 kg / m³ . Sebagian besar mantel bawah terdiri dari magnesium dan silicon yang membentuk mineral divin ( Mg SiO ) .

d.

Inti Luar

Inti luar memiliki ketebalan sekitar 2250 Km, berupa zat cair yang sangat kental bersuhu sekitar 4000° C dan massa jenis rata rata sekitar 10000 Kg / m² sampai 11000 Kg / m³ . Dengan ketebalan 2250 Km ini initi luar mencapai jari jari 3450 Km .

e.

Inti Dalam

Inti dalam merupakan pusat bola bumi dengan jari jari 1200 Km kristal besi ( 20% ] dan kristal nikel dengan massa jenis rata rata antara 11000 Kg / m³ sampai 13000 Kg / m . Suhunya dapat mencapai 6000° C dengan tekanan sekitar 2 Juta atmosfer. Inti dalam bumi merupakan sumber medan magnet .

f.

Litosfer

Litosfer yang artinya lapisan batuan, merupakan lapisan kerak bumi yang paling luar. Sebagian besar batuan pada lapisan ini terdiri dari silicon dan aluminium oksida. Delapan unsure utama pembentuk kerak bumi adalah oksigen, silikon, aluminium, besi, kalsium, natrium, kalium dan magnesium . 

Batuan

Batuan terdiri dari :

a.

Batuan Beku

Granit merupakan jenis batuan beku dalam / plutonik, yaitu batuan lebur ( magma ) yang melindungi secara perlahan lahandan membeku di kristal kristal .

b.

Batuan Endapan

Batuan pasir ( Sandstone ) merupakan batuan sedimen organis yang mempunyai susunan kimia sama dengan batuan asalnya. Pada saat terbawa oleh eresi ( angin, air gletser ), batuan ini hanya mengalami

c.

Batuan Milihan

Batu marmer adalah jenis batuan milihan termik yang berbentuk karena pengaruh suhu yang tinggi . 

Tenaga Endogen

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam yang menghasilkan bentuk / relief berupa tinggi, rendah dan lekuk lekuk pada

kulit bumi. Tenaga endogen dibagi atas tenaga tektonik, vulkanik dan gempa bumi .

Tektonisme
Adalah peristiwa perubahan dan pergeseran letak kerak bumi dalam daerah yang luas .

y Lempeng Menjauh
Adalah keadaan dimana dua lempeng saling menjauh .

y Lempeng Tumbukan
Adalah keadaan bertumbukan . dimana dua lempeng saling

y Lempeng Papasan
Adalah keadaan berpapasan . dimana dua lempeng saling

y Lipatan
Dibawah pengaruh tenaga tektonik,antiklin lembah dan sinklin menjadi puncak gunung. menjadi

y Patahan
Karena pengaruh tenaga endogen yang cepat,bagian kerak bumi yang kaku membentuk patahan.

Vulkanisme
Adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan naiknya magma dari lapisan dalam litosfer menyusup ke lapisan lebih atas / sampai ke luar permukaan bumi.Vulkanisme menumbulkan terjadinya berbagai mineral hasil tambang seperti timah, tembaga, dan belerang. Peristiwa vilkanisme juga menyuburkan lahan pertanian di daerah sekitar peristiwa vulkanisme.

Gempa Bumi
Adalah getaran hebat yang dirasakan di permukaan bumi akibat pergeseran lapisan batuan dalam bumi(tektonik), meletusnya gunung berapai

(vulkanisme), atau bumi(runtuhan).

tanah

longsor

di

muka 

Tenaga Eksogen
Pelapukan
Adalah proses penghancuran massa batuan karena adanya pengaruh cuaca dalam jangka waktu yang lam, masuknya unsureunsur kimia ked ala batuan, atau karena pengaruh binatang dan tumbuhan sehingga terjadi perusakan dan pelepasan partikel partikel batuan dan sisanya akan membentuk bukit kecil atau monadnock.

Erosi(Pengikisan)
Adalah proses pengikisan pada batuan yang dilakukan oleh : Air sungai,ketika mengalir dari hulu sampai muara sambil mengikis dasar dan tepi sungainya. Air laut,pengikisan yang dilakukan air laut secara terus menerus sehingga pantai menjadi terkikis dan rusak. Es (gletser),terjadi pada pegunungan tinggi ketika es bergerak melalui celah bikit melalui bukiy kemudian mengikis dasar lereng dan sehingga permukaan bukit berubah bentuk. Angin (doflasi), terjadi pada daerah gurun pasir ketika pasir terbawa oleh angin.

Pengendapan
Adalah hasilpelapukan yang diendapkan sehingga terbentuk sedimen, baik kaki bukit, atau di dasar laut, termasuk di dataran rendah.

Nama kelompok:
1. Novi Andika Amalia

(26) (18) (09) (13) (03) (14) (17)

2. Khusnul Ainiyah 3. Deny Afriana 4. Endra Fajar 5. Agung Sulistyo 6. Eva Kusdiana 7. Joko Pramono

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->