1.

GAMBAR UANG

maka pada tanggal 26 Oktober 1946 pemerintah RI menberlakukan mata uang baru ORI sebagai alat tykar yang sah di seluruh wilayah RI. Karena protesnya tidak ditanggapi. Diantara ketiga mata uanag tersebut yang milai tukarnya mengalami penurunan tajam adalah mata uang jepang. dan mata uang DE Javasche Bank. sementara pemerintah RI belum memiliki mata uang. Untuk mengatur nilai tikar ORI dengan valuta asing yang ada di Indonesia. sehingga menyulitkan perbaikan ekonomi nasional. Hal ini mempunyai dampak politik bahwa rakyat lebih berpihak kepada pemerintah RI daripada pemerintah sementara NICA yang hanya didukung AFNEI. Karena Afnei tidak mencabut pemberlakuan mata uang NICA. maka pemerintah RI mengeluarkan kebijakan yang melarang seluruh rakyat Indonesia menggunakan mata uang NICA sebagai alat tukar. karena melanggar persetujuan bahwa masingmasing pihak tidak boleh mengeluarkan mata uang baru selama adanya penyelesaian politik. karena merekalah yang paling banyak menyimpan mata uang jepang. pemerintah RI pada tanggal 1 November 1946 mengubah yayasan pusat bank . SEJARAH UANG RUPIAH Sejarah pembentukan uang rupiah diawali dengan keadaan ekonomi di Indonesia pada awal kemerdekaan ditandai dengan hiperinflasi akibat peredaran beberapa mata uang yang tidak terkendali. Namun protes keras ini diabaikan oleh AFNEI. mata uang Hindia Belanda. Peredarannya mencapai empat milyar sehingga mata uang jepang tersenut menjadi sumber hiperinflasi. mata uang hindia belanda dan mata uang de javasche bank dinyatakan tidak berlaku lagi. Kebijakan ini diprotes keras oleh pemerintah RI. Lapisan masyarakat yang paling menderita adalah petani.2. Kekacauan ekonomi akibat hiperinflasi diperparah oleh kebijakan poanglima AFNEI yang pada 6 Maret 1946 mengumumkan pemberlakuan mata uang NICA di seluruh wilayah Indonesia yang telah diduduki oleh pasukan AFNEI. Dengan demikian hanya ada dua mata uang yang berlaku yaitu ORI dan NICA. yaitu mata uang Jepang. Sejhak saat itu mata uang jepang. Ada tiga mata uang yang dinyatakan berlaku oleh pemerintah RI pada tanggal 1 Oktober 1945. Rakyat ternyata lebih banyak memberikan dukungan kepada ORI. masing-masing mata uang hanya diakui oleh yang mengeluarkannya. Langkah ini sangat penting karena peredaran mata uang NICA berada diluar kendali pemerintah RI.

yaitu sebagai alat tukar. tetapi cukup menggunakan uang sebagai alat tukar.pimpinan Margono Djojohadikusumo manjadi Bank Negara Indonesia (BNI). Fungsi asli uang ada tiga. Sebagai alat satuan hitung. ALASAN PEMERINTAH MENGELUARKAN UANG Alasan pemerintah mengeluarkan uang adalah untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi karena uang memiliki fungsi sebagi berikut yaitu uang sebagai funsi asli dan uang sebagi fungsi turunan. sebagai satuan hitung. Selain itu. Uang berfungsi sebagai alat tukar atau medium of exchange yang dapat mempermudah pertukaran. Uang juga berfungsi sebagai satuan hitung (unit of account) karena uang dapat digunakan untuk menunjukan nilai berbagai macam barang/jasa yang diperjualbelikan. dan menghitung besar kecilnya pinjaman. Fungsi utamanay adalah menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat serta pemebri jasa di dalam lalu lintas pembeyaran. dan sebagai penyimpan nilai. Orang yang akan melakukan pertukaran tidak perlu menukarkan dengan barang. Ketika seorang penjual saat ini menerima sejumlah uang sebagai pembayaran atas barang dan jasa yang dijualnya. 3. Beberapa bulan sebelumnya pemerintah juga telah mengubah Bank pemerintah kependudukan jepang Shomin Ginko manjadi Bank Rakyat Indonesi (BRI) dan Tyokin Kyoku menjadi Bank Tabungan Negara (BTN). . uang berfungsi sebagai alat penyimpan nilai (valuta) karena dapat digunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa mendatang. maka ia dapat menyimpan uang tersebut untuk digunakan membeli barang dan jasa di masa mendatang. Semua bank ini berfungsi sebagi bank umum yang dijalankan oleh pemerintah RI. Kesulitan-kesulitan pertukaran dengan cara barter dapat diatasi dengan pertukaran uang. Uang juga dipakai untuk menentukan harga barang/jasa (alat penunjuk harga). menunjukkan besarnya kekayaan. uang berperan untuk memperlancar pertukaran.

uang juga memiliki fungsi lain yang disebut sebagai fungsi turunan.Kebutuhan fisik manusia antara lain barang dan jasa. Dengan uang manusia bisa mengaktualisasikan dirinya. Dalam sejarahnya peranan dan fungsi uang telah berkembang secara pesat tanpa mengenal batas ras. Peran uang dalam perekonomian bisa diibaratkan seperti darah dalam tubuh manusia. Ini bisa terjadi jika manusia lupa akan fungsi dan peran uang yang sesungguhnya. yang pada akhirnya manusia menjadi sakit-sakitan. bersosislisasi. namun ternyata ia bias mengembalikan hidup manusia. Sehingga secara tidak langsung juga dapat dikatakan bahwa kebutuhan yang paling mendasar dalam perekonomian dan kehidupan sosialnya adalah uang Uang yang semula dimaksudkan berfungsi sebagai alat tukar dan standar satuan nilai ternyata juga berdampak terhadap fokus budaya manusia ketika uang diaplikasikan sebagai properti yang menentukan martabat seseorang di tengah masyarakat. sebagai alat pembayaran utang. Aphra Behn seorang dramawan abad ke-17 menulis dalam bukunya The Rovers ”Uang berbicara dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh semua bangsa”.Selain ketiga hal di atas. dan negara sehigga uang telah memberikan andil yang sangat penting dalam proses perkembangan peradaban manusia secara global. .cara yang paling mudah adalah dengan memiliki sesuatu yang disebut uang. Abraham H.Dengan uang napas hidup perekonomian suatu negara dapat terlihat. Kekurangan uang diibaratkan kekurangan darah yang mengakibatkan gairah hidup yang turun dan melemah. Karena uang adalah seseuatu benda yang diterima dan digunakan secara umum sebagai alat yang memudahkan proses transaksi dalam memenuhi kebutuhan manusia berupa barang dan jasa. Tanpa darah . Fungsi turunan itu antara lain uang sebagai alat pembayaran. bangsa. Dengan uang manusia bias membeli rasa aman.manusia seakan-akan hendak mati.Untuk memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa tersebut. dihargai dan dihormati.Maslow dalam teori motivasainya menyatakan bahwa kebutuhan manusia yang paling penting adalah kebutuhan fisik. Uang memang benda mati. dan alat untuk meningkatkan status sosial. sebagai alat penimbun atau pemindah kekayaan (modal).

UANG (Diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Ekonomi Moneter) OLEH : Firda Badratun Nasiha NIM : 070210391058 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER 2010 / 2011 .