KRITERIA TANGGUNG-JAWAB & WEWENANG SARANA-PRASARANA DESA, KABUPATEN/KOTA, PROPINSI & NASIONAL.

N o 1 PRASARANA / SARANA Jalan & Jembatan 1. 2. 3. 4. TANGGUNG JAWAB WEWENANG PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN PROVINSI atau NASIONAL KAB/KOTA DESA/KELURAHAN Sistem Jaringan jalan primer & 1. Sebagai jalan kolektor 1. Jalan lokal desa sekunder sekunder 2. Jalan lingkungan Sebagai jalan Arteri & kolektor 2. Jalan lokal kab/kota pemukiman, primer. 3. Jalan antar kota kecamatan 3. Jalan lingkungan desa/kel. Jalan antar ibukota kab/kota 4. Jalan antar pusat desa 4. Umumnya Lebar Jalan < 3 Jalan antar ibukota provinsi 5. Umumnya Lebar jalan > 5 m Pada umumnya Lebar jalan > m 5. Dikelola & dipelihara oleh 7,5 m 6. Masuk dalam daftar Jalan Desa dan/atau warga Kab/Kota masyarakat. Masuk dalam daftar Jln Propinsi/ Nasional Rambu yang berada di Jalan 1. Rambu yang berada di Jalan 1. Rambu yang berada di Provinsi/Nasional Jalan Desa/Kelurahan atau Kabupaten/Kota Rambu milik dan dipelihara Jalan lingkungan 2. Rambu milik dan dipelihara oleh Dinas LLAJ Propinsi. pemukiman. oleh Dinas LLAJ Kab/Kota 2. Rambu milik dan dipelihara oleh Pem.Desa atau warga masyarakat 1. Drainase Sekunder. 2. Sal.drainase dengan DAS (catcment area) lebih dari 2 kab/kota. (catcment area) di dalam satu kab/kota. 2. Dikelola & dipelihara oleh Dinas SDA- Pengairan Kab/Kota Sda. 1. Drainase Lokal 2. Sal.drainase dengan DAS (catcment area) lebih dari 2 kab/kota 1. Sungai dengan DAS (catcment area) di dalam satu desa. 2. Dikelola & dipelihara oleh Desa dan/atau warga masyarakat. Sda.

5. 6.
2 Rambu-Rambu Jalan & Lalu-Lintas 1. 2.

3

Saluran Drainase

1. Drainase Primer. 2. Sal.drainase dengan DAS (catcment area) lebih dari 2 kab/kota. area) lebih dari 2 kab/kota. 2. Dikelola & dipelihara oleh Dinas SDA /Pengairan Provisi atau Proyek Sungai Sda.

4

Prasarana Perlindungan Tebing Sungai (Talud,Parapet,Bro njong)

1. Sungai dengan DAS (catcment 1. Sungai dengan DAS

5

Bendung Sungai (Dam)

1

Revetmen t. Untuk penyediaan air bersih bagi satu kelompok warga/KK atau warga masyarakat satu desa. Dimiliki dan dipelihara oleh Dinas PU Cipta Karya Kab/Kota : untuk mendukung sistem jaringan drainase tingkat kab/kota atau prasarana milik kab/kota. Sumber air baku/air bersih 2. Untuk penyediaan air bersih bagi penduduk dalam satu wilayah kab/kota 2. Dimiliki dan dipelihara oleh Dinas Dinas PU/ Kimpraswil Provinsi. 1. Untuk penyediaan air bersih bagi warga masyarakat umum dalam suatu wilayah kab/kota. 1. Untuk penyediaan air bersih bagi penduduk/warga wilayah satu atau lebih desa. 1.N o 6 PRASARANA / SARANA Embung/Waduk TANGGUNG JAWAB WEWENANG PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN PROVINSI atau NASIONAL KAB/KOTA DESA/KELURAHAN 1. Dimiliki dan dipelihara oleh desa/kel. 1. Untuk tingkat Dusun/RW/RT : dimiliki dan dipelihara serta utk melayani warga RT/RW/Dusun. 1. 9 Sarana Air Bersih 1. 2 1 0 Penampung Air Hujan (PAH) Komunal. Dimiliki & dikelola oleh Dinas PU Cipta Karya Propinsi. Untuk penyediaan air bersih bagi warga penduduk atau industri dalam satu wilayah kab/kota atau beberapa kab/kota. untuk melindungi prasarana milik Provinsi/ Nasional. untuk melindungi prasarana milik kab/kota. 2. Sumber air baku/air bersih 2. untuk melayani seluruh warga desa. Dikelola & dipelihara oleh Desa dan/atau warga Dinas SDA /Pengairan Provisi Dinas SDA. desa/kelurahan. Dikelola & dipelihara oleh 1. Sumber air baku/air bersih untuk wilayah lebih dari satu untuk satu wilayah untuk satu wilayah kab/kota. 2. 8 Penahan tanah/tebing (Talud. 1. kab/kota. Dimiliki dan dipelihara oleh Dinas PU Cipta Karya Provinsi : untuk mendukung sistem jaringan drainase prasarana milik Provinsi. . Dimiliki dan dipelihara oleh Tingkat Desa atau Dusun atau Lingkungan : untuk mendukung sistem drainase tingkat Desa/Dusun/Lingkungan . atau Proyek Sungai Kab/Kota 2. 7 Sumur Resapan utk Drainase 1. Dimiliki & dikelola oleh satu desa atau beberapa desa/kelurahan. 2. Dimiliki & dikelola oleh PDAM Kab/Kota atau untuk Tingkat Kecamatan di kelola oleh Kecamatan. Dimiliki dan dipelihara oleh Dinas PU/ Kimpraswil Kab/Kota.Pengairan masyarakat. 1. Tembok) 1. - 1. Dikelola & dipelihara oleh 1.

Sda.N o PRASARANA / SARANA TANGGUNG JAWAB WEWENANG PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN PROVINSI atau NASIONAL KAB/KOTA DESA/KELURAHAN 2. Dimiliki & dikelola oleh satu kelompok warga atau . untuk melayani seluruh warga desa. Dimiliki & dikelola oleh Dinas PU/Cipta Karya atau satu kelompok warga atau PDAM Kab/Kot atau oleh oleh satu desa/kelurahan. Untuk tingkat Dusun/RW/RT : dimiliki dan dipelihara serta utk melayani warga RT/RW/Dusun. 1 4 Sarana Persampahan (Pengelolaan Sampah) - 1. Dimiliki & dikelola oleh 2. Dimiliki & dikelola oleh satu desa/kel atau satu Dusun/RW/RT atau satu kelompok warga. 1 3 - 1. 1. Dimiliki & dikelola oleh Dinas/Instansi Tingkat Kabupaten/kota. 2. Untuk pelayanan sanitasi/MCK bagi penduduk dalam satu wilayah kab/kota. 2. Dimiliki & dikelola oleh Dinas PU/Cipta Karya atau 3 1. Dimiliki dan dipelihara oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kab/Kota. Untuk pelayanan sanitasi/MCK bagi penduduk dalam satu wilayah provinsi atau merupakan fasilitas prasarana dari bangunan milik provinsi/nasional. 1 1 Sarana MCK 1. Dimiliki dan dipelihara oleh desa/kel. 2. 2. Sda. Untuk pelayanan sampah bagi warga masyarakat umum dalam suatu wilayah kab/kota. 1 2 Sarana Septictank Komunal Sarana Pemadam Kebakaran. 2. Untuk pelayanan sanitasi/MCK bagi warga wilayah satu desa/ kelurahan atau satu Dusun/RW/RT atau satu kelompok warga. untuk melayani seluruh warga/penduduk suatu kab/kota. atau merupakan fasilitas prasarana dari bangunan milik kab/kota. Untuk pelayanan sampah bagi satu kelompok warga/KK atau warga masyarakat satu desa/kel. Dimiliki & dikelola oleh Dinas/Instansi Tingkat Provinsi/Nasional. Kecamatan. 1. 2. 1. Sda.

yang digunakan untuk memperingatkan warga masyarakat umum terhadap ancaman bencana. 1. Lapangan yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh Dinas/Instansi Kab/Kota. yang digunakan untuk memperingat kan warga penduduk satu wilayah kabupaten/kota terhadap ancaman bencana. atau oleh Kecamatan. 1.N o PRASARANA / SARANA TANGGUNG JAWAB WEWENANG PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN PROVINSI atau NASIONAL KAB/KOTA DESA/KELURAHAN Dinas Kebersihan Kab/Kot oleh satu desa/kelurahan. Peralatan peringatan dini atau pendukung peringatan dini yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh Instansi Provinsi/Nasional (Kantor Kesbanglinmas. atau Lapangan yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh Kecamatan. Lapangan yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh Dinas/Instansi Provinsi. Peralatan peringatan dini atau pendukung peringatan dini yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara secara swadaya oleh sekelompom warga desa. untuk melayani warga satu wilayah desa. BPBD Kab/kota). untuk melayani penduduk/warga satu wilayah kab/kota. untuk melayani warga suatu wilayah kecamatan. untuk melayani warga masyarakat umum (Provinsi/Kab/Kota/Desa). 1 6 Peralatan Pendukung Peringatan Dini (EWS) 1. 1. BPBD Prov). yang digunakan untuk memperingatkan warga satu atau beberapa desa terhadap ancaman bencana. 1. 2. 4 . 1. Lapangan yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh desa/kel. Peralatan peringatan dini atau pendukung peringatan dini yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh Instansi Kab/Kota (Kantor Kesbanglinmas. 1 5 Lapangan Evakuasi dan saranaprasarananya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful