KRITERIA TANGGUNG-JAWAB & WEWENANG SARANA-PRASARANA DESA, KABUPATEN/KOTA, PROPINSI & NASIONAL.

N o 1 PRASARANA / SARANA Jalan & Jembatan 1. 2. 3. 4. TANGGUNG JAWAB WEWENANG PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN PROVINSI atau NASIONAL KAB/KOTA DESA/KELURAHAN Sistem Jaringan jalan primer & 1. Sebagai jalan kolektor 1. Jalan lokal desa sekunder sekunder 2. Jalan lingkungan Sebagai jalan Arteri & kolektor 2. Jalan lokal kab/kota pemukiman, primer. 3. Jalan antar kota kecamatan 3. Jalan lingkungan desa/kel. Jalan antar ibukota kab/kota 4. Jalan antar pusat desa 4. Umumnya Lebar Jalan < 3 Jalan antar ibukota provinsi 5. Umumnya Lebar jalan > 5 m Pada umumnya Lebar jalan > m 5. Dikelola & dipelihara oleh 7,5 m 6. Masuk dalam daftar Jalan Desa dan/atau warga Kab/Kota masyarakat. Masuk dalam daftar Jln Propinsi/ Nasional Rambu yang berada di Jalan 1. Rambu yang berada di Jalan 1. Rambu yang berada di Provinsi/Nasional Jalan Desa/Kelurahan atau Kabupaten/Kota Rambu milik dan dipelihara Jalan lingkungan 2. Rambu milik dan dipelihara oleh Dinas LLAJ Propinsi. pemukiman. oleh Dinas LLAJ Kab/Kota 2. Rambu milik dan dipelihara oleh Pem.Desa atau warga masyarakat 1. Drainase Sekunder. 2. Sal.drainase dengan DAS (catcment area) lebih dari 2 kab/kota. (catcment area) di dalam satu kab/kota. 2. Dikelola & dipelihara oleh Dinas SDA- Pengairan Kab/Kota Sda. 1. Drainase Lokal 2. Sal.drainase dengan DAS (catcment area) lebih dari 2 kab/kota 1. Sungai dengan DAS (catcment area) di dalam satu desa. 2. Dikelola & dipelihara oleh Desa dan/atau warga masyarakat. Sda.

5. 6.
2 Rambu-Rambu Jalan & Lalu-Lintas 1. 2.

3

Saluran Drainase

1. Drainase Primer. 2. Sal.drainase dengan DAS (catcment area) lebih dari 2 kab/kota. area) lebih dari 2 kab/kota. 2. Dikelola & dipelihara oleh Dinas SDA /Pengairan Provisi atau Proyek Sungai Sda.

4

Prasarana Perlindungan Tebing Sungai (Talud,Parapet,Bro njong)

1. Sungai dengan DAS (catcment 1. Sungai dengan DAS

5

Bendung Sungai (Dam)

1

Sumber air baku/air bersih untuk wilayah lebih dari satu untuk satu wilayah untuk satu wilayah kab/kota. Sumber air baku/air bersih 2. 9 Sarana Air Bersih 1. Dimiliki & dikelola oleh satu desa atau beberapa desa/kelurahan. Dikelola & dipelihara oleh 1. 1. untuk melindungi prasarana milik Provinsi/ Nasional. Sumber air baku/air bersih 2. Dikelola & dipelihara oleh 1. desa/kelurahan. Dimiliki dan dipelihara oleh Dinas PU/ Kimpraswil Kab/Kota. 7 Sumur Resapan utk Drainase 1. atau Proyek Sungai Kab/Kota 2. 1. Dimiliki dan dipelihara oleh Dinas Dinas PU/ Kimpraswil Provinsi. Untuk penyediaan air bersih bagi penduduk dalam satu wilayah kab/kota 2. Dimiliki dan dipelihara oleh desa/kel. 2 1 0 Penampung Air Hujan (PAH) Komunal. 1. Dimiliki dan dipelihara oleh Dinas PU Cipta Karya Provinsi : untuk mendukung sistem jaringan drainase prasarana milik Provinsi. Tembok) 1. 1.Pengairan masyarakat. Untuk penyediaan air bersih bagi warga penduduk atau industri dalam satu wilayah kab/kota atau beberapa kab/kota. - 1. 1. Untuk penyediaan air bersih bagi satu kelompok warga/KK atau warga masyarakat satu desa. Dimiliki & dikelola oleh PDAM Kab/Kota atau untuk Tingkat Kecamatan di kelola oleh Kecamatan.N o 6 PRASARANA / SARANA Embung/Waduk TANGGUNG JAWAB WEWENANG PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN PROVINSI atau NASIONAL KAB/KOTA DESA/KELURAHAN 1. 2. Dimiliki dan dipelihara oleh Tingkat Desa atau Dusun atau Lingkungan : untuk mendukung sistem drainase tingkat Desa/Dusun/Lingkungan . Untuk penyediaan air bersih bagi penduduk/warga wilayah satu atau lebih desa. Dikelola & dipelihara oleh Desa dan/atau warga Dinas SDA /Pengairan Provisi Dinas SDA. untuk melindungi prasarana milik kab/kota. 2. 1. 2. Untuk penyediaan air bersih bagi warga masyarakat umum dalam suatu wilayah kab/kota. kab/kota. 8 Penahan tanah/tebing (Talud.Revetmen t. 1. Untuk tingkat Dusun/RW/RT : dimiliki dan dipelihara serta utk melayani warga RT/RW/Dusun. . Dimiliki & dikelola oleh Dinas PU Cipta Karya Propinsi. Dimiliki dan dipelihara oleh Dinas PU Cipta Karya Kab/Kota : untuk mendukung sistem jaringan drainase tingkat kab/kota atau prasarana milik kab/kota. untuk melayani seluruh warga desa.

Dimiliki & dikelola oleh Dinas PU/Cipta Karya atau 3 1. 1. Dimiliki dan dipelihara oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kab/Kota. untuk melayani seluruh warga/penduduk suatu kab/kota. 1 3 - 1. Sda. Sda. 2. Untuk pelayanan sampah bagi satu kelompok warga/KK atau warga masyarakat satu desa/kel. Dimiliki & dikelola oleh satu kelompok warga atau . Sda. 1 2 Sarana Septictank Komunal Sarana Pemadam Kebakaran. Untuk pelayanan sanitasi/MCK bagi warga wilayah satu desa/ kelurahan atau satu Dusun/RW/RT atau satu kelompok warga. 1 1 Sarana MCK 1. 1. Dimiliki & dikelola oleh Dinas/Instansi Tingkat Kabupaten/kota. Untuk tingkat Dusun/RW/RT : dimiliki dan dipelihara serta utk melayani warga RT/RW/Dusun. 1 4 Sarana Persampahan (Pengelolaan Sampah) - 1. Dimiliki & dikelola oleh satu desa/kel atau satu Dusun/RW/RT atau satu kelompok warga. Dimiliki dan dipelihara oleh desa/kel. untuk melayani seluruh warga desa. Kecamatan. 2. atau merupakan fasilitas prasarana dari bangunan milik kab/kota. 2.N o PRASARANA / SARANA TANGGUNG JAWAB WEWENANG PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN PROVINSI atau NASIONAL KAB/KOTA DESA/KELURAHAN 2. 2. Untuk pelayanan sampah bagi warga masyarakat umum dalam suatu wilayah kab/kota. Dimiliki & dikelola oleh Dinas PU/Cipta Karya atau satu kelompok warga atau PDAM Kab/Kot atau oleh oleh satu desa/kelurahan. Untuk pelayanan sanitasi/MCK bagi penduduk dalam satu wilayah kab/kota. 2. Dimiliki & dikelola oleh Dinas/Instansi Tingkat Provinsi/Nasional. 1. 2. Dimiliki & dikelola oleh 2. Untuk pelayanan sanitasi/MCK bagi penduduk dalam satu wilayah provinsi atau merupakan fasilitas prasarana dari bangunan milik provinsi/nasional.

Lapangan yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh desa/kel. yang digunakan untuk memperingatkan warga masyarakat umum terhadap ancaman bencana. untuk melayani warga satu wilayah desa. 1. untuk melayani penduduk/warga satu wilayah kab/kota. untuk melayani warga suatu wilayah kecamatan. 1. Peralatan peringatan dini atau pendukung peringatan dini yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara secara swadaya oleh sekelompom warga desa. Peralatan peringatan dini atau pendukung peringatan dini yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh Instansi Kab/Kota (Kantor Kesbanglinmas. 1 5 Lapangan Evakuasi dan saranaprasarananya. yang digunakan untuk memperingat kan warga penduduk satu wilayah kabupaten/kota terhadap ancaman bencana. BPBD Kab/kota). Lapangan yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh Dinas/Instansi Kab/Kota. untuk melayani warga masyarakat umum (Provinsi/Kab/Kota/Desa). 1. yang digunakan untuk memperingatkan warga satu atau beberapa desa terhadap ancaman bencana. atau oleh Kecamatan. 4 . 1. 1 6 Peralatan Pendukung Peringatan Dini (EWS) 1.N o PRASARANA / SARANA TANGGUNG JAWAB WEWENANG PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN PROVINSI atau NASIONAL KAB/KOTA DESA/KELURAHAN Dinas Kebersihan Kab/Kot oleh satu desa/kelurahan. BPBD Prov). Lapangan yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh Dinas/Instansi Provinsi. Peralatan peringatan dini atau pendukung peringatan dini yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh Instansi Provinsi/Nasional (Kantor Kesbanglinmas. 1. atau Lapangan yang dimiliki atau dikelola dan dipelihara oleh Kecamatan. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful