Tips menjadi penyiar radio

Ditulis oleh dian rose TIPS MENJADI PENYIAR RADIO:

1. Cintai mic dengan seluruh jiwa dan segenap ragamu Ketika lu terjun ke dunia siaran, lu sudah pasti bertemu mic sepanjang siaranmu faceto-face. Jadi kalo lu ga cinta dengan mic, bagaimana nasib siaranmu? Makanya, cintai mic itu dengan seluruh jiwa dan segenap ragamu dan sepanjang nafasmu. Cinta sama mic berarti lu bergairah setiap bertemu mic. Bergairah untuk segera bercengkrama dengan mic. 2. Punya wawasan yang luas Seorang penyiar radio harus selalu update dengan apa yang saat ini terjadi. Punya wawasan yang luas dan menguasai materi itu wajib hukumnya. Sebelum siaran, pastikan dulu lu itu sudah menguasai materi yang lu bawain dan kalau pun belum, cari tau dan persiapkan sebaik-baiknya. Lu itu seorang informan. Sekali lu salah siaran dengan sok tahumu yang salah info, terlambatlah sudah. 3. Tau pasti isi acara yang lu bawain Jangan sampe ga nyambung deh! Konsep acara harus lu tau dengan pasti sebelum lu siaran. itu wajib mesti kudu hukumnya. 4. Mempunyai gaya siaran yang sesuai dengan gaya siaran khas radio lu Ga mungkin donk, radiomu dengan gaya siaran khasnya anak muda dan lu bawain acara lu dengan gaya bahasan yang serius dan formal. Hal seperti itu biasa disebut "Jaka Sembung bawa golok, ga nyambung cuy!" 5. Punya pergaulan yang luas Sebagai penyiar, lu itu harus memperluas pergaulan. Ini juga sebagai latihan bahwa pendengar lu bukan dari satu kalangan, tapi bisa berbagai kalangan dengan berbagai karakter. Bagaimana cara lu membawa diri dalam suatu lingkungan, bagaimana lu bisa nyambung ngobrol sama mereka. Itu semua akan menjadi bekal ketika kamu siaran nanti. Selain itu, pergaulan yang luas berarti mempunyai tempat tongkrong dan pandangan yang berbeda-beda yang bisa lu share ke pendengar lu. 6. Update tentang lagu-lagu Ga lucu dunk, kalo pendengar lu lebih up to date soal lagu daripada lu yang notabene adalah salah satu penyambung lidah dari pihak rekaman ke pendengar. 7. Think out of the box Sebagai penyiar, lu itu harus bisa berpikir kreatif dan think out of the box. Lu itu punya pendengar yang menunggu-nunggu hal baru dari lu! Buat apa mereka dengerin siaran lu, tapi bagi mereka basi banged - isi dari siaran lu itu.

. lu harus semangat. Tetap semangat! Apapun yang terjadi. Jaga suaramu baik-baik Suaramu aset utamamu. lakukan apapun agar suaramu tetep enak didengar dan jangan sampai menyakiti telinga pendengar. 9.8. Jangan sampai pendengar terbawa suasanasuasana ga enak karena masalahmu dan apapun yang terjadi dalam hidupmu. Keceriaan dan semangat siaranmu bisa jadi menjadi inspirasi dan motivasi mereka untuk menjalani hari dengan ceria dan semangat pula. Seorang penyanyi mempunyai banyak pantangan agar menjaga suaranya tetap indah. Bagi penyiar.

Semoga bisa bermanfaat. juga bagi anda yang berminat menjadi penyiar radio. kualitas vokal yang baik. Kemampuan vokal: memiliki kualitas vokal yang bagus. akan lebih mudah untuk dilatih menjadi penyiar yang baik.Berikut kami temukan yang mungkin dapat membantu Anda yang berminat untuk menjadi penyiar radio. Saya kutip dari blog Radio Clinic Alex Santosa. Dalam posting kali ini saya akan berbagi pengalaman menyeleksi penyiar radio. Sedangkan seseorang yang bisa memenuhi kemampuan dasar. terutama pada saat siaran percaya diri saat berbicara / siaran memiliki rasa ingin tahu bisa berkonsentrasi memiliki sense of humor Perlu diperhatikan. manager siaran atau station manager sebuah radio. Semoga bermanfaat dan dapat menjadikan Anda sebagai penyioar radio yang handal               . suka berbicara dan suka mendengar tidak bisa dilatih. Kemampuan dasar yang harus dimiliki Broadcaster / Newscaster 1. bulat dan tidak pecah memiliki artikulasi yang jelas bisa berekspresi melalui suara bisa memainkan intonasi suara bisa mengatur kecepatan bicara cukup memiliki kemampuan verbal 2. Seseorang yang tidak bisa memiliki kemampuan tersebut sulit menjadi seorang penyiar radio. Kemampuan personal: suka bicara dan bisa menjadi pendengar yang baik jika berhadapan dengan narasumber saat melakukan wawancara memiliki spontanitas yang baik memiliki kepekaan terhadap situasi mampu menjaga emosi. Seleksi calon penyiar adalah pekerjaan yang sudah akrab dilakukan oleh para program director.

Komunikatif dan Smart Call Sign : Rey FM.. / kita dengerin lagu yang satu ini // .// Seneeeng banget rasanya / Asmirandah bisa kembali lagi buat Sahabat semua / di acara yang kita tunggu-tunggu banget // Lagu Indonesia // Hari yang cerah /Sabtu / 7 Februari 2009 // Seperti biasa / dari jam 8 pagi / sampai jam 10 pagi nanti / bakal kita puterin lagu-lagu Indonesia hits spesial buat Sahabat semua// Eits. / Pa kabar nih ? moga tetep baik-baik aja ya.. 08 Februari 2009 ... Posted by Rey Arifin at 08:14 Skrip Siaran Radio Program : Lagu Indonesia Format : Request & Titip Salam Segmentasi : Usia 15-25 tahun Gaya Penyiar : Style anak muda.Closing) contoh 1 Minggu. The Best Radio (Tujuh puluh Lima Rey FM/ The Best Radio//) Call Audience : Sahabat Opening Tujuh puluh Lima Rey FM/ The Best Radio// Assalamu'alaikum Sahabat.... buat yang mau tisam and request / di 03419460677 by telpon / dan 085755536382 by sms // Yuk mari... / gak usah khawatir / udah kita buka dari sekarang koq..

. Sahabat / kayaknya udah ada SMS yang masuk nih. /// .// Tetep di Tujuh puluh Lima Rey FM/ The Best Radio// Saya Asmirandah / Wassalamu'alaikum // and bye. // Waktunya udah abis // Saatnya Asmirandah bakal pamit di acara Lagu Indonesia kali ini // Thanks buat semuanya / dan jangan lupa / ntar lagi bakal ada acara Tips Keluarga dari jam 10 pagi / sampai jam 1 siang nanti// Jadi / jangan kemana-mana ya.. udah gak terasa nih Sahabat..? / untuk menikmati setiap permasalahan-permasalahan dalam hidup / sebagai tantangan yang harus kita taklukkan // Oke. pas banget Sahabat // kayaknya lagu ini tuh bener-bener bisa memotivasi kita / untuk selalu semangat dalam menghadapi semua problematika hidup ini // Lagu ini tuh kayak ngajak kita ya.... // Makasih buat Niko // lagu kamu ditunggu aja ya ? // salam buat vita dan temen-temen semua // Ada lagi / Budi Anduk salam buat Bambang / Bayu / Gundul / dan juga keluarganya yang ada di rumah // lagunya ngikuut // Closing Tujuh puluh Lima Rey FM/ The Best Radio// Yah....Content Tujuh puluh Lima Rey FM/ The Best Radio// Wah. bye..........

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful