P. 1
struktur dan fungsi organ tumbuhan

struktur dan fungsi organ tumbuhan

|Views: 877|Likes:
Published by alifbunda1

More info:

Published by: alifbunda1 on Apr 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2013

pdf

text

original

STRUKTUR Organ Tumbuhan

Organ tumbuhan biji yang penting ada 3, yakni: akar, batang, daun. Sedang bagian lain dari ketiga organ tersebut adalah modifikasinya, contoh: umbi modifikasi akar, bunga modifikasi dari ranting dan daun. 1. AKAR Akar berasal dari akar lembaga (radix), pada Dikotil, akar lembaga terus tumbuh sehingga membentuk akar tunggang, pada Monokotil, akar lembaga mati, kemudian pada pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang memiliki ukuran hampir sama sehingga membentuk akar serabut. Akar monokotil dan dikotil ujungnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra, yang fungsinya melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah, sel-sel kaliptra ada yang mengandung butir-butir amylum, dinamakan kolumela. Akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah, selain itu juga berfungsi menegakkan tubuh tumbuhan.
1. Anatomi Akar

Pada akar muda bila dilakukan potongan melintang akan terlihat bagian-bagian dari luar ke dalam. a. Epidermis b. Korteks c. Endodermis d. Silinder Pusat/Stele 2. BATANG Terdapat perbedaan antara batang dikotil dan monokotil dalam susunan anatominya .Jaringan Batang :
1. Batang Dikotil

Pada batang dikotil terdapat lapisan-lapisan dari luar ke dalam : a. Epidermis b. Korteks c. Endodermis d. Stele/ Silinder Pusat
2. Batang Monokotil

Pada batang Monokotil, epidermis terdiri dari satu lapis sel, batas antara korteks dan stele umumnya tidak jelas. Pada stele monokotil terdapat ikatan pembuluh yang menyebar dan bertipe kolateral tertutup yang artinya di antara xilem dan floem tidak ditemukan kambium. Tidak adanya kambium pada Monokotil menyebabkan batang Monokotil tidak dapat tumbuh membesar, dengan perkataan lain tidak terjadi pertumbuhan menebal sekunder.
3. DAUN

Daun merupakan modifikasi dari batang, merupakan bagian tubuh tumbuhan yang

Parenkim/Mesofil 3. daging buah. dan gutasi. benang sari.paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun. BIJI Biji merupakan bagian tumbuhan yang terbentuk dari hasil fertilisasi yang terletak di dalam bakal buah. Biji berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan dan alat pemancar tumbuhan. mahkota bunga.Bunga dibedakan menjadi bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. SANDRA MARDIANA VIII H / 29 SMPN 1 PURWOSARI . dan buah majemuk. transpirasi. yaitu buah sejati. BUNGA Bunga merupakan alat reproduksi secara generatif pada tumbuhan berbiji tertutup. 6. proses respirasi. buah sederhana. dan kulit buah. Buah dibedakan beberapa macam. buah juga berfungsi membantu penyebaran tumbuhan. buah semu. Jaringan Pembuluh Fungsi daun yaitu untuk tempat berlangsungnya fotosintesis. 4. 5. Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian : 1. Selain berfungsi menyimpan cadangan makanan. buah ganda. Epidermis 2. Bunga lengkap memiliki perhiasan bunga yaitu kelopak. BUAH Buah yang lengkap terdiri atas biji. dan putik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->