BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Pelaksanaan KKA Kegiatan Kuliah Kerja Akuntansi (KKA) merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa untuk menyelesaikan kuliah di Perguruan Tinggi. Apabila seorang mahasiswa belum menyelesaikan atau gagal dalam KKA, maka mahasiswa tersebut belum berhak melaksanakan sidang meja hijau. Pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia, serta era globalisasi yang sudah di depan mata menjadi suatu fenomena yang harus dihadapi dengan kesiapan yang matang dari berbagai produksi, baik yang bergerak dalam bidang jasa, perdagangan maupun manufaktur yang semakin nyata didorong oleh kemajuan teknologi. Perusahaan sangat berperan penting dalam meningkatkan kemakmuran suatu negara, selain merubah nilai guna suatu barang atau jasa juga membuka lapangan pekerjaan. Sehubungan dengan hal tersebut sangat dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Universitas sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menekankan pada pendidikan profesional untuk pembentukan kompetensi dalam mengenal pekerjaan yang ada di dunia kerja. Hendaknya menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan siap pakai dalam dunia kerja. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menunjukkan hal tersebut adalah dengan memberikan ketentuan kepada mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Akuntansi (KKA) pada semester VIII. Tujuan diatas akan tercapai apabila semua pihak bersedia mendukungnya, terutama dunia usaha sebagai pengguna jurusan Universitas Muslim Nusantara AlWashliyah (UMN). Untuk menjunjung tinggi tujuan utama tersebut, UMN AlWashliyah mengirimkan mahasiswanya untuk tujuan utama untuk terjun langsung ke

1

perusahaan guna melihat situasi kerja yang sesungguhnya yakni dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Akuntansi. Melalui Kuliah Kerja Akuntansi ini mahasiswa berkesempatan untuk mengembangkan cara berfikirnya, memberikan ide-ide yang berguna dan menambah pengetahuan sehingga ia dapat memiliki rasa disiplin dan tanggungjawab terhadap tugas-tugas yang diberikan. Sebagai seorang mahasiswa dibutuhkan suatu persyaratan dalam menghadapi program Kuliah Kerja Akuntansi di perusahaan yakni persiapan mental calon peserta KKA dalam menghadapi dunia kerja nyata. Pengenalan situasi dan kondisi perusahaan tersebut dan kemampuan untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya, untuk dapat ditempatkan pada perusahaan. Pengalaman Kuliah Kerja Akuntansi merupakan penempatan seseorang pada dunia kerja yang sebenarnya untuk mengembangkan keterampilan, etika bekerja, disiplin dan tanggung jawab dalam kerja yang dapat diandalkan. Pengalaman KKA juga merupakan suatu kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki mahasiswa selama dibangku kuliah. Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama dibangku kuliah. Dan dapat juga meningkatkan keahlian dan pengalaman serta dapat mengenal dunia kerja yang sesungguhnya. B. Ruang Lingkup Kuliah Kerja Akuntansi Dalam program Kuliah Kerja Akuntansi ini penulis mendapatkan ilmu pengetahuan baik dari segi komputer maupun segi pelajaran lainnya, serta mendapatkan pengalaman yang diperoleh dari Fakultas Ekonomi UMN Al-Washliyah yang bergerak dibidang jasa pendidikan. Alasan memilih di Fakultas Ekonomi UMN Al-Washliyah sebagai objek melakukan Kuliah Kerja Akuntansi adalah penulis ingin mengetahui kondisi Fakultas Ekonomi dan bagaimana lingkungan kerja Fakultas tersebut secara lebih dekat dan bagaimana juga memberikan pelayanan kepada mahasiswa.

2

2. 3 . Untuk memenuhi syarat akademis dalam menyelesaikan pendidikan S1 jurusan akuntansi. selain sebagai tempat penyaluran ilmu pengetahuan yang terdapat dibangku kuliah juga sebagai sarana dan prasarana mengasa kemampuan di dunia kerja. Koordinasi dan Pengawasan. Memperluas pandangan mahasiswa terhadap jenis-jenis karya yang bersangkutan dalam segala persyaratan. Pelayanan. Agar lebih teliti dan cekatan dalam bekerja. 4. Untuk menjembatani dua aktivitas belajar yakni belajar teori di bangku kuliah dengan kondisi nyata di lapangan. Memperoleh perbandingan yang nyata antara pendidikan yang diperoleh dan kenyataan yang terjadi dilapangan. apabila mahasiswa terjun di dunia kerja sehingga dapat ditempatkan di tengah masyarakat. 6. 5. 2.Ruang lingkup yang terdapat pada lingkungan kerja Fakultas Ekonomi UMN Al-Washliyah adalah : Perencanaan. serta sebagai tempat pengujian kemampuan dan kreatifitas yang kita miliki. Tujuan dan Manfat Pelaksanaan KKA 1. Adapun tujuan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Akuntansi yaitu : 1. C. Manfaat kuliah kerja akuntansi Adapun yang didapat dalam melaksanakan program kuliah kerja Akuntansi (KKA) ini adalah: 1. 3. Pelaksanaan. Untuk memperkenalkan mahasiswa pada situasi kerja yang sebenarnya sehingga nantinya mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi. Ketatausahaan. Tujuan kuliah kerja akuntansi Kuliah Kerja Akuntansi merupakan suatu yang sangat menarik bagi mahasiswa.

Mendapat pengalaman yang sangat berharga mengenai cara membina hubungan kerja yang professional. Menambah wawasan mahasiswa mengenai dunia kerja. 5. 3. Memberikan pemahaman mengenai prosedur-prosedur yang digunakan dalam fakultas ekonomi.2. Membuka cara berpikir mahasiswa tentang dunia kerja serta membuka kesempatan atau peluang dalam dunia kerja. 4. 4 .

BAB II DESKRIPSI DATA DAN PEMBAHASAN 1. Tindak lanjut studi yaitu: Program studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi. 2. Sejarah Umum Instansi Fakultas Ekonomi terdiri dari dua program Muslim Nusantara AL-Washliyah Medan. Pelaksanaan pakar sejawat 5. awalnya penulis mau mengajukan permohonan Kuliah Kerja Akuntansi pada PT. dan orang-orang yang berada difakultas tersebut rata-rata sudah penulis kenal. TELKOM KANDATEL MEDAN di JL. M. H. Fakultas Ekonomi membutuhkan tenaga kerja yang ditempatkan dibagian ketatausahaan hal ini disampaikan oleh ketua program Studi Akuntansi oleh kerena itu penulis berpikir lokasi fakultas ekonomi tidak jauh dari rumah penulis. yang diselenggarakan oleh Universitas memutuskan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Akuntansi di fakultas 5 . tapi pada waktu penulis meminta surat permohonan KKA. Gambaran Umum Instansi a. Penataan organisasi evaluasi 3. Untuk mengembangkan dan penjamin mutu (Quality Assurance) maka dilakukan upaya -upaya yang berdasarkan suatu prosedur melalui beberapa tahapan yaitu : 1. Yamin. Persiapan dan perencanaan 2. Pelaksanaan evaluasi 4. Pengalaman Pencarian Tempat Kuliah Kerja Akuntansi Dalam pencarian tempat Kuliah Kerja Akuntansi (KKA) ini. maka penulis Ekonomi.

teknisi pendukung terus diupayakan untuk ditingkatkan terutama dari segi kualitas. misi. kecukkupan dan kesesuiaan infrastruktur yang ada.ruang praktikum. Sosialisasi merupakan program tindak lanjut dari evaluasi diri. maka dapat dinyatakan keadaan keuangan program studi akuntansi sudah cukup baik jika dilihat dari segi pengelolaan sumber dan pembedayaan dan akuntabilitas dan kecukupan dengan dana yang makin terbatas. kecakupan. ketersediaan gedung.Pengelolaan keuangan program studi akuntansi ditentukan berdasarkan prosedur dan system yang berlaku ditingkat universitas. kesesuaian sumber daya manusia. peraturan kerja dank ode etik.Pengelolaan sumber daya manusia. dan penelitian.pelayanan terhadap mahasiswa berupa penyesuaian administrasi dan sarana pembelajaran. jaminan untuk progam studi sampai proses penjaminan mutu terhadap pengalaman belajar sudah dilakukan secara cukup memadai.Tindak lanjut yang perlu dilakukan adalah meningkatkan pemberdayaan lembaga untuk menunjang pengembangan program studi.perencanaan. Pengelolaan lembaga yang mencakup kegiatan kepemimpinan. yang dipublikasikan melalui pembuatan semacam pengumuman yang ditempelkan dibeberapa tempat strategis dilingkungan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. mutu. di Program studi Akuntansi sudah 6 . Pengelolaan infrastruktur yang ada.Pengelolaan tenaga administrsi. perkuliahan cukup baik.ketertiban mahasiswa dalam berbagai komisi ekstra juga sudah dapat terlaksana dengan baik. sasaran dan tujuan yang jelas. fasilitas pendukung. perpustakaan. Sistem seleksi penerimaan mahasiswa sudah terlaksanaan dengan baik.Fakultas Ekonomi program studi Akuntansi sudah memiliki visi. ruang kuliah. Ketersedian dosen dari jumlah dan pendidikan terakhir sudah memenuhi. kualitas.dan pengembangan program pelacakan lulusan.Sudah dilakukan untuk meningkatkan keberadaannya baik dari segi.

agenda penelitian . struktur dan isi kurikulum yang cukup relevan. memperoleh pengetahuan dan pemahaman materi yang sesuai dengan bidang studinya mengembangkan keterampilan yang dialui. kualitas dan kuantitas kegiatan pelibatan dosen serta mahasiswa serta kerja sama dan kemitraan dengan lembaga dalam dan luar dari Program Studi. Kegiatan penelitian dan publikasi yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa program studi Akuntasi baik segi kualitas. kegiatan penelitan dan publikasi dosen Program Studi Akuntansi perlu di upayakan dalam suatu kinerja yang baik dan representative. isi dan implementasi sudah cukup baik dengan visi. misi. sasaran dan tujuan dengan relevansi tuntutan dan kebutuhan stoke holders merupakan lulusan yang diharapkan.Demikian pula rancangan komprehensif untuk pengembangan kegiatan seminar dikampus serta keikut sertaan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah untuk mendukung suasna akademik yang kondusif. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Program Studi Akuntasi Fakultas Ekonomi UMN Al Washliyah secanra sendiri – sendri maupun kerja sama dengan program studi lain dilingkungan UMN Al Washliyah sudah cukup memadai baik dari segi kualitas .deskripsi. Sarana yang tersedia memelihara interaksi dosen dan mahasiswa yang ditandai dengan kualitas dan kuantitas kegiatan serta hubungan antara doen dengan mahasiswa sudah menciptakan suasana akademik yang baik di program studi Akuntansi. oemamfaatan dana.Hal ini didukung oleh mata kuliah tambahan sesuai dengan kepentingan tujuan organisasi Al Jamiyal Washliyah. disamping itu kurikulum lokal sudah cukup sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan internal lembaga. 7 .dan dan hubungan kerja sama serta kemitraan dengan pihak luar sudah baik . Peluang mahasiswa untuk melanjutkan studi. hubungan dengan penelitian . efesiensi.Kurikulum baik rancangan. produktifitas . terorientasi ke arah pekerjaan sudah cukup baik dan memadai. Peningkatan kuantitas . hubungannya dengan pengajaran . mengembangkan pribadi.

sehingga lulusan dari program studi akuntansi UMN Al washliyah sudah cukup baik dan dapat ditingkatkan serta dijaga kelangsungannya melalui peningkatan kualitas keberadaan program studi akuntansi UMN Al washliyah sehingga dapat memenangkan persaingan era globalisasi. Pemberdayaan system informasi sudah dipersiapkan melalui penggunaan jaringan internet maupun internet yang memiliki oleh Fakultas Ekonomi UMN Al Washliyah saat ini sedang diupayakan membangun penyempurnaan suatu system jaringan komputer yang tersedia hingga on line dan dapat mengakses langsung ke Fakultas Ekonomi seluruh unit yanag ada di UMN Al Washliyah. Sedangkan keadaan peminat yakni keberadaan calon mahasiswa yang memilih program akuntansi sudah mulai menunjukan indikasi kenaikan. Perbaikan dan pemberdayaan serta peningkatan dan pengendalian mutu terus diupayakan . Keadaan pembiayaan prasarana. ketenagaan yang mendukung keberadaan dan pengembangan program studi akuntansi sudah baik. dan mekanisme kegiatan belajar bagi mahasiswa. dalam program studi akuntansi dapat menempatkan diri ke 8 . Sarana dan prasarana tenaga. monitorig. Penarapan struktur organisasi fungsional ini memberikan kekuatan pada system Fakultas Ekonomi. b. dana dan kesesuaian serta kecukupan yang mendukung system imformasi sudah memadi . Struktur Organisasi Instansi Struktur organisasi yang diterapkan di Fakulatas Ekonomi adalah organisasi fungsional. Sementara kebutuhan pasar akan tenaga bidang ekonomi akuntansi terus berkembang apalagi setelah adanya AFTA 2003 dan terembusnya isu globalisasi perdagangan bebas dimana tamatan dari program studi akuntansi sangat dibutuhkan data-data keuangan yang baik dan jelas akan menghasilkan keadaan suatu usaha yang baik pula.Sistem peningkatan dan pengendalian mutu diupayakan semaksimal mungkin terutama pada kegiatan kurikulum.

Penerapan struktur ini manjadikan program studi akuntansi lebih mandiri dalam banyak hal.sebagai staf (sevice staff) yakni pelaksanaan kebijakan Fakultas Ekonomi dan secara simultan bias dimanfaatkan sebagai advisory staff. Keuntungan yang diperoleh program studi akuntansi adalah terdapat pola kebijakan peningkatan kualitas proses sama-sama didukung bersama-sama Fakultas Ekonomi. c. Organisasi fakultas sesuai dengan pasl 40. Fakultas terdiri atas : a. 9 . Senat Fakultas. Laboratorium dan Kelompok Dosen. d. termasuk dalam penetapan kebijakan tentang pngembangan kurikulam dan pelaksaannya. Jurusan / Program Studi. Unsur pimpinan : Dekan dan Pembantu Dekan. Unsur pelaksanaan Akademik . b. Unsur Pelaksanaan Administrasi : Bagian Tata Usaha.

Prodi Manajemen Ka.Prodi Akuntansi TATA USAHA MAHASISWA 10 .BAGAN STRUKTUR ORGANISASI FAKULTAS EKONOMI UMN AL-WASLIYAH DEKAN Pembantu Dekan I Pembantu Dekan II SENAT FAKULTAS Pembantu Dekan III Ka.

dengan fungsi pemilikan dan pengkoordinasian yang meliputi: a. Dalam melaksanakan tugas sehari – hari . g. Dekan Fakultas Ekonomi Dekan bertanggung jawab kepada Rektor.Washliyah. Pembinaan program pendidikan dalam berbagai tingkatan dan bidang. Pembantu Dekan bidang Akademik ( Pembantu Dekan I ) Mempunyai tugas membantu Dekan memimpin pelaksanaan kegiatan dibidang pendidikan dan pengajaran serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lingkungan fakultas. c. d. Administrasi Umum dan keuangan dan bidang kemahasiswaan dan bertanggung jawab kepada Dekan.tenaga administrasi dan Administrasi fakultas . Pelaksanaan kegiatan di bidang pengabdian kepada masyarakat dalam rangka turut membantu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat dan pembangunan. Dekan bertugas memimpin penyelenggaraan kegiatan di bidang pendidikan dan pengajaran. Pelaksanaan pengembangan pendidikan dan pengajaran serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perencanaan dan pelaksanaan kerjasama pendidikan dan pengajaran serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan semua unsur pelaksana di lingkungan UMN AL. Pengelolaan data yang menyangkut bidang pendidikan dan pengajaran serta pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. 11 . dekan di Bantu oleh pembantu Dekan Bidang Akademik .mahasiswa. penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. e. 2.c. Uraian Tugas 1. Menyusun tenaga dosen. f. Perumusan program kerja fakultas dalam bidang pendidikan dan pengajaran serta penelitian pengabdian pada masyarakat b.penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan.

keuntungan. bakat dan orientasi mahasiswa. Pengurusan ketatausahaan d. Pelaksanaan evaluasi proses penyelenggaraan kegiatan dalam menjalankan fungsinya pembantu dekan mempedomani yang telah dirumuskan oleh pembantu rektor 1 (PR). Penyelenggaraan pelayanan masyarakat e. Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan ( Pembantu Dekan III ) Mempunyai tugas mambantu dekan dalam pelaksanaan kegiatan dalam bidang pembinaan dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa dengan fungsi pengawasan pemilikan serta pengkoordinasian kegiatan di lingkungan fakultas yang meliputi : a. perlengkapan. b. perumusan program kerja fakultas dalam bidang keuangan. Dalam melaksanakan fungsinya. hubungan masyarakat dan bidang administrasi umum. kepegawaian. Pelaksanaan pembinaan usaha kesejahteraan dan bimbingan / penyuluhan bagi mahasiswa 12 . 3. Pengolaan data yang menyangkut bidang atministrasi umum dan keuangan f.h. 4. c. Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan (Pembantu Dekan II ) Membantu dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan dibidang atministrasi umum dan keuangan dengan fungsi pengawasan dan pengkoordinasian kegiatan di lingkungan fakultas yang meliputi : a. Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan minat . Pemeliharaan ketertiban dan keamanan c. Pelaksanaan evaluasi proses penyelenggaraan kegiatan. Perumusan program kerja fakultas dalam bidang kemahasiswaan b. pembantu dekan 11 mempedomani yang telah dirumuskan pembantu rektor 11.

Merumuskan lbih lanjut norma dan tolak ukur penyelenggaraan pendidikan di fatakultas yang telah di rumuskan senat Universitas.jumlah pembantu dekan disesuaikan menurut kebutuhan masing-masing fakultas. 5. Merumuskan kebijakan prestasi akademik dan kecakapan serta keperibadian Dosen c.d. Senat Fakultas Senat fakultas merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di tingkat fakultas yang memiliki wewenang untuk merumuskan dan menjabarkan kebijakan dan pengaturan UMN Al – Washliyah di Fakultas yang bersangkutan . Merumuskan kebijakan akademik di fakultas b. Memberikan pertimbangan kepada Rektor berkenaan dengan calon – calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Dekan dan pembantu Dekan untuk diteruskan kepada PB Al Washliyah . e. Menilai pertanggung jawaban Dekan pada akhir masa jabatannya untuk bahan pertimbangan Rektor . d. Penciptaan iklim kampus bagi pengembangan dan peningkatan kualitas masyarakat ilmiah f. 13 . Senat Fakultas mempunyai tugas: a. Pelaksanaan kerja sama dengan semua unsure pelaksana di lingkungan UMN Al-Washliyah di bidang kemahasiswaan e. Pengelolaan data yang menyangkut bidang kemahasiswaan g. Pelaksanaan evaluasi proses penyelenggaraan kegiatan. Pembantu dekan 111 dalam menjalankan fungsinya mempedomani program yang telah dirumuskan pembantu rektor 111.

teknologi dan atau seni. Penyusunan rencana dan program kerja Jurusan . Pelaksanaan administrasi Jurusan. Pelaksanaan pendidikan dan pengajaran . dan sikap sesuai dengan sasaran kurikulum .6. Program studi Program studi merupakan satuan rencana pelajar sebagai pedoman penyelenggran pendidikan akademik dan atau propesional yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditunjuk agar mahasiwa dapat menguasi pengetahuan . Jurusan dan dipimpin oleh seorang Ketua jurusan dan dibantu oleh semua Sekretaris Jurusa. Ketua Jurusa bertanggung jawab kepada Dekan. Jurusan Jurusan merupakan unit pelaksanan akademik untuk melaksanakan pendidikan akademik dan atau professional dalam sebagian atau satu orang cabang ilmu pengetahuan . Pelaksanaan pengwasan dan evaluasi proses penyelenggaran 14 . Masa jabatan Ketua jurusan adalah 4(empat) tahun dan sesudahnya dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari dua kali masa jabatan berturut – turut . Jurusan dan bertugas melaksanakan Pendidikan Akademik atau profesional dalam sebagain atau satu cabang ilmu pengetahuan teknologi dan atau seni. Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana yang dimaksud dalam ayat 3 Jurusan mempunyai fungsi: • • • • kegiatan . Ketua dan sekretaris Jurusan diangkat dan diberhentukan oleh Rektor atas usul Dekan setelah mendapat pertrimbangan Dosen Jurusan . Apabila menurut evaluasi Dekan dan rektor dapat memberhentikannya dan mengangkat jurusan yang baru. keterampilan . 7.

4. Bagian Tata Usaha 1.Program studi di dipimpin oleh Ketua Program Studi. Bentuk pelaksanaan KKA yang penulis lakuakan beberapa kegiatan yaitu mengurus : 1. Jenis dan kegiatan KKA Adapun jenis dan bentuk pelaksanaan yang penulis peroleh selama kegiatan KKA dibagian Administrasi . Ketua program Studi bertanggung jawab kepada ketua jurusan . Surat masuk Surat keluar 15 . Mengurusi bagian administrasi akademik 5. Memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan menerima ugas yang diberikan oleh Dekan dan K. Apabila menurut Evaluasi Dekan atau Rektor Ketua program Studi tidak mampu melaksanakan tugasnya maka Rektor dapat membrhentikan dan mengangakat ketua Program Studi yang baru . 6.a Prodi.turut . Program studi bertugas melaksanakan Pendidikan Akademik atau Propesional dalam suatu cabang ilmu pengetahuan . Penyiapan pengelolaan ketata usahaan akademik di Fakultas Ekonomi UMN AlWashliyah. 3. 2. 3. Ketua program Studi diangkat dan di nerhentikan oleh Rektor atas usul Dekan setelah mendapat pertimbangan Dosen – dosen program Studi. Pengurusan kepegawaian (Dosen dan Mahasiswa) dan mengawasi pekerjaan dosen. teknologi dan seni. Memiliki tanggungjawab atas keluar masuknya surat. 2. Pelaksanaan KKA a. 8. Masa jabatan Ketua Program studi adalah 4 (empat) dan sesudahnya dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh dua kali masa jabatan berturut. Dll.

00-12. c. Penulis merasa kurang percaya diri dalam mengerjakan tugas yang diberikan.00 WIB. Selama KKA penulis harus melaksanakan peraturan – peraturan yang diberikan oleh pegawai dibagian tata usaha. Berpakaian rapi dan sopan Meminta izin kepada Ka. 16 .3. Prodi dan Kepala Tata Usaha jika meninggalkan kantor atau berhalangan datang karena sakit atau lainnya. b.00-17.00 WIB. Setiap hari Senin-Jum’at dan pada hari Sabtu mulai dari pukul 09.00-12. Hambatan-hambatan yang ditemukan oleh penulis adalah : a. Pada awal pelaksanaan KKA penulis merasa bingung untuk mengerjakan tugas-tugas karena penulis belum paham betul apa saja pekerjaan yang ada di Fakultas Ekonomi.00 WIB sampai dengan pukul 17. Berdasarkan jadwal pelaksanaan magang yang telah ditetapkan oleh instansi maka penulis melakukan praktek KKA mulai tanggal 01 Februari 2011 sampai tanggal 01 Maret 2011 dan jam kerja yaitu dari pukul 09. Arsip b.00 2. Masuk dan keluar pada pukul : Senin-Jum’at 09.00 Sabtu 09. Peraturan KKA. Kendala yang Dihadapi dan Upaya Pemecahannya 1. Peraturan-peraturan tersebut antara lain : 1. karena khawatir akan melakukan kesalahan.00-12.00 ( Istirahat ) 12. Mengisi absensi kehadiran 3.

Upaya untuk memecahkan kendala selama melaksanakan KKA. Agar mahasisiwa khususnya penulis sediri tidak merasa bingung. b. mengatasi dengan cara berkomunikasi yang baik dan bertanya Kepada Tata Usaha apabila terjadi kesalahan. dalam melaksanakan praktek Kuliah Kerja Akuntansi. 17 . Hendaklah mahasiswa khususnya penulis sendiri mempelajari dunia kerja yang sebenarnya dengan membaca literature-literatur yang ada dan hendaknya Kepala Tata Usaha membri bimbingan mengenai tata cara mengerjakan tugas yang lebih baik. a.2. serta untuk menghilangkan rasa percaya diri dalam melakukan pekerjaan.

Adapun kesimpulan penulis kemukan : 1. Program Kuliah Kerja Akuntansi bertujuan untuk memberikan seperangkat kemampuan pada mahasiswa yangberkenan dengan aktivitas nyata pada dunia kerja yang kemungkinan akan dihadapi dan upaya pemecahan.mengemukakan rencana/pendapat dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah dapat dibangku perkuliahan guna untuk keberhasilan dimasa yang akan datang. 3. Fakultas Ekonomi merupakan suatu pengelolan lembaga yang mencakup lulusan. 2.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A.sehingga melalui kegitan tersebut penulis dapat dapat mengambil manfaatnya berupa keberanian untuk memimpin. Dengan melakukan Kuliah Kerja Akuntansi di Fakultas Ekonomi. Kesimpulan Berdasarkan uraian-uraian diatas dan berdasarkan penelitian yang dilakukan maka penulis akan memberikan kesimpulan. 18 . jaminan untuk program studi sampai proses penjaminan mutu terhadap pengalaman belajar.penulis mendapat pengetahuan tentang Struktur Organisasi yang ada di Fakultas Ekonomi UMN AL Washliyah dan mengetahui tugas-tugas dari pada fungsionaris yang ada di Fakultas Ekonomi tersebut dan dari sana penulis bias memahami kerja para fungsionaris dalam mencapai visi dan misi organisasinya.

3. Bagi Pihak Instansi : 19 . 2. Hendaknya mahasiswa /penulis menguasai cara –cara kerja yang lebih baik sebelum melaksanakan Kuliah kerja Akuntansi.apa saja yang harus maupun yang pantas dikerjakan sehingga tidak terjadi kesalahan pemahaman disaat melaksanakan Kuliah Kerja Akuntasi. seperti mengetahui data. Perlu adanya kesiapan matag yang harus dilakukan mahasiswa khususnya bagi penulis sendiri sebelum program Kuliah Kerja Akuntasi.sehingga penulis penulis tidak merasa bingung atau kaku pada saat permulaan melaksanakan kuliah Kerja Akuntansi. Kuliah Kerja Akuntansi merupakan langkah awal bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja yang sebenarnya. penulis menjadi tahu bagaimana cara kerja yang baik sehingga penulis sangat merasakan manfaat dari melakukan Kliah Kerja Akuntansi (KKA) ini. serta sebagai tempat untuk memupuk rasa percaya diri. 5. apa. Saran Berdsarkan pengamatan penulis selama melaksanakan program Kuliah Kerja Akuntansi. Dengan melakukan Kuliah kerja Akuntansi di Fakultas Ekonomi.4. B. b. Bagi Penulis sendiri 1. Hasil Kuliah Kerja Akuntansi pada Fakultas Ekonomi UMN AL Washliyah Medan merupakan motivasi penulis untuk bekerja lebih baik lagi apabila telah memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Hendaknya mahasiswa khusus penulis sendiri memahami situasi kerja. ada beberapa saran yang dapat penulis sampaikan sebagai masukkan untuk menungkatkan kwalitas bagi organisasi dan penulis yaitu : a.tanggung jawab dalam dunia kerja dan menumbuhkan kepribadian yang lebih baik serta komunikasi yang lancar serta bersahabat.data apa sauja yang diperlukan untuk laporan. 6.

3. Hendaknya pihak Tata Uasaha lebih peduli dalam maendidik peserta magang. Perlu adanya kerjasama yang baik antra pihak Tata Usaha khususnya para fungsionaris dengan pra pegainya yang dalam hal ini peserta magang yang melakukan Kuliah akuntasi di Fakultas Ekonomi tersebut. Adanya komunikasi yang baik antara pihak Tata Usaha dengan pegawi serta magang guna mrmperlancar dan memudahkan pekerjaan sehingga tercapailah tujuan dari pada suatu organisasi di dalam Fakultas Ekonomi. sebab didikan tersebut dapat menjadi bekala bagi peserta magang dalam mencapi dunia kerja yang lebih baik nantinya. 20 . 2.1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful