P. 1
1. Konsep dasar statistika

1. Konsep dasar statistika

|Views: 1,306|Likes:
Published by La Ode Rinaldi

More info:

Published by: La Ode Rinaldi on Apr 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

BAB I KONSEP DASAR STATISTIKA

A. Tujuan Instruksional : 1. Umum Setelah menyelesaikan matakuliah ini mahasiswa akan dapat memahami konsep statistika dan menggunakan konsep tersebut dalam pengolahan dan analisis data, termasuk data penelitian dalam bidang kesehatan. 2. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan pengertian statistik, statistika, biostatistik, kegunaan, kegiatan, perannya dalam penelitian dan macam statistika B. Pokok Bahasan: Pengertian, kegunaan dalam bidang kesehatan, kegiatan, peranan dalam penelitian, dan macam statistika C. Sub pokok bahasan : Pengertian Statistik, Statistika, Biostatistik Kegunaan Statistika dalam Kesehatan Kegiatan Statistika Peranan Statistika dalam Penelitian Macam Statistika (Descriptive dan Inferensial)

A. PENGERTIAN STATISTIK, STATISTIKA, BIOSTATISTIK Secara etimologis kata "statistik" berasal dari kata status (bahasa latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa Inggris) yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara. Pada mulanya, kata "statistik" diartikan sebagai "kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (data kualitatif), yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu negara Dalam beberapa dekade, statistik semata-mata hanya dikaitkan dengan penyajian fakta-fakta dan angka-angka tentang situasi perekonomian, kependudukan dan politik yang terjadi di suatu negara. Namun sekarang telah diperlukan oleh seluruh aspek kehidupan seperti kedokteran, bisnis, pertanian, hukum dan lain-lain. Sampai sekarang banyak kita jumpai laporan-laporan pemerintah yang memuat dokumentasi numerik dan memakai judul “Statistik Produksi Pertanian”, Statistik Tenaga Kerja”, “Statistik Pendidikan” dan lain-lain, yang merupakan sisa-sisa arti asli kata statistik.

R.A

1

Sedangkan statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisaannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan. Statistika juga merupakan sekumpulan konsep dan metode yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data, pengolahan, analisis dan menginterpretasikan data tentang bidang kegiatan tertentu serta mengambil kesimpulannya. sehingga disebut juga metode statistik atau statistika Sebagian masyarakat masih mempunyai pengertian yang salah bahwa statistika itu semata-mata berkaitan dengan susunan angka-angka yang membosankan dan kadang-kadang diselingi dengan sederetan grafik-grafik. Namun demikian sangat penting untuk diingat bahwa metodologi dan teori statistik modern telah membuat lompatan yang jauh lebih maju daripada hanya sekedar kompilasi grafik-grafik dan tabel-tabel angka. Biostatistik biologi/kesehatan Contoh: Mahasiswa ingin menaksir proporsi ibu hamil yang anemi di Kab. X. Mahasiswa ingin mempelajari hubungan antara asupan energi dengan status gizi (IMT). Mahasiswa ingin mempelajari hubungan merokok dengan terjadinya Ca paru Mahasiswa ingin mempelajari faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap kejadian BBLR Mahasiswa ingin mempelajari pengaruh obat X terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi dll ilmu statistik (statistika) yang diterapkan dalam ilmu-ilmu

Kegunaan dalam kesehatan antara lain : 1. Menggambarkan/ mengetahui status kesehatan/derajat kesehatan (AKB/IMR, AKI/MMR, dan lain-lain) 2. Evaluasi program kesehatan (analitik) Perbandingan antar waktu (contoh membandingkan AKB di daerah X saat ini dengan 10 tahun yang lalu)

R.A

2

-

Perbandingan antar tempat (contoh membandingkan AKB di daerah X dengan AKB di daerah Y)

3. Untuk perencanaan program kesehatan. Penyusunan perencanaan dari data hasil kajian statistik/ setelah diolah.

B. KEGIATAN STATISTIKA : Kegiatan statistik meliputi: pengumpulan, pengolahan, penyajian, analisis dan penyimpulan data. Di bawah ini disajikan bagan untuk melihat 4 tahap kegiatan statistik dalam suatu proses penelitian. Gambar 1 Kegiatan dalam setiap tahap kegiatan statistik Pengolahan data Manual Elektronik Penyajian data Tabel Grafik

Tulisan

Pengumpulan data Primer Sekunder Tersier

Analisis data Deskriptif Analitik

Spesifik 1. Pengumpulan data

Kesimpulan Umum

Pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara : wawancara, observasi, angket, pengukuran. Sedangkan alat yang digunakan untuk pengumpulan data : kuisioner, cek list, alat-alat ukur.

2. Pengolahan data Secara ideal ada 4 tahap yaitu: a). Editing : yaitu kegiatan melakukan pengecekan isian formulir atau kuisioner apakah jawaban yang ada di kuisioner sudah lengkap, jelas, relevan, konsisten b). Koding : yaitu kegiatan merubah data berbentuk huruf menjadi data berbentuk angka/ bilangan. Kegunaan dari koding adalah untuk mempermudah pada saat analisis data dan juga mempercepat pada saat entry data.

R.A

3

c). Processing : yaitu kegiatan memproses data agar dapat dianalisis, dengan cara meng-entry data ke paket program komputer. d). Cleaning : yaitu pembersihan data merupakan kegiatan pengecekan kembali data yang sudah di-entry apakah ada kesalahan atau tidak. Kesalahan tersebut dimungkinkan terjadi pada saat kita meng-entry ke komputer.

3. Analisis data Analisis data dari yang sederhana kompleks

a). Analisis univariat : yaitu analisis yang menjelaskan/ mendeskripsikan karakteristik masing-masing variabel b). Analisis bivariat : yaitu menganalisis hubungan 2 variabel c). Analisis multivariate : yaitu menganalisis atau menghubungkan beberapa variavel dengan satu variabel Misalnya faktor mana yang paling besar pengaruhnya terhadap satu variabel dependen.

4. Penyajian data Yaitu kegiatan yang dilakukan agar supaya data yang telah diolah dan dianalisis dapat dimengerti oleh orang lain. Data dapat disajikan dalam bentuk : tekstular, tabular, grafikal

C. PERANAN DALAM PENELITIAN Peranan statistika dalam penelitian tentunya sesuai dengan pengertian statistika yaitu suatu metode yang digunakan untuk mengumpulkan data, mengolah, menganalisis serta menyajikan data dan pengambilan keputusan. Dengan demikian peranan dalam penelitian juga dalam pengumpulan data, pengolahan dan analisis data. Juga untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument. Secara skematis dapat dilihat pada bagan berikut :

R.A

4

Teori/ konsep Masalah

Fakta

Tinjauan Pustaka - Identifikasi variabel - Kerangka Teori - Kerangka Konsep

Hipotesis

Generalisasi
Verifikasi - Disain - Sampel - Instrumen - Pengumpulan data - Pengolahan data - Analisis data

Peranan statistika

Kesimpulan

Bagan 1. Bagan alur penelitian dan peranan statistika

D. MACAM-MACAM STATISTIKA: 1. Statistika Deskriptif Yaitu metode statistika yang digunakan untuk menggambarkan /menyajikan dan analisis data yang telah dikumpulkan. Kegiatan: pengumpulan data – pengolahan data – penyajian data – analisis data (mean, SD, persentase dll).

2. Statistika Inferensial/analitik/induktif Yaitu metode statistika yang dapat menggeneralisir nilai-nilai dari sampel yang sengaja dikumpulkan menjadi nilai populasi. Atau metode statistika yang digunakan untuk mengetahui (menarik kesimpulan) tentang sebuah populasi berdasarkan suatu sampel.

R.A

5

Kegiatan: analisis data, yaitu estimasi/uji hipotesis dan penarikan kesimpulan (dengan menggunakan sampel)

Statistik deskriptif

kegiatannya hanya menggambarkan/mendeskripsikan data

tanpa melakukan generalisasi pada populasi Statistik analitik kegiatannya sudah melakukan generalisasi pada populasi DATA pengumpulan data

pengolahan data

penyajian data

analisis data

pada populasi generalisasi

pada sampel

uji hipotesa uji parametrik SOAL : 1. Apakah pengertian statistik dalam arti luas?

estimasi

uji non parametrik

2. Apakah kegunaan biostatistik dalam bidang kesehatan, sebutkan contohnya. 3. Apakah yang dimaksud dengan pengolahan data, jelaskan tahap-tahapnya. 4. Jelaskan peranan statistik dalam penelitian 5. Apa yang dimaksud dengan analisis univariat, bivariat dan multivariate? 6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial!

Daftar Pustaka 1. Budiarto. Biostatistika untuk kedokteran dan kesehatan masyarakat. EGC. Jakarta.
R.A

6

2. 3.

3. 4. 5. 6. 7.

2002 Chandra, B. Pengantar Statistik Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.1995. Dawson B, Trapp RG. Basic and Clinical Biostatistics. Third Edition. McGrawHill International Editions. Lange Medical Books, The McGraw-Hill Companies. 2001. Kuzma. Basic Statistics for the Health Sciences. Mayfield Publishing Company. 1984 Norman and Streiner. Biostatistics : The Bare Essentials, Mosby. 1994. Pagano, M dan K. Gaureau. Principles of Biostatistics. Belmont, Duxury Press. 1993. Sabri dan Hastomo. Statistika kesehatan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2006. Sheskin, D.J. Handbook of Parametric and Nonparametric Statistical Prosedures. Third Edition. Chapman & Hall/CRC. Florida. 2004

R.A

7

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->