P. 1
IPA kelas 8

IPA kelas 8

|Views: 107|Likes:
Published by indianasunda

More info:

Published by: indianasunda on Apr 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2011

pdf

text

original

Hukum Archimides Pada Tekanan Dalam Zat Cair - Ilmu Pengetahuan Sains Fisika Pelajaran IPA

Zat cair memiliki sifat-sifat yang unik berbeda dengan jenis zat yang lain. Di bawah ini merupkan penjelasan dasar mengenai hukum archimides pada pelajaran fisika. A. Bunyi Hukum Archimides Benda yang dicelupkan atau dimasukkan sebagain ataupun seluruhnya ke dalam suatu cairan akan mendapatkan gaya ke atas sebesar zat cair yang didesak oleh benda yang dicelupkan atau dimasukkan tadi. B. Kesimpulan Yang Dapat Ditarik - Zat cair memiliki gaya tekan ke atas. Perahu dapat mengambang karena ada gaya tekan ke atas dari zat cair. Tanpa adanya daya tekan ke atas maka manusia tidak akan mungkin dapat berenang di air. - Zat cair menekan ke segala arah. Zat cair akan memberi tekanan ke semua arah yang ada dengan besar yang sama. Apabila ember yang berisi air kita beri lubang di banyak tempat maka terlihat bahwa air mengucur dari semua lubang yang ada. - Tekanan zat cair bergantung pada kedalamannya. Semakin dalam seorang penyelam menyelam di dalam laut, maka semakin besar pula tekanan air yang menekan tubuh penyelam yang mampu mempengeruhi metabolisme tubuh penyelam. Definisi Tekanan Tekanan merupakan suatu ukuran yang terdiri dari besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda untuk setiap satu satuan luas permukaan bidang tekan. Tekanan dapat dinotasikan sebagai simbolp (pressure) dan memiliki satuan SI Nnr2. Satuan tekanan yang lain adalah pascal (Pa) dan bar. 1 Nnr-2 = 1 Pa Tekanan pada Zat Padat tekanan pada suatu zat padat dapat dinyatakan sebagai gaya per satuan luas penampang. Secara matematis, tekanan dapat dinyatakan sebagai berikut.

dengan: p = f/a p = tekanan (N/m2) F = gaya (N) A = luas bidang tekan (m2) Tekanan pada Zat Cair Tekanan pada zat cair sering disebut juga dengan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis ini tergantung pada suatu tingkatan kedalaman dan berat jenis pada zat cair. Tekanan pada zat cair mengarah ke segala arah. Rumus tekanan hidrostatis sebagai berikut. Ph = p.g.h dengan: ph = tekanan hidrostatis zat cair (N/m2) p = massa jenis (kg/m3) g = percepatan gravitasi (m/s2) h = kedalaman dari permukaan (m) Tekanan pada Zat Gas Gas-gas yang ada di dalam ruangan yang tertutup akan mengeluarkan udar dan menekan ke segala arah dengan sama besar. Tekanan gas pada ruang tertutup bisa diukur dengan menggunakan 2 alat yang berbeda yang masing-masing namanya seperti manometer terbuka dan manometer tertutup. Tekanan gas dalam ruang terbuka dapat diukur dengan menggunakan barometer. Manomemeter terbuka ini terdiri dari tabung pipa kapiler yang bentuknya seperti huruf U yang terhubung dengan tabung gas. Besar tekanan udara yang terbaca pada suatu sisi pipa yang terbuka sama dengan tekanan gas dalam suatu tabung. Perhatikan diagram manometer terbuka berikut ini. Hukum Pascal Hukum Pascal adalah hukum yang menerangkan tentang suatu sifat tekanan pada zat cair. Hukum Pascal menyatakan bahwa:

³Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar.´ dengan: F1 = gaya pada penampang A1(N) F2 = gaya pada penampang A2(N) A1= luas penampang 1 (m2) A2 = luas penampang 2 (m2) Peralatan yang menggunakan prinsip hukum Pascal, antara lain seperti rem hidrolik, pompa hidrolik, dan dongkrak hidrolik. Hukum Bejana Berhubungan Dalam suatu Hukum bejana berhubungan menyatakan bahwa: ³apabila bejana berhubungan diisi dengan zat cair yang sama, maka pada keadaan kesetimbangan permukaan zat cair dalam bejana berada dalam satu bidang datar.´ Hukum ini tidak berlaku pada suatu bejana yang berisi kan cairan tak sejenis dan pipa kapiler. Secara matematis, hukum bejana berhubungan dirumuskan sebagai berikut. P, = P2 P1. g.h1=p2.g.h2 dengan: p1 = tekanan zat cair 1 (Nnr2) p2 = tekanan zat cair 2 (Nnr2) P1 = massa jenis zat cair 1 (kgnr3) Hukum Archimedes Hukum Archimedes hanya berlaku pada zat yang dinamakan fluida. Zat yang termasuk dalam fluida adalah zat cair dan gas. ³Benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya itu sebanding dengan berat zat cair yang dipindahkan.´ Dalam hukum Archimedes ternyata bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita antara lain sebagai berikut. p2 = massa jenis zat cair 2 (kgnr3) h1= tinggi permukaan zat cair 1 (m) h2 = tinggi permukaan zat cair 2 (m)

1. 2. 3. 4. 5.

Hidrometer, yaitu alat untuk mengukur massa jenis relatif zat cair terhadap air. Jembatan ponton, yakni jembatan yang menggunakan drum-drum kosong berisi udara. Kapal laut dan kapal seiam. Galangan kapal, yakni alat untuk mengangkat kapal laut ke permukaan air. Balon udara.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->