P. 1
Anatomi Tulang

Anatomi Tulang

|Views: 406|Likes:
Published by Annie Nackyach

More info:

Published by: Annie Nackyach on Apr 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/25/2013

pdf

text

original

Anatomi Tulang Panggul

Posted on Juni 27, 2009 by ayurai
Tulang tulang panggul terdiri dari os koksa, os sakrum, dan os koksigis. Os koksa dapat dibagi menjadi os ilium, os iskium, dan os pubis. Tulang tulang ini satu dengan lainnya berhubungan. Di depan terdapat hubungan antara kedua os pubis kanan dan kiri, disebut simfisis. Dibelakang terdapat artikulasio sakro- iliaka yang menghubungkan os sakrum dengan os ilium.Dibawah terdapat artikulasio sakro-koksigea yang menghubungkan os sakrum (tl panggul)dan os koksigis(tl.tungging).

Pada wanita, di luar kehamilan artikulasio ini hanya memungkinkan pergeseran sedikit, tetapi pada kehamilan dan waktu persalinan dapat bergeser lebih jauh dan lebih longgar,misalnya ujung koksigis dapat bergerak kebelakang sampai sejauh lebih kurang 2,5 cm.Hal ini dapat dilakukan bila ujung os koksigis menonjol ke depan pada saat partus, dan pada pengeluaran kepala janin dengan cunam ujung os koksigis itu dapat ditekan ke belakang. Secara fungsional, panggul terdiri dari dua bagian yaitu pelvis mayor dan pelvis minor. Pelvis mayor adalah bagian pelvis yang terletak diatas linea terminalis, disebut juga dengan false pelvis. Bagian yang terletak dibawah linea terminalis disebut pelvis minor atau true pelvis. Pada ruang yang dibentuk oleh pelvis mayor terdapat organ ±organ abdominal selain itu pelvis mayor merupakan tempat perlekatan otot ± otot dan ligamen ke dinding tubuh. Sedangkan pada ruang yang dibentuk oleh pelvis minor terdapat bagian dari kolon, rektum, kandung kemih, dan pada wanita terdapat uterus dan ovarium. Pada ruang pelvis juga kita temui diafragma pelvis yang dibentuk oleh muskulus levator ani dan muskulus koksigeus. MALE PELVIS

Djamaloeddin. dangkal Inlet pelvis oval. Abdul Bari Saifuddin dan Trijatmo Rachimhadhi. Hanifa Wiknjosastro. wanita pria Ruangnya luas . Ali. Baziad. .Ilmu Kandungan. Anatomi Panggul dan Isinya dan Haid dan Siklusnya.2007. 6 ± 13 dan 113. DAFTAR PUSTAKA1. Handaya dkk.Jakarta:Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. dalam Inlet lebih kecil dan outlet Tulang lebih berat dan tebal Sudut pubis lebih akut Koksigis kurang fleksibel Tuberum iskium lebihpanjang 1. outlet bulat Tulang lebih ringan dan tipis Sudut pubis lebih besar Koksigis lebih fleksibel Tuberum iskium lebih pendek Ruangnya sempit.Perbedaan antara pelvis pria dan wanita 1. Erdjan Akbar.

Pelvis.Ekstremitas Bawah . Ukuran dan bentuk panggul besar dapat memberi gambaran mengenai ukuran panggul kecil.Liliana Sugiarto.Reinhard dan Reinhard Pabst. Sedangkan sebelah bawah Spina Iliaca Posterior Superior terdapat Spina Iliaca Posterior Inferior. Tulang Usus ( Os Ilium ) Merupakan tulang terbesar dari panggul membentuk bagian atas dan belakang dari panggul.“ . “ Spina Iliaca Anterior Superior dan Spina Iliaca Posterior Superior :“ Ujung depan maupun belakang dari Crista Iliaca yg menonjol. jilid 2. ANATOMI PANGGUL Panggul ( Pelvis ) Panggul terdiri atas : Bagian keras yg dibenttuk oleh tulang2.Bagian Bawah atau panggul kecil ( pelvis minor ) menjadi wadah alat kandungan dan menentukan bentuk jalan lahir. . merupakan suatu corong. Sedikit di bwh Spina Iliaca Anterior Superior terdapat tonjolan tulang yg di sebut Spina Iliaca Anterior Inferior. Tulang Panggul Tulang Panggul Terdiri dari 4 buah tulang : 2 Tulang pangkal paha ( Ossa Coxae )“ 1 Tulang Kelangkang ( OS Sacrum )“ 1 Tulang Tungging ( Os Coccygis )“ 1. Putz. Jakarta:EGC.“ I. Bagian yg lunak yg dibentuk oleh otot2 dan ligamentum2. Panggul bagian keras atau tulang2 panggul.Bagian atas yg lebar disebut Panggul Besar ( Pelvis Mayor ) Berfungsi Mendukung Isi Perut.264. . Tulang Pangkal Paha Terdiri dari 3 buah tulang yg berhubungan satu sama lain pada Asetabulum ialah cawan untuk kepala tulang paha (Caput Femoris ) a.2006.Sobotta: Atlas Anatomi Manusia edisi 22. Adapun bagian2 nya ialah : Crista Iliaca : Batas atas yg merupakan pinnggir tulang yg tebal.2.

“ Perhubungan Tulang Pangkal Paha Tulang Pangkal Paha yg berhubungan tulang kelangkang dg perantara persendian Articulatio Sacroiliaca.“ b. Ilio Lumbalis .Foramina Sacralia Anterior : Lima Buah Lubang terdapat di kiri dan kanan dari garis tengah. Lubang ini dilalui urat2 saraf dan membntuk Plexus Sacralis dan Pembuluh darah kecil. Sacro Iliaca Posterior. . Tulang Kelangkang Ke Spina Ischiadica : Lig. yg dibatasi tulang duduk.“ Linea Inominata ( Linea Terminalis ) : Lajur pd Os Ilium yg menjadi Pembatas antara panggul Besar dan Panggul kecil.“ Ramus Superior Ossis Pubis : Tangkai tulang kemaluan yg berhubungan dengan dg tulang usus.Lig.Insisura Ischiadica Mayor : Tekik yg berada di bawah Spina Iliaca posterior Inferior. Sacro Tuberosum Tulang Pangkal paha kiri dan kanan : Symphysis Pubis 2. Sacro Iliaca Interossea b. .Promotorium : Bagian atas dari sacrum yg menonjol kedepan. Tulang Kelangkang Tulang ini berbentuk segitiga : Melebar di atas dan meruncing ke bawah. Dibawah Spina Ischiadica terdapat incisura Ischiadica Minor. Permukaan depan yg cekung dari atas kebwh maupun dari samping ke samping. Permukaan belakang tulang kelangkang ke tulang usus disebut : Lig. Permukaan depan tulang kelangkang ke tulang usus disebut : .Crista Sacralis : Cuat ± cuat berduri yg terdapat di garis tengah. Keatas tulang kelangkang berhubungan dengan ruas ke-5 ( Lumbal 5 ) tulang pinggang.Lig. “ Arcus Pubis : yg membentuk ramus inferior kiri dan kanan. Sacro Spinosum c. . Sacra Ilaica Anterior . Tulang Kemalaun ( Os Pubis ) Terdapat di sebelah bawah dan depan dari tulang usus ( Os Ilium ) Foramen Obturatorium : Lubang yg terdapat dalam tulang panggul. . Tulang Duduk ( Os Ischium ) Terdapat di sebelah bawah dari tulang usus. a. Tulang kelangkang ke tuber Ischiadica : Lig. Terletak di belakang antara kedua pangkal paha dan terdiri dari 500 tulang yg senyawa. Spina Ischiadica : Pinggir Belakang berduri.Lig.“ Ramus Inferior Ossis Pubis : Tangkai tulang kemaluan yg berhubungan tulang usus.“ Tuber Ischiadicum : Pinggir bawah tulang duduk yg tebal berfungsi mendukung berat badan kalau kita duduk.“ c.

5 cm. Bidang Luas Panggul Bidang dengan ukuran2 yg terbesar. Tulang Tungging Berbentuk Segitiga terdiri dari 3 ± 5 ruas yg menyatu.5 cm 3. Eropa. Conjugata Vera Ukuran Normal : 11 cm Promotorium Pinngir atas Sympysis 2. Bidang Sempit Panggul Bidang dengan ukuran2 yg terkecil Setinggi pinggir bwh symphysis kedua spinae ischiadicae memotong sacrum ± 1 ± 2 cm atas ujung sacrum. Ukuran Melintang ( Transversa ) Ukuran terbesar antara linea inominata di ambil tegak lurus pd conj. Ukuran Normal : 5 cm d. Vera. Panggul Kecil : 4 Bidang panggul kecil a. Berbatas dengan : Promotorium Sayap Sacrum Linea Inominata Ramus Superior Ossis Pubis Pinggir atas Sympisis 3 Ukuran ditentukan dari PAP : 1. BIDANG HODGE Menentukan seberapa jauh bagian depan anak itu turun ke dalam rongga panggul. Ukuran Normal : Ind. 13.5 cm c. Hodge . Pertengahan Symphysis Pertengahan Acetabulum Pertemuan Antara Ruas Sacral II dan III Ukuran muka belakang 12.5 cm Ukuran Melintang 10 cm Diameter Sagitalis Posterior : Sacrum Pertengahan Antra Spinae Ischiadicae. Pintu atas panggul adalah batas dari panggul kecil berbentuk Bulat ± Oval. Ukuran Normal : 13 cm b.3. Conjugata Vera ). Ukuran Muka Belakang ( Diameter Antero Posterior. garis yg menghubungkan kedua tuber ischiadicum kiri dan kanan. 12. Ukuran Muka Belakang 11. Ukuran Serong Articulatio Sacro Iliaca Tuberculum Pubicum dari belah panggul yg bertntangan. Pintu Bawah panggul Terdiri dari 2 segitiga dg dasar yg sama.75 cm Ukuran Melintang 12.

Distantia Spinarum Antara Spina Iliaca Anterior Superior Kiri dan Kanan(Ind.menentukan beberapa bidang khayalan dalm panggul : . Bidang Lunak dari Panggul III.Hodge II : Sejajar dg H I Melalui Pinggir Bawah Symphysis . Lingkar Panggul jarak dari pinggir atas simfisis pubis ke pertengahan antara spina iliaka ant sup ke trochanter mayor ke lumbal V kembali lagi ke simfisis pubis (Ind 80. Er.26.Er 90) ANATOMI PANGGUL ANATOMI PANGGUL BAGIAN-BAGIAN PANGGUL Menurut fungsinya : Pelvis mayor adalah bagian pelvis yang terletak di atas linea terminalis (false pelvis) Pelvis minor adalah bagian pelvis yang terletak di bawah linea terminalis (true pelvis) penting dalam persalinan . 26) b. Ukuran ± Ukuran Panggul 1.Hodge I : Sama dg pintu atas panggul .Hodge III : Sejajar dg H I Melalui Spine Ischiadicae . 29) c.Er. Distatia Cristarum Jarak yang terjauh antara crista Iliaca Kanan dan Kiri (Ind. Ukuran Luar yg terpenting a. 23. Conjugata Externa ( Boudeluque ) Jarak antara simfis pubis ke Lumbal V (Ind 18.Er 20) d.Hodge IV : Sejajar dg H I Melalui Ujung Os Coccygis II.

Batas antara pelvis mayor dan minor adalah garis yang melalui tepi atas symphisis (linea terminalis / inominata) kiri linea promontorium linea terminalis kanan symphisis ISTILAH OBSTETRI GINEKOLOGI Sumbu Panggul Bentuk dari panggul kecil mempunyai saluran dengan sumbu yang jalannya melengkung Sumbu tersebut merupakan garis penghubung persekutuan antara diameter transversa dan conjugata vera di pintu atas panggul (PAP) dengan titik sejenis pada Hodge II. dimana mendekati Hodge III sumbu lurus dan sejajar dengan sacrum. kemudian memotong sacrum 1 2 cm di atas ujung sacrum Pintu Bawah Panggul Merupakan satu bidang tetapi terdiri dari 2 segitiga yang dasarnya sama yaitu garis yang . dan tepi tasa simphisis Pintu Tengah Panggul Merupakan bidang dengan ukuran terkecil Bidang ini berbentuk segitiga dari tepi bawah symphysis ke kedua spina ischiadika kanan dan kiri. kemudian melengkung ke depan sesuai dengan lengkung sakrum Pintu Atas Panggul (PAP) Merupakan bidang yang dibentuk oleh promontorium. III dan IV. linea inominata / terminalis.

Segitiga bagian depan dibatasi oleh arcus pubis UKURAN-UKURAN PANGGUL Ukuran Panggul Luar Distansia Spinarum Jarak antara SIAS kanan dan kiri Indonesia 23 Distansia Kristarum Jarak terjauh antara krista iliaka kanan dan kiri Indonesia 26 cm. Eropa 21 cm Distansia Oblique Externa Jarak antara SIPS sinistra dan SIAS dextra. Eropa 26 cm Distansia Intertrochanterika . Puncak dari segitiga yang belakang adalah ujung dari os sacrum. Eropa 29 cm Conjugata Externa (Boudelocque) Jarak antara tepi atas symphisis dengan ujung procesus spinosus lumbal V Indonesia 18 cm. Sedangkan sisinya adalah ligamentum sacro tuberosum kanan dan kiri. jarak antara SIPS dextra dan SIAS sinistra Panggul normal Panggul asimetrik ukuran hampir sama berbeda ukuran 25 cm.menghubungkan tuber ischiadicum kanan dan kiri.

Indonesia 80 cm. Eropa 90 cm Ukuran Panggul Dalam Sebenarnya merupakan ukuran yang sesungguhnya dari panggul Penting untuk memperkirakan apakah bayi bisa lahir pervaginan atau tidak BIDANG HODGE Adalah bidang khayal yang dibayangkan ada dalam panggul untuk menilai kemajuan persalinan (penurunan kepala) Ada 4 : Hodge I Bidang yang melalui tepi atas promontorium sesuai dengan PAP Hodge II symphisis dan .Jarak antara kedua trochanter Distansia Tuberum Jarak antara tuber ischiadicus kanan dan kiri (10.5 cm) Cara ukur : dengan jangkar panggul Oseander Lingkar Panggul Ukuran melingkar yang dimulai dari tepi atas symphisis ke pertengahan antara SIAS dan trochanter mayor pada satu pihak dan kembali ke tepi atas symphisis melalui pihak lain.

Moloy (1933) ada 4 macam : Gynecoid Bentuk PAP hampir bulat. bagian depan menyempit ke muka Umum pada laki-laki . meskipun jarak antara anterior posterior hampir sama dengan diameter transversa Bagian belakang pendek dan gepeng. dimana jarak antara anterior posterior kira-kira sama dengan diameter transversa Umumnya pada wanita (45 %) Android Bentuk PAP hampir segitiga.Bidang yang melalui tepi bawah symphisis promontorium sejajar dengan bidang Hodge I Hodge III dan Bidang yang melalui spina ischiadika sejajar dengan Bidang Hodge II Hodge IV Bidang yang melalui os coccygeus sejajar dengan bidang Hodge I BENTUK-BENTUK PANGGUL Selain ukuran panggul. wanita (15 %) Anthropoid . bentuk panggul juga mempengaruhi jalannya persalinan Menurut Caldwell.

Bentuk PAP agak lonjong seperti telur. jarak antara anterior posterior lebih kecil dari diameter transversa Pada wanita (5 %) . dimana jarak anterior superior lebih besar dari diameter transversa Pada wanita (35 %) Platypeloid Bentuk seperti jenis gynecoid tetapi menyempit pada arah anterior posterior.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->