Teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya.

Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan.[1] Teluk adalah kebalikan dari tanjung, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama. Teluk-teluk terkenal di dunia di antaranya adalah Teluk San Francisco di Amerika Serikat, Teluk Guantanamo di Kuba, dan Teluk Persia di Jazirah Arab. Beberapa teluk besar di Indonesia adalah Teluk Cenderawasih di Irian, Teluk Tomini di Sulawesi, dan Teluk Bone, juga di Sulawesi Samudra (juga dieja Samudera) atau Lautan (dari bahasa Sansekerta) adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar. Ada lima samudra di bumi yaitu:
y y y y y

Samudra Arktik Samudra Atlantik Samudra Hindia Samudra Pasifik / Lautan Teduh Samudra Antarktika / Lautan Selatan

Samudra meliputi 71% permukaan bumi, dengan area sekitar 361 juta kilometer persegi, isi samudra sekitar 1.370 juta km³, dengan kedalaman rata-rata 3.790 meter. (Perhitungan tersebut tidak termasuk laut yang tak berhubungan dengan samudra, seperti Laut Kaspia). Bagian yang lebih kecil dari samudra adalah laut, selat, teluk Laut atau bahari adalah kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra. Air di laut merupakan campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya seperti garamgaraman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Sifat-sifat fisis utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni.

[sunting] Sejarah
Laut, menurut sejarahnya, terbentuk 4,4 milyar tahun yang lalu, dimana awalnya bersifat sangat asam dengan air yang mendidih (dengan suhu sekitar 100 °C) karena panasnya Bumi pada saat itu. Asamnya air laut terjadi karena saat itu atmosfer Bumi dipenuhi oleh karbon dioksida. Keasaman air inilah yang menyebabkan tingginya pelapukan yang terjadi yang menghasilkan garam-garaman yang menyebabkan air laut menjadi asin seperti sekarang ini. Pada saat itu, gelombang tsunami sering terjadi karena seringnya asteroid menghantam Bumi. Pasang surut laut yang terjadi pada saat itu juga bertipe mamut atau tinggi/besar sekali tingginya karena jarak Bulan yang begitu dekat dengan Bumi.

Akibatnya. aliran sungai.d. Proses pelapukan batuan terus berlanjut akibat hujan yang terjadi dan terbawa ke lautan. Pada 3. Banyak danau adalah . Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas. jumlah karbon dioksida yang ada diatmosfer mulai berkurang akibat terlarut dalam air laut dan bereaksi dengan ion karbonat membentuk kalsium karbonat. disamping itu atmosfer bumi pada saat itu tertutup oleh debu-debu vulkanik yang mengakibatkan terhalangnya sinar Matahari untuk masuk ke Bumi.8 milyar tahun yang lalu. atau karena adanya mata air. 4 milyar tahun) menunjukkan adanya fosil seukuran beras dari bakteri primitif yang diperkirakan hidup di dalam lumpur mendidih di dasar laut. Pada hasil penemuan geologis di tahun 1971 pada bebatuan di Afrika Selatan (yang diperkirakan berusia 3. menurut para ahli. Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. salah satu versi yang cukup terkenal adalah bahwa pada saat itu Bumi mulai mendingin akibat mulai berkurangnya aktivitas vulkanik. Secara perlahan-lahan. awal mula laut terdiri dari berbagai versi. Istilah danau juga digunakan untuk menggambarkan fenomena seperti Danau Eyre. Sedangkan kelautan itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari berbagai biota atau makhluk hidup di laut yang perlu dimanfaatkan melalui usaha perikanan. namun pada saat itu diperkirakan belum ada bentuk kehidupan di bumi. Sebuah danau periglasial adalah danau yang di salah satunya terbentuk lapisan es. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi. Suhu bumi semakin dingin karena air di laut berperan dalam menyerap energi panas yang ada. Hujan inilah (yang mungkin berupa hujan tipe mamut juga) yang mengisi cekungan-cekungan di Bumi hingga terbentuklah lautan. Hal ini mungkin menjawab pertanyaan tentang saat-saat awal kehidupan dan di bagian lautan yang mana terjadi awal kehidupan tersebut. menyebabkan air laut semakin asin. Akibatnya. Namun demikian teori ini masih merupakan perdebatan hingga saat ini. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. yang dapat terjadi karena mencairnya gletser. Kehidupan di Bumi. dan olahraga. uap air di atmosfer mulai terkondensasi dan terbentuklah hujan. es ini menutupi aliran air keluar danau. berawal dari lautan (life begin in the ocean). di mana danau ini kering di banyak waktu dan hanya terisi pada saat musim hujan. langit mulai menjadi cerah sehingga sinar Matahari dapat kembali masuk menyinari Bumi dan mengakibatkan terjadinya proses penguapan sehingga volume air laut di Bumi juga mengalami pengurangan dan bagian-bagian di Bumi yang awalnya terendam air mulai kering. "ice cap" atau gletser. planet Bumi mulai terlihat biru karena laut yang sudah terbentuk tersebut.2 s.[sunting] Awal mula Menurut para ahli.

ini dikarenakan sistem pengaliran kacau yang mendominasi negara ini. rekreasi (berenang. danau buatan yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas manusia [sunting] Danau terkenal Danau Toba di Sumatra.299 km². mirip mare bulan tetapi lebih kecil. danau tektonik yaitu danau yang terbentuk akibat penurunan muka bumi karena pergeseran / patahan 2. Indonesia. yang disebut lacus (dari bahasa Latin yang berarti "danau"). Great Lakes di Amerika Utara juga memiliki asal dari zaman es. danau karst yaitu danau yang terbentuk akibat pelarutan tanah kapur 6. Finlandia dikenal sebagai "Tanah Seribu Danau" dan Minnesota dikenal sebagai "Tanah Sepuluh Ribu Danau". Sekitar 60% danau dunia terletak di Kanada. selancar angin. danau tektovulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat percampuran aktivitas tektonisme dan vulkanisme 4. Danau air tawar terbesar. persediaan air. dll).buatan dan sengaja dibangun untuk penyediaan tenaga listrik-hidro. danau glasial yaitu danau yang terbentuk akibat mencairnya es / keringnya daerah es yang kemudian terisi air 7. dan kedua terbesar adalah Danau Superior dengan luas permukaan 82. dll. danau dibedakan : 1. ia memiliki wilayah yang lebih besar dari enam danau terbesar berikut digabungkan menjadi satu. . Di bulan ada wilayah gelap berbasal.414 km². Berdasarkan proses terjadinya. Dengan luas permukaan 394. y y Danau terbesar di dunia adalah Laut Kaspia. danau bendungan alami yaitu danau yang terbentuk akibat lembah sungai terbendung oleh aliran lava saat erupsi terjadi 5. Mereka diperkirakan oleh para astronom sebagai danau. danau vulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanisme / gunung berapi 3.

Danau Toba di pulau Sumatra kemungkinan terletak di kawah gunung berapi pasif terbesar di dunia. Arab Saudi.850 m (29.911 m (36. Danau terendah di dunia adalah Laut Mati. Dia juga merupakan danau yang memiliki konsentrasi garam paling tinggi. (dasar palung Mariana hanya sejauh 6366. Danau tertinggi yang dapat dinavigasi adalah Danau Titicaca.741 meter (5. Dia juga merupakan danau terbesar kedua di Amerika Selatan.035 kaki) diatas permukaan laut. dengan kedalaman 1.712 kaki).544 kaki) di atas permukaan laut.766 km². pada 396 m (1. Titik yang terletak paling timur di daratan menurut garis penanggalan internasional adalah pulau Caroline di Kiribati.198 kaki) di bawah laut. Titik yang terletak paling barat di daratan menurut garis penanggalan internasional adalah pulau Attu di Alaska.3 km dari pusat bumi. Titik terdekat dari pusat bumi kemungkinan adalah titik tertentu di dasar samudra Artik dekat kutub utara sejauh 6353 km.300 m (7. Titik terjauh dari pusat bumi adalah puncak Chimborazo sejauh 6384. sebelah timur Greenland (83°40').y y y y y y Danau terdalam adalah Danau Baikal di Siberia. Titik terendah di daratan adalah permukaan Laut Mati di [Jordan]. Titik pusat permukaan bumi adalah Ka`bah di Makkah. titik terdekat dengan matahari dan terpanas gurun sahara.4 km (dikarenakan bentuk bumi yang tidak bulat sempurna). Titik terendah adalah Challenger Deep di Palung Mariana 200 mil dari Guam di Samudra Pasifik sedalam 10.349 kaki) di bawah permukaan laut.821 m di atas permukaan laut.4 dari pusat bumi). Daratan dengan ketinggian rata-rata tertinggi adalah benua Antartika dengan ketinggian rata-rata 2. Posisi Berikut adalah titik paling ekstrim di dunia: y y y y y y y Titik yang terletak paling utara di dunia adalah kutub utara di Samudra Arktik. Danau terbesar yang terletak di pulau adalah Danau Nettiling di Pulau Baffin.302 kaki) di bawah permukaan laut. pada ketinggian 3. Pulau terbesar di tengah danau air tawar adalah Pulau Manitoulin di Danau Huron. Titik yang terletak paling utara di daratan adalah pulau Kaffeklubben. dengan luas permukaan 2. . 417 m (1. [sunting] Ketinggian dan kedalaman y y y y y y Titik tertinggi adalah puncak Everest setinggi 8. Puncak Everest hanya sejauh 6382. Titik yang terletak paling selatan di dunia dan juga merupakan titik paling selatan di daratan adalah kutub selatan di benua Antartika.

Berada sejauh 2. Berada di tengah-tengah wilayah lautan seluas 22.Rusia .500 kaki di atas permukaan laut. Antartika pada 21 Juli 1983.2 °C (-128.290 m di atas permukaan laut menerima curah hujan rata-rata per tahun sebesar 1270 cm. Titik di lautan yang merupakan titik terjauh dari daratan disebut titik Nemo berada di Samudra Pasifik pada koordinat 48° LS 125° BB yaitu sejauh kurang lebih 2670 km dari daratan terdekat. Samudra terbesar adalah Samudra Pasifik yang memiliki luas 60. [sunting] Suhu y y y y Suhu tertinggi dicatat oleh stasiun meteorologi di El Azizia.800 mil².01 cm.637 meter.Kazakhstan Turkmenistan .250 km sebelah barat laut Kepulauan Pitcairn dan 3. Danau terdalam di dunia adalah danau Baikal di Rusia memiliki kedalaman 1.300 km dari pantai barat Chili.6 °F) berada di Vostok. Wilayah ini lebih luas dari keseluruhan wilayah bekas Uni Sovyet.060. Suhu terendah yaitu pada -89.8 °C (136 °F).299 km² (152.000 mil².239 mil²). Danau tertinggi di dunia adalah danau Titicaca di Peru yang berada pada ketinggian 12. (sekitar gurun Dzoosotoyn Elisen).[sunting] Terjauh y y y y Titik di daratan yang merupakan titik terjauh dari lautan adalah 320 km dari kota Urumqi di daerah otonomi Xinjiang di Republik Rakyat Cina pada 46°16.600 km sebelah selatan. Kepulauan yang paling terpencil terdiri atas Pulau Paskah dan Isla Sala y Gómez berjarak sekitar 480 km satu sama lain. Sahara pada tanggal 13 September 1922 berada pada 57. Chili yang hanya menerima curah hujan rata-rata per tahun sebesar 0.427. .8 LU 86°40. Daratan terdekat merupakan daerah tidak berpenghuni Queen Maud di Antartika sekitar 1.Iran seluas 394. Suhu tertinggi sebelumnya yaitu pada 56. Pulau yang paling terpencil adalah Pulau Bouvet yaitu pulau yang tidak berpenghuni yang merupakan wilayah Norwegia yang berada di koordinat 54°26 LS 3°24 BT. Samudra terkecil adalah Samudra Arktik yang hanya memiliki luas 5.420. Titik terbasah berada di Cherrapunji.2 BT. Bangladesh berada di ketinggian 1. Laut terbesar adalah laut Mediterania yang memiliki luas 1. Dari 6 Juli sampai dengan 17 Agustus 1917 selama 43 hari berturut-turut suhu di Death Valley berada di atas 48 °C (120° F). Beberapa lokasi di gurun Atacama malah tidak pernah turun hujan selama 400 tahun! [sunting] Lainnya y y y y y y y Danau terluas di dunia adalah Laut Kaspia di Azerbaijan . Titik terkering berada di gurun pasir Atacama.7 °C (134 °F) berada di Death Valley. Posisi ini adalah garis lurus sejauh 2648 km dari garis pantai terdekat.144.215 kaki. Samudra terdalam adalah Samudra Pasifik yang memiliki kedalaman rata-rata 13.000 km².700 mil². California pada tanggal 10 Juli 1913.

Sahara Barat . Air terjun tertinggi adalah Angel Falls di Venezuela yang memiliki ketinggian 3.5 juta mil².Niger . Gunung terbesar adalah Mauna Loa di Hawaii.891 km. Mauna Loa mempunyai volume sebesar 15.117 km.100 m (13.500.000 mil²).000 mil. air yang tertutup di belakang gugusan karang (barrier reef) atau pulau-pulau atau didalam atol disebut laguna.500 mil².212.y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y Teluk terbesar adalah Teluk Meksiko yang memiliki luas 615. Kecepatan angin tertinggi terjadi di Belgrano II. Negara terkecil adalah Vatikan yang hanya seluas 0.Chad .700 miles³). Jadi.Aljazair Tunisia . batu karang atau semacamnya.075.250. Sungai terpanjang adalah sungai Nil di Afrika sepanjang 6. Laguna (atau lagoon dalam bahasa Inggris) adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir. yang secara khusus menunjuk ke pembatas Venesia. Gurun subtropis terluas adalah gurun Sahara di Maroko . Tetapi apabila diukur dari dasar laut. Sungai terbesar adalah sungai Amazon dengan luas 2.44 km². Hanya 4.579.212 kaki. Diadaptasi dari laguna Venesia (cf Latin lacuna.132.000 mil². Semenanjung terbesar adalah Semenanjung Arabia yang memiliki luas 1. Alaska ketika sebuah gempa besar menimbulkan longsor besar di teluk Lituya menimbulkan gelombang setinggi 524 m (1.400 km².Libya .000 mil². Negara dengan garis pantai terpanjang adalah Kanada dengan 243. Benua terbesar adalah benua Asia dengan luas 44. wilayah Argentina di Antartika pada kecepatan 351 km/h. Brasil sepanjang 150 mil dengan luas 4. Negara dengan garis perbatasan di daratan terpanjang adalah Republik Rakyat Cina yang memiliki garis perbatasan sejauh 22. ketinggian Mauna Loa melebihi Everest kurang lebih 3/4 mil.000 pulau dalam bentang 3.Eritrea .999 mil².Mali . Benua terkecil adalah benua Australia dengan luas 3.690 km (4. Gugus pegunungan terpanjang adalah pegunungan Andes di Amerika selatan yang membentang sejauh 5. Sungai terpendek adalah sungai Roe di Montana.180 mil).Mesir . (Lihat daftar lengkapnya). Negara dengan jumlah negara yang berbatasan langsung terbanyak adalah Republik Rakyat Cina yang berbatasan dengan 14 negara tetangga.Somalia seluas 3. Amerika Serikat yang hanya sepanjang 200 kaki.455 pulau-pulau di Kanada). Gelombang laut tertinggi terjadi pada 9 Juli 1958 di Teluk Lituya.000 km² (17. tanah pembendung air laut.520 km³ (9.500 mil. Negara terluas adalah Rusia seluas 17. Perbatasan antara 2 negara terpanjang adalah perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat sejauh 8.448 kaki) dari gunung tersebut berada di atas permukaan laut.Mauritania . Kepulauan terbesar adalah negara kepulauan Indonesia yang memiliki 17. yang melindungi dari Laut Adriatik dengan pantai .792 km (termasuk garis pantai dari 52.000 mil². Pulau terbesar adalah pulau Greenland yang memiliki luas 839.Ethiopia . 'ruang kosong'). Istilah lagoon dalam bahasa Inggris dimulai tahun 1769.000 mil². Laguna terbesar adalah Lagoa dos Patos.720 kaki).

Di Britania Raya ada laguna di Montrose. Laguna pantai biasa ditemukan di pantai dengan pasang surut relatif kecil.penghalang Lido (lihat Laguna Venesia). sebagaimana Laguna Catemaco. salinitas. sedangkan pengembangan air di Chesil Beach. Laguna menunjuk ke laguna pantai yang terbentuk oleh pasir atau karang di pantai yang dangkal dan laguna atol yang terbentuk dari pertumbuhan terumbu karang. yang juga diterjemahkan sebagai "lagoon". Di sejumlah daerah yang penduduknya menuturkan bahasa Inggris. Ia mencakup kira-kira 13 persen dari keseluruhan garis pantai. sedimen yang lebih runcing bisa menetap di air yang relatif tenang di belakang penghalang. termasuk sedimen yang dibawa ke laguna oleh sungai. laguna pesisir kadang-kadang disebut sound. antara Long Island dan pantai penghalang di Fire Island di New York. Great South Bay. Albemarle Sound di North Carolina. bay. Sekali penghalang laguna terbentuk. Inggris. Sebagai akibatnya. keadaan air dalam laguna bisa agak berbeda dari air terbuka di laut dalam hal suhu. Khasnya laguna pesisir memiliki bukaan sempit ke laut. Ada juga satu laguna dekat kota kecil Dingle di Irlandia barat. bisa juga disebut laguna. Di Meksiko kadang penggunaan "laguna". oksigen yang dibebaskan dan muatan sedimen. river. dikenal sebagai fleet. Dari bahasa Inggris inilah kata laguna dalam bahasa Indonesia berasal. y y y y y y Hampir separuh daerah Kiritimati diliputi laguna. Penghalang laguna bukan karang dibentuk oleh aksi gelombang atas arus pelabuhan yang terus menerus membuat sedimen kasar lepas pantai. (Skotlandia) dan Tywyn (Wales). Umumnya memanjang sejajar dengan pantai dan dipisahkan dari laut oleh pulau penghalang. digunakan untuk menunjukkan danau. . pasir dan bebatuan atau terumbu karang. Banana River di Florida dan Lake Illawarra di New South Wales semuanya laguna. atau lake. sebagian air tawar dan sebagian air asin.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful