P. 1
GELAS KIMIA

GELAS KIMIA

3.0

|Views: 3,808|Likes:
Published by Jafar_Ma_arif_3614

More info:

Published by: Jafar_Ma_arif_3614 on Apr 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2013

pdf

text

original

GELAS KIMIA

A. Pengertian Gelas Kimia Gelas kimia adalah tempat untuk melarutkan zat yang tidak butuh ketelitian tinggi, misalnya pereaksi/reagen untuk analisa kimia kualitatif atau untuk pembuatan larutan standar sekunder pada analisa titrimetri/volumetri.

B. Jenis-jenis Gelas Kimia 1. Berdasarkan bentuknya, gelas kimia ada dua jenis yaitu low form dan tall form. 2. Berdasarkan segi bahan ada yang terbuat dari plastik dan terbuat dari kaca 3. Berdasarkan ketahanan panasnya ada gelas kimia yang tahan panas dan gelas kimia yang tidak tahan panas.

C. Ukuran Gelas Kimia Ukuran gelas kimia (low form) Ukuran gelas kimia (tall form) : 10mL ± 10L : 50mL ± 1L

Namun gelas kimia yang terdapat di laboratorium kimia dasar dan analitik berukuran 25mL ± 4L.

D. Kegunaan Gelas Kimia 1. Untuk memanaskan larutan 2. Untuk menyimpan larutan atau zat 3. Untuk mengukur larutan (analisis kualitatif)

dapat dihilangkan dengan pembersih yang khusus/cocok (misal asam asetat encer). Kontaminasi lebih kuat (adanya deposit kapur).E. F. kontaminasi dari reagen) maka media air ini harus dapat diganti. Bila terlihat adanya kontaminasi (seperti partikel-partikel. Residu organik memerlukan perlakuan dengan larutan pembersih asam kromat. Penyimpanan Gelas Kimia Gelas kimia disimpan dalam keadaan kering di dalam rak khusus kaca. Permukaan alat harus dibersihkan dengan menggunakan pembersih (sabun/ deterjen yang biasa digunakan). Cara umum Proses membersihkan harus dilakukan segera setelah peralatan digunakan. 2. . Pembersihan Gelas Kimia Pembersihan gelas kimia ada dua cara yaitu cara umum dan dengan cara pemanasan. 1. Peralatan cuci manual atau otomatis harus menggunakan deterjen yang sesuai dengan kegunaannya. Peralatan harus dikeringkan dan disimpan dalam kondisi yang tidak memungkinkan terjadinya kontaminasi oleh debu atau bahan lain. Membuang bahan berbahaya dan pembersihan bahan korosif sebelum peralatan tersebut dibersihkan. Cara pemanasan Cara ini menggunakan media pemanas (misal air).

com. http://labkimia. buku Membuat reagen kimia dalam laboratorium.com . nirwana. Menjelaskan cara penyimpanan gelas kimia. Pokok Materi Jenis-jenis gelas kimia Ukuran gelas kimia Kegunaan gelas kimia Pembersihan gelas kimia Penyimpanan gelas kimia Judul Gelas Kimia Acuan Catalog laboratory product & Chemicals reagent 2010. Blog pada WordPress.com .Kelompok 1 Anggota : Argit Muktiawan Desri sri wahyuni Jafar Ma¶arif Vera Pangni Fahriani Garis-Garis Besar Pemograman Media Tujuan Memperkenalkan jenis-jenis gelas kimia Memperkenalkan ukuran gelas kimia Menjelaskan kegunaan gelas kimia Menjelaskan cara pembersihan gelas kimia.ud@gmail.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->