pengaruh Proses pengaruh .

Kingskey ´ Learning is change in performance as a result of practice.PENGERTIAN BELAJAR ´Learning is shown by change in behavior as a result of experienceµ Cronbach ´ ´Learning is the process by which behavior (in the broader sense) is originated or change through practice or training.µ Geoch ´ .µ Howard L.

KESIMPULAN Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyagkut kognotif. . afektif dan psikomotor.

NOEHI NASUTION : Membuat kesimpulan : Bahwa belajar itu bukanlah suatu aktivitas yang berdiri sendiri namun bagi mereka ada unsur-unsur lain yang ikut terlibat langsung di dalamnya yaitu :  raw input  learning teaching process  output  environmental input  instrumental input .

Environmental input Raw input Learning Teaching process output Instrumental input .

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES DAN HASIL BELAJAR Faktor Lingkungan ´ Faktor Instrumental ´ Kondisi Fisiologi ´ Kondisi Psikologi ´ .

dan hukum yang berlaku dalam masyarakat. FAKTOR LINGKUNGAN ´ Lingkungan amali .A.ketenangan suasana kelas diakui sebagai kondisi lingkungan kelas kondusif untuk terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan Lingkungan Sosial Budaya .sistem sosial yang terbentuk mengikat perilaku anak didik untuk tunduk pada norma-norma sosial.lingkungan hidup adalah lingkungan tempat tinggal anak didik . Demikian juga halnya di sekolah. makhluk yang berkecenderungan untuk hidup bersama satu sama lainnya . susila. ´ .manusia adalah makhlik homo socius.

B. Program pendidikan disusun untuk dijalankan demi kemajuan pendidikan. Keberhasilan pendidikan di sekolah tergantung dari baik tidaknya program pendidikan yang dirancang. FAKTOR INSTRUMENTAL ´ ´ ´ ´ Kurikulum * Kurikulum adalah a plan for learning yang merupakan unsur substansial dalm pendidikan. Sekolah contohnya sebagai tempat yang stretegis bagi berlangsungnya kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sarana dan Fasilitas * Sarana mem[unyai erti penting dalam pendidkan. . * Muatan kurikulum akan mempengaruhi intensitas dan frekuensi belajar anak didik Program * Setiap sekolah mempunyai program pendidikian. Guru * Guru merupakan unsur manusiawi dalam pendidikan. Tanpa kurikulum kegiatan belajar mengajar tidak dapat berlangsung. *Fasilitas mengajar merupakan kelengkapan mengajar guru yang harus dimiliki oleh sekolah.

C. KONDISI FISIOLOGI Kondisi fisiologi ² segar jasmani dengan penat ´ Kondisi Panca indra * mata * hidung * telinga * mulut ´ .

afektif dan psikomotor.µ Raden Cahaya Prabu (1986) Bakat Di samping inteligensi (kecerdasan). Motivasi Motivasi untuk belajar adalah kondisi psikologi yang mendorong seseorang untuk belajar. Slameto Kecerdasan ´Didiklah anak sesuai taraf umurnya. Bakat memang diakui sebagai kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau latihan. Ranah kognitif merupakan kemampuan yang selalu dituntut kepada anak didik untuk dikuasai. Pendidikan yang berhasil kerana menyelami jiwa anak didiknya. Kerana penguasaan kemampuan pada tingkatan ini menjadi dasar bagi penguasaan ilmu pengetahuan. bakat merupakan faktor yang besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar seseorang. Kemampuan Kognitif Dalam dunia pendidikan ada tiga tujuan pendidikan yang sangat dikenal dan diakui oleh para ahli pendidikan. Kuat lemahnya motivasi belajar seseorang turut mempengaruhi keberhasilan belajar. ´ ´ ´ ´ . yaitu ranah kognitif.D. KONDISI PSIKOLOGI ´ Minat Anak didik memiliki minat terhadap sesuatu merupakan modal yang besar artinya untuk mencapai tujuan yang diminati.

ALAMI KESIMPULAN : LUAR LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA kURIKULUM SARANA & FASILITAS iNSTRUMENTAL PROGRAM GURU UNSUR FISIOLOGIS KONDISI FISIOLOGIS KONDISI PANCA INDRA MINAT DALAM KECERDASAN PROGRAM MOTIVASI KEMAMPUAN KOGNITIF PSIKOLOGIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES & HASIL BELAJAR .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful