P. 1
PROFESIONALISME GURU DALAM DUNIA KEILMUAN ISLAM

PROFESIONALISME GURU DALAM DUNIA KEILMUAN ISLAM

|Views: 140|Likes:
Published by Lisma Wati

More info:

Published by: Lisma Wati on Apr 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2011

pdf

text

original

PROFESIONALISME GURU DALAM DUNIA KEILMUAN ISLAM (TELAAH EPISTOMOLOGIS TERHADAP PROBLEMATIKA KEGURUAN) Oleh : Yoyok 1. A.

Pendahuluan Dalam dunia keilmuan Islam, pendidikan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia, karena dengan pendidikanlah manusia akan bisa eksis dan berjaya di muka bumi ini. Sebagai suatu system, pendidikan memiliki sejumlah komponen yang saling berkaitan antara yang satu dan lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan[1]. Komponen pendidikan tersebut antara lain komponen kurikulum, guru, metode, sarana prasarana, dan evaluasi. Selanjutnya, dari sekian komponen pendidikan tersebut, guru merupakan komponen pendidikan terpenting, terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan. Melalui tindakan-tindakan guru ini, nasib pendidikan kita bergantung kepadanya. Sementara itu, diketahui bahwa dewasa ini tugas guru semakin terasa berat. Hal ini terjadi antara lain karena kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta perubahan cara pandang dan pola hidup masyarakat yang menghendaki strategi dan pendekatan dalam proses belajar mengajar yang berbeda-beda, di samping materi pengajaran itu sendiri. Read 'Profesionalisme Guru dalam Dunia Keilmuan Islam'» Artikel Islami, Karya Tulis Ilmiah

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
Comments (3) By Abied, 30/10/2009 A. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Istilah pertumbuhan dan perkembangan sering digunakan secara bergantian atau secara bersama dalam arti yang sama. Namun demikian, sebenarnya mempunyai pengertian yang berbeda, walaupun keduanya mempunyai aspek yang sama, yaitu terjadinya perubahan dan pertambahan. Untuk jelasnya dapat kita lihat beberapa definisi yang dikemukakan para ahli. Dr. Kartini Kartono mengemukakan bahwa: Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat, dalam passage (peredaran waktu) tertentu.[1] Drs. Muhiddin Syah mengemukakan bahwa:

[2] Drs. nilai. . adalah tidak dapat dikatakan berkembang. pengetahuan. Material pribadi seperti sel. Pengelolaan Kelas Pengelolaan kelas dapat dikatakan sebagai prasyarat terjadinya kegiatan belajar mengajar dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran sehingga dapat dikatakan pengelolaan kelas yang berhasil akan mampu menciptakan kondisi optimal dalam kelas. Material dapat terdiri dari bahan-bahan kuantitatif misalnya atom. baik yang pertumbuhan yang bersifat kuantitatif maupun yang bersifat kualitatif. Manajemen adalah kata yang aslinya dari bahasa Inggris. Jadi pertumbuhan meliputi pertambahan material. . Pengertian pengelolaan kelas Pengelolaan kelas terdiri dari dua kata. besar dan luas yang bersifat konkret.[3] Dari uraian di atas. rambut. dapat pula material terdiri dari bahan-bahan kualitatif misalnya kesan. 1. butiran darah. selama tidak dihubungkan dengan fungsinya. pengetahuan. nilai. Begitu juga material pribadi seperti kesan. keinginan. sel. kromosan. siswa dan proses belajar mengajar dan dinamika kelas. melainkan bertumbuh.“Pertumbuhan berarti perubahan-perubahan kualitatif yang mengacu pada jumlah. dapatlah kita rumuskan arti pertumbuhan sebagai perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan. Pada dasarnya usaha pengelolaan kelas agar lebih berkembang maka seorang guru harus mampu untuk mendayagunakan secara optimal potensi kelas yang terdiri atas guru.”. mengemukakan bahwa: Pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan kuantitatif pada material sesuatu sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan . kromoson. 30/10/2009 A. yaitu “Management” yaitu ketatalaksanaan dan tata pimpinan1. gagasan. . rambut dan lain-lain. Read 'Pertumbuhan dan Perkembangan Anak'» Tips Sehat Faktor yang Mempengaruhi Proses Pengelolaan Kelas Comments (3) By . Kata pengelolaan diartikan “Manajemen”. ide. Abu Ahmadi. H. keinginan. Pertumbuhan itu tidak hanya berlaku pada hal-hal yang bersifat kuantitatif. tulang. yaitu pengelolaan dan kelas. dan lain-lain. sehingga memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. ide. karena tidak selamanya material itu kuantitatif. sepanjang tidak berhubungan dengan fungsinya. .

menolong. Guru sebagai koordinator menyusun. pribadi serta keterampilan pada umumnya. mengajar adalah suatu aktivitas untuk memberi. afektif maupun psikomotorik. 30/10/2009 A. membimbing seseorang untuk mendapatkan. Keterampilan mengajar guru adalah kecakapan atau kemampuan guru dalam menyajikan materi pelajaran. maka dalam hal ini penulis akan mengemukakan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli keterampilan adalah kecakapan untuk menyelesaikan tugas.[4] Berdasarkan dengan pengertian diatas maka dapat dipahami bahwa mengajar adalah usaha yang dilaksanakan oleh guru melalui bahan pengajaran yang diarahkan kepada siswa agar dapat membawa perubahan baik kognitif. Dengan demikian seorang guru harus mempunyai persiapan mengajar antara lain.[2] Menurut Warni Rasyidin mengemukakan bahwa mengajar adalah keterlibatan guru dan siswa dalam interaksi proses belajar mengajar. Read 'Keterampilan yang Harus Dimiliki Guru dalam Mengajar'» Karya Tulis Ilmiah Teknik yang dapat dilakukan Guru dalam Mengatasi Hambatan Proses Pembelajaran . guru harus menguasai bahan pengajaran mampu memilih metode yang tepat dan penguasaan kelas yang baik. Pengertian Keterampilan Mengajar Guru Dalam memberikan pengertian tentang keterampilan mengajar guru.[1] Menurut Alvin W Howard. sikap.[3] Menurut AG Soejono mengajar adalah usaha guru memimpin muridnya keperubahan situasi dalam arti kemajuan dalam proses perkembangan intelek pada khususnya dan proses perkembangan jiwa.mengorganisasi dan mengatur situasi belajar.Sedangkan menurut Wiharno pengertian pengelolaan kelas sebagai berikut : Read 'Faktor yang Mempengaruhi Proses Pengelolaan Kelas'» Karya Tulis Ilmiah Keterampilan yang Harus Dimiliki Guru dalam Mengajar Comments (2) By .mengubah atau mengembangkan ide (citacita).

Manusia terlibat dalam sistem pengajaran terdiri dari siswa. papan tulis dan kapur. B. audio dan video tape. atau aktivitas kerja guru dan siswanya. Guru diharapkan merencanakan dan menyampaikan pengajaran. juga komputer. dan tenaga lainnya. Hambatan Perencanaan Pembelajaran Perencanaan pembelajaran merupakan pedoman yang digunakan oleh guru dalam mengimplementasikan dan menyajikan bahan pembelajaran. Fasilitas dan perlengkapan. guru. perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran.masbied. Pengertian Pembelajaran Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah lebih baik. terdiri dari ruangan kelas. Dalam pembelajaran. karena semua itu memudahkan siswa dalam belajar. Read 'Teknik yang dapat dilakukan Guru dalam Mengatasi Hambatan Proses Pembelajaran'» http://www.Comments (4) By . slide dan film. perlengkapan audio visual. praktik. Material. Prosedur meliputi jadwal dan metode penyampaian informasi. 30/10/2009 A.com/search/faktor-yang-mempengaruhi-ciri-fisik-dalam-suaturas/page/8/ .[2] Melihat dari gambaran di atas dapat kita ketahui bahwa pembelajaran merupakan suatu interaksi antara berbagai komponen yang saling berkaitan. sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. ujian dan sebagainya. belajar. fotografi. material. Untuk membelajarkan peserta didik. tugas guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi peserta didik.[1] Pengertian lain dari pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsurunsur manusiawi. meliputi buku-buku. fasilitas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->