P. 1
Belajar C# Untuk Pemula

Belajar C# Untuk Pemula

|Views: 1,282|Likes:
Published by Blenggo Kuncoro Aji

More info:

Published by: Blenggo Kuncoro Aji on Apr 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2013

pdf

text

original

Belajar C# Untuk Pemula (Part 1

)

Belajar C# Untuk Pemula By Jonathan Latihan 1 : Mengenal C# C# merupakan bahasa pengembangan dari bahasa C. Bahasa ini pertama kali diperkenalkan oleh Anders Hejlsberg dengan maksud memperbaiki kekurangan kekurangan dari bahasa C yang dianggap kurang perlu. Untuk lebih mengetahui lebih dalam tentang C# maka lebih baik kita langsung saja mempraktekan code codenya. 1.1 Program Sederhana Dengan C# //Mendeklarasikan namespace using System; using System.Collections.Generic; using System.Linq; using System.Text; /*Ini merupakan komentar Komentar ini selesai hingga ditutup oleh */ //Mendeklarasikan objek dengan nama latihan1 namespace Latihan1 { //Membuat sebuah class class Program { //Merupakan Program Utama static void Main(string[] args) { //Mencetak Ke layar Console.WriteLine("Belajar C# Untuk Pemula Bersama MGI"); Console.ReadLine(); } } } Bila kita lihat dari struktur diatas maka ada beberapa tingkatan yaitu : 1. Pemanggilan fungsi fungsi dasar dengan cara menggunakan perintah using, 2. Merupakan sebuah kelompok code yang sebelumnya telah dibuat didalamNamespace C#. 3. Class Merupakan program utama yang digunakan untuk4. main memanggil fungsi fungsi yang telah dibuat.

class dan metode. Sehigga fungsi ini harus ada disetiap program. using System. karena tanda tersebut menandakan bahwa kode tersebut telah selesai. perlu diketahui juga bahwa fungsi main hanya terdapat 1 saja untuk satu buah program.Nb : Perlu diingat bahwa dalam bahasa C# huruf besar dan kecil sangatlah berbeda artinya. using System. Perintah diatas digunakan untuk menampilkan tulisan ke layar yang berbunyi Belajar C# Untuk Pemula Bersama MGI.ReadLine(). } //Menutup sebuah class 1.Linq. Didalam fungsi main diatas terdapat perintah : Console. Pada program diatas terdapat fungsi utama yaitu static void Main(string[] args) Fungsi ini digunakan untuk mengeksekusi / menjalankan program. Console. Detail dari fungsi fungsi tersebut akan kita bahas pada turtor selanjutnya. namespace Welcome1 { class Welcome { static void Main(string[] args) .2 Program sederhana dengan inputan dari user Contoh program dibawah ini merupakan program yang mulai berinteraksi dengan pengguna. using System. Sintak // pada program diatas menandakan bahwa pada baris tersebut merupakan sebuah komentar. Jadi bila kita mengetikan main() maka tidak sama dengan Main(). sehingga hasil yang tampil juga bergantung dari inputan pengguna (bukan pembuat kode). //diakiri dengan tanda .Collections.Generic.WriteLine("Belajar C# Untuk Pemula Bersama MGI").Text. Perlu diingat bahwa setiap statement harus diakhiri dengan tanda semicolon . Perintah Console merupakan sebuah class sendangkan perintah WriteLine merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mencetak ke layar monitor. sehingga pada baris tersebut tidak akan dieksekusi oleh program. using System.WriteLine("Belajar C# Untuk Pemula Bersama MGI"). Untuk turtor pada latihan1 ini kita tidak akan membahas secara detail mengenai namespace. Sedangkan untuk class harus diawali dengan tanda { dan diakhiri dengan tanda } Contoh : static void Main(string[] args) { //Membuka sebuah class Console. Untuk memberikan komentar lebih dari satu baris digunakan sintak /* dan harus diakhiri dengan sintak */ .

Write("Halo.ReadLine(). akan ditampilkan di baris selanjutnya. Console. Hasil dari program diatas bila di eksekusi adalah : Hai Siapa Namamu? : <program menunggu inputan dari user missal di input jonathan> Halo. Perbedaanya adalah terletak di perintah Console. Console.Write("Hai Siapa Namamu? : "). namespace Welcome1 { class Welcome { static void Main(string[] args) { Console. using System. using System. } } } Bila kita melihat main program diatas. Contoh : Console.Write maka tampilan dari hasil selanjutnya akan di letakan di baris yang sama.Text. Jonathan! Mari Belajar C# Bersama MGI Apabila tidak ada inputan dari user maka program akan menunggu hingga diberi inputan. Console.Write("Hai Siapa Namamu? : ").WriteLine(“Beris Pertama ”). maka kita akan melihat perbedaan dari program sebelumnya. Contoh : Console.ReadLine().WriteLine adalah apabila Console.Write("Halo. Console.ReadLine()). Console. Console. using System. Hasilnya : Baris Pertama Baris Kedua Sedangkan untuk Console. Hasilnya : Baris Pertama Baris Kedua Cara lain untuk menuliskan program main diatas adalah : using System. Perbedaan Console.Write(“Beris Pertama ”). {0}! ".WriteLine("Mari Belajar C# Bersama MGI").Write dengan Console.WriteLine(“Baris Kedua”). string nama = Console.Linq. .WriteLine hasil dari inputan selanjutnya. nama). {0}! ".Write(“Baris Kedua”).Generic.Readline() yang merupakan perintah yang digunakan untuk menyimpan di memory hasil masukan dari user setelah program di eksekusi. Console.{ Console.Collections.

kemudian nama diberi isi yang isinya merupakan inputan dari user.ReadLine().Console. .WriteLine("Mari Belajar C# Bersama MGI"). } } } Bila kita bandingkan kode diatas maka akan kita ketahui bahwa nama dideklarasikan sebagai string. Console.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->