DASAR ANTROPOLOGI DAN SOSIOLOGI KESEHATAN PRODI KESMAS

FKIK - UIN JAKARTA

Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dasar yang konsepberkaitan dengan antropologi, antropologi kesehatan, sosiologi kesehatan, serta kesehatan fisik, mental, sosial, spiritual, dan emosi yang terkait dengan kajian antroppologi kesehatan guna mendorong dan menimbulkan minat praktek penelitian di lapangan.

dan metodologi (antropologi dan sosiologi) serta kemampuan terapan yang menyentuh pranata kesehatan. teori. . Membekali mahasiswa dengan pemahaman konsep.Kompetensi Umum Membekali dan membimbing potensi mahasiswa melalui perluasan ilmu pengetahuan tentang kesehatan masyarakat dari perspektif antropologi. Membimbing mahasiswa menguasai ilmu kesehatan dari lintas keilmuan (multi disipliner) dan keterkaitan satu sama lainnya (interdisipliner) secara menyeluruh (holistik).

SIGNIFIKANSI Ilmu Prilaku Antropologi Sosiologi Koloktif Kolektif Psikologi Individu .

dan Amerika. struktur masyarakat. Asia.awal abad 16 Bangsa Eropa mendatangi suku-suku bangsa di sukuAfrika.Antropologi Fase Pertama (Sbl. (Etnografi) non- . bhs. Mereka membuat deskripsi ttg adat. Abad 19) Akhir abad 15 . dan ciri fisik dari bangsa non-Eropa.

.Tanggapan Bangsa Eropa thd etnografi bangsa2 NonEropa: Bkn manusia sebenarnya. tp manusia liar. (Muncul istilah primitives ) Contoh masyarakat murni Tertarik pd adat istiadat dan benda-2 budaya yang aneh.

Fase ke-Dua (Pertgh Abad 19) Bhn Etnografi disusun dengan kerangka berfikir evolusi masyarakat.primitif) Dengan adanya karya-karya yang mengklasifikasi aneka warna kebudayaan di dunia berdasarkan tingkat evolusi tertentu (1860) muncullah Antropologi . di luar Eropa lebih rendah . (Masyarakat dan kebudayaan tertinggi ada di Eropa.

y Pada fase ke dua ini antropologi dianggap sebagai : Ilmu yang mempelajari masyarakat dan kebudayaan primitif untuk memahami proses dan tingkat evolusi serta sejarah penyebaran kebudayaan manusia .

Antropologi jadi berkembang di Inggris karena Inggris penjajah utama waktu itu. Antropologi jadi ilmu yg praktis dengan tujuan: Mempelajari masyarakat dan kebudayaan di luar Eropa untuk kepentingan pemert kolonial dan untuk memahami masyarakat kini yang kompleks .Fase ke-Tiga (Awal abad 20) Antropologi menjadi penting untuk kolonialisasi bangsa Eropa terhadap bangsa di luar Eropa.

Fase ke-Empat (Sejak Tahun 1930) Setelah perang dunia ke-2 kolonialisme dibenci oleh ngr-2 di dunia. tetapi juga masyarakat pedesaan di Eropa dan Amerika. shg antropologi memudar kepentingannya. Tahun 1951 ahli antropologi dari EroAmerika merumuskan kembali lingkup kajian dan tujuan antropologi yang baru Perhatian antropologi tidak lagi diarahkan kepada bangsa-bangsa di luar Eropa saja. .

. dan kebudayaannya . masyarakat dan kebudayaan untuk membangun masyarakat sukubangsa itu sendiri .Dirumuskan 2 tujuan antropologi (akademis dan praktis) Akademis : Memahami manusia pd umumnya dengan mempelajari anekawarna bentuk fisik. Praktis : Mempelajari manusia dalam aneka warna fisik. masyarakat.

Pengertian Antropologi Antropologi Ilmu ttg manusia (anthropos) Kekhasan antropologi adl kajian dilakukan secara terintegrasi dengan ilmu-ilmu lain ilmuKoentjaraningrat mengatakan bahwa ilmu antropologi mempelajari manusia dari aspek fisik.76) . budaya (1984. sosial.

.Lingkup Kajian Antropologi: Inggris : Antropologi = Etnologi Antopologi Sosial Amerika : Fisik dan Sosial Antropologi Budaya Eropa Barat : Khusus ttg ras manusia dari sisi ciri-ciri fisik. cirifisik.

Etnolinguistik 4. Fisik Luas 3.Antropologi Fisik Antrop. .Paleo Antropologi 2.Etnologi Antrp Bdy.Prehistori 5.Pembidangan Ilmu Antropologi: 1.

prehistori mengkaji sejarah perkembangan dan penyebaran aneka warna kebudayaan. antropologi fisik mengkaji manusia dari sisi aneka warna bentuk fisik (ciri-ciri tubuh). etnologi yang mengkaji dasar-dasar dari kebudayaan yang hidup dalam masyarakat . 2.1. etnolinguistik mengkaji sejarah dan perkembangan serta penyebaran aneka warna bahasa. 3. paleo antropologi mengkaji masalah sejarah perkembangan manusia secara biologi (evolusi). 5. 4.

Keesing membedakan secara garis besar Antropologi Fisik dan Antropologi Budaya. Seperti antropologi hukum. . Dari sinilah muncul istilah Antropologi Sosial Budaya . Dari sub-bagian Antropologi Sosial Budaya lahir anak-anak cabang antropologi sesuai dengan bidang kajian atau orientasi teorinya.Roger M. Sub-bagian antropologi budaya etnologi = Antropologi Sosial (inti dari antropologi budaya). dan lain-lain. antropologi ekonomi. Antrpologi budaya : Mengarah ke pada pokok kajian tentang prilaku sosial dan kebudayaan manusia . Dari cabang ini pulalah lahir antropologi kesehatan yang mempertemukan konsep-konsep teori biologi kesehatan dan penyakit dengan konsep-konsep pengobatan dari segi kebudayaan . antropologi psikologi.

3. 2. astronomi (ilmu tentang bintang). Semua ilmu pengetahuan pada mulanya merupaka bagian dari filsafat. Sehingga filsafat sering disebut sebagai induk dari segala ilmu. termasuk upaya-upaya upayamemahami masyarakat. kemudian diikuti oleh pemisahan diri dari filsafat oleh kimia.Sosiologi Sosiologi suatu usaha penerapan (pemakaian) ilmu pengetahuan dalam memahami prilaku manusia dan masyarakat 1. biologi. Seperti filsafat alam berkembang menjadi fisika. . Filsafat berkebang sesuai dengan bidang-bidang yang bidangditekuninya. filsafat logika berkembang jadi matematika. dan geologi.

olah.Metode Ilmiah Antropologi 1. Pengumpulan Fakta (observasi. catat. deskripsi fakta-2 faktayang hidup) * sifat kualitatif * holistik .

membandingkan (cari ciri-2 yg sama. Penentuan Ciri Umum & Sistem * klasifikasi. umum) ciri* induktif (dari khusus ke umum) .Metode Ilmiah Antropologi (Lanjutan ) 2.

Verifikasi (Pengujian) (menguji kaidah umum yang tlh dirumuskan atau memperkuat pengertian) * deduktif (dr umum ke khusus) * kualitatif.Metode Ilmiah Antropologi (Lanjutan ) 3. (pentingkan makna) .

!! TERIMAKASIH .ABIS DEH ..